Tips Nyaman Liburan Bersama Keluarga dan Si Kecil ke Pantai

Tips Nyaman Liburan Bersama Keluarga dan Si Kecil ke Pantai

Memasuki masa liburan anak sekolah, banyak orang tua yang ingin mengajak anak-anaknya berlibur ke banyak destinasi wisata menarik, salah satunya pantai. Wisata pantai memang banyak dipilih para orang tua karena menawarkan suasananya yang menenangkan sehingga membuat pikiran rileks, juga bisa menjadi sarana belajar untuk anak agar bisa mengenal dunia luar secara nyata. 

Nah, bagi kamu yang juga sedang berencana untuk membawa sang buah hati berlibur ke pantai di musim liburan kali ini, simak dulu hal apa saja yang perlu dipersiapkan agar liburanmu nyaman dan makin seru!

1. Pilih destinasi pantai dengan fasilitas lengkap

Fasilitas di Pantai
(Photo Credit: Shutterstock)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih destinasi pantai yang ingin dituju. Cari tahu bagaimana kondisi keadaan pantai dan wilayah sekitarnya. Pastikan pantai tersebut memiliki fasilitas yang lengkap seperti toilet, kamar ganti, pilihan tempat makan, hingga playground untuk anak. 

Jika kamu ingin mendapatkan pemandangan dan suasana pantai yang indah, destinasi pantai ramah anak seperti Pantai Melasti Ungasan di Bali, Pantai Seger di Lombok Tengah, pantai pasir putih Siladen di Manado dan Pantai Pink di Labuan Bajo bisa jadi rekomendasi berlibur bersama si kecil.

2. Pesan penginapan yang dekat dengan pantai

Pengnapan Dekat Pantai
(Photo Credit: Shutterstock)

Kenyamanan keluarga atau anak adalah prioritas utama ketika berlibur. Untuk itu, sebaiknya pilihlah hotel yang berada di sekitar pantai yang akan dituju. Kamu bisa memilih menginap di beach hotel atau hotel lain yang jaraknya hanya berjalan kaki menuju pantai wisata. 

Agar lebih mudah mencari penginapan, kamu bisa mencari hotel sekitar pantai yang ingin dituju dengan menggunakan fitur Hotel Near me di Traveloka App. Dengan melakukan reservasi hotel menggunakan fitur tersebut, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai hotel yang kamu pilih secara mendetail. Mulai dari fasilitas yang disediakan hotel, hingga jarak yang harus ditempuh ke lokasi wisata. Tak ketinggalan, kamu dapat menambahkan pilihan pemesanan kamar dengan connecting door atau extra bed melalui Traveloka App sehingga kenyamanan semua anggota keluarga yang ikut berlibur terjamin.  

3. Bawa perlengkapan liburan musim panas

Perlengkapan ke Pantai
(Photo Credit: Shutterstock)

Pastikan perlengkapan liburan seperti sunscreen, sunglasses, baju renang, pelampung hingga tas waterproof tidak lupa untuk dibawa ketika berlibur ke pantai. Untuk kenyamanan ekstra sang buah hati, lotion anti nyamuk juga sebaiknya jangan ketinggalan karena biasanya nyamuk cenderung menyukai tempat yang panas. 

Membawa obat-obatan juga sebaiknya tidak disepelekan. Apalagi jika anggota keluarga yang ikut serta memiliki penyakit yang sering kambuh. Meski kamu masih bisa membelinya di apotik atau mini market, namun membawanya langsung dari rumah tentunya akan membuatmu lebih nyaman, tanpa harus stres dan panik mencarinya di tempat wisata. 

4. Mainan pantai untuk anak jangan sampai ketinggalan

Mainan di Pantai untuk anak
(Photo Credit: Shutterstock)

Agar anak-anak tidak cepat bosan bermain di pantai, sebaiknya bawalah juga mainan pantai seperti cetakan pasir agar si kecil bisa berkreasi dengan pasir pantai. Bermain dengan pasir dan membuat aneka bentuk, juga akan melatih kemampuan motorik sekaligus mengasah kreativitas sang anak. Selain itu, dengan membuat sang anak sibuk dengan mainan pantainya, akan memudahkan orang tua dalam mengawasi anak-anaknya. Orang tua bisa ikut bermain bersama sang anak atau sekedar mengawasinya secara dekat dengan tempat bermainnya. 

5. Hindari bermain di pantai tanpa alas kaki

Sandal untuk bermain di Pantai
(Photo Credit: Shutterstock)

Di masa aktifnya, biasanya anak-anak akan mudah berlarian ke sana kemari saat liburan di pantai tanpa melihat bahaya di depannya. Untuk kenyamanan sang anak, pastikan mereka bermain di pantai dengan alas kaki seperti sandal atau sepatu pantai. Selain nyaman dipakai, alas kaki akan melindungi kaki anak-anak dari batu karang yang tajam atau tekstur pasir yang tidak nyaman. 

Itulah lima hal yang perlu kamu siapkan saat liburan di pantai bersama keluarga. Meski beberapa hal terkesan sepele, tapi tak jarang hal-hal kecil tersebutlah yang membuat liburanmu makin nyaman dan seru. Jangan lupa untuk mengingatkan anak-anak dan anggota keluarga yang ikut serta untuk selalu menjaga kebersihan selama di pantai, ya. Jadi, destinasi pantai apa yang akan kamu kunjungi bersama keluarga di momen liburan kali ini?

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1