0

Traveloka Team

02 Jan 2020 - 3 min read

Suka Mengunggah Foto Boarding Pass di Media Sosial? Ketahui Dulu 4 Hal Ini!

Bagi kamu yang sering memesantiket pesawatsejak jauh hari, tentunya kamu bukan hanya tak sabar untuk melakukan perjalanan tersebut, namun juga ingin berbagi kabar baik kepada teman-teman. Tak jarang, mengunggah foto e-tiket atauboarding passdi media sosial menjadi salah satu cara untuk menyebarkan kabar baik ini.

Biasanya, setelah mengunggah fotoboarding passini kamu akan mendapat berbagai pesan dukungan sekaligus beragam saran dari teman-teman yang sudah pernah mengunjungi tempat tujuanmu. Namun, mengunggahboarding passjuga memiliki beberapa efek negatif yang berbahaya dan memperbesar potensi dirimu menjadi target tindak kejahatanonline.Berikut empat alasannya:

Siapa pun dapat mengubah tiket pesawatmu

Cukup dengan mengetahui nama lengkap dan kode pemesanan yang tertera diboarding passmilikmu, siapa pun dapat mengubah tempat duduk, jadwal penerbangan, bahkan membatalkan seluruh perjalananmu dengan mudah.Orang tersebut hanya perlu mengakses situs resmi maskapai penerbangan yang kamu gunakan, memasukkan nama dan kode pemesananmu melalui bagianmanage my booking,lalumengubah seluruh rangkaian perjalananmu.

Semua data dirimu ada dalam satu barcode

Meskipun kamu sudah menutupi nama dan kode pemesanan di boarding pass, belum tentu data dirimu sudah aman. Kamu juga perlu mengetahui bahwabarcodeyang berada di setiapboarding passbukan hanya dapat diakses oleh pihak maskapai saja, melainkan semua orang yang memiliki akses internet.

Hanya dengan sebuahscreenshotdari fotoboarding passmilikmu, siapa pun dapat mengunggahnya ke dalam sebuah situs yang dapat membacabarcodedan memberikan semua informasi yang terdapat dibarcodetersebut.

Pada umumnya,barcodediboarding passberisi semua detail pemesanan, mulai dari nama lengkap, kode pemesanan, nomor penerbangan, nomor keanggotaanfrequent flyer, hingga tempat dudukmu. Menggunakan kelengkapan informasi daribarcodetersebut tak menutup kemungkinan para peretas untuk melakukan pencurian identitas.

Poin frequent flyer-mu dapat dicuri

Jika kamu merupakan anggota dari programfrequent flyersuatu maskapai, pada umumnya nomor keanggotaanmu akan berada diboarding pass, terletak tepat di bawah nama lengkapmu. Pada kenyataannya, sistemfrequent flyersebenarnya sangat sulit untuk ditembus oleh sebagian besar orang. Tapi bagi para peretas yang handal, cukup dengan mengetahui nomor keanggotaan kamu, mereka dapat mengakses akunmu secaraonlinedan menguras seluruh poin yang kamu kumpulkan dengan susah payah untuk liburan berikutnya.

Semua orang tahu kamu tidak berada di rumah

Dengan mengunggah fotoboarding pass-mu di media sosial, kamu baru saja berbagi kabar bahagia tentang perjalanan yang sedang kamu lakukan. Apabila akun sosial mediamu dapat dilihat secara publik, tentu saja siapa pun mengetahui tentang perjalanan yang akan kamu lakukan. Tak menutup kemungkinan bagi para pelaku kriminal, ini adalah pengumuman bahwa rumahmu sedang tak berpenghuni.

Berdasarkan empat alasan di atas, sebaiknya kamu tidak mengunggah fotoboarding pass-mu di sosial media. Kamu dapat berbagi kabar baik mengenai perjalananmu dengan mengunggah foto dirimu berada di bandara, atau foto pemandangan di tempat tujuan. Selain itu, kamu dapat memastikan keamanan data dirimu dengan memesan tiket pesawat diTravelokayang dilengkapi oleh teknologi RapidSSL yang menjamin privasi data transaksionline.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan