Ini Dia 4 Alasan E-tiket dan E-voucher Hotel Terlambat atau Gagal Terbit

Ayu
By Ayu 12 August 2016
Reading Time: 2 minutes

E-tiket dan e-voucher hotel biasanya akan terbit dalam hitungan menit setelah kamu menyelesaikan pembayaran. Begitu pembayaranmu diverifikasi, e-tiket atau e-voucher hotel akan dikirimkan melalui email dan Traveloka App. Namun, ada beberapa kasus  di mana keduanya terlambat atau bahkan gagal terbit, padahal sepertinya kamu sudah melakukan semua langkah yang diperlukan dengan tepat.

Tak perlu panik. Traveloka telah melakukan investigasi dan menemukan empat alasan mengapa e-tiket dan e-voucher terlambat atau gagal terbit. Berikut ulasan hasil investigasi Traveloka:

1. Kamu mengirimkan uang dalam jumlah yang tidak sesuai

Transfer sesuai dengan nominal yang tercantum, termasuk tiga digit terakhirnya. (Sumber: Traveloka)

Transfer sesuai dengan nominal yang tercantum, termasuk tiga digit terakhirnya. (Sumber: Traveloka)

Pada tahap pembayaran, kamu wajib mengirimkan uang dalam jumlah yang sesuai dengan yang tercantum di rincian pembayaran. Umumnya, jumlah transaksimu akan memuat kode unik yang terdiri dari tiga angka acak di belakangnya. Kamu wajib mengirimkan uang dalam jumlah yang pas sampai ke angka terakhirnya, tanpa ada perubahan apa pun.

Kode unik ini merupakan salah satu cara untuk mengenali transaksimu di antara banyaknya transaksi yang terjadi di sistem Traveloka di waktu yang sama. Jika kamu mengirimkan uang dalam jumlah yang berbeda dengan yang diminta, maka sistem tidak bisa menemukan detail pemesananmu dan e-tiket atau e-voucher hotel tidak bisa terbit.

2. Kamu melakukan transfer melebihi batas waktu yang ditentukan

Perhatikan sisa waktu pembayaran agar pemesanan tidak dianggap kedaluwarsa. (Sumber: Traveloka)

Perhatikan sisa waktu pembayaran agar pemesanan tidak dianggap kedaluwarsa. (Sumber: Traveloka)

Selain melakukan transfer dalam jumlah yang tepat, kamu tidak boleh membayar di luar batas waktu yang telah ditentukan. Di luar batas waktu tersebut, pesananmu bisa dinyatakan kedaluwarsa. Selanjutnya, maskapai maupun hotel bisa membatalkan pesananmu dan menjualnya kembali ke orang lain.

Pembayaran yang dilakukan untuk pesanan yang sudah kedaluwarsa ini tentunya tidak valid dan tidak bisa diverifikasi. Hal inilah yang bisa membuat e-tiket atau e-voucher hotelmu gagal terbit, meskipun kamu sudah melakukan transfer dalam jumlah yang tepat hingga tiga digit terakhir.

3. Terjadi kesalahan sistem pada bank

Pembayaran yang kamu lakukan ke Traveloka tentu saja  melibatkan pihak ketiga, yaitu bank. Terkadang, kesalahan sistem pada bank bisa terjadi dan menyebabkan adanya kendala dalam proses verifikasi. Ini artinya, pembayaranmu sudah diterima oleh bank terkait, tapi belum masuk ke sistem Traveloka.

Jika transfer sudah dilakukan dalam jumlah yang tepat dan tidak melebihi batas waktu tertentu tapi e-tiket atau e-voucher hotel belum terbit, kamu bisa segera melakukan konfirmasi pembayaran dengan melampirkan bukti pembayaran yang sah.

4. Terjadi kesalahan sistem pada maskapai atau hotel

Tak hanya bank, maskapai dan hotel terkait juga bisa mengalami gangguan pada sistemnya. Gangguan ini bisa disebabkan oleh banyaknya orang yang melakukan pemesanan untuk maskapai atau hotel yang sama.

Banyaknya pemesanan pada maskapai atau hotel yang sama ini bisa menyebabkan terhambatnya sistem, sehingga tak heran jika e-tiket dan e-voucher hotel terlambat atau bahkan gagal terbit. Jika hal ini terjadi, Customer Service akan membantumu melakukan proses verifikasi.

Kamu bisa menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan dalam penerbitan e-tiket atau e-voucher hotel ini dengan melakukan pengecekan secara teliti pada rincian pesananmu. Namun, jika kesalahan yang terjadi terletak pada sistem bank, maskapai, atau hotel, Traveloka akan berperan aktif dengan menghubungimu untuk mengabarkan bahwa terjadi kesalahan sistem dan penerbitan e-tiket atau e-voucher hotel akan mengalami keterlambatan.

Tulis komentarmu di sini: