Palangkaraya, Lokasi Terbaik bagi Warga Jakarta untuk Menyaksikan Gerhana Matahari Total 2016

Rabu, 9 Maret 2016, seluruh orang di dunia akan iri kepada warga Indonesia. Sebab, Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang dilewati gerhana matahari total. Fenomena langka ini dapat disaksikan di sebelas kota di Indonesia, yaitu Maba, Luwuk, Ternate, Palangkaraya, Tanjung Pandan, Palu, Palembang, Balikpapan, Sampit, Poso dan Halmahera. Maba di Maluku akan mengalami gerhana terlama, sekitar 3 menit 17 detik, sedangkan Balikpapan adalah yang tersingkat dengan durasi sekitar satu menit.

Tapi, apa sebenarnya yang bikin fenomena alam ini begitu spesial? Gerhana matahari total adalah kejadian langka yang terjadi sekitar 375 tahun sekali di lokasi yang sama. Selain langka, hal-hal tak umum terjadi selama gerhana berlangsung, contohnya: ketika bulan berada tepat di depan matahari, tiba-tiba langit berubah hitam, hewan malam seperti kelelawar terbangun dari tidurnya dan hewan siang kembali ke sarangnya. Terakhir kali fenomena ini terjadi di Indonesia adalah tahun 1995 dan, berbeda dengan tahun ini, waktu itu hanya melewati pulau kecil di ujung utara Sulawesi.

Sayang sekali memang, Jakarta dan kebanyakan kota di Pulau Jawa tidak dilewati gerhana matahari total. Jadi, cara terbaik bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin melihat gerhana matahari total adalah dengan terbang ke Palangkaraya. Sebab, Palangkaraya adalah kota terdekat dengan durasi gerhana mencapai 2 menit 30 detik, lebih lama ketimbang Palembang dan Tanjung Pandan.

Soal transportasi, banyak tiket pesawat murah dari Jakarta ke Palangkaraya. Untuk maskapai  low-cost carrier tiketnya dipatok mulai dari Rp800 ribuan sedangkan maskapai full-service seperti Garuda Indonesia, tiketnya dijual mulai dari Rp1 jutaan.

Untuk akomodasi, Palangkaraya punya beragam hotel dengan tarif, mulai dari kelas backpacker hingga hotel mewah bintang empat. Berikut Traveloka rangkum rekomendasi hotel terbaik di Palangkaraya untuk Anda:

 

Obelix Hotel Syariah – Menenangkan bagi keluarga dan anak-anak

Lingkungan dalam hotel disesuaikan menurut hukum syariat sehingga lebih menenangkan dan aman untuk keluarga. (Sumber: Traveloka)
Lingkungan dalam hotel disesuaikan menurut hukum syariat sehingga lebih menenangkan dan aman untuk keluarga. (Sumber: Traveloka)

Prinsip syariah yang diterapkan hotel ini membuatnya cocok untuk keluarga dan anak-anak. Sebab, hanya pasangan suami istri saja yang diperbolehkan menginap sekamar. Maka jangan heran jika sebelum menginap, Anda akan dimintai surat nikah.

Dengan tarif mulai dari Rp300 ribuan, Anda akan mendapat fasilitas seperti WiFi gratis, AC, TV kabel, shower, dan sarapan gratis.

Para tamu yang pernah menginap menilai Obelix Hotel Syariah dengan rating 8.6/10 atau sangat baik.

 

Fovere Hotel Palangkaraya – Tampil minimalis bagi yang mengutamakan kesederhanaan

Interior minimalisnya membuat pikiran lebih tenang dan nyaman untuk istirahat. (Sumber: Traveloka)
Interior minimalisnya membuat pikiran lebih tenang dan nyaman untuk istirahat. (Sumber: Traveloka)

Hotel ini cocok untuk Anda yang mencari tempat menginap murah tapi tidak murahan. Seluruh desain interior Fovere Hotel Palangkaraya mengadopsi gaya modern minimalis. Sentuhan kayu pada perabotan sewarna dengan cat dinding kamarnya.

Hanya dengan Rp500 ribuan per malam, Anda mendapat WiFi gratis, AC, TV kabel, shower, pengering rambut, sarapan dan laundry dengan biaya tambahan. Penyewaan mobil juga bisa disediakan oleh pihak hotel.

Walau terbilang baru beroperasi, Fovere Hotel Palangkaraya telah mendapat rating 8.3/10 dari para tamu.

 

Aquarius Boutique Hotel – Untuk yang ingin maksimal menikmati peristiwa fenomenal

Kemewahan tanpa kompromi untuk Anda yang tidak sekedar mencari tempat menginap. (Sumber: Traveloka)
Kemewahan tanpa kompromi untuk Anda yang tidak sekedar mencari tempat menginap. (Sumber: Traveloka)

Ini bukan hotel biasa. Sekilas, Aquarius Boutique Hotel tampak seperti hotel bintang empat lainnya, tetapi fasilitas yang ditawarkan lebih dari hotel-hotel pada umumnya. Kolam air mancur besar di depan hotel dan interior megah di lobi menunjukkan tingkat kemewahan yang ditawarkan hotel ini.

Dengan tarif hanya Rp700 ribuan per malam, Aquarius Boutique Hotel menawarkan fasilitas yang terbilang lengkap, seperti WiFi, AC, TV kabel, kolam renang luar ruangan, klub, sauna, gym dan lain-lain.

Bukan cuma mewah, pelayanannya juga terbukti optimal dengan rating 8.2/10 dari para tamu.

 

Jika tiket pesawat dan hotel sudah dipesan, sekarang tinggal mengatur itinerary selama di Palangkaraya. Tapi tidak perlu repot karena Pemerintah Kota Palangkaraya telah menyiapkan acara Festival Gerhana di Lapangan Sepak Bola Sanaman Mantikei untuk menyambut gerhana matahari total nanti. Lokasinya hanya berjarak kurang dari 15 menit berjalan kaki jika Anda menginap di Aquarius Boutique Hotel.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati pergelaran fashion street, perkusi khas Dayak dan berbagai tarian kolosal selama acara Festival Gerhana berlangsung. Puncak acaranya tentu saja melihat gerhana matahari total bersama-sama. Tapi ingat! Siapkan kacamata hitam dengan filter untuk melindungi mata selama gerhana berlangsung dan selamat menyaksikan fenomena alam yang langka ini!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1