Terminal Keberangkatan AirAsia di Jakarta, Bali, dan Surabaya

Berencana untuk terbang dengan salah satu maskapai dari grup AirAsia (AirAsia, AirAsia X, Indonesia AirAsia, atau Indonesia AirAsia X) dalam waktu dekat? Kamu mungkin perlu memeriksa lokasi terminal keberangkatanmu terlebih dahulu, terutama jika kamu berangkat dari Jakarta, Surabaya, atau Bali.

Sebagai salah satu maskapai berbiaya rendah terbesar di Asia, AirAsia mempunyai jangkauan rute penerbangan domestik serta internasional dari berbagai gerbang utama Indonesia, sehingga mengharuskan maskapai milik grup AirAsia untuk seringkali beroperasi dari terminal yang berbeda-beda di satu bandara yang sama.

Oleh karena itu, sebelum penerbangan AirAsia berikutnya, sebaiknya kamu memeriksa terminal keberangkatanmu sesuai dengan informasi di bawah ini:

Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta

Sejak tanggal 12 Agustus 2016 silam, semua maskapai yang tergabung dalam grup AirAsia beroperasi dari bangunan Terminal 2 di Bandara Soekarno-Hatta. Semua rute penerbangan domestik berangkat dari Terminal 2F, sedangkan penerbangan internasional berangkat dari Terminal 2E.

 

Maskapai Lokasi Terminal Kota Tujuan
Indonesia Air Asia

(QZ)

Terminal 2E Kuala Lumpur–International, Singapura
Terminal 2F Denpasar/Bali, Surabaya
Indonesia Air Asia X

(XT)

Terminal 2E Bangkok–Don Mueang, Kuala Lumpur–International, Penang
Terminal 2F Denpasar/Bali, Surabaya, Yogyakarta
Air Asia
(AK)
Terminal 2E Johor Bahru, Kuala Lumpur–International

 

Transit di Bandara Soekarno-Hatta

Jika kamu melakukan transit antar penerbangan AirAsia di Bandara Soekarno-Hatta, kamu tak perlu pindah terminal, termasuk jika transit tersebut antar penerbangan domestik dan internasional, karena sub-terminal 2E dan 2F dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Namun, apabila penerbangan lanjutanmu berada di terminal yang berbeda, kamu dapat menggunakan layanan shuttle bus gratis yang disediakan oleh pihak bandara. Layanan bus ini tersedia setiap 30 menit, dan melayani rute Terminal 2 ke Terminal 1 atau Terminal 3 dan sebaliknya.

Bandara Ngurah Rai, Denpasar–Bali

Jika kamu terbang menggunakan AirAsia dari Bandara Ngurah Rai di Pulau Bali, kamu perlu mengetahui bahwa terminal keberangkatan di bandara ini terbagi menjadi dua, yaitu Terminal Domestik dan Terminal Internasional. Penerbangan AirAsia beroperasi sesuai fungsi masing-masing terminal.

Apabila penerbanganmu bertolak menuju salah satu destinasi luar negeri, maka penerbanganmu berangkat dari Terminal Internasional. Sebaliknya, jika kamu akan terbang ke salah satu destinasi dalam negeri, penerbanganmu akan bertolak dari Terminal Domestik.

 

Maskapai Lokasi Terminal Kota Tujuan
Indonesia Air Asia(QZ) Terminal
Domestik
Bandung, Jakarta–Soekarno–Hatta
Terminal Internasional Bangkok–Don Mueang, Darwin, Kuala Lumpur–International, Perth, Singapura
Indonesia Air Asia X(XT) Terminal

Domestik

Jakarta–Soekarno–Hatta, Surakarta/Solo, Surabaya, Yogyakarta
Terminal Internasional Kuala Lumpur–International, Mumbai, Tokyo–Narita
Air Asia

(AK)

Terminal Internasional Kuala Lumpur–International
Thai Air Asia

(FD)

Terminal Internasional Bangkok–Don Mueang

 

Transit di Bandara Ngurah Rai

Jika kamu harus melakukan transit antara penerbangan domestik dan internasional di Bandara Ngurah Rai, maka kamu harus pindah terminal. Terdapat jarak yang tidak jauh antara bangunan Terminal Domestik dan Internasional, yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit.

Sebaiknya, sebelum memesan penerbangan transit di Bandara Ngurah Rai, pastikan kamu mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan perpindahan terminal ini, terutama kalau kamu harus melakukan prosedur check-in ulang untuk penerbangan lanjutanmu.

Bandara Juanda, Surabaya

Seluruh penerbangan AirAsia, baik untuk tujuan dalam dan luar negeri, berangkat dari Terminal 2 Bandara Juanda. Jika kamu berangkat menggunakan taksi atau angkutan umum, pastikan tujuan kendaraanmu adalah Terminal 2, karena terdapat jarak yang cukup jauh antara Terminal 1 dan 2.

Selain itu, mengingat jarak yang cukup jauh antara bangunan terminal di Bandara Juanda, pastikan kamu mempunyai waktu yang cukup jika mempunyai penerbangan lanjutan yang terbang dari Terminal 1.

Maskapai Lokasi Terminal Kota Tujuan
Indonesia Air Asia X

(XT)

Terminal 2 Denpasar/Bali, Jakarta–Soekarno–Hatta
Terminal 2 Johor Bahru, Kuala Lumpur–International, Penang
Air Asia

(AK)

Terminal 2 Kuala Lumpur–International

 

Transit Dengan Menggunakan Layanan FlyThru

Bagi para penumpang AirAsia yang mempunyai penerbangan lanjutan, maskapai ini menyediakan layanan FlyThru dengan membayar biaya tambahan.

Keunggulan layanan ini adalah, kamu akan mendapat boarding pass untuk semua penerbanganmu di bandara asal tempat keberangkatanmu, sehingga di lokasi transit kamu tak perlu mengambil bagasi serta check-in ulang.

Namun, jika kamu memilih untuk tidak menggunakan layanan ini, kamu perlu mengambil bagasi terlebih dahulu, serta melakukan prosedur check-in untuk penerbangan lanjutanmu

Apabila transit penerbangan AirAsia-mu berada di luar negeri, maka kamu harus memeriksa terlebih dahulu jika negara tempat transitmu membutuhkan visa transit, karena kamu akan melalui pemeriksaan imigrasi dan bea cukai, sebelum check-in untuk penerbangan lanjutanmu.

Penerbangan AirAsia dari Bandara Lainnya di Indonesia

Semua penerbangan AirAsia di kota-kota lainnya di tanah air berangkat dari bangunan terminal yang sama dengan maskapai lainnya, sehingga kamu hanya perlu memastikan untuk membawa kelengkapan identitas serta e-tiket kamu (dalam bentuk cetak atau digital di smartphone-mu) dan tiba di bandara setidaknya dua jam sebelum waktu keberangkatan, agar mempunyai waktu yang cukup untuk proses check-in serta pemeriksaan keamanan sebelum terbang.

 

296 Shares
Share296
Pin
Share
Tweet
+1