Kapan Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat untuk Libur Akhir Tahun Baru?

Kapan Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat untuk Libur Akhir Tahun Baru?

Libur tahun baru menjadi salah satu high season yang menyebabkan kenaikan harga pesawat sangat drastis. Biasanya, di samping kenaikan harga, masalah yang dikeluhkan oleh penumpang adalah jumlah tiket yang cepat habis, bahkan beberapa hari menuju libur akhir tahun. Jika Anda berencana untuk terbang di akhir tahun nanti, simak langkah apa yang bisa dilakukan untuk menyiasati masalah kehabisan tiket! 

Pesan tiga belas pekan sebelumnya 

Bagi yang tidak ingin kehabisan tiket untuk liburan akhir tahun, Anda bisa mulai booking tiket penerbangan sejak tiga belas pekan sebelum keberangkatan. Itu berarti jika Anda akan terbang pada akhir Desember atau sekitar tanggal 25 ke atas, maka pada akhir September tiket sudah harus didapatkan. Dilansir dari situs pembanding harga tiket, Skyscanner, tiga belas pekan sebelum keberangkatan liburan akhir tahun adalah saat terbaik di mana Anda bisa menghemat bujet hingga 29%.

Supaya Anda bisa lebih menghemat lagi, manfaatkan fitur Price Alert yang ditawarkan oleh Traveloka di mana pelanggan bisa mengatur harga tiket maksimal untuk sebuah rute penerbangan. Anda cukup memasukkan harga maksimal yang diinginkan dan tunggu notifikasi dari Traveloka. Rencanakan liburan akhir tahun secara lebih matang dengan cek harga tiket Traveloka. Anda bisa klik di sini

Tanggal 9 dan 10 Oktober 

Di bulan Oktober, ada dua tanggal di mana Anda berkesempatan untuk mendapatkan tiket liburan akhir tahun dengan harga terbaik. Untuk keberangkatan liburan di dekat-dekat perayaan natal, Anda bisa membeli tiket di tanggal 9 Oktober. Sedangkan untuk penerbangan pada malam tahun baru, Anda bisa memesannya di tanggal 10 Oktober. 

Pastikan Anda memesan tiket pada jam lima hingga tujuh pagi pada dua tanggal tersebut karena harganya cenderung murah. Bisa juga di malam hari setelah jam delapan malam. Sebaliknya, hindari jam-jam sibuk seperti delapan hingga sepuluh pagi dan lima sore hingga tujuh malam karena harganya cenderung mahal. 

Minggu ketiga bulan November

Masih melansir dari Skyscanner, minggu ketiga bulan November juga menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk memesan tiket pesawat liburan akhir tahun. Lebih spesifiknya, Anda bisa memesan tiket pesawat pada tanggal 21 November ke atas. Di waktu ini, Anda bisa mendapatkan tiket murah dan berpeluang melakukan penghematan hingga 4.14%. 

Tanggal terbaik untuk keberangkatan liburan akhir tahun adalah 26-31 Desember. Sedangkan, tanggal kepulangan terbaik adalah pada 1-3 Januari. Jadi, Anda bisa memilih tanggal-tanggal tersebut untuk merencanakan liburan akhir tahun. 

Beberapa hari terakhir menjelang keberangkatan

Banyak yang mengatakan bahwa memesan tiket mendekati waktu terbang akan meningkatkan persentase mendapatkan tiket dengan harga paling mahal. Hal ini memang benar jika Anda memesan tiket liburan akhir tahun, tepat di tanggal 25 Desember. Memesan tiket tepat di hari Natal akan membuat Anda mengeluarkan bujet 24% lebih tinggi daripada hari lain di bulan Desember.

Namun, bila Anda memesan tiket liburan akhir tahun di tanggal 26 dan sepanjang pekan terakhir bulan Desember, maka penghematan sebesar 6.72% – 11% bisa dilakukan. Ini karena pada tanggal tersebut, tingkat permintaan tiket lebih menurun setelah hari Natal lewat. Tapi, tetap pastikan bahwa Anda tidak memesan tiket pada menit atau detik terakhir karena selain harganya lebih mahal, Anda juga berisiko tinggi untuk kehabisan tiket. 

Pastikan Anda sudah merencanakan dengan matang waktu keberangkatan dan kepulangan liburan akhir tahun sebelum membeli tiket penerbangan. Tentukan juga ada berapa orang yang akan ikut bepergian. Hal ini dilakukan demi meminimalkan kerugian jika Anda tiba-tiba men-cancel penerbangan yang sudah di-booking dengan susah payah. Atau, skenario terburuk Anda tidak mendapatkan tiket jika tidak merancanakan dengan baik jadwal liburan akhir tahun. 

Perlu diingat, meskipun ada beberapa waktu yang disarankan menjadi saat yang tepat bagi Anda membeli tiket liburan akhir tahun, membandingkan harga di berbagai situs dan maskapai tetap harus dilakukan. Pasalnya, berbagai situs dan maskapai memiliki penawaran yang sudah pasti berbeda satu sama lainnya.

Tidak ingin ribet membandingkan harga? Gunakan fitur Price Alert Traveloka yang otomatis memberikan pemberitahuan saat ada rute penerbangan dengan harga yang sesuai bujet. Segera coba fitur Price Alert Traveloka dan nikmati terbang dengan maskapai kesayangan Anda. 

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1