Siapkan Ranselmu, Johor Bahru Wajib Dikunjungi Tahun Ini!

Siapkan Ranselmu, Johor Bahru Wajib Dikunjungi Tahun Ini!

Mencari destinasi baru yang belum banyak terjamah orang adalah kenikmatan tersendiri bagi para backpacker. Traveler yang identik dengan ransel besar ini selalu tertantang mencari tempat yang tak terlalu populer tapi punya banyak hal menarik untuk ditawarkan. Kamu juga?

Jika masih bingung menentukan destinasi perjalananmu selanjutnya, coba pertimbangkan Johor Bahru. Ibu kota negara bagian Johor ini mungkin memang tak sepopuler Kuala Lumpur sebagai salah satu destinasi liburan favorit. Tapi, ada banyak hal yang dimilikinya hingga cocok dijadikan destinasi para backpacker sepertimu. Apa saja yang menarik dari Johor Bahru? Simak ulasannya berikut ini:

Puas menjelajah gedung tua bersejarah

The Red House yang memiliki ciri khas warna merah cerah. (Sumber: Shutterstock)

Bagi pencinta wisata kota tua, Johor Bahru akan memuaskanmu dengan banyaknya bangunan kuno peninggalan bangsa kolonial. Bangunan tua yang masih berdiri saat ini banyak yang dialihfungsikan sebagai museum, tempat peribadatan, bank, gedung pertokoan, bahkan penjara.

Beberapa di antara bangunan tua bersejarah yang cukup populer adalah The Red House dan Sultan Ibrahim Building. The Red House dulunya adalah milik sebuah keluarga India dan berfungsi sebagai toko sekaligus rumah. Sekarang, bangunan dengan warna merah cerah yang berada di Jalan Tan Hiok Nee ini dijadikan tempat makan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Sempat menjadi gedung tertinggi di Johor Bahru sebelum tahun 1970-an, Sultan Ibrahim Building masih tak kehilangan pesonanya. Dengan gaya arsitektur Inggris, bangunan ini tampak megah dan mengagumkan. Sebelum berfungsi sebagai museum seperti saat ini, Sultan Ibrahim Building dulunya sempat menjadi kantor pemerintahan di era pendudukan Jepang dan Malaysia sendiri.

Tempat bersejarah lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Sri Raja Mariamman Temple dan Johor Bahru Old Railways Station.

Surganya makanan enak dan murah

Roti prata dan kuah kari yang menjadi salah satu menu sarapan favorit di Johor Bahru. (Sumber: Shutterstock)

Saat berada di sebuah daerah baru, cobalah untuk makan selayaknya penduduk lokal. Beruntung, kamu tak akan kesulitan menemukan makanan khas enak di Johor Bahru. Karena kota ini dihuni oleh masyarakat dengan suku dan ras yang beragam, kamu akan puas mencicipi cita rasa dari banyak daerah di Asia seperti makanan khas Melayu, India, China, dan Arab.

Bingung mau sarapan apa untuk mengawali harimu di Johor Bahru? Tenang saja. Beragam jenis kuliner lezat tersedia, kamu tinggal pilih ingin menyantap apa. Untuk sarapan ringan, cobalah mampir ke Restoran Hua Mui di Jalan Trus yang menyajikan roti bakar selai dan teh hangat. Beralih tempat, kamu bisa menikmati sarapan khas Johor Baru dengan menu lain yang tak kalah menggoda seperti nasi lemak, roti canai, telur goyang, dan nasi ambeng.

Lapar melanda di malam hari juga tak perlu dirisaukan. Ada banyak sekali tempat makan yang buka hingga larut malam dan menyajikan bermacam menu. Jika kamu menyukai makanan berbau seafood, San Low Seafood Restaurant dengan menu andalannya drunken prawn atau ‘udang mabuk’ adalah pilihan yang tepat. Menu ini dinamakan demikian karena udang direndam dalam wine selama beberapa waktu sebelum dimasak dan disajikan. Jadi, kamu yang muslim sebaiknya menghindari menu ini, ya.

Tempat lain yang bisa kamu kunjungi antara lain Jalan Sutera yang setiap malam ‘disulap’ menjadi tempat wisata kuliner, terutama olahan dengan cita rasa oriental dan Melayu.

Ada banyak tempat wisata alam yang menantang untuk dijelajahi

(Sumber: @esmondetan)

Selalu tertantang menjelajah alam di mana pun kamu berada? Berada di Johor Bahru bisa menjadi kondisi ideal bagimu. Di sini, ada banyak sekali tempat dengan pemandangan memukau yang bisa dikunjungi. Dua tempat yang cukup populer adalah Gunung Arong Recreational Forest dan Kampung Sungai Melayu.

Gunung Arong Recreational Forest merupakan kawasan hutan terlindungi yang berada di Distrik Mersing. Terdiri dari pegunungan, air terjun, hutan, dan pantai, kamu bebas memilih berbagai cara terbaik untuk menikmatinya seperti jalan kaki atau bersepeda. Agar bisa lebih maksimal menikmatinya, kamu sebaiknya mendaki hingga puncak dan menyaksikan pemandangan yang luar biasa cantik terhampar di depan mata.

Tempat selanjutnya adalah Kampung Sungai Melayu, sebuah perkampungan warga yang dibangun di sekitar hutan bakau dan sungai. Berada di sini adalah kesempatan terbaik bagi kamu yang suka mengamati burung-burung. Selain itu, jangan lupa mencoba kegiatan lainnya seperti berperahu di sungai dan bergabung bersama penduduk setempat sambil mengamati mereka membuat beragam kerajinan tangan.

Tak sulit menemukan hostel dengan harga bersahabat

Tak sulit mendapatkan hostel nyaman dengan harga bersahabat di sini. (Sumber: Shutterstock)

Jika Johor Bahru tepat untuk backpacker, apakah tersedia hostel murah untuk menginap? Tentu saja ada, bahkan banyak. Untuk lokasi, kamu tinggal menyesuaikannya dengan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi.

Beberapa hostel menarik dengan harga bersahabat yang bisa kamu pertimbangkan antara lain Warm Blanket Hotel dan Okid Hotel. Warm Blanket hadir dengan konsep modern fun dan dipenuhi warna cerah. Sedangkan Okid Hotel mengusung konsep modern minimalis dengan dominasi warna putih di hampir seluruh bagiannya dan ornamen warna-warni. Selain kedua hotel tersebut, kamu juga bisa menemukan hotel menarik lainnya di sini.

Untuk mempermudah persiapan perjalananmu ke Johor Bahru, kamu bisa memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus di waktu dan tempat yang sama melalui Traveloka. Cara ini tentunya bisa lebih menghemat waktu dan uangmu.

3 Shares
Share3
Pin
Share
Tweet
+1