0

Traveloka Team

20 Jan 2020 - 3 min read

Terminal Keberangkatan AirAsia di Jakarta, Bali, dan Surabaya

Berencana untuk terbang dengan salah satu maskapai dari grup AirAsia (AirAsia, AirAsia X, Indonesia AirAsia, atau Indonesia AirAsia X) dalam waktu dekat? Kamu mungkin perlu memeriksa lokasi terminal keberangkatanmu terlebih dahulu, terutama jika kamu berangkat dari Jakarta, Surabaya, atau Bali.

Sebagai salah satu maskapai berbiaya rendah terbesar di Asia, AirAsia mempunyai jangkauan rute penerbangan domestik serta internasional dari berbagai gerbang utama Indonesia, sehingga mengharuskan maskapai milik grup AirAsia untuk seringkali beroperasi dari terminal yang berbeda-beda di satu bandara yang sama.

Oleh karena itu, sebelum penerbangan AirAsia berikutnya, sebaiknya kamu memeriksa terminal keberangkatanmu sesuai dengan informasi di bawah ini:

Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta

Sejak tanggal 12 Agustus 2016 silam, semua maskapai yang tergabung dalam grup AirAsia beroperasi dari bangunan Terminal 2 di Bandara Soekarno-Hatta. Semua rute penerbangan domestik berangkat dari Terminal 2F, sedangkan penerbangan internasional berangkat dari Terminal 2E.

Transit di Bandara Soekarno-Hatta

Jika kamu melakukan transit antar penerbangan AirAsia di Bandara Soekarno-Hatta, kamu tak perlu pindah terminal, termasuk jika transit tersebut antar penerbangan domestik dan internasional, karena sub-terminal 2E dan 2F dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Namun, apabila penerbangan lanjutanmu berada di terminal yang berbeda, kamu dapat menggunakan layananshuttle busgratis yang disediakan oleh pihak bandara. Layanan bus ini tersedia setiap 30 menit, dan melayani rute Terminal 2 ke Terminal 1 atau Terminal 3 dan sebaliknya.

Bandara Ngurah Rai, Denpasar–Bali

Jika kamu terbang menggunakan AirAsia dari Bandara Ngurah Rai di Pulau Bali, kamu perlu mengetahui bahwa terminal keberangkatan di bandara ini terbagi menjadi dua, yaitu Terminal Domestik dan Terminal Internasional. Penerbangan AirAsia beroperasi sesuai fungsi masing-masing terminal.

Apabila penerbanganmu bertolak menuju salah satu destinasi luar negeri, maka penerbanganmu berangkat dari Terminal Internasional. Sebaliknya, jika kamu akan terbang ke salah satu destinasi dalam negeri, penerbanganmu akan bertolak dari Terminal Domestik.

Transit di Bandara Ngurah Rai

Jika kamu harus melakukan transit antara penerbangan domestik dan internasional di Bandara Ngurah Rai, maka kamu harus pindah terminal. Terdapat jarak yang tidak jauh antara bangunan Terminal Domestik dan Internasional, yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit.

Sebaiknya, sebelum memesan penerbangan transit di Bandara Ngurah Rai, pastikan kamu mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan perpindahan terminal ini, terutama kalau kamu harus melakukan prosedurcheck-inulang untuk penerbangan lanjutanmu.

Bandara Juanda, Surabaya

Seluruh penerbangan AirAsia, baik untuk tujuan dalam dan luar negeri, berangkat dari Terminal 2 Bandara Juanda. Jika kamu berangkat menggunakan taksi atau angkutan umum, pastikan tujuan kendaraanmu adalah Terminal 2, karena terdapat jarak yang cukup jauh antara Terminal 1 dan 2.

Selain itu, mengingat jarak yang cukup jauh antara bangunan terminal di Bandara Juanda, pastikan kamu mempunyai waktu yang cukup jika mempunyai penerbangan lanjutan yang terbang dari Terminal 1.

Transit Dengan Menggunakan Layanan FlyThru

Bagi para penumpang AirAsia yang mempunyai penerbangan lanjutan, maskapai ini menyediakan layanan FlyThru dengan membayar biaya tambahan.

Keunggulan layanan ini adalah, kamu akan mendapatboarding passuntuk semua penerbanganmu di bandara asal tempat keberangkatanmu, sehingga di lokasi transit kamu tak perlu mengambil bagasi sertacheck-inulang.

Namun, jika kamu memilih untuk tidak menggunakan layanan ini, kamu perlu mengambil bagasi terlebih dahulu, serta melakukan prosedurcheck-inuntuk penerbangan lanjutanmu

Apabila transit penerbangan AirAsia-mu berada di luar negeri, maka kamu harus memeriksa terlebih dahulu jikanegara tempat transitmumembutuhkan visa transit, karena kamu akan melalui pemeriksaan imigrasi dan bea cukai, sebelumcheck-inuntuk penerbangan lanjutanmu.

Penerbangan AirAsia dari Bandara Lainnya di Indonesia

Semua penerbangan AirAsia di kota-kota lainnya di tanah air berangkat dari bangunan terminal yang sama dengan maskapai lainnya, sehingga kamu hanya perlu memastikan untuk membawa kelengkapan identitas serta e-tiket kamu (dalam bentuk cetak atau digital dismartphone-mu) dan tiba di bandara setidaknya dua jam sebelum waktu keberangkatan, agar mempunyai waktu yang cukup untuk prosescheck-inserta pemeriksaan keamanan sebelum terbang.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan