0

Traveloka Team

12 Apr 2024 - 5 min read

Ssstt, Traveloka Bocorkan Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Promo!

Tiket pesawat murah selalu menjadi incaran banyak orang yang akan bepergian. Bagaimana tidak? Jikaberhasil mendapatkan tiket pesawat murah, kamu bisa lebih berhemat dan menggunakan sisa dari bujetmu untuk keperluan lainnya, misalnya saja wisata kuliner atau membeli oleh-oleh.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

Penerbangan ke Bali / Denpasar (DPS)

Jetstar Asia Airways

Mulai dari Rp 1.264.967

Kuala Lumpur (KUL) ke Bali / Denpasar (DPS)

Tue, 14 May 2024

PAL Express

Mulai dari Rp 2.216.800

Iloilo (ILO) ke Bali / Denpasar (DPS)

Sun, 12 May 2024

Jetstar Asia Airways

Mulai dari Rp 2.330.264

Hat Yai (HDY) ke Bali / Denpasar (DPS)

Tue, 14 May 2024

Secara umum, upaya berburu tiket pesawat murah ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu mengandalkan usaha sendiri dan bantuan pihak lain. Agar lebih jelas, kamu bisa simak ulasan Traveloka di bawah ini:

Tiket pesawat bisa murah dengan usaha sendiri

Dengan sedikit usaha sendiri, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah yang tak menguras isi kantongmu. Bagaimana caranya?

1. Berencana menginap di hotel? Beli paket pesawat + hotel saja

Apabila berencana bermalam di hotel, sebaiknya kamu membeli paket pesawat + hotel untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Dengan membeli paket pesawat + hotel di Traveloka, kamu bisa mendapat harga spesial lebih murah. Selain itu, proses pemesanan pun praktis.

2. Pergi berombongan? Beli tiketnya terpisah saja

Konon, salah satu hal yang memengaruhi harga tiket pesawat adalah lokasi bangku yang kamu duduki nantinya. Misalnya, bangku yang lebih dekat dengan ruang mesin cenderung dihargai lebih rendah dibanding bangku lain karena penumpang yang duduk di sana diperkirakan akan merasa kurang nyaman dengan deru suara mesin. Lalu, apa hubungannya hal ini dengan membeli tiket terpisah untuk rombongan?

Mari membuat perkiraan harga biar lebih mudah menghitungnya. Misalnya saja, harga tiket penerbangan dari kota X ke ke kota Y adalah Rp 1.00.000 per orang untuk bangku dekat ruang mesin, dan Rp 1.200.000 per orang untuk bangku lain.

Katakanlah, kamu akan berangkat dengan rombongan lima orang. Harga tiket yang Rp 1.000.000 hanya tersisa tiga bangku. Maka, hasil pencarianmu untuk tiket pesawat lima orang sekaligus tidak akan menampilkan harga Rp 1.000.000 karena tidak mencukupi untuk jumlah anggota rombonganmu.

Inilah mengapa kamu disarankan untuk memesan tiket secara individu dibandingkan rombongan. Jika memesannya secara individu, kamu masih berkesempatan mendapatkan tiga tiket seharga Rp 1.000.000 per orang, dan dua sisanya dikenai masing-masing Rp 1.200.000. Lebih murah bukan?

3. Bayar dengan mata uang berbeda

Menurut Erica Ho, seorang ahli travel sekaligus editor di Map Happy, membayar dengan mata uang lokal bisa membuatmu lebih berhemat. Dikatakannya, hal ini karena kamu tidak dianggap sebagai turis oleh sistem pemesanan. Namun ingat ya, trik ini berlaku hanya jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri.

Misalnya jika kamu berencana liburan ke Korea Selatan dan butuh penerbangan antarkota di sana, maka disarankan tidak beli tiket pesawat saat masih di Indonesia. Sebaliknya, belilah tiket saat sudah berada di sana dan gunakan mata uang lokal karena harganya dimungkinkan lebih murah.

4. Gunakan dua maskapai berbeda untuk penerbanganmu

Jika perjalananmu membutuhkan dua kali penerbangan alias transit, tak ada salahnya untuk menggunakan dua maskapai berbeda. Tak ada jaminan bahwa kamu akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah jika menggunakan satu maskapai sama untuk penerbangan transitmu.

Ini juga berlaku untuk penerbangan pulang pergi, kamu tak harus menggunakan maskapai yang sama. Lakukan riset singkat dengan cara membandingkan harga tiket pesawat beberapa maskapai, lalu pilih yang termurah dan jadwal terbangnya sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Gunakan bandara “palsu”

Bandara “palsu” di sini artinya bukan bandara bohongan, melainkan bandara alternatif. Memilih mendarat di bandara alternatif bisa membuatmu menemukan harga tiket pesawat yang lebih murah.

Mari ambil contoh sederhana. Kamu akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta. Sayangnya, harga tiket pesawat dengan tujuan Yogyakarta sedang ada kenaikan. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih bandara di Solo sebagai tujuanmu, kemudian kamu bisa meneruskan perjalanan ke Yogyakarta lewat jalur darat.

Namun, tentunya kamu juga harus memastikan bahwa biaya perjalanan darat dari Solo ke Yogyakarta tidak membuat total pengeluaranmu lebih mahal jika memilih langsung terbang ke sana.

6. Bawa barang seperlunya

Membawa barang secara berlebihan saat terbang membuatmu mengeluarkan biaya tambahan. Cerdas dalam memilih barang yang dibawa bisa membuatmu lebih berhemat. Kamu akan terhindar dari masalah excess baggage yang mengharuskanmu membayar beban per kilogram dari kelebihan bagasimu.

Bagaimana cara memilih barang yang sebaiknya dibawa? Mudah saja. Pertama, sesuaikan barang bawaanmu dengan cuaca atau musim di kota destinasimu. Jika kamu berkunjung ke Eropa di musim panas, rasanya tak perlu membawa jaket tebal. Selain itu, kamu bisa bawa pakaian berwarna netral biar bisa dipadupadankan dengan mudah, jadi tak perlu bawa banyak aksesori tambahan.

Tiket pesawat bisa murah dengan bantuan pihak lain

Selain dengan mengandalkan diri sendiri, pihak lain seperti aplikasi, bank, dan maskapai juga bisa berperan dalam memberikanmu harga tiket pesawat murah.

1. Pilih platform tepat

Bukan rahasia lagi kalau saat ini, jumlah platform pemesanan semakin menjamur di Indonesia dan dunia. Fenomena ini ternyata bukan hanya menghadirkan banyak pilihan bagi konsumen. Menjamurnya platform ini juga bisa membuat konsumen kesulitan menentukan mana yang terbaik dan tepercaya.

Bagaimana cara menentukan mana platform yang baik? Pertama, cek kredibilitasnya di tengah masyarakat. Cara termudahnya adalah dengan cara googling dan coba lihat apakah terdapat informasi mencurigakan terkait platform tersebut.

Selanjutnya, pilih platform yang memiliki sistem keamanan terpercaya. Traveloka Lifestyle Superapp, misalnya, senantiasa menawarkan harga terbaik. Itu pun selalu disertai dengan aneka promo menarik lho.

2. Rajin cek media sosial

Aktif di dunia maya, terutama di media sosial, ternyata bisa menguntungkanmu. Dengan catatan, media sosial yang kamu pantau adalah milikaplikasi andal seperti Traveloka. Aplikasi andalan itu senantiasa memberi info promo menarik, salah satunya memberikan tiket pesawat dengan potongan ekstra.

Agar tidak melewatkan informasi berharga ini, kamu wajib follow akun media sosial Traveloka, baik itu di TikTok, Instagram, Twitter, Youtube, maupun Facebook.

3. Langganan newsletter Traveloka

Ada cara lain agar tak ketinggalan informasi promo tiket pesawat murah. Jika langganan newsletter Traveloka, kamu akan mendapatkan banyak informasi promo yang tengah berlangsung. Bukan hanya untuk tiket pesawat, tetapi juga produk Traveloka yang lain.

4. Kenali fitur rahasia yang dimiliki oleh aplikasi pemesanan

Tahukah kamu kalau sejumlah aplikasi pemesanan tiket pesawat memiliki fitur rahasia yang menguntungkan? Salah satu yang memilikinya adalah Traveloka. Traveloka memiliki sebuah fitur untuk memberi notifikasi perubahan harga tiket pesawat, bernama Price Alerts.

Fungsi dari Price Alerts ini adalah kamu bisa menyesuaikan harga tiket pesawat yang akan dipesan dengan bujet yang telah kamu tetapkan sebelumnya. Dengan menetapkan setting awal untuk batas bujet yang kamu siapkan, kamu bisa langsung mendapatkan notifikasi begitu harga tiket pesawat turun atau hampir menyamai target bujetmu. Seru, bukan?

5. Gunakan Traveloka Paylater maupun kartu kredit

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan fakta bahwa memiliki Traveloka Paylater maupun kartu kredit bisa menghadirkan banyak keuntungan buatmu. Traveloka sendiri sering mengadakan promo yang khusus ditujukan pada pemegang akun Traveloka Paylater. Promo ini bisa berupa diskon potongan harga tiket pesawat domestik maupun internasional, dan lain sebagainya.

Tanpa kamu sadari, membayar dengan cara mencicil dengan Traveloka Paylater maupun kartu kredit juga merupakan sebuah keuntungan buatmu. Kamu jadi tak merasa terlalu terbebani karena tak harus melunasi biaya tiket pesawat di awal.

Itulah beragam tips dan trik yang bisa kamu coba untuk membuktikan cara yang bisa membuatmu berhasil mendapatkan harga tiket pesawat paling murah. Selamat mencoba!

Tags:
jurus-berburu-tiket-pesawat-promo
promo-tiket-pesawat-traveloka
promo-tiket-pesawat
tiket-pesawat-promo
tips-berburu-tiket-pesawat-promo
trik-cari-tiket-pesawat-promo
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan