Hindari Jadi “Korban” Padatnya Bandara Saat Lebaran Dengan 4 Tips Ini

Banyak yang bilang, saat lebaran, suasana bandara itu sama seperti terminal atau stasiun.

Jika melihat tren data, jumlah pemudik tiap tahun memang terus meningkat. Apalagi, tahun ini diperkirakan jumlah pemudik yang naik pesawat meningkat hingga 4,6 juta orang.

Agar tidak menjadi “korban” dari padatnya bandara apalagi sampai ketinggalan pesawat, terapkan empat tips ini sebelum mudik:

 

1. Berangkat ke bandara setidaknya 3 jam sebelum waktu keberangkatan

Berangkatlah lebih awal karena kemungkinan besar perjalanan menuju bandara akan lebih macet dari biasanya. Selain itu, antrean untuk check-in, pemeriksaan keamanan, dan imigrasi akan lebih panjang saat musim liburan. Dengan tiba lebih awal, kamu tidak akan terburu-buru sekaligus terhindar dari risiko ketinggalan pesawat.

 

2. Melakukan online check-in

Dengan online check-in, kamu bisa melakukan check-in lebih awal melalui situs web atau aplikasi mobile milik maskapai. Hal ini bisa menghemat banyak waktu karena kamu tidak perlu lagi menunggu antrean di konter check-in, terutama bagi kamu yang tidak membawa bagasi.

 

3. Pastikan bagasi tidak melebihi kapasitas

Selain menambah pengeluaran perjalanan, bagasi berlebih juga bisa menghambat proses check-in kamu.

 

4. Pastikan membawa KTP/paspor dan e-tiket

Pastikan kamu menyimpan dokumen-dokumen penting seperti KTP/paspor, e-tiket, KTP/paspor boarding pass di tempat yang mudah dijangkau. Hal ini berguna untuk mempersingkat waktu dan memastikan kenyamanan pada setiap proses pemeriksaan.

 

Apa yang harus dilakukan jika batal terbang?

Kamu bisa mengajukan refund di Traveloka jika ada hal mendadak yang menyebabkan kamu batal mudik. Namun, tidak semua tiket bisa di-refund dan besar uang yang dikembalikan tergantung dari ketentuan refund setiap maskapai.

 

Selamat mudik! Salam kami untuk keluarga di rumah.

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1