Refund Online: Cara Mudah Mengajukan Refund di Traveloka.com

Kabar baik bagi Anda, para pelanggan Traveloka yang ingin mengajukan permohonan refund tiket pesawat atau voucher hotel. Sekarang Anda dapat melakukannya langsung via website maupun aplikasi mobile Traveloka, tanpa dikenakan biaya!

Berikut adalah 5 langkah mudah mengajukan refund melalui Traveloka:

 

Langkah 1: Login ke akun Traveloka Anda

1

Jika Anda belum memiliki akun Traveloka.com, registrasi terlebih dahulu dengan alamat email yang Anda gunakan ketika melakukan pemesanan. Setelah itu silakan log in di www.traveloka.com/login.

 

Langkah 2: Masuk ke menu Pesanan Saya

2

Setelah log in, pilih menu Pesanan Saya yang terdapat di kanan atas situs Traveloka. Halaman tersebut akan menampilkan seluruh daftar pesanan Anda. Klik tombol Detail pada pesanan yang ingin Anda refund.

 

Langkah 3: Cek detil pesanan Anda yang ingin di-refund

3

Setelah klik tombol Detail, Anda diantar ke halaman Detail Pesanan. Di sini, Anda bisa mengajukan refund dengan menge-klik tombol Refund.

 

Langkah 4: Menyetujui syarat dan ketentuan

4

Setelah menge-klik tombol Refund, Anda akan masuk ke halaman Syarat dan Ketentuan Refund Traveloka. Setelah setuju, centanglah kotak di sebelah kalimat “Ya, saya setuju” pada bagian bawah halaman lalu klik tombol Langkah Selanjutnya.


Langkah 5: Isi formulir refund

5

Setelah setuju dengan Syarat dan Ketentuan Refund, Anda akan diarahkan ke halaman Formulir Refund.

Silakan pilih penumpang/tamu yang ingin di-refund, lalu isi seluruh informasi yang diminta, meliputi Nomor Rekening, Alasan Refund dan data lainnya. Anda juga dapat meng-upload dokumen terkait alasan refund, misalnya surat kuasa, surat keterangan dokter dan lain-lain.

Setelah itu, centang kotak di sisi “Ya, saya setuju” lalu klik tombol Submit Refund untuk menyerahkan pengajuan refund.

 

Cara melihat status permohonan refund

6

Status refund dapat dipantau melalui halaman Detail Pesanan Saya, caranya dengan melakukan langkah 1 – 3.

Proses refund voucher hotel butuh waktu kurang dari 30 hari kerja, sedangkan refund tiket pesawat butuh waktu kurang dari 90 hari kerja. Namun, tak menutup kemungkinan proses refund selesai kurang dari 7 hari kerja, tergantung pihak hotel atau maskapai.

Proses transfer dana ke rekening Anda butuh waktu kurang dari 2 hari kerja, tergantung pihak bank.

Jika ada pertanyaan lain yang belum terjawab, silakan cek halaman FAQ Refund Traveloka.

 

Baca juga  Cara Membuat Paspor dan Visa untuk Kamu yang Akan ‘Travelling’ ke Luar Negeri

Inilah testimoni dari mereka yang pernah melakukan refund online di Traveloka:

Traveloka
Traveloka
contributor

Sebelumnya
Cara Pembayaran Traveloka dari ATM Apapun
Selanjutnya
Refund Online: Cara Mudah Mengajukan Refund di Traveloka.com
Pendapat:
Nilai:
0 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 5 0,00
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
0
like
0
love
0
haha
1
wow
0
sad
0
angry
Comment (32)
  1. edho 

    refund per 01 november 2013 kan gratis, kenapa di form refund masih terdapat biaya 45.000 ???
    gimana si ???

    1. admin Traveloka 

      Hai Edho,

      Mohon abaikan tulisan tersebut karena per 1 November 2013 admin fee Traveloka.com sudah dihapuskan 🙂

      Salam,
      Traveloka.com

  2. dian 

    bagaimana cara membatalkan tiket,tadinya saya pesan tiket tanpa login dan saya telefon cs nya sedang menunggu

    1. admin Traveloka 

      Hai Dian,

      Untuk membatalkan tiket, silakan telepon call-center maskapai yang bersangkutan. Untuk pengajuan refund, sebaiknya mengisi Online Refund sesuai dengan http://www.traveloka.com/faq/refund
      Namun bila Anda belum pernah log-in sebelumnya, Anda tetap dapat mengajukan refund dengan mengirimkan email ke [email protected] dengan menyertakan no. pesanan Anda dan tuliskan “Permohonan Refund” di subject email Anda, kami akan segera memprosesnya.

      Salam,
      Traveloka.com

  3. Arief Prianto 

    saya pernah membatalkan penerbangan saya 14 Nopember 2013 menggunakan Mandala Airline saya telpTraveloka yang kebetulan yang menerima seorang pria yang saya sesalkan tidak ada splusi yang diberikan , saya cuma di informasikan uantuk menghub langsung maskapai traveloka tidak bisa membantu. gimana ini ..???

    1. admin Traveloka 

      Hai Arief,

      Maaf atas cara penyampaian informasi yang mungkin kurang berkenan bagi Anda.
      Ijinkan kami menyampaikan informasi tersebut sekali lagi di sini. Untuk tiket pesawat maskapai low-budget (berbiaya murah) seperti Tigerair Mandala, Tigerair, AirAsia dan Citilink, tiket tidak dapat dibatalkan atau dengan kata lain tidak akan mendapatkan refund. Hal tersebut adalah kebijakan semua maskapai low-budget.
      Keterangan lengkapnya dapat Anda baca di: http://www.traveloka.com/faq/refund#RI

      Semoga cukup menjelaskan.

      Salam,
      Traveloka.com

  4. vina yuni 

    gimana cara memindah tangankan penerbangan??? yang menggunakan maskapai air asia ?

    1. admin Traveloka 

      Hai Vina,

      Untuk pindah tangan penumpang tidak dapat dilakukan. Silakan baca keterangan lebih lanjut di: http://www.traveloka.com/faq/refund#AirAsia

      Salam,
      Traveloka.com

  5. ali 

    Gimana caranya pindah tangankan tiket garuda?

  6. Ana Mariani 

    Hai, traveloka
    Bagaimana jika telah melakukan transfer tp konfirmasi tiket tdk pernah sy terima. Jd ceritanya begini:
    Saya booking tiket dg nomor pemesanan 29902950 utk Sriwijaya Air Mlg. Setelah dpt email petunjuk pembayaran, sy melakukan penbayaran via tranfer ATM BRI.Sepertinya ada selisih waktu batas transfer sekitar 1 menit. Setelah sy tunggu lebih dari 60 menit setelah transfer, sy tdk pernah menerima email konfirmasi tiket. Selanjutnya saya memesan ulang dengan pswt tujuan dan waktu yg sama dengan no pemesanan 29904192 dan melakukan transfer via nandiri ATM dan akhinya sy dpt tiketnya . Tp transfer yg perrama terlanjur sy lakukan. Karena u tuk pemesanan pertama sy tdk pernah dapat tiketnya, maka sy minta untuk refund. Sy sdh email tp tdk mendapatkan balasan, sayamenelpon cs, lamaaaaaa sekali nyambungnya. Jd langkah apa yg hrs sy lakukan spy uang saya kembali. Terimakasih.

    1. admin Traveloka 

      Hai Ana,

      Enquiry Anda sudah kami teruskan ke bagian Customer Support untuk ditindaklanjuti segera. Terima kasih atas pengertiannya dan silakan tunggu balasannya. Anda bisa hubungi kami lagi di blog ini sekiranya belum ada respon dalam beberapa hari ke depan.

      Salam,
      Traveloka.com

  7. Dhanty 

    Apakah lion air trmsk maskapai low-budget?
    Krn sy prnah refund lgsung maskapai tsb (tdk refund melalui traveloka) tetapi harga tiket yg sekitar 500 ribu hanya dikembalikan 50 ribu. Apa memang seperti itu? Jika refund melalui traveloka, bagaimana prosedur pengembalian uangnya? Apakah harus mengambil ke kantor maskapai masing2?

    1. admin Traveloka 

      Hai Dhanty,

      Untuk Lion Air, Anda dapat melihat ketentuan refund secara lengkap di halaman http://www.traveloka.com/faq/refund#JT
      Refund melalui Traveloka akan ditransfer ke rekening Anda ketika proses refund sudah selesai, dan tidak akan dipungut biaya tambahan apapun dari Traveloka.

      Salam,
      Traveloka.com

  8. Popy senorita 

    Klo untuk ubah tanggal penerbangan,gmana caranya ya??

    1. admin Traveloka 

      Hai Popy,

      Untuk perubahan tanggal penerbangan silakan hubungi langsung call center maskapai yang bersangkutan. Info lengkapnya dapat dilihat di http://www.traveloka.com/faq/refund

      Salam,
      Traveloka.com

  9. Muhammad Yusri S 

    Sore traveloka, kemarin saya sudah booking tiket lewat traveloka untk penrbangan tanggal 6 februari mnggunakan maskapai merpati. Kemudia saya mendapatkan konfirmasi dari merpati bahwa mereka membatalkan penerbangan di bulan februari. Jadi untuk proses refundnya ini bagaimana?, saya sudah menghubung merpati dan katanya refundnya itu 100%.

  10. Muhammad Yusri S 

    Dari pihak merpati mengatakan peemohonan refund saya sudah diajukan dan prosesnya itu 30 hari kerja. Nah kan saya booking lewat traveloka berarti dari pihak traveloka sendiri kan yang akan mengurus refund saya?

    1. admin Traveloka 

      Hai Muhammad,

      Benar sekali. Refund Anda akan kami proses. Silakan kirimkan email beserta no. pesanan Anda ke email [email protected] untuk kemudian diproses.

      Salam,
      Traveloka.com

  11. budiyono 

    bagaimana caranya untuk mengecek status refund, karena pada tanggal 17 feb ’14 saya mengajukan refund untuk penerbangan jogja-palembang maskapai tiger air mandala, informasi awal yang saya terima dari traveloka adalah min.30 hr dan maks. 60 hr kerja, saya ingin tahu status up date untuk pengajuan refund saya itu.karena dari pihak traveloka belum pernah ada pemberitahuan tentang hal tersebut mengingat claim refund saya sudah hampi 1 bulan

  12. budiyono 

    saya booking ticket ke traveloka tgl. 11 februari 2014,untuk penerbangan tgl. 17 februari 2014, dengan rute yogyakarta – palembang dengan maskapai tigaer air mandala kode booking (PNR) U6CMMP (RI-174). karena ada musibah gn.kelud kemudian saya mengajukan refund online ke pihak traveloka pada tgl.15 februari 2014 dengan mengisi formulir yg ada akan tetapi jawaban dari pihak traveloka cuma emil ke saya yang bunyinya ” Data refund anda telah kami terima,dimohon kesabaran serta kerjasamanya untuk menunggu sampai selesainya proses pengembalian dana refund anda “dan saya tidak menerima konfirmasi seperti yang tertulis di atas yaitu LANGKAH 8 dan LANGKAH
    mohon penjelasanya karena dana tersebut sangat berarti buat saya dan keluarga saya

    1. admin Traveloka 

      Hai Budiyono,

      Terima kasih atas pemberitahuannya. Kami pastikan begitu dana refund kami terima dari pihak maskapai, kami akan mengembalikan ke rekening yang sudah Anda sediakan ketika mengajukan refund, disertai dengan email pemberitahuan. Memang proses refund bisa memakan waktu 30-60 hari kerja. Tidak perlu khawatir, kami memproses refund dengan penuh tanggung jawab kepada customer kami, dan dimohon kerjasamanya dalam rupa pengertian dan kesabaran dari pihak Anda. Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka.com

  13. regina 

    Bagaimana dengan maskapai airasia. Setau sy air asia tidak menerima refund. Apakah masih tetap bisa refund melalui traveloka saja ?? Thanks

    1. admin Traveloka 

      Hai Regina,

      Maskapai AirAsia hanya memberikan refund jika penerbangan dibatalkan sepihak oleh maskapai. Ketentuan tiap maskapai bisa dilihat di http://www.traveloka.com/faq/refund

      Salam,
      Traveloka.com

  14. Thumbur Nababan 

    Hi Traveloka

    Pada tanggal 13 Maret 2014 kemarin saya membeli 4 tiket pesawat maskapai Lion Air untuk tgl 21 Maret 2014. Dikarenakan suatu hal, 1 tiket terpaksa dibatalkan, bagaimana cara memproses hal tsb..saya sudah mecoba menghubungi call centre traveloka tapi tidak dijawab..thanks

  15. Marningsih 

    Mohon informasinya tentang refund kami tertanggal 14 Pebruari 2014 dengan nomor pesanan 31068836, sampai dengan saat ini masih belum ada kabarnya.
    terima kasih dan kami tunggu jawabannya.

    1. admin Traveloka 

      Hai Marningsih,

      Mohon kirimkan enquiry tersebut ke email [email protected] agar info refund Anda dapat diinformasikan langsung oleh bagian refund secara lebih detail. Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka.com

  16. Muhammad 

    Saya Muhammad Tohir, siang ini melakukan booking ticket melalui traveloka untuk Jakarta-Singapore (PP) Jumat, 29 Agu 2014 [14:05 – 16:40] – Senin, 1 Sep 2014 [08:10 – 08:55].. Dan saya terima email “Petunjuk Pembayaran Tiket – No. Pesanan 32086311”.. Lalu saya ke ATM BCA terdekat untuk lakukan transfer ke rekening Traveloka.. Kemudian langkah konfirmasi.. Namun hingga 60 menit belum ada email konfirmasi tiket.. Sepertinya ada selisih waktu batas transfer, dan konfirmasi.. Lalu saya check di “Pemesanan Saya” ternyata kosong.. Saya cek via telpon ke 021-29022130 juga status tidak ada pemesanan.. Berarti book ticket saya belum di-issue ..
    Jika saya inginkan uang kembali, bagaimana prosedur pengembalian uangnya? Salam..

    1. admin Traveloka 

      Hai Muhammad,

      Status tiket Anda sudah ter-issued. Apakah Anda sekarang sudah menerima e-tiket di Inbox (cek Spam juga)? Jika belum, mohon kabari kami di komentar ini dan kami akan mengirimkan ulang.

      Salam,
      Traveloka.com

  17. ari rizki setiawan 

    Dimana bisa kita lihat potongan refund tiap maskapai kalau beli tiket di traveloka. Terima kasih

    1. admin Traveloka 

      Hai Ari,

      Silakan lihat ketentuan refund tiap maskapai di halaman http://traveloka.com/faq/refund

      Salam,
      Traveloka.com

  18. diah wahyu ningrum 

    saya pesan tiket sktr tgl 7 juli 2014 saya mau refund, gmna sdngkn ini udh lebih dr seminggu bsa gak ya,saya sdh log in dan masuk ke pemesanan saya kosong malahan,saya cek status pemesanan saya sdh issued

    1. admin Traveloka 

      Hai Diah,

      Mohon sertakan no. pesanan Anda dan kirimkan enquiry Anda ke email [email protected] untuk diresponi secepatnya. Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Shares
Share4
Pin
Share
Tweet
+1