Masih Ogah Mudik dengan Pesawat? Baca 7 Fakta Menarik Ini!

7 fakta mudik blog

 

Tak terasa sebentar lagi bulan Ramadan tiba. Apakah kamu sudah berencana beli tiket buat mudik? Dalam dua bulan ke depan, tiket untuk mudik sudah tentu menjadi hal terpenting dan banyak dicari orang hingga menjelang hari Lebaran.

 

Salah satu angkutan yang banyak dipilih untuk mudik adalah kereta. Hal ini terbukti dengan antrean panjang di stasiun saat tiket kereta api untuk Lebaran sudah bisa dipesan mulai H-90. Bagaimana jika kamu termasuk orang yang tak mendapatkan tiket kereta api untuk mudik? Mudik saja dengan pesawat.

 

Berikut Traveloka sajikan 7 fakta menarik seputar mudik dengan pesawat:

 

1. Stok kursi di pesawat lebih banyak dibanding kereta api

stok kursi di pesawat
Tak perlu takut kehabisan kursi. (sumber: finnair.com)

Pernah merasakan begadang demi berebut tiket kereta api tapi berakhir tak menyenangkan? Menurut laporan dari ANTARA News, sebanyak 15.000 kursi tambahan untuk mudik yang bisa dipesan secara online mulai tanggal 11 Mei 2015, habis hanya dalam waktu dua jam saja! Jadi, wajar saja jika kamu tak mendapatkan tiket meski sudah begadang.

 

Baca juga7 Alasan Mudik Naik Pesawat Lebih Aman, Nyaman, dan Murah

 

Kalau sudah tak kebagian tiket kereta api, lalu harus bagaimana? Tak perlu panik, karena biasanya masing-masing maskapai menyiapkan kursi tambahan khusus untuk mudik. Contohnya saat musim mudik 2014, Airasia menambah kursinya sebanyak 12.600 buah demi membantu kelancaran arus mudik.

 

Untuk menyambut Ramadan dan Lebaran 2015 ini, salah satu maskapai yang menyediakan layanan khusus adalah Citilink. Maskapai ini berencana menambah kuota terbangnya sebanyak 16 penerbangan untuk enam kota di Indonesia.

 

2. Bebas dari calo

Antrean panjang ini jadi sasaran empuk para calo. (sumber: tempo.co)
Antrean panjang ini jadi sasaran empuk para calo. (sumber: tempo.co)

Tenaga penyedia jasa “tiket gelap” alias calo banyak ditemui saat kamu ingin membeli tiket kereta api. Mereka biasa berkumpul di stasiun kereta api dan mengincar orang-orang yang tak mendapatkan tiket untuk mudik. Selanjutnya, mereka akan menawarkan tiket dengan harga yang melambung tinggi.

 

Sedangkan saat mudik menggunakan pesawat, kamu tak perlu berurusan dengan para calo ini. Jangankan calo, loket penyedia tiket milik maskapai di bandara pun sudah mulai ditiadakan secara bertahap sejak 1 Maret 2015. Jadi, kamu bisa beli tiket pesawat dengan harga semestinya tanpa menguntungkan pihak lain yang tak bertanggung jawab.

 

3. Banyak promo

 Karena lebih hemat, bisa bagi-bagi angpau. (sumber: fimela.com)
Karena lebih hemat, bisa bagi-bagi angpau. (sumber: fimela.com)

Saat tiket kereta api diburu banyak calon pemudik, online travel agent (OTA) malah berlomba memberikan berbagai promo untuk konsumennya. Promo ini biasa dilakukan OTA dengan menggandeng bank swasta atau partner lainnya.

 

Selain promo, kamu juga bisa memanfaatkan cara lain untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga hemat. Misalnya, dengan membeli tiket pesawat melalui aplikasi. Traveloka memiliki promo yang menguntungkan kamu setiap hari sepanjang tahun, yaitu App-solutely. Kamu bisa mendapatkan harga spesial jika membeli tiket melalui aplikasi Traveloka, alias Traveloka App, dibandingkan dengan jika memesan tiket melalui desktop.

Baca juga  Segera “Login” di Traveloka Agar Bisa Nikmati Fitur Unggulan Ini!

 

4. Hemat waktu

Jadi punya banyak waktu buat kumpul bersama keluarga. (sumber: panggilsayabella.com)
Jadi punya banyak waktu buat kumpul bersama keluarga. (sumber: panggilsayabella.com)

Siapa yang tak ingin buru-buru pulang dan segera berkumpul bersama keluarga? Bayangkan, perjalanan dengan kereta api antara Jakarta–Surabaya yang biasanya memakan  waktu sekitar 12 jam, bisa ditempuh dalam 1,5 jam saja dengan pesawat.

 

Tak hanya menyingkat waktu perjalananmu, tapi kamu juga bisa lebih cepat sampai rumah dan punya waktu lebih banyak bersama keluarga.

 

5. Selamat tinggal, cetak tiket!

Sudah bukan zamannya lagi cetak tiket. (sumber: kaskus.co.id)
Sudah bukan zamannya lagi cetak tiket. (sumber: kaskus.co.id)

Ucapkan selamat tinggal pada kegiatan mencetak tiket! Tak seperti kereta api yang mengharuskan kamu mencetak tiketnya, ketika mudik dengan pesawat, kamu cukup menunjukkan tiket elektronik (e-ticket) saat check-in di bandara. Selain bisa dilihat secara offline, e-ticket juga membuatmu tak perlu risau kehilangan tiket.

 

6. Tak perlu repot bawa bagasi berat

 Yakin mau berdesakan seperti ini saat mudik dengan kereta? (sumber: tempo.co)
Yakin mau berdesakan seperti ini saat mudik dengan kereta? (sumber: tempo.co)

Pulang kampung dalam rangka Lebaran biasanya identik dengan banyak oleh-oleh. Membengkaknya barang bawaan ini bisa merepotkanmu. Bayangkan saja, kamu mudik dengan kereta api dan harus berdesakan masuk sambil menenteng koper besar berisi oleh-oleh. Memang sih, ada tenaga porter di stasiun, tapi itu artinya kamu harus keluar biaya ekstra.

 

Baca jugaHindari Over Bagasi dengan 7 Tips Packing Cerdas Ini

 

 

Kondisinya akan berbeda jika kamu mudik dengan pesawat. Setiap maskapai menyiapkan bagasi gratis sedikitnya 15 kg untuk setiap penumpang. Saat check-in, kamu hanya perlu melakukan registrasi untuk barang bawaanmu. Selanjutnya, kamu bisa masuk ke kabin dengan nyaman tanpa harus dibebani oleh koper besarmu.

 

7. Tingkat kecelakaan di darat lebih tinggi

Ingat, keluarga menanti di rumah. (sumber: kanalsatu.com)
Ingat, keluarga menanti di rumah. (sumber: kanalsatu.com)

Harapan pemudik tentu saja agar bisa berkumpul bersama keluarga saat Lebaran. Tidak ada satu orang pun yang menginginkan hal buruk terjadi dan merusak kebahagiaan kamu sekeluarga.

 

Berdasarkan data dari Kepolisian Daerah yang dihimpun portal berita BeritaSatu pada lebaran 2014 lalu, kecelakaan transportasi darat antara H-7 sampai H+3 Lebaran mencapai angka 2.196 kasus. Untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan ini, kamu bisa memilih mudik dengan menggunakan pesawat. Ingat, keluarga di rumah menanti kedatanganmu dengan selamat.

[EPSB]

[/EPSB]

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1