0

Traveloka Team

26 Jan 2020 - 3 min read

Siapa Bilang Mudik Naik Pesawat Itu Mahal? Ini 5 Tips Dapatkan Tiket Murah!

Bagi kamu yang berencana mudik Lebaran dengan pesawat, pastinya sudah semangat untuk berburu tiket. Masalahnya, Kementrian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik Lebaran tahun 2015 mencapai 20 juta orang. Jumlah pemudik yang menggunakan angkutan udara pun diprediksi naik 2,5% dibanding tahun lalu.

Kamu pasti jadi khawatir tidak mendapat tiket mudik, kan? Kalau pun dapat, bagaimana jika harganya mahal bukan main? Tenang, ada opsi lain jika ternyata kamu gagal mendapatkan tiket murah. Kamu bisa memanfaatkan promo cicilan 0%, bebas mau lunasi tiket pesawat dalam tiga atau enam bulan.

Meskipun demikian, kamu masih bisa mengandalkan lima tips berikut untuk mendapatkan mendapatkan tiket pesawat murah saat mudik:

1.Susun rencana mudikmu dan pesan tiket jauh-jauh hari

Rencanakan mudikmu jauh-jauh hari untuk bisa mendapat tiket promo. (sumber: Traveloka)

Karena mudik hanya setahun sekali, tentunya harus kamu rencanakan dengan maksimal. Jika tidak, bisa-bisa kamu terlambat sampai di rumah untuk menyantap ketupat. Kalau begitu, kapan sebaiknya kamu merencanakan perjalanan mudik Lebaran dan membeli tiket?

Menurut data Traveloka, harga tiket mudik terbaik ditawarkan maskapai sekitar 50 hari sebelum Lebaran. Pada masa ini, masih banyak tiket promo yang disediakan oleh maskapai. Oleh karena itu, manfaatkan periode tersebut dengan segera membeli tiket karena kesempatan mendapat tiket pesawat murah semakin besar.

Jika dihitung dari Lebaran tahun ini yang jatuh pada 17 Juli 2015, berarti sekarang adalah waktu yang tepat bagimu untuk membeli tiket mudik!
-

2.Gunakan maskapai full-service

Bagi kamu yang biasa menggunakan maskapai bertarif rendah, momen mudik Lebaran bisa kamu manfaatkan untuk menggunakan maskapaifull-service. Mengapa? Karena momen mudik Lebaran merupakan ajang promo bagi maskapai, tidak terkecuali bagi maskapaifull-service.

Di momen ini, harga tiket promo maskapaifull-servicebiasanya tidak jauh berbeda, atau bahkan sama, dengan maskapai bertarif rendah. Jika di hari biasa maskapaifull-servicemenjadi pilihan terakhir, justru saat mudik ini kamu bisa menjadikannya pilihan pertama.

Namun jika kamu masih ingin menggunakan maskapai bertarif rendah, maskapai-maskapai seperti Citilink dan Lion Air biasanya menawarkan promo tiket Lebaran yang menyelamatkan kantongmu.

3.Pilih rute alternatif

Demi tiket mudik murah, tidak ada salahnya kamu mencoba rute alternatif. Misalnya, kamu bisa memilih penerbangan ke kota lain yang dekat dengan kota tujuanmu.

Baca juga7 Larangan (dan Anjuran) Jika Kamu Menginap di Hotel - Infografik
-

Atau jika biasanya kamu menggunakan penerbangan langsung, saat mudik tidak ada salahnya untuk menggunakan penerbangan dengan transit. Harga tiket penerbangan dengan transit umumnya lebih murah dibanding harga tiket penerbangan langsung.

Yang harus kamu perhatikan jika memilih penerbangan dengan transit adalah durasi transit. Sebaiknya tidak memilih penerbangan dengan waktu transit yang terlalu panjang, agar kamu tidak terlalu lama menunggu hingga kelelahan.
-

4.Berangkat tengah malam atau subuh

Pilih penerbangan di waktu sahur karena harga tiketnya lebih murah. (sumber: shutterstock.com)

Bukan hanya saat mudik, tapi harga tiket untuk penerbangan tengah malam atau subuh memang umumnya lebih murah. Strategi ini juga dapat kamu gunakan di periode mudik. Penerbangan di waktu sahur bisa menjadi pilihanmu.

Jangan lupa untuk rutin mengecek harga tiket pesawat ke kotamu, sehingga kamu bisa langsung memesannya saat menemukan harga yang cocok. Agar memiliki banyak referensi, ada baiknya kamu membandingkan harga tiket di beberapaonline travel agent(OTA) sekaligus.

Namun saat membandingkan harga tiket mudik di OTA lainnya, pastikan untuk mengecek hingga harga final. Jangan sampai harga yang harus kamu bayar lebih tinggi dari harga awal yang terpampang di layar pencarian OTA.
-

5.Pesan tiket pesawat via Traveloka App

Harga tiket pesawat di Traveloka App lebih murah dibanding harga desktop. (sumber: Traveloka)

Ya, setelah menyusun rencana mudik serta menentukan maskapai, rute, dan jam penerbangan, bagian ini juga amat krusial. Kamu harus tahu kalau ada perbedaan harga jika memesan tiket dengan perangkat yang berbeda.

Di Traveloka, kamu bisa dapat harga tiket lebih murah jika pesan via aplikasi mobile, yaitu Traveloka App, dibanding melalui desktop. Belum punya aplikasi ini? Jangan khawatir, kamu bisa download gratis Traveloka App sekarang dan temukan lebih banyak promo Lebaran terbaru!

Kalau sudah punya Traveloka App, kamu bisa cek harga tiket pesawat mudikmu kapan pun dan di mana pun. Kamu juga tidak perlu cetake-ticketlagi, cukup tunjukkane-ticketdi Traveloka App-mu saatcheck-in. Praktis!

Selamat mudik! Jaga kesehatanmu dan hati-hati di perjalanan, ya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan