Ssstt, Traveloka Bocorkan Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Promo

Ayu
By Ayu 03 October 2017
Reading Time: 5 minutes

Tiket pesawat murah selalu menjadi incaran banyak orang yang akan bepergian. Bagaimana tidak? Jika berhasil mendapatkan tiket pesawat murah, kamu bisa lebih berhemat dan menggunakan sisa dari bujetmu untuk keperluan lainnya, misalnya saja wisata kuliner atau membeli oleh-oleh.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Secara umum, upaya berburu tiket pesawat murah ini bisa dilakukan dengan dua  cara, yaitu mengandalkan usaha sendiri dan bantuan pihak lain. Agar lebih jelas, kamu bisa simak ulasannya di bawah ini:

Tiket pesawat bisa murah dengan usaha sendiri

Dengan sedikit usaha sendiri, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah yang tak menguras isi kantongmu. Bagaimana caranya?

1. Berencana menginap di hotel? Beli paket pesawat + hotel saja

Apabila berencana bermalam di hotel, sebaiknya kamu membeli paket pesawat + hotel untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Mari buktikan dengan melakukan perbandingan harga ketika membeli tiket pesawat dan hotel secara terpisah, dengan membeli paket pesawat + hotel.

Membeli tiket pesawat dan hotel secara terpisah

Total harga tiket pesawat dan hotel = Rp4.662.091 + Rp674.478 = Rp5.336.569

Nah sekarang, coba kita bandingkan apabila kita membeli paket pesawat + hotel dengan jam terbang dan hotel yang sama.

Membeli paket pesawat + hotel

Total harga ketika membeli paket pesawat + hotel hanya Rp4.662.091.

Dengan membeli paket pesawat + hotel, Traveloka memberikan harga spesial, sehingga lebih murah. Selain itu, prosesnya juga lebih mudah.

2. Pergi berombongan? Beli tiketnya terpisah saja

cari tiket pesawat murah

(Sumber: Shutterstock)

Konon, salah satu hal yang mempengaruhi harga tiket pesawat adalah lokasi bangku yang kamu duduki nantinya. Misalnya, bangku yang lebih dekat dengan ruang mesin cenderung dihargai lebih rendah dibanding bangku lain karena penumpang yang duduk di sana diperkirakan akan merasa kurang nyaman dengan deru suara mesin. Lalu, apa hubungannya hal ini dengan membeli tiket terpisah untuk rombongan?

Mari membuat perkiraan harga biar lebih mudah menghitungnya. Misalnya saja, harga tiket penerbangan dari Jakarta ke Surabaya adalah Rp400.000 per orang untuk bangku dekat ruang mesin, dan Rp500.000 per orang untuk bangku lain. Katakanlah, kamu akan berangkat dengan rombongan lima orang. Harga tiket yang Rp400.000 hanya tersisa tiga bangku. Maka, hasil pencarianmu untuk tiket pesawat lima orang sekaligus tidak akan menampilkan harga Rp400.000 karena tidak mencukupi untuk jumlah anggota rombonganmu.

Inilah mengapa kamu disarankan untuk memesan tiket secara individu dibandingkan rombongan. Jika memesannya secara individu, kamu masih berkesempatan mendapatkan tiga tiket seharga Rp400.000 per orang, dan dua sisanya dikenai masing-masing Rp500.000. Lebih murah bukan?

3. Bayar dengan mata uang berbeda

cari tiket pesawat murah

(Sumber: Shutterstock)

Menurut Erica Ho, seorang ahli travel sekaligus editor di Map Happy, membayar dengan mata uang lokal bisa membuatmu lebih berhemat. Dikatakannya, hal ini karena kamu tidak dianggap sebagai turis oleh sistem OTA. Tapi ingat ya, trik ini berlaku hanya jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri.

Jika kamu berencana liburan ke Jepang, misalnya, dan membutuhkan penerbangan antar kota di sana. Disarankan untuk tidak beli tiket pesawat saat masih di Indonesia. Sebaliknya, belilah tiket saat sudah berada di sana dan gunakan mata uang lokal karena harganya akan lebih murah.

4. Gunakan dua maskapai berbeda untuk penerbanganmu

cari tiket pesawat murah

(Sumber: Shutterstock)

Jika perjalananmu membutuhkan dua kali penerbangan alias transit, tak ada salahnya untuk menggunakan dua maskapai yang berbeda. Tak ada jaminan bahwa kamu akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah jika menggunakan satu maskapai yang sama untuk penerbangan transitmu.

Ini juga berlaku untuk penerbangan pulang pergi, kamu tak harus menggunakan maskapai yang sama. Lakukan riset singkat dengan cara membandingkan harga tiket pesawat beberapa maskapai, lalu pilih yang termurah dan jadwal terbangnya sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Gunakan bandara “palsu”

cari tiket pesawat murah

(Sumber: Shutterstock)

Bandara “palsu” di sini artinya bukan bandara bohongan, melainkan bandara alternatif. Memilih mendarat di bandara alternatif bisa membuatmu menemukan harga tiket pesawat yang lebih murah.

Mari ambil contoh sederhana. Kamu akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta. Sayangnya, harga tiket pesawat dengan tujuan Yogyakarta sedang melonjak tajam. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih bandara di Solo sebagai tujuanmu, kemudian kamu bisa meneruskan perjalanan ke Yogyakarta lewat jalur darat.

Namun, tentunya sebelumnya kamu juga harus memastikan bahwa biaya perjalanan darat dari Solo ke Yogyakarta tidak membuat total pengeluaranmu lebih mahal jika memilih langsung terbang ke sana.

6. Bawa barang seperlunya

cari tiket pesawat murah

(Sumber: Shutterstock)

Membawa barang secara berlebihan saat terbang membuatmu mengeluarkan biaya tambahan. Cerdas dalam memilih barang yang dibawa bisa membuatmu lebih berhemat. Kamu akan terhindar dari masalah excess baggage yang mengharuskanmu membayar beban per kilogram dari kelebihan bagasimu.

Bagaimana cara memilih barang yang sebaiknya dibawa? Mudah saja. Pertama, sesuaikan barang bawaanmu dengan cuaca atau musim di kota destinasimu. Jika kamu berkunjung ke Eropa di musim panas, rasanya tak perlu membawa jaket tebal. Selain itu, kamu bisa bawa pakaian berwarna netral biar bisa dipadupadankan dengan mudah, jadi tak perlu bawa banyak aksesori tambahan.

Tiket pesawat bisa murah dengan bantuan pihak lain

Selain dengan mengandalkan diri sendiri, pihak lain seperti OTA, bank, dan maskapai juga bisa berperan dalam memberikanmu harga tiket pesawat murah.

1. Pilih OTA yang tepat

cari tiket pesawat murah

(Sumber: Shutterstock)

Bukan rahasia lagi kalau saat ini, jumlah OTA semakin menjamur di Indonesia dan dunia. Fenomena ini ternyata bukan hanya menghadirkan banyak pilihan bagi konsumen. Menjamurnya OTA ini juga bisa membuat konsumen kesulitan menentukan OTA mana yang terbaik dan tepercaya.

Bagaimana cara menentukan mana OTA yang baik? Pertama, cek kredibilitasnya di tengah masyarakat. Cara termudahnya adalah dengan cara googling dan coba lihat apakah terdapat informasi mencurigakan terkait OTA tersebut.

Selanjutnya, pilih OTA yang memiliki sistem keamanan terpercaya. Traveloka, misalnya, memiliki sistem keamanan canggih pada proses pembayarannya yang menjaga informasi pribadi terkait kartu kredit dan debit agar tak  bocor ke pihak mana pun.

Selanjutnya, pilih yang menawarkan harga jujur. Pernahkah kamu tergiur dengan harga murah di suatu OTA di awal pencarian tiket pesawat, tapi pada akhirnya harus kecewa karena banyak biaya tambahan tersembunyi? Nah, di Traveloka, harga murah yang ditampilkan di awal adalah harga sesungguhnya yang akan kamu bayar nantinya. Tak ada iming-iming harga murah di awal saja.

2. Rajin cek media sosial milik OTA, bank, dan maskapai

cari tiket pesawat murah

(Sumber: Shutterstock)

Aktif di dunia maya, terutama di media sosial, ternyata bisa menguntungkanmu. Dengan catatan, media sosial yang kamu pantau adalah milik OTA, bank, dan maskapai. Ketiganya bisa saja menawarkan promo menarik, salah satunya memberikan tiket pesawat dengan  potongan ekstra.

Agar tidak melewatkan informasi berharga ini, kamu wajib follow akun media sosial mereka, baik itu di Facebook, Twitter, juga Instagram.

3. Langganan newsletter OTA

cari tiket pesawat murah

(Sumber: Shutterstock)

Jika kamu termasuk sebagian orang yang tak memiliki akun media sosial, ada cara lain agar tak ketinggalan informasi promo tiket pesawat murah. Jika kamu langganan newsletter Traveloka, kamu akan mendapatkan banyak informasi tentang promo yang tengah berlangsung, dan bukan hanya untuk tiket pesawat tapi juga produk Traveloka yang lain.

Ditambah lagi, Traveloka saat ini semakin melebarkan sayapnya dengan memperbanyak jumlah produk unggulan. Apa saja? Ada hotel, isi pulsa dan paket internet, juga tiket wisata dan beragam aktivitas pilihan di Asia. Jadi, dengan langganan newsletter dari Traveloka, segala macam informasi promo tak akan pernah kamu lewatkan.

4. Kenali fitur rahasia yang dimiliki oleh aplikasi pemesanan

cari tiket pesawat murah

Fitur Price Alerts di Traveloka App.

Tahukah kamu kalau sejumlah aplikasi pemesanan tiket pesawat memiliki fitur rahasia yang menguntungkan? Salah satu yang memilikinya adalah Traveloka App. Mulai dari versi 2.5 ke atas, Traveloka App memiliki sebuah fitur untuk mengontrol harga tiket pesawat yaitu Price Alerts.

Fungsi dari Price Alerts ini adalah kamu bisa menyesuaikan harga tiket pesawat yang akan dipesan dengan bujet yang telah kamu tetapkan sebelumnya. Dengan menetapkan setting awal untuk batas bujet yang kamu siapkan, kamu bisa langsung mendapatkan notifikasi begitu harga tiket pesawat turun atau hampir menyamai target bujetmu. Bingung? Baca info selengkapnya di sini.

5. Gunakan kartu kredit

cari tiket pesawat murah

(Sumber: Shutterstock)

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan fakta bahwa memiliki kartu kredit bisa menghadirkan banyak keuntungan buatmu. Traveloka sendiri sering mengadakan promo yang khusus ditujukan pada pemegang kartu kredit tertentu. Promo ini bisa berupa cicilan 0%, potongan harga tiket pesawat ke luar negeri, dan lain sebagainya.

Tanpa kamu sadari, membayar dengan cara mencicil menggunakan kartu kredit juga merupakan sebuah keuntungan buatmu. Kamu jadi tak merasa terlalu terbebani karena tak harus melunasi biaya tiket pesawat di awal.

Beragam tips dan trik di atas bisa kamu coba untuk membuktikan cara yang bisa membuatmu berhasil mendapatkan harga tiket pesawat paling murah. Selamat mencoba!

Tulis komentarmu di sini: