0

Traveloka Team

07 Jan 2020 - 3 min read

Terminal Keberangkatan Garuda Indonesia di Jakarta, Surabaya, dan Bali

Jika Anda mempunyai rencana untuk terbang dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia atau Garuda Indonesia Explore, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu lokasi terminal keberangkatan pesawat Anda.

Sebagai maskapai nasional dengan jangkauan rute penerbangan di beragam kota di dalam dan luar negeri, tak jarang Garuda Indonesia harus beroperasi di gedung terminal yang terpisah dari sebagian besar maskapai lainnya di beberapa kota di tanah air demi menjamin kelancaran penerbangan serta kenyamanan penumpangnya. Apabila Anda akan berangkat dari beberapa kota di bawah ini, pastikan Anda sudah mengetahui lokasi keberangkatan penerbangan Anda:

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta

Terhitung sejak 1 Mei 2017, Garuda Indonesia sudah memindahkan seluruh penerbangannya dari Terminal 2 ke Terminal 3 Ultimate. Di dalam bangunan terminal yang tergolong baru ini, terdapat enamdrop off zonesertacheck-in islands(deretan mejacheck-in) yang telah ditentukan, sesuai informasi yang tertera di bawah ini:

Lokasi Terminal 3(Check-in Island A – D)Drop off zone 1- 3Kota Tujuan
Amsterdam, Bangkok–Suvarnabhumi , Beijing–Capital, Guangzhou, Hong Kong, Jeddah, Kuala Lumpur, London–Heathrow, Medina, Melbourne, Mumbai, Osaka–Kansai, Perth, Seoul–Incheon, Shanghai–Pudong, Singapore, Sydney, Tokyo–Haneda

Lokasi Terminal 3 (Check-in island D – F)Drop off zone 4- 6Kota Tujuan
Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Denpasar/Bali, Jambi, Jayapura, Makassar, Manado, Malang, Mataram–Lombok, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Surakarta/Solo, Surabaya,Tanjung Pinang, Ternate, Yogyakarta.

Transit di Bandara Soekarno-Hatta

Jika Anda harus melalui proses pindah penerbangan antar penerbangan Garuda Indonesia, Anda tak perlu pindah terminal. Bahkan, Anda dapat menghilangkan rasa bosan selama transit dengan menjelajahi terminal baru ini, dengan deretan toko dan restorannya yang menyaingi mal-mal ibu kota.

Namun, jika penerbangan berikutnya berangkat dari terminal yang berbeda, maka Andadapat menggunakan layananshuttle busgratis yang disediakan oleh pihak bandara. Layanan bus ini tersedia setiap 30 menit, dan melayani rute Terminal 3 ke Terminal 1 atau 2 dan sebaliknya. Mengingat proses yang dibutuhkan untuk transit antar terminal, pastikan Anda sudah mempunyai waktu yang cukup untuk melakukancheck-inpenerbangan lanjutan Anda.

Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar – Bali

Jika Anda menggunakan penerbangan Garuda Indonesia dari Bandara Ngurah Rai di Bali, Anda perlu mengetahui bahwa terdapat dua terminal di bandara ini, yaitu Terminal Domestik dan Internasional. Sesuai fungsinya, jika penerbangan Garuda Indonesia Anda adalah tujuan dalam negeri, maka keberangkatan akan dilakukan di Terminal Domestik, sedangkan penerbangan ke destinasi luar negeri berangkat dari Terminal Internasional.

Lokasi Keberangkatan Terminal Domestik Kota TujuanBandung, Jakarta–Soekarno–Hatta, Jayapura, Kupang, Makassar, Manado, Mataram–Lombok, Semarang, Surabaya, Timika, Yogyakarta

Terminal Internasional Kota Tujuan Beijing–Capital,Chengdu, Guangzhou, Hong Kong, Melbourne, Osaka–Kansai, Perth, Seoul–Incheon, Singapore, Shanghai–Pudong, Sydney,Tokyo–Narita

Transit di Bandara Ngurah Rai

Apabila Anda harus melakukan transit antara tujuan domestik dan internasional di Bandara Ngurah Rai, perpindahan terminal dapat dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Tentunya, jika dalam rombongan Anda terdapat penumpang lanjut usia atau golongan difabel, maka Anda dapat menghubungi petugas bandara untuk mendapatkan bantuan pindah terminal.

Bandara Internasional Juanda, Surabaya

Di gerbang utama Kota Pahlawan ini, seluruh penerbangan Garuda Indonesia terbang dari Terminal 2. Meskipun pada umumnya terminal ini digunakan untuk keberangkatan internasional, penerbangan Garuda Indonesia dengan tujuan domestik juga berangkat dari terminal ini.

Jika Anda berangkat menuju Bandara Juanda menggunakan taksi atau angkutan umum, pastikan tujuan kendaraan Anda adalah Terminal 2, karena terpaut jarak yang cukup jauh antara bangunan terminal 1 dan 2 .

Lokasi KeberangkatanTerminal 2 Kota Tujuan Ambon, Banyuwangi, Balikpapan, Bandung,Denpasar/Bali,Jakarta(Soekarno-Hatta), Jember,Kupang,Mataram Lombok,Semarang,Tarakan,Ternate, Yogyakarta

Lokasi Keberangkatan Terminal 2 Kota Tujuan Singapura

Bandara Lainnya di Tanah Air

Semua penerbangan Garuda Indonesia di kota-kota lainnya di Indonesia berangkat dari bangunan terminal yang sama dengan maskapai lainnya, sehingga Anda hanya perlu memastikan untuk membawa kelengkapan identitas serta e-tiket Anda (dalam bentuk cetak atau digital dismartphoneAnda) dan tiba di bandara setidaknya dua jam sebelum waktu keberangkatan, agar mempunyai waktu yang cukup untuk prosescheck-inserta pemeriksaan keamanan sebelum terbang.

Baca jugaRefund Online: Cara Mudah Mengajukan Refund di Traveloka.com
-
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan