0

Traveloka Team

04 Jan 2020 - 4 min read

Web Check-in: Cara Cerdas yang Beri Banyak Keuntungan Buatmu

Biasanya, penumpang pesawat harus meluangkan banyak waktu dengan hadir di bandara lebih awal darijadwal penerbanganagar tidak ketinggalan pesawat. Padahal ada fasilitasweb check-inyang disediakan oleh maskapai untuk mempermudah dan mempersingkat prosescheck-inpenumpang. Kamu masih asing dengan fasilitas ini? Tenang, berikut ini adalah penjelasan mengenai sistem webcheck-inbeserta sejumlah keuntungannya:

Apa ituweb check-in?

Masuk ke situs maskapai dan ikuti instruksi yang ada. (Sumber: Shutterstock)

Masuk ke situs maskapai dan ikuti instruksi yang ada. (Sumber: Shutterstock)

Check-inmerupakan sebuah proses registrasi bagi penumpang di konter maskapai yang terdapat di bandara. Dengan perkembangan teknologi,check-intak hanya bisa dilakukan di bandara, tapi bisa dari mana saja asalkan kamu terhubung dengan internet.Check-inyang mengandalkan koneksi internet ini biasa disebut denganweb check-inatauonline check-in.

Tak berbeda dengan prosescheck-indi bandara,web check-injuga membutuhkan dokumen pendukung seperti tiket, KTP, juga paspor dan visa jika kamu akan menempuh perjalanan ke luar negeri. Perbedaannya adalah, saat melakukanweb check-in,kamu juga bisa mencetakboarding passsendiri.

Selain itu, kamu juga bisa mengajukan beberaparequestke pihak maskapai seperti permintaanbassinetuntuk bayi, pendaftaran bagasi, juga pemilihan nomor kursi penumpang jika memungkinkan.

Maskapai yang menyediakan fasilitasweb check-in

Sebelum melakukanweb check-in,pastikan maskapai yang kamu gunakan memiliki fasilitas ini. Berikut daftar maskapai favorit yang punya fasilitasweb check-in:

1.
Air Asia Klik disini
2.
Batik Air Klik disini
3.
Cathay Pacific Airways Klik disini
4.
Citilink Klik disini
5.
Etihad Airways Klik disini
6.
Garuda Indonesia Klik disini
7.
Jetstar Klik disini
8.
KLM Airlines Klik disini
9.
Lion Air Klik disini
10.
Singapore Airlines Klik disini
11.
Sriwijaya Air Klik disini
12.
Thai Airways Klik disini
13.
Tiger Air Klik disini

Bagaimana cara melakukanweb check-in?

Untuk melakukanweb check-in,tentunya kamu harus punya PNR (Passenger Name Record) yang berupa kode angka dan huruf acak. PNR ini berisi identitas penumpang yang nantinya butuh diverifikasi saatcheck-in.

Hampir semua maskapai memiliki prosedur yang sama untukweb check-in. Kamu perlu masuk ke halaman khusus yang telah disediakan dan mengikuti alur pengisian informasi yang dibutuhkan. Setelah selesai, kamu bisa mencetaknya sendiri di rumah.

Umumnya,web check-inbisa dilakukan mulai H-14 sampai dengan empat jam sebelum jadwal keberangkatan. Ketentuan ini bisa berbeda sesuai dengan kebijakan masing-masing maskapai.

Siapa saja yang tidak diperbolehkan melakukanweb check-in?

Kemudahanweb check-inini sayangnya tidak bisa dinikmati oleh semua penumpang. Berikut kategori penumpang yang tidak bisa melakukanweb check-in:

Penumpang dalam keadaan hamil
Penumpang yang membawa anak-anak
Anak-anak berusia di bawah 2 tahun dan tidak mendapatkan kursi sendiri
Penumpang berusia di bawah 16 tahun dan bepergian sendiri
Penumpang yang mengalami kesulitan dalam bergerak dan membutuhkan bantuan khusus
Penumpang dengan masalah kesehatan yang baru bisa terbang dengan surat pengantar dari dokter

Kategori penumpang di atas masih bisa berubah sesuai dengan kebijakan masing-masing maskapai. Kamu bisa menghubungi pihak maskapai secara langsung untuk menanyakan hal-hal yang masih kurang dimengerti.

Keuntungan melakukanweb check-in

Ingin hindari antrean di bandara? Web check-in jawabannya. (Sumber: Shutterstock)

Dengan melakukanweb check-in, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan, di antaranya:

Tidak perlu antre di kontercheck-inbandara

Baca jugaRefresh Yourself with a Family Trip to Traveloka’s Recommended Waterparks!
-

Ini sangat menguntungkan, terutama bagi kamu yang tidak membawa bagasi. Karena sudah melakukanweb check-in,kamu pun tak perlu terburu-buru dan bisa lebih leluasa saat berangkat ke bandara.

Bisa memilih nomor kursi

Fasilitas memilih nomor kursi ini berguna bagi kamu yang pergi secara berkelompok agar tidak diberikan nomor kursi yang terpisah jauh. Untuk fasilitas memilih nomor kursi ini, sebagian maskapai menetapkan biaya tambahan dan sebagian lainnya tidak. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengecek kebijakan maskapai yang kamu gunakan untuk perjalananmu.

Tidak akan ditinggal pesawat (sampai batas waktu yang ditentukan)

Jika kamu sudah melakukanweb check-insebelum berangkat dan berada di ruangboardingtepat waktu yakni menjelang pesawattake off, namamu telah ada didatabasepenerbangan.Karena namamu sudah terdaftar didatabasepenumpang, awak kabin akan segera tahu jika kamu tidak ada di bangku penumpang dan akan memanggilmu sampai tiga kali sebelum pesawat lepas landas. Jadi, risiko ketinggalan pesawat bisa diminimalkan.

Fasilitasweb check-inyang diberikan oleh maskapai terbukti memberikan beragam keuntungan buatmu sebagai penumpang. Kamu jadi tidak perlu datang lebih awal ke bandara dan mengantre untuk melakukancheck-indi konter. Sudah siap beralih keweb check-in?

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan