0

Traveloka Team

28 Jan 2020 - 2 min read

Serunya Main VR Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho!

Teknologi Virtual Reality (VR) saat ini memang sedang populer. Virtual Reality memungkinkan kamu bisa berinteraksi dengan objek atau lingkungan imajinasi yang disimulasikan oleh komputer. Lingkungan imajinasi ini dikenal sebagaicomputer-simulated environment.VR bisa membuat kamu merasakan realita baru. Teknologi VR dikembangkan pada berbagai bidang di antaranya penerbangan, pendidikan, kesehatan, dangame.

Dengan VR, paragamermerasakan pengalaman dan sensasi yang lebih seru dibadingkan videogamebiasa. Banyakyoutubersluar dan dalam negeri mencoba bermain VR dalam kontennya, seperti Edho Zell saat bermaingamehoror VR buatan Indonesia ‘Oculus Rift’ ataupunyoutuberasal Irlandia, Jackseptieye ketika bermain ‘Richies Plank Experience’.Di samping keseruannya, VR juga memiliki banyak manfaat yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Hiburan untuk mengurangi stres dan penat

(Photo Credit: Shutterstock)

Tak perlu diragukan, bermaingametentu bisa jadi hiburan tersendiri, terlebih jika permainan tersebut terasa nyata sepertigameVR. Hal itu tidak hanya bisa menghilangkan penat kamu, tapi juga dapat mengurangi stres.

Sebagai alat relaksasi, kamu bisa mencobagameVR yang misalnya bermain dengan realisme buatan mengenai pantai atau padang rumput. Bermain VR dengan bertanding tenis punpatut kamu coba karena dengan permainan ini badan kamu refleks untuk bergerak yang tentunya akan memperlancar peredaran darah seperti saat berolahraga.

2.Menjaga kebugaran dengan bermain VR

(Photo Credit: Shutterstock)

Berlama-lama duduk di meja kantor atau bangku sekolah membuat badan kamu jarang bergerak. Apalagi, jika kamu tidak rutin olahraga. Sekarang kamu bisa memaksa tubuh bergerak dengan cara yang seru melalui teknologi VR. Saat bermain, kamu juga akan dilengkapi perangkat agar gerakan kamu dapat berinteraksi dengan objek dan lingkungan maya tersebut.

Melompat, berjalan, menunduk, tiarap menghindari peluru, dan masih banyak gerakan lain yang mungkin kamu lakukan saat bermain VR. Terlebih, jikagameyang kamu mainkan adalah permainan olahraga. Olahraga jadi lebih menyenangkan, bukan?

3. Mengurangi ketakutan & meningkatkan percaya diri

(Photo Credit: Shutterstock)

Bermain videogamedengan teknologi VR juga bisa menjadi wahana agar kamu bisa mengurangi rasa takut dan meningkatkan kepercayaan diri. Teknologi VR dapat membuat realitas buatan dengan menampilkan lingkungan atau objek yang ditakuti untuk diselesaikan dalam permainan.

Misalnya, memecahkanpuzzlepada game VR bergenre horor bisa menjadi terapi agar penakut dapat lebih berani. Ada perasaan bangga saat berhasil menyelesaikan tantangan padagameVR. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri di dunia nyata.

4. Semakin intim & kompak bersama keluarga

(Photo Credit: Shutterstock)

Banyak permainan VR harus dilakukan secara tim. Untuk memulaigames,kamu harus memiliki tim atau bergabung dengan tim lain.Agar lebih seru, ajak keluarga atau teman dekat bermain VR secara tim. Hal tersebut tentunya akan lebih mengakrabkan satu sama lain juga meningkatkan kekompakan. Jadi semakin intimkan?

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, tak sulit untuk menemukan tempat bermain VR yang seru. Pasalnya, kamu bisa bermain VR di CoHive x Sandbox VR. Di sini, kamu akan merasakan pengalaman melawan zombie padagameDeadwood Mansion, melawan perompak tengkorak pada Curse of Davy Jones, ataupun menaklukan musuh dari ketinggian padagameAmber Sky 2088.

Di Indonesia, permainan ini pertama kali hadir sejak Februari 2019 lalu di Street Gallery lantai 2 Pondok Indah Mall 2. Tertarik mencoba VR di Sandbox? Kamu bisamemesan tiketnya dengan mudah di Traveloka. Selain mudah, harga tiketnya pun akan lebih murah dengan adanya potongan harga ataupun diskon khusus. Menarik, bukan?

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan