Terminal Keberangkatan Garuda Indonesia di Jakarta, Surabaya, dan Bali

Dirk
By Dirk 17 July 2017

Jika Anda mempunyai rencana untuk terbang dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia atau Garuda Indonesia Explore, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu lokasi terminal keberangkatan pesawat Anda.

Sebagai maskapai nasional dengan jangkauan rute penerbangan di beragam kota di dalam dan luar negeri, tak jarang Garuda Indonesia harus beroperasi di gedung terminal yang terpisah dari sebagian besar maskapai lainnya di beberapa kota di tanah air demi menjamin kelancaran penerbangan serta kenyamanan penumpangnya. Apabila Anda akan berangkat dari beberapa kota di bawah ini, pastikan Anda sudah mengetahui lokasi keberangkatan penerbangan Anda:

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta

Terhitung sejak 1 Mei 2017, Garuda Indonesia sudah memindahkan seluruh penerbangannya dari Terminal 2 ke Terminal 3 Ultimate. Di dalam bangunan terminal yang tergolong baru ini, terdapat enam drop off zone serta check-in islands (deretan meja check-in) yang telah ditentukan, sesuai informasi yang tertera di bawah ini:

Lokasi Drop off zone Kota Tujuan
Terminal 3

(Check-in Island A – D)

1 – 3 Amsterdam, Bangkok–Suvarnabhumi , Beijing–Capital, Guangzhou, Hong Kong, Jeddah, Kuala Lumpur, London–Heathrow, Medina, Melbourne, Mumbai, Osaka–Kansai, Perth, Seoul–Incheon, Shanghai–Pudong, Singapore, Sydney, Tokyo–Haneda
Terminal 3

(Check-in island D – F)

4 – 6 Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Denpasar/Bali, Jambi, Jayapura, Makassar, Manado, Malang, Mataram–Lombok, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Surakarta/Solo, Surabaya, Tanjung Pinang, Ternate, Yogyakarta.

 

Transit di Bandara Soekarno-Hatta

Jika Anda harus melalui proses pindah penerbangan antar penerbangan Garuda Indonesia, Anda tak perlu pindah terminal. Bahkan, Anda dapat menghilangkan rasa bosan selama transit dengan menjelajahi terminal baru ini, dengan deretan toko dan restorannya yang menyaingi mal-mal ibu kota.

Namun, jika penerbangan berikutnya berangkat dari terminal yang berbeda, maka Anda dapat menggunakan layanan shuttle bus gratis yang disediakan oleh pihak bandara. Layanan bus ini tersedia setiap 30 menit, dan melayani rute Terminal 3 ke Terminal 1 atau 2 dan sebaliknya. Mengingat proses yang dibutuhkan untuk transit antar terminal, pastikan Anda sudah mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan check-in penerbangan lanjutan Anda.

Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar – Bali

Jika Anda menggunakan penerbangan Garuda Indonesia dari Bandara Ngurah Rai di Bali, Anda perlu mengetahui bahwa terdapat dua terminal di bandara ini, yaitu Terminal Domestik dan Internasional. Sesuai fungsinya, jika penerbangan Garuda Indonesia Anda adalah tujuan dalam negeri, maka keberangkatan akan dilakukan di Terminal Domestik, sedangkan penerbangan ke destinasi luar negeri berangkat dari Terminal Internasional.

Lokasi Keberangkatan Kota Tujuan
Terminal Domestik Bandung, Jakarta–Soekarno–Hatta, Jayapura, Kupang, Makassar, Manado, Mataram–Lombok, Semarang, Surabaya, Timika, Yogyakarta
Terminal Internasional Beijing–Capital,Chengdu, Guangzhou, Hong Kong, Melbourne, Osaka–Kansai, Perth, Seoul–Incheon, Singapore, Shanghai–Pudong, Sydney,Tokyo–Narita

 

Transit di Bandara Ngurah Rai

Apabila Anda harus melakukan transit antara tujuan domestik dan internasional di Bandara Ngurah Rai, perpindahan terminal dapat dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Tentunya, jika dalam rombongan Anda terdapat penumpang lanjut usia atau golongan difabel, maka Anda dapat menghubungi petugas bandara untuk mendapatkan bantuan pindah terminal.  

Bandara Internasional Juanda, Surabaya

Di gerbang utama Kota Pahlawan ini, seluruh penerbangan Garuda Indonesia terbang dari Terminal 2. Meskipun pada umumnya terminal ini digunakan untuk keberangkatan internasional, penerbangan Garuda Indonesia dengan tujuan domestik juga berangkat dari terminal ini.

Jika Anda berangkat menuju Bandara Juanda menggunakan taksi atau angkutan umum, pastikan tujuan kendaraan Anda adalah Terminal 2, karena terpaut jarak yang cukup jauh antara bangunan terminal 1 dan 2 .

Lokasi Keberangkatan Kota Tujuan
Terminal 2 Ambon, Banyuwangi, Balikpapan, Bandung, Denpasar/Bali, Jakarta (Soekarno-Hatta), Jember, Kupang, Mataram—Lombok, Semarang, Tarakan, Ternate, Yogyakarta
Terminal 2 Singapura

Bandara Lainnya di Tanah Air

Semua penerbangan Garuda Indonesia di kota-kota lainnya di Indonesia berangkat dari bangunan terminal yang sama dengan maskapai lainnya, sehingga Anda hanya perlu memastikan untuk membawa kelengkapan identitas serta e-tiket Anda (dalam bentuk cetak atau digital di smartphone Anda) dan tiba di bandara setidaknya dua jam sebelum waktu keberangkatan, agar mempunyai waktu yang cukup untuk proses check-in serta pemeriksaan keamanan sebelum terbang.

 

Tulis komentarmu di sini: