Menikmati Liburan yang Sempurna: Margaret River dan Perth

Menikmati Liburan yang Sempurna: Margaret River dan Perth

Akhir pekan selalu dimanfaatkan banyak warga Perth untuk berlibur ke Margaret River. Tujuan mereka cuma satu, yakni berselancar, menikmati anggur, dan menikmati alamnya yang indah. Alhasil, akses jalan menuju ke Margaret River selalu padat sejak Jumat sore. 

Margaret River adalah destinasi wajib yang harus setiap pelancong kunjungi saat liburan ke Australia. Perjalanan pun akan semakin sempurna jika kamu melanjutkan perjalanan menuju pesisir Perth. Mencicipi fish and chip di atas dermaga Pelabuhan Fremantle atau menikmati pesona matahari terbenam yang keemasan sambil minum bir di Pantai Cottesloe bakal jadi pengalaman yang berkesan.

Jarak: 270 kilometer

Waktu: 5 Hari

Hari ke-1: Perth ke Margaret River

Untuk menghindari macet, ada baiknya berangkat di siang hari atau setelah jam 7 malam. Tak perlu persiapan khusus, kecuali jika kamu berencana berkemah. Meskipun begitu, bawalah beberapa baju hangat karena suhu udara pada malam hari akan lebih dingin. 

Pagi

Mampir ke The Partisan di Claisebrook Cove adalah cara terbaik untuk mengisi perut sebelum memulai perjalanan. Selain lokasinya dekat jalan tol, berbagai hidangan Eropa yang dipadukan dengan bahan-bahan lokal jadi keistimewaan kafe ini. Kamu pun dapat bersantap di area outdoor yang menawarkan pemandangan Sungai Swan dan Optus Stadium di seberang sungai.

Setelah kenyang, berkendaralah menuju Funcats Watersports yang berjarak 11 menit. Di sini, kamu dapat menyewa paddle board dan kayak untuk melintasi sungai. Alternatif lainnya, kamu bisa mencoba yoga paddle board Precious Breath di Matilda Bay Yacht Club. Kegiatan ini bukan hanya merelaksasi tetapi juga cocok dijadikan pemanasan sebelum melakukan perjalanan tiga jam menuju Margaret River.

Sore

Minum kopi di Bunbury Markets bisa mengobati lelah di perjalanan. Pasar swalayan besar ini juga menjual keju dan saus berkualitas tinggi yang dapat kamu beli sebagai bekal. 

Untuk akomodasi, kamu bisa memilih beragam penginapan sesuai kebutuhan dan pengalaman yang diinginkan. Salah satunya adalah Mile End yang menawarkan sensasi berkemah mewah (glamping) menggunakan kubah geodesik. Ini tentu memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan, terlebih lagi luas kawasannya mencapai 144 hektar dan lokasinya hanya berjarak 15 menit dari kota. Sebaliknya, jika ingin menginap di tengah kota, Margarets Forest Holiday Apartments bisa jadi pilihan tepat untuk keluarga atau rombongan besar.

canal rocks west australia
Canal Rocks, West Australia (photo credit: Shutterstock)

Sekarang, kamu sudah hampir sampai di Margaret River. Untuk mengatasi rasa pegal akibat duduk lama, kenapa tak mencoba trekking sambil menikmati alam? Jalur trekking Canal Rocks hingga Wyadup bisa kamu taklukkan, terlebih lagi tempat ini terkenal akan pemandangan pantai yang luar biasa dan pesona sunset yang indah.

Saat malam tiba, kamy dapat habiskan waktu di Cullen Wines yang dikelilingi pepohonan peppermint dan kebun-kebun anggur. Jika ingin suasana lebih santai, kamu bisa menyenangkan hati dengan menu seasonal dan menggugah selera di Morries Anytime dan Settlers Tavern yang berjarak 6 menit untuk menyaksikan musik live di pub klasik Aussie ini.

Hari ke-2: Margaret River

Pagi

Sarapan ala warga lokal di Margaret River Bakery yang bernuansa eklektik wajib kamu coba. Alternatif lainnya, kamu bisa menikmati aneka roti gluten free di Sidekick. Setelah kenyang, mulai liburanmu dengan menantang diri menaiki motor trail dan berpiknik melintasi hutan atau pantai. Tur ini bisa kamu dapatkan di Jesters Flat dan dinikmati setiap hari kecuali hari Kamis. 

Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Eagle Bay Brewing Co. Di sini, kamu bisa bersantai menikmati pemandangan lembah sambil menikmati minuman lokal atau makan siang. Tak jauh dari kafe, kamu bisa menemukan Pantai Smith’s yang cocok dijadikan tempat menenangkan diri dan merasakan air laut biru turquoisenya.

Sore

Ngilgi cave
Cave Ngilgi (photo credit: Shutterstock)

Menjelang sore, aktivitas selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menyusuri Gua Ngilgi yang ditemukan pada 1899. Gua bawah tanah ini dipenuhi stalaktit dan stalagmit kuno. Jika tertarik, Gua Ngilgi dibuka untuk umum mulai dari jam 9-5 sore. 

Selain gua purba, Mercusuar Cape Leewin juga harus kamu kunjungi. Mercusuar bersejarah dan tertinggi di daratan Australia ini menawarkan pemandangan hutan belantara yang luas. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Piari & Co untuk bersantap malam. Yang menarik, menu yang ditawarkan di sini selalu berubah seiring musim dan berdasarkan filosofi paddock to plate, di mana menggunakan bahan-bahan terbaik serta wine dari kebun-kebun anggur terdekat.

Hari ke-3: Margaret River

Pagi

Liburan bukan berarti harus malas-malasan. Cobalah bangun pagi untuk berjalan santai atau bersepeda melintasi Hutan Boranup. Kamu bisa menyewa sepeda di Life Cycle Bikes dan mengunduh peta online atau mengambil buku peta di visitor center. Setelah itu, sempurnakan perjalanan di Margaret River dengan bergabung tur wine. Bush Tucker Tours bisa jadi pilihan tur terbaik yang membawamu melihat proses pembuatan anggur hingga mencicipinya langsung.

Sore

Menikmati pizza kayu bakar di Swing Taphouse adalah ide terbaik untuk menu makan malammu. Rasanya bakal semakin nikmat saat ditemani craft beer lokal dan menu seasonal. Anchovy and red pepper crostini untuk menu pembuka dan lamb rump with baba ganoush sebagai hidangan utama adalah rekomendasi yang harus kamu coba.

Hari ke-4: Margaret River ke Perth

Pagi

Smiths Beach (photo credit: Shutterstock)

Awalilah harimu dengan berenang pagi dan sarapan. Datanglah ke Pantai Smith’s karena memiliki air yang jernih dan dekat dari restoran Lamont. Setelah itu, setibanya kembali di Perth setelah perjalanan selama 3 jam, restoran Propeller dengan konsep alfresco dining (open air) yang instagramable di Fremantle Utara cocok dijadikan tempat makan siang. Alternatif lainnya, takeaway beberapa menu sehat dari The Little Concept, lalu ke Monument Hill untuk piknik menikmati pemandangan Kota Fremantle.

Sore

Saat liburan ke Fremantle yang dikenal sebagai kota pelabuhan, jangan lewatkan menikmati fish and chips paling populer di Australia. Menu ini bisa kamu dapatkan di Cicerello’s, di mana juga menawarkan sensasi makan di atas dermaga pelabuhan kapal pancing Fremantle. Jika ingin cari restoran indoor, Char Char yang berada di seberang Cicerello’s dan menawarkan pemandangan pelabuhan bisa jadi alternatifnya. 

Setelah makan, kamu bisa bersantai menikmati bir di Little Creatures Brewery yang berjarak hanya beberapa gedung. Beer house ini dulunya merupakan gudang sekaligus bekas peternakan buaya.

Hari ke-5: Perth

Pagi

Mengunjungi Pantai Cottesloe pas sekali bagi kamu yang mencoba olahraga air yang seru dan menantang adrenalin. Pantai ini memang dikenal sebagai tempat kite surfing kelas dunia sehingga ideal untuk para pemula maupun profesional. Namun, jika ingin olahraga yang bikin tenang dan meredakan stres, kamu bisa ikut yoga selama dua jam di Yogaworx atau memilih paket tiga sesi.

Sekarang perut kamu keroncongan? Tak jauh dari pantai, kamu bisa mampir ke Il Lido Italian Canteen. Tempat makan ini selalu dikunjungi para pelancong karena menawarkan menu sarapan, makan siang, dan makan malam yang menggoyang lidah.

Sore

Sekarang, isi waktu soremu dengan menjelajahi Old Treasury State Building. Gedung ini berisikan beberapa bar dan restoran paling ternama di Perth, mulai dari Petition Wine Bar, Long Chim’s Thai, hingga Wildflower bar rooftop and restoran yang menyajikan menu haute-cuisine dengan pemandangan eksotis gedung-gedung pencakar langit.

Hari ke-6: Menginap satu hari ekstra di Perth

Pagi

Lesmurdie Waterfall (photo credit: Shutterstock)

Perth Hills bisa jadi destinasi tepat untuk menutup perjalananmu. Indahnya hamparan perbukitan hijau yang luas dengan gerombolan hewan ternak yang sedang merumput akan benar-benar menyegarkan tubuhmu. Tempat ini juga sempurna untuk aktivitas outdoor, seperti jalan santai menyusuri alang-alang ke Air Terjun Lesmurdie atau mengunjungi Araluen Botanic Park. 

Setelah lelah trekking, mampirlah ke Genesis in the Hills untuk menikmati aneka hidangan menggugah selera sambil melihat bukit hijau dari balkon atas restoran. Jika kamu pecinta anggur, berkendaralah menuju sisi timur Perth City, tepatnya di Swan Valley. Kamu akan menemui Taylors Art & Coffee House yang menawarkan menu sarapan organik hasil kebun sendiri, sebelum mengikuti tur makanan dan anggur atau menjelajahi berbagai pabrik dan kilang anggur sesuai keinginanmu.

Sore

Jika kamu memilih untuk menghabiskan hari di Perth Hills, nikmati wine tasting di Millbrook Winery sebelum menikmati santap malam di beranda restoran sambil menikmati pemandangan danau. Namun, jika kamu berada di Swan Valley, kamu dapat mengunjungi tempat pembuatan bir, wine, serta beer garden di Mandoon Estate. Surga pecinta wine ini juga memiliki restoran bernama The Wild Swan yang menyajikan aneka menu a la carte dan menu degustation yang selalu berubah berdasarkan musim. Pengalaman makan malam di sini pun makin sempurna ditemani wine dari perkebunan.

Itulah itinerary perjalanan yang bisa kamu contek untuk liburan selanjutnya. Yuk, segera booking tiket pesawat dan hotel di Traveloka untuk merasakan keseruannya!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1