0

Traveloka Team

12 Jan 2020 - 3 min read

Demi Transaksi yang Lancar dengan Traveloka App, Pengguna Android Harus Tahu 4 Hal Ini!

Kamu yang pelanggan setia Traveloka sekaligus pengguna Android, tentunya sudah tak asing lagi dengan Traveloka App. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan kamu dalam memesan tiket pesawat dan hotel. Dengan Traveloka App, kamu bisa melakukan transaksi dengan mudah dari mana saja, misalnya saat berdesakan di dalam bus atau dalam antrean panjang di kasir saat belanja di swalayan.

Baca juga:5 Aplikasi Handphone Buat Traveling Tambah Seru
-

Namun sayangnya, ada beberapa hal yang bisa jadi luput dari pengetahuanmu dan malah menghambat kelancaran transaksi yang kamu lakukan. Nah, apa saja yang perlu diketahui agar transaksimu dengan Traveloka App bebas gangguan? Simak empat hal berikut ini:

1. Cara download Traveloka App tanpa hambatan

Gagal download menjadi masalah besar karena kamu jadi tidak bisa menikmati kemudahan bertransaksi dengan Traveloka App. (Sumber: Shutterstock)

Ingin membuktikan kemudahan pesan tiket pesawat dan hotel dengan Traveloka App? Langkah pertama tentu saja dengan mengunduhnya. Tapi, terkadang muncul permasalahan tertentu yang membuatsmartphonetidak bisa mengunduh aplikasi. Tenang. Jangan langsung panik karena hal ini bisa kamu atasi sendiri.

Kegagalandownloadbisa terjadi karena beberapa hal. Pertama adalah keterbatasan kapasitas memori internalsmartphone-mu. Kalau karena masalah yang satu ini, solusinya tentu saja dengan menghapus aplikasi lain yang tidak kamu gunakan lagi agar mendapatkan kapasitas memori yang cukup.

Baca juga:Keuntungan Menggunakan Traveloka App – Infografik
-

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sebaiknya di-installdan mana yang tidak. Jika ingin membebaskan memori internal dan menghapus aplikasi lain, ketahui juga ukuran dari aplikasi yang ingin dihapus dan sesuaikan dengan memori internal yang dibutuhkan.

Bagaimana cara untuk mengetahui ukuran setiap aplikasi yang akan dihapus? Gampang sekali. Pertama, masuk ke menu “Setting”, pilih “Apps”, pilih “All”, klik aplikasi yang dipilih dan lihat total data yang ada. Selanjutnya, klik “Uninstall” pada aplikasi yang akan dihapus. Setelah memori internal yang dibutuhkan sudah cukup, kamu bisa mengunduh dan meng-installTraveloka App.

Alasan kedua dan yang banyak dialami adalah kualitas koneksi internetmu yang kurang lancar. Untuk masalah yang satu ini, solusinya tentu saja dengan cara mencari tempat yang dapat dijangkau oleh jaringan internet dengan sempurna.

2. Aplikasi sering berhenti sendiri secara tiba-tiba? Mengatasinya mudah, kok!

Rasanya ingin banting gadget saat aplikasi berhenti mendadak saat sedang digunakan. (Sumber: Shutterstock)

Pernah tidak kamu mengalami kejadian menyebalkan seperti aplikasi yang sedang digunakan tiba-tiba berhenti? Lebih menyebalkan lagi bila sebelumnya kamu sedang bertransaksi lewat aplikasi tersebut, dan terpaksa harus mengulangi seluruh tahapannya dari awal. Bagaimana cara mengatasinya?

Jika Traveloka App dihandphonetiba-tiba saja berhenti saat kamu sedang melakukan transaksi, kamu bisa mengatasi kendala ini sendiri. Caranya: masuk ke menu “Setting”, pilih “Apps” atau “Application Manager”, cari Traveloka App padatab“Running”, klik “Stop” atau “Force Stop”. Cara ini berfungsi untuk menutup secara paksa aplikasi yang bermasalah dan membersihkancacheatau “sampah” yang dihasilkan saat menjalankan aplikasi.

Setelah menjalankan langkah-langkah tersebut, kamu bisa coba aplikasi dan ulangi transaksi dari awal.

Baca jugaPenginapan Hemat untuk Solo Traveling? Hotel Kapsul Jawabannya!
-

3. Gagal mengisi formulir data penumpang? Tidak lagi jika kamu tahu triknya

Jangan keburu kesal, kuncinya ada di pengaturan yang benar pada handphone-mu. (Sumber: Shutterstock)

Satu masalah yang seringkali muncul saat menggunakan sebuah aplikasi adalah kamu tidak bisa mengisi formulir atau kolom informasi yang dibutuhkan. Mungkin kamu pernah mengalami kejadian berikut: saat tengah memesan tiket pesawat dengan Traveloka App, kamu tidak bisa mengisi kolom yang dibutuhkan, seperti bandara asal-tujuan, tanggal keberangkatan, atau data pribadi penumpang.

Baca juga:5 Alasan Perlunya Install Travel App di Smartphone
-

Jika hal ini terjadi, tenang. Kuncinya ada di pengaturanhandphonekamu. Sebelumnya, pastikan pengaturan dihandphonekamu sudah sesuai dengan langkah-langkah berikut ini: masuk ke menu “Setting”, pilih “Developer Options”, lalu matikan fitur “Don’t Keep Activities”. Selanjutnya, kamu bisa kembali menggunakan Traveloka App seperti biasanya.

Fitur “Don’t Keep Activities” ini biasa digunakan oleh penggunahandphonesebagai trik agar kinerja perangkatnya bisa lebih cepat, tapi sayangnya bisa berakibat buruk. Jika fitur ini diaktifkan, aplikasi dihandphonetidak bisa berjalan semestinya karena aplikasi akan berhenti berfungsi sesaat setelah kamu menekan tombol “Exit”. Salah satu fungsi aplikasi yang terganggu adalah pengisian formulir. Ini yang menyebabkan kamu tidak bisa mengisi kolom pencarian tiket pesawat dan hotel.

4. Jangan sepelekanupdateaplikasi demi transaksi yang lancar dan bebasbug

Developer selalu melakukan perbaikan dan pengembangan aplikasi secara berkala, jadi update Traveloka Apps wajib hukumnya. (Sumber: Shutterstock)

Traveloka selalu berusaha menjadikan aplikasinya terdepan, salah satu caranya adalah dengan terus mengembangkan Traveloka App. Hal ini membuatmu harus melakukanupdatesecara berkala. Jika tidak ingin ketinggalan inovasi terbaru Traveloka App, kamu wajib melakukanupdatesecara berkala.

Baca juga:Pakai Traveloka App, E-tiket Tidak Perlu Print. Inilah Caranya!
-

Mengapa harus dilakukanupdateberkala? Timdeveloperrutin melakukan perbaikan dan pengembangan dari versi sebelumnya demi kenyamanan pengguna. Dengan melakukanupdateini, Traveloka Appyang terpasang dismartphone-mu bisa berfungsi dengan maksimal. Kamu tak akan lagi mengalamiloadingyang lama dan bisa menikmati fitur terbaru yang telah ditambahkan oleh timdeveloperpada versi terbaru dari Traveloka App.

Tentu saja keempat hal tadi berlaku untuk semua aplikasi yang terpasang dismartphoneAndroidmu, tak hanya Traveloka App. Dengan mengetahui empat hal ini, bertransaksi dengan menggunakanTraveloka Appakan semakin mudah dan bebas hambatan. Menariknya, kamu juga bisa mendapatkan harga istimewa untuk tiket pesawat dan kamar hotel yang tidak kamu dapatkan jika memesan viadesktop.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan