Dijamin Bikin Betah! Ini 6 Zona Keren di Museum Angkut

Dijamin Bikin Betah! Ini 6 Zona Keren di Museum Angkut

Tidak jauh dari Malang, Kota Batu Malang merupakan daerah yang asik untuk menghabiskan liburan. Jatim Park, Batu Night Spectacular, Batu Secret Zoo dan masih banyak lagi objek wisata lainnya bisa kamu jelajahi saat berkunjung ke Batu Malang. Nah, jika kamu ingin travelling sambil menambah ilmu pengetahuan dengan menyenangkan, Museum Angkut harus menjadi tempat yang kamu jelajahi.

Berada di Jalan Terusan Sultan Agung Atas No 2, Kota Batu, Museum Angkut menghadirkan berbagai jenis transportasi dari seluruh penjuru dunia dari masa lalu hingga sekarang. Lebih dari 500 koleksi transportasi ada di sini. Salah satu koleksi yang ada di Museum Angkut yaitu mobil tertua Buick Ten Toy Tonneu tahun 1910 keluaran Amerika. Dari dalam negeri, ada pula helikopter pertama milik Indonesia yang sering digunakan oleh Presiden Soekarno.

Koleksi alat transportasi di Museum Angkut dihadirkan melalui visual landscape perkotaan yang menarik yang terbagi menjadi beberapa zona. Apa saja zona yang ada di Museum Angkut? Yuk, cari tahu lewat pembahasan di bawah ini!

1. Zona Sunda Kelapa & Batavia

Museum Angkut Zona Sunda Kelapa & Batavia
(Photo Credit: Shutterstock)

Dahulu Jakarta dikenal dengan nama Batavia. Pada zona Sunda Kelapa & Batavia, kamu bisa merasakan suasana Jakarta di zaman dahulu. Seperti masuk ke mesin waktu, sederet replika bangunan dan toko khas Tionghoa dibuat sedemikian mungkin menyerupai aslinya. Jika terus menjelajahi zona ini, kamu bisa menemukan replika pelabuhan Sunda Kelapa lengkap dengan miniatur kapalnya.

Alat transportasi yang ditampilkan pun klasik dan khas Batavia. Dokar, bajaj, sado, hingga oplet khas ‘Si Doel Anak Betawi’ menambah kental suasana Batavia jaman dahulu. Memasuki Gudang Batavia, kamu juga akan menemukan berbagai jenis motor dan mobil antik yang langka dan juga terkenal.

2. Zona Gangster Town & Broadway Street

Museum Angkut Zona Gangster Town & Broadway Street
(Photo Credit: Shutterstock)

Di zona gangster town & broadway street kamu bisa bergaya ala ganster Al Capone di depan Cadillac. Pasalnya, latar zona ini dibuat seperti jalanan Amerika tempat di mana gangster dan mafia berbuat aksi kejahatan. Bar, kantor polisi, bangunan-bangunan Amerika masa lalu menjadi spot asik untuk berfoto. Kamu juga bisa berpose seolah-olah merampok di latar bank pada zona ini.

Selain menikmati bangunan dan alat transportasi khas gangster, di sini pengunjung juga bisa menikmati berbagai pertunjukan. Parade Museum Angkut, Gangster Town Show, dan Movie Star Studio menjadi daya tarik wisatawan untuk berlama-lama di zona ini. Menarik, bukan?

3. Zona Istana Buckingham

Museum Angkut Zona Istana Buckingham
(Photo Credit: Shutterstock)

Ingin melihat kemegahan istana kerajaan Inggris? Tak perlu jauh-jauh, di Zona Istana Buckingham Museum Angkut kamu bisa melihat istana milik Ratu Elizabeth II dilengkapi beragam mobil berkelas seperti Rolls Royce, Mini Cooper, Austin, Triumph, Black Burn dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa melihat mobil Ceremonial Land Rover dan Bentle Mark yang digunakan Ratu Elizabeth II saat parade ke Australia, 1954.

Serunya, wisatawan juga bisa masuk ke dalam replika Istana Buckhingham dan duduk di singgasana Ratu Elizaeth II. Hal seru lainnya yang kamu bisa temukan saat berada di zona ini yaitu peron 9¾ seperti yang ada dalam film dan novel Harry Potter. Jadi, kamu bisa merasakan suasana berada di Hogwarts.

4. Zona Las Vegas

Museum Angkut Zona Las Vegas
(Photo Credit: Shutterstock)

“Vivas Las Vegas turnin’ day into nighttime, turnin’ night into day time”. Begitu kata legenda Elvis Presley menggambarkan Las Vegas. Hingar bingar Las Vegas sudah dikenal menjadi tempat impian untuk para pencari hiburan. Nah, zona Las Vegas di Museum Angkut akan mengajak kamu merasakan keseruan di sana.

Memasuki zona ini, pengunjung disambut gerbang ‘Welcome to Fabulous Las Vegas Nevada’. Kemudian, kamu dibawa masuk untuk menikmati keindahan mobil-mobil mewah dan glamor yang melintas. Agar lebih seru, kamu bisa memasuki zona ini saat malam hari untuk semakin gemerlap ala Las Vegas.

5. Zona Hollywood

Museum Angkut Zona Hollywood
(Photo Credit: Shutterstock)

HULK SMASH!” mungkin itu yang dikatakan patung Hulk di Zona Hollywood Museum Angkut. Sambil menginjak dua mobil berwarna merah dan biru, Hulk seolah-olah sedang menyambut pengunjung yang memasuki zona ini.

Pada Zona Hollywood, kamu dapat ditemukan berbagai replika kendaraan pada film-film box office seperti mobil ‘The Mystery Machine’ Scooby Doo dan Batmobile. Keduanya menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto di zona ini.

6. Zona Flight Training

Museum Angkut Zona Flight Training
(Photo Credit: Shutterstock)

Di Zona Flight Training, pengunjung tidak sekadar melihat alat transportasi, namun bisa juga merasakan sensasi menerbangkan pesawat. Flight simulator pada ruangan cockpit mengajak pengunjung menjadi seorang pilot.

Selain ‘menerbangkan’ pesawat, pada Zona Flight Training ini pengunjung juga bisa merasakan kemewahan pesawat kepresidenan dengan menaiki Replika Boeing 737-200 selama 30 menit. Untuk bisa mencoba berbagai wahana di zona ini, wisatawan perlu membayar tiket terpisah terlebih dahulu.

Selain 6 zona keren tersebut, kamu bisa mengunjungi zona yang lainnya. Seperti mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah perkembangan transportasi di Zona Edukasi atau mencicipi kuliner tradisional di Zona Pasar Apung Nusantara. Yuk, rencanakan liburan ke Museum Angkut dan nikmati ratusan alat transportasi unik dan langka di sini!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1