0

Traveloka Team

06 Jan 2020 - 2 min read

Hindari Over Bagasi dengan 7 Tips Packing Cerdas Ini

Apa yang paling menyebalkan dari pengalaman over bagasi dibandara? Bisa jadi jawabannya adalah antre lama saatcheck-indan bayar biaya tambahan.

Belum lagi saat kamu tiba di bandara pada menit-menit terakhir sebelum take off dan harus berlari membawa banyak barang.

Sebenarnya kamu tak perlu mengalami kejadian menyebalkan itu kalau tahu bagaimana cara packing yang benar. Nah, simak 7 tips ampuh untuk menghindari over bagasi danefek berantailainnya berikut ini:

1. Pilih koper yang ringan

Jika dalam keadaan kosong saja kopermu sudah berat untuk diangkat, berarti kamu salah pilih koper dari awal. Idealnya, berat koper dalam keadaan kosong maksimal adalah 4,5 kg. Koper berkualitas dengan berat minimal sudah bisa ditemui di banyak toko saat ini. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibanding koper biasa, namun koper ini relatif lebih awet sehingga bisa digunakan bertahun-tahun.

2. Sesuaikan pakaian dengan musim dan budaya

Riset tentangkota tujuantraveling itu wajib dilakukan. Cari tahu musim, cuaca dan budaya setempat. Dari sini, kamu bisa menyesuaikan pakaian apa saja yang akan kamu bawa. Dengan begitu, kamu tidak akan membawa barang yang tak dibutuhkan dan otomatis menghindarkan kamu dari kelebihan bagasi.Selain riset kota tujuan, kamu juga sebaiknya mengecek batas maksimal bagasi gratis tiap maskapai. Masing-masing maskapai memiliki aturan sendiri tentang bagasi ini, contohnya untuk Citilink dan Lion Air.Citilinkmenetapkan bagasi maksimal 15 kg per penumpang, sedangkanLion Airmenetapkan 20 kg per penumpang.

3. Jangan lipat pakaian, gulung saja!

Kamu tak bisamelipat pakaianseperti biasanya, pakaian kamu harus digulung. Teknik menggulung pakaian ini bisa menghemat ruang dalam koper, lho. Setelah digulung, ikat pakaian dengan karet gelang agar gulungan tetap rapi.

Baca jugaPegawai Kantoran Wajib Baca, Ini 4 Tips untuk Libur Akhir Tahun yang Menyenangkan
-

4. Bawa pakaian berwarna netral

Celana berwarna hitam akan mudah dikombinasikan dengan atasan dan sepatu warna apapun. Dengan memilih warna netral, kamu tak perlu membawa banyak pakaian dan aksesoris hanya karena khawatir warnanya tak sesuai jika dipakai nanti.

5. Bawa perlengkapan mandi dalam kemasan sachet

Bawa saja shampo dalam kemasan sachet jika lama traveling hanya sekitar dua-tiga hari. Jika hotel juga menyediakan perlengkapan mandi gratis, kamu tak perlu membawa perlengkapan mandi pribadi. Dengan begitu, jumlah barang yang kamu bawa pun bisa lebih sedikit.

6. Jangan bawa terlalu banyak gadget

Tinggalkan tablet, kamera digital dan laptop di rumah.Smartphonesudah cukup untukmemotret, update media sosial, bermain games dan juga membaca ebook. Membawa banyak gadget akan sangat merepotkan karena kamu juga harus membawa perlengkapan lainnya seperti charger masing-masing gadget.

7. Kirim oleh-oleh via pos

Agar tak mengalami over bagasi karena oleh-oleh setelah traveling, kirim saja oleh-oleh via pos. Meskipun untuk biaya per kilonya tak berbeda jauh dari biaya over bagasi di bandara, namun setidaknya kamu tak direpotkan dengan banyaknya barang bawaan saat perjalanan pulang. Dapatkantiket pesawat murahdan booking hotel dengan harga istimewa disini.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan