Mau Liburan ke Luar Negeri? Pastikan Kamu Sudah Lakukan 10 Hal Ini!

Baik jika ini merupakan pertama kali atau kesekian kalinya kamu pergi liburan ke luar negeri, idealnya liburanmu berjalan menyenangkan dan bebas hambatan. Sayangnya, tak jarang terjadi sejumlah kesalahan umum yang bisa saja merusak liburanmu, semisal lupa membawa travel adaptor (penting!), lupa menginformasikan ke pihak bank bahwa kamu akan berlibur ke luar negeri, lupa memastikan apakah kartu kreditmu bisa dipakai di negara tujuan, dan lain sebagainya.

Jadi sebelum kamu terlalu bersemangat menyambut Hari H pergi liburan, sebaiknya pastikan 10 hal ini sudah kamu lakukan demi perjalanan yang menyenangkan:

1. Beri perhatian lebih pada hari pertama kedatanganmu

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Tentunya kamu tidak mau tersesat di hari pertama liburan, apalagi di negara asing. Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah mempelajari rute perjalanan dari bandara ke hotel tempatmu menginap, mulai dari jarak tempuh sampai transportasi apa yang bisa digunakan. Selain itu, penting juga untuk mengetahui transportasi apa yang akan kamu gunakan dari hotel ke tempat-tempat yang akan kamu kunjungi di hari pertama ini.

2. Beri perhatian juga pada hari terakhirmu berlibur

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Sama seperti hari pertama liburan, hari terakhir juga harus direncanakan dengan baik. Jika jadwal penerbanganmu terhitung pagi, menginap di hotel dekat bandara bisa jadi pilihan terbaik. Apalagi jika kamu berlibur di kota yang tingkat kemacetannya tak beda jauh dari Jakarta.

Jangan lupa menyiapkan uang tunai untuk keperluan lain, seperti biaya transportasi dari hotel ke bandara dan biaya untuk makan. Meskipun kamu mungkin mendapatkan fasilitas sarapan di hotel, kamu bisa saja merasa lapar selagi menunggu jadwal terbang. Terlebih jika kamu ternyata menggunakan Low Cost Carrier (LCC) alias maskapai bujet  yang tidak menyediakan makanan gratis di dalam pesawat.

3. Riset sederhana tentang destinasimu

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Jika tidak tahu mau ke mana dan apa saja yang akan dilakukan setibanya di kota tujuanmu, liburanmu akan berantakan. Inilah pentingnya melakukan riset tentang destinasi liburanmu. Riset bisa dilakukan melalui internet atau bertanya pada teman yang sudah pernah berkunjung ke sana. Cari tahu kegiatan menarik apa yang bisa dicoba, makanan khas yang wajib dicicipi, juga tempat asyik apa saja yang tak boleh kamu lewatkan.

Dengan riset, kamu bisa menyusun rencana perjalanan yang lebih baik. Kamu tahu tempat mana saja yang akan dikunjungi, yang kemudian dapat diukur dengan jarak tempuh, bujet, dan berapa lama kamu akan tinggal di sana.

4. Informasikan ke bank tentang rencana liburan ke luar negeri

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Untuk kamu yang baru akan melakukan perjalanan pertama ke luar negeri, mungkin bertanya-tanya, apa pentingnya melapor ke bank?

Melaporkan rencana perjalanan ke luar negeri kepada pihak bank sangatlah penting. Pihak bank bisa saja menganggap transaksi yang kamu lakukan di luar negeri merupakan transaksi ilegal, yang dapat berakibat kepada pemblokiran kartumu sehingga tak bisa digunakan selama liburan.

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar urusan keuangan aman selama liburan adalah dengan membawa uang tunai cadangan agar kamu tidak perlu menarik uang di mesin ATM di tempat asing yang kamu belum tahu tingkat keamanannya.

5. Siapkan hiburan selama di perjalanan dan di destinasi liburan

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Ada saatnya kamu tidak bisa mengakses hiburan melalui internet karena tidak ada WiFi. Kamu sebaiknya menyiapkan diri untuk keadaan buruk semacam ini.

Sebelum berangkat, siapkan bahan hiburan yang tidak memerlukan akses internet untuk menikmatinya, misalnya dengan mengunduh banyak musik dan film. Ini bisa jadi sebuah kesempatan emas bagimu yang belum sempat menonton film-film karena sibuk dengan berbagai aktivitas harian. Jika kamu suka membaca, membawa buku juga bisa jadi hiburan tersendiri.

6. Unduh aplikasi yang bermanfaat sebelum dan selama liburan

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Saat ini, hampir semua orang memiliki smartphone yang di dalamnya bisa dipasang beragam aplikasi. Demi membuat liburanmu lebih mudah dan menyenangkan, ada sejumlah aplikasi yang wajib kamu install di smartphone, berikut di antaranya:

  • Pemesanan tiket pesawat dan hotel: Traveloka App
  • Pemutar musik: Spotify dan SoundCloud
  • Video streaming: YouTube dan Netflix
  • Berbagi foto: Instagram, Path, Facebook
  • Chatting: WhatsApp, Snapchat, Facebook Messenger
  • Cari lokasi makan: Zomato dan Qraved
  • Pemesanan taksi: Uber dan GrabCar
  • Peta dan navigasi: Google Maps dan Waze

7. Selesaikan urusan pembayaran tagihan sebelum berangkat

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Sebelum berangkat berlibur, sebaiknya kamu menyelesaikan semua pembayaran seperti uang sewa rumah/apartemen, tagihan listrik, air, dan telepon. Dengan melunasi semua pembayaran tagihan sebelum berangkat, kamu tidak akan terganggu dengan peringatan atau terkena biaya charge karena keterlambatan pembayaran.

Barangkali kamu berpikir bahwa jadwal kepulanganmu tidak akan mengganggu pembayaran tagihan. Namun, kamu perlu berjaga-jaga jika ternyata rencana perjalananmu tidak sesuai rencana, misalnya jadwal pulang tertunda karena satu dan lain hal.

8. Sesuaikan pakaian dengan musim dan cuaca destinasi liburan

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Sebelum berangkat, pastikan kamu tahu musim yang sedang berlangsung di negara tujuan. Jangan sampai kamu lupa membawa pakaian berbahan tebal saat berlibur ke Eropa di musim gugur atau dingin. Selain musim, ketahui juga perkiraan cuaca lokal sehari-hari. Jika diramalkan akan turun hujan di sore hari, pastikan kamu membawa payung atau mantel hujan saat keluar dari hotel.

9. Pastikan checklist terpenuhi dengan baik

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Membuat checklist tentang barang apa saja yang perlu dibawa untuk keperluan berlibur memang benar-benar membantu. Sehari sebelum berangkat, pastikan semua barang yang ada di daftar sudah terpenuhi dengan baik, mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, alat kosmetik, hingga gadget  dan chargernya. Dan tentunya, karena tujuanmu adalah berlibur ke luar negeri, salah satu barang yang wajib dibawa adalah paspor!

10. Istirahat yang cukup sebelum memulai petualangan seru

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

Melakukan persiapan untuk liburan bisa sangat melelahkan. Menempuh perjalanan jauh dan lama juga tak kalah melelahkan, itu sebabnya kamu butuh waktu istirahat yang cukup agar tidak jatuh sakit di saat seharusnya kamu bersenang-senang. Selain istirahat, mempersiapkan diri dengan minum vitamin juga bisa dilakukan.

Jadi, dari 10 hal di atas, adakah hal yang sering terlewatkan saat kamu berlibur ke luar negeri? Demi membuat perjalananmu menyenangkan dan bebas hambatan, sebaiknya kamu mempertimbangkan tips di atas untuk diterapkan. Selamat berlibur!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1