0

Bersiap Mudik dengan Kereta Api? 5 Hal Ini Harus Benar-benar Diperhatikan!

Ramadan 2024 sudah hampir di depan mata, sudah tahu mau pakai transportasi apa untuk mudik Lebaran nanti?

Bagi kamu penumpang setia kereta api, bersiaplah karena tiket kereta api arus mudik tahun ini sudah bisa dipesan mulai 15 Februari 2024 hanya di Traveloka!

Bukan rahasia lagi jika kereta api terus menjadi pilihan banyak orang. Tarif yang relatif terjangkau ditambah perjalanan lancar bebas macet adalah dua hal yang dianggap sebagai kelebihan moda transportasi ini.

Nah, untuk membuat perjalanan mudikmu dengan kereta api terasa menyenangkan, perhatikan lima hal berikut yuk!

1. Pesan tiket kereta mudik secepatnya!

Tiket kereta api untuk mudik lazimnya amat cepat terjual. Jika menunda untuk membelinya, bisa-bisa Anda kehabisan!

Karena itu, tak ada salahnya segera pesan tiket KAI mudik yang mulai dibuka per 15 Februari 2024. Traveloka sebagai mitra resmi KAI bisa menjadi platform andalan Anda untuk pesan tiket mudiknya dari sekarang!

Tiket KA Mudik Lebaran 2024

Nikmati promo spesial KA mudik 2024 Traveloka

2. Pilih tempat duduk dekat jendela

Perjalananmu yang berjam-jam tidak akan terasa jika kamu memilih tempat duduk yang tepat. Bangku di pinggir jendela bisa menjadi pilihan yang menarik. Selama perjalanan, kamu bisa menikmati pemandangan sekitar sehingga waktu yang terlewat tak akan terasa menjemukan.

Pilih bangku selama perjalanan dengan kereta ini bisa dilakukan dengan mudah. Pesan tiket kereta api di Traveloka baik melalui situs web resmi ataupun Traveloka, kamu bebas memilih sendiri bangku yang diinginkan. Tahapan ini akan muncul setelah kamu mengisi data penumpang.

3. Bawa bekal untuk sahur dan buka di kereta

(Sumber: Shutterstock)

Meskipun nantinya kemungkinan besar kamu akan menempuh perjalanan dalam keadaan berpuasa, membawa bekal makanan dan minuman sendiri tak boleh sampai dilupakan. Makanan dan minuman untuk buka ataupun sahur sebaiknya kamu siapkan sendiri dari rumah. Mengapa?

Pertama, tentu saja kamu bisa lebih hemat karena tak perlu mengeluarkan uang lebih di dalam kereta. Alasan lainnya adalah kamu bisa menyesuaikan menu makanan sesuai selera. Meskipun di dalam kereta telah tersedia banyak menu pilihan, belum tentu menu yang kamu inginkan tersedia di saat itu.

4. Saat mudik, bantal leher dan selimut tak boleh ketinggalan

(Sumber: Shutterstock)

Saat menempuh perjalanan jauh, kamu butuh kenyamanan dalam beristirahat. Untuk itu, kamu perlu membawa bantal leher dan selimut. Hampir semua kereta memang menyediakan bantal dan selimut, baik gratis atau berbayar. Namun, membawa sendiri dari rumah akan lebih menguntungkanmu, terutama jika kamu memiliki alergi terhadap material tertentu.

Jika kamu memiliki alergi semacam ini, sebaiknya kamu membawa sendiri bantal dan selimut agar bisa disesuaikan dengan kondisimu.

Membawa bantal sendiri juga membuatmu tak harus mengeluarkan biaya sewa bantal di dalam gerbong. Untuk kereta kelas ekonomi, kamu butuh mengeluarkan sejumlah uang sewa untuk bisa menggunakan bantal selama perjalanan.

5. Tandai barang bawaan

(Sumber: Shutterstock)

Saat mudik, membawa barang bawaan dalam jumlah banyak sudah sangat wajar. Karena tidak ada fasilitas penanda barang bawaan dari pihak stasiun, kamu perlu melakukannya sendiri. Tandai setiap barang bawaanmu dengan tulisan, stiker, tali tambahan, atau apapun yang bisa membuatmu lebih mengenali barang bawaanmu sendiri.

Hal ini disebabkan kereta api berhenti di banyak stasiun, dan kamu tak bisa memastikan selalu terjaga saat kereta berhenti dan sebagian penumpang turun. Barang bawaan di kereta rentan tertukar dengan penumpang lain, terutama jika koper, tas, atau kardusnya terlihat hampir sama. Pemberian stiker ini agar penumpang lain bisa tahu barang mana yang jadi milikmu, jadi mereka tak salah bawa saat turun.

Kelima hal di atas dijamin bisa bikin perjalanan mudikmu dengan kereta akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Jangan lupa pesan tiket kereta api untuk mudik lebih awal agar tidak kehabisan kursi ya! Terlebih lagi, tiket mudik Lebaran 2022 sudah bisa dipesan di Traveloka!

Tags:
mudik-dengan-kereta-api
mudik-kereta-api
tips-mudik-dengan-kereta-api
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan