Ketahui 7 Hal Penting Ini Sebelum Berangkat ke Festival Songkran di Thailand

Thailand memiliki festival yang menarik perhatian wisatawan dunia, namanya Festival Songkran yang merupakan perayaan tahun baru Thailand. Festival ini rutin diselenggarakan setiap tanggal 13 – 15 April setiap tahunnya. Selama tiga hari, Thailand akan ramai dengan berbagai kegiatan yang diadakan oleh warga setempat, mulai dari ritual mencuci patung Buddha, menawarkan makanan ke biksu, membuat pagoda dari pasir, melepaskan burung dan ikan, sampai perang air.

Salah satu kegiatan favorit adalah perang air, yang melibatkan hampir seluruh penduduk setempat juga wisatawan. Perang air ini awalnya berasal dari tradisi orang-orang yang saling mencipratkan air bekas mencuci patung dengan tujuan mendapatkan berkat dan keberuntungan di tahun yang baru, serta membersihkan diri dari segala keburukan. Jatuh di bulan April, yaitu saat suhu Thailand tengah panas-panasnya, ritual perang air di Festival Songkran pun beranjak menjadi atraksi wisata yang ditunggu-tunggu oleh turis yang berkunjung.

Bila kamu berencana ke Thailand untuk ikut merayakan Songkran, kamu mesti tahu tujuh hal mendasar berikut ini:

 

1. Bangkok, Chiang Mai, dan Phuket adalah tiga kota teramai yang merayakan Festival Songkran

Suasana perayaan Songkran 2015 di Chiang Mai. (Sumber: Shutterstock)
Suasana perayaan Songkran 2015 di Chiang Mai. (Sumber: Shutterstock)

Bisa dikatakan bahwa semua kota di Thailand menyelenggarakan Festival Songkran, tapi Bangkok, Chiang Mai, dan Phuket lah yang paling ramai dan dipadati wisatawan. Di Bangkok, kamu tak akan kesulitan mencari tempat-tempat yang asyik buat perang air. Kawasan sepanjang Khao San Road akan banjir akibat kemeriahan aksi ini. Beberapa titik di Bangkok yang tak kalah ramai adalah Rattanakosin Royal Square, Phra Athit Road, Santhichaiprakan dan Wisut Krasat.

Ikuti upacara pembukaan perang air di Chiang Mai. Di sini, kamu bisa ikut parade keliling kota dan menyaksikan bagaimana warga lokal melakukan tradisi siram air beraroma wangi ke patung Buddha dan orang-orang yang lebih tua. Setelahnya, kamu siap menembak atau ditembak dengan pistol yang penuh terisi air.

Antusiasme tahun baru juga bisa kamu rasakan di Phuket. Di waktu perang air, kota ini berubah, bukanlah Phuket yang biasanya. Di pinggir jalan, kamu bisa melihat mobil tangki berisi air yang siap menyemprot setiap orang yang melintas! Titik teramai di sini adalah Patong Beach, tepatnya di Bangla Road dan Beach Road.

 

2. Hotel yang kamu pilih harus strategis agar tidak merugikan diri sendiri

Khao San Road di Bangkok merupakan salah satu titik teramai saat Festival Songkran. (Sumber: Joel Burslem/Flickr)
Khao San Road di Bangkok merupakan salah satu titik teramai saat Festival Songkran. (Sumber: Joel Burslem/Flickr)

Jika sudah tahu kota apa yang menjadi destinasimu di Festival Songkran nanti, kamu akan lebih mudah memilih hotel tempat menginap. Dalam memilih hotel, satu hal yang harus diperhatikan benar adalah lokasinya. Hotelmu haruslah dekat dengan tempat perayaan tahun baru, mengapa?

Kamu tak akan bisa menghindar dari serangan tembakan air yang menggila! Sangat mustahil untuk bertahan kering di tengah festival yang tengah berlangsung. Begitu keluar hotel, kamu akan disambut dengan serangan air dari berbagai arah. Situasi seperti ini bisa-bisa kamu hadapi sampai perang air selesai. Otomatis kamu akan basah kuyup dan butuh berganti pakaian ke hotel. Bagaimana caranya? Inilah pentingnya memilih hotel dengan lokasi yang tepat. Dengan memilih hotel yang dekat lokasi “perang”, kamu bisa cepat kembali ke hotel dan berganti pakaian.

 

3. Tinggalkan benda elektronik di hotel atau siapkan waterproof case demi keamanan

Dengan kondisi seperti ini, sulit mempertahankan benda elektronikmu tetap kering. (Sumber: Madeleine Deaton/Flickr)
Dengan kondisi seperti ini, sulit mempertahankan benda elektronikmu tetap kering. (Sumber: Madeleine Deaton/Flickr)

Berniat ikut memeriahkan Festival Songkran artinya kamu sudah siap basah! Aksi perang air sangat tidak baik untuk benda-benda elektronik kesayanganmu. Sebaiknya kamu tinggalkan handphone dan kamera di kamar hotel, sehingga kamu bisa menikmati festival ini dengan leluasa tanpa was-was benda eletronikmu basah dan rusak.

Jika masih memaksakan diri membawa handphone dan kamera, kamu harus menyiapkan waterproof case. Meskipun bisa bertahan dari tembakan air yang membuatnya basah, kamu tetap harus waspada. Kerumunan banyak orang dan gerakan yang tidak terkontrol bisa saja membuatmu menjatuhkan handphone dan kamera.

 

4. Hindari beli pistol air pada hari H karena harganya dijamin meroket!

Menjelang dan pada hari Songkran berlangsung, penjaja pistol air ini bakal lazim kamu temui di pinggir jalan. (Sumber: Kazuhiro Nakamura/Flickr)
Menjelang dan pada hari Songkran berlangsung, penjaja pistol air ini bakal lazim kamu temui di pinggir jalan. (Sumber: Kazuhiro Nakamura/Flickr)

Beberapa hari sebelum hari H, pistol air sudah tersedia di banyak tempat seperti pasar, minimarket, dan supermarket. Jika tiba di Thailand sebelum tanggal 13 April, sebaiknya kamu segera beli pistol air sebelum harganya naik drastis.

Jangan merasa cukup dengan satu pistol saja, kamu bisa membeli dua atau tiga. Wadah air di pistol umumnya berukuran kecil dan isinya akan cepat habis saat festival berlangsung. Tidak mau kan jika sebentar-sebentar kamu harus isi “amunisi”? Satu hal yang harus dijadikan pertimbangan adalah membeli pistol dengan tali agar bisa kamu gantungkan di pundak atau leher. Dengan begini, kamu bisa tetap gesit menyerang meski bawa lebih dari satu pistol.

 

5. Sadari betul kalau kamu akan berada di tengah lautan manusia dan segala hal bisa terjadi

Adegan saling senggol sudah jadi hal yang lumrah, kuncinya adalah tetap tenang dan tidak mudah emosi. (Sumber: Ben Reeves/Flickr)
Adegan saling senggol sudah jadi hal yang lumrah, kuncinya adalah tetap tenang dan tidak mudah emosi. (Sumber: Ben Reeves/Flickr)

Menjaga gerakanmu sendiri di tengah keramaian tidaklah cukup. Kamu berada di tengah-tengah perayaan besar dan setiap orang bergerak sesukanya serta menyemprot air ke mana saja mata mereka tertuju. Penting untuk menyadari bahwa saling senggol bisa terjadi dan kamu tak harus mengganggapnya sebagai sesuatu yang serius. Nikmati saja suasana yang berlangsung dan jangan gampang tersulut emosi.

Meskipun semua orang bebas menyemprot air ke mana saja, tapi ada orang-orang yang tak seharusnya kamu semprot air, seperti mereka yang tengah berkendara atau berhenti untuk makan. Selain itu, hindari melempar balon air dari atas ketinggian karena tekanan keras dari balon air yang menimpa tubuh bisa menimbulkan rasa sakit.

 

6. Pilih pakaian dengan bahan dan warna yang tepat

Salah pilih warna dan bahan pakaian bisa membuatmu tak nyaman dalam kondisi basah. (Sumber: Shutterstock)
Salah pilih warna dan bahan pakaian bisa membuatmu tak nyaman dalam kondisi basah. (Sumber: Shutterstock)

Begitu keluar dari pintu hotel, seketika kamu langsung menjadi target tembakan orang-orang yang sudah siap dengan pistol air di tangan. Sebaiknya kamu tak salah memilih bahan dan warna pakaianmu, karena beberapa bahan dan warna pakaian jika basah akan tampak transparan juga membuat lekuk tubuhmu kentara. Pakaian berwarna gelap dan berbahan sedikit tebal bisa menghindarkanmu dari rasa tidak nyaman dalam kondisi basah.

Selain itu, alas kaki juga perlu diperhatikan. Hindari memakai sepatu karena jika basah akan membuat kakimu kurang nyaman. Alas kaki terbaik saat Festival Songkran adalah sandal jepit.

 

7. Sekarang adalah waktu paling pas untuk pesan tiket pesawat dan hotel

Kalau sudah tahu tanggal dan lokasi teramainya, buat apa tunda booking tiket pesawat dan hotel? (Sumber: Shutterstock)
Kalau sudah tahu tanggal dan lokasi teramainya, buat apa tunda booking tiket pesawat dan hotel? (Sumber: Shutterstock)

Setiap tahunnya, Festival Songkran selalu diselenggarakan pada tanggal 13 – 15 April. Jadi, rasanya sekarang adalah waktu yang tepat untuk booking tiket pesawat dan hotel. Berhubung festival ini termasuk satu yang ternama serta menarik perhatian wisatawan dunia, sudah pasti penerbangan ke Thailand dan hotel-hotel di sana bakal ramai dipesan.

Tapi tenang, karena Traveloka menyediakan beragam pilihan maskapai yang siap mengantarmu ke Thailand dan ribuan hotel untukmu menginap. Terus pantau update Traveloka di media sosial untuk mengetahui promo apa saja yang sedang berlangsung. Selain bisa mendapatkan harga yang lebih ramah di kantong, kamu juga punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan rencana perjalananmu ke sana jika memesannya jauh-jauh hari.

 

Dengan mengetahui tujuh hal esensial di atas, kamu sudah siap untuk bergabung dalam perayaan Songkran. Sawasdee Pee Mai!

4 Shares
Share4
Pin
Share
Tweet
+1