9 Negara di Asia Ini Bisa Dikunjungi Tanpa Visa, Tunggu Apa Lagi?

Ayu
By Ayu 22 May 2017

Traveling ke luar negeri sudah bukan hal yang asing bagi banyak orang. Sayangnya, niat untuk traveling ke luar negeri kadang terhalang oleh masalah visa. Bagi pemegang paspor Indonesia, jumlah negara yang bisa dikunjungi tanpa visa untuk saat ini bisa dibilang terbatas, hanya sekitar 57 negara.

Sekilas, memang angka 57 terkesan tak banyak. Tapi tenang, di antara jumlah itu ada sembilan negara unggulan yang bisa kamu kunjungi dan menawarkan banyak hal menarik. Sembilan negara ini masih ada di kawasan Asia, sehingga kamu tak perlu menempuh perjalanan panjang dan tiket pesawatnya pun relatif murah.

1. Singapura

(Sumber: Shutterstock)

Berjuluk Little Red Dot, pesona negara ini tak bisa diukur dari luas wilayahnya saja. Keragaman budaya yang berpadu dengan bangunan pencakar langit modern menjadi daya tarik yang tentunya tak boleh dilewatkan.

Untuk wisata budaya, coba kunjungi kawasan Bugis, Little India, dan Chinatown. Ketiganya menawarkan kekhasan budaya masing-masing mulai dari bangunan tempat ibadah, kuliner lezat, hingga pertunjukan seni.

Apa hal menarik lain dari Singapura? Ada Universal Studios Singapore yang menawarkan beragam wahana permainan modern, nikmati kunjungan ke kebun binatang pada malam hari di Night Safari, bawa keluarga atau pasangan berbelanja sekaligus menyantap hidangan lezat dengan pemandangan tepi sungai yang memukau di Clarke Quay.

  • Perjalanan udara ke Singapore dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam tanpa transit. Jika penerbangan transit, waktu akan menyesuaikan dengan lama transit.
  • Dapatkan paket wisata terbaik di Singapura dengan harga bersahabat di sini.

2. Malaysia

(Sumber: Shutterstock)

Malaysia masih dekat dengan tanah air, bahkan sebagian wilayahnya berbagi pulau dengan Indonesia. Baik dikunjungi sendiri, bersama pasangan, ataupun bersama keluarga dan si kecil, Malaysia punya banyak hal seru yang ditawarkan selain Menara Kembar Petronas yang populer.

Jika dalam kunjunganmu ada anak-anak, coba bawa mereka ke LEGOLAND yang pasti akan membuat merekasenang karena bisa menyusun dan merakit Lego sesuka hati. Kamu juga bisa membawa si kecil ke Sunway Lagoon yang punya taman bermain berbasis air dan wahana permainan lainnya.

Suka dengan wisata alam? Pulau Langkawi adalah pilihan tepat. Pulau dengan julukan Jewel of Kedah ini memiliki alam yang begitu kaya, keindahannya menghampar dari pegunungan hingga pesisir pantai. Salah satu cara terbaik menyaksikan panorama memukaunya adalah dengan menaiki kereta gantung atau SkyCab dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut.

  • Perjalanan udara ke Kuala Lumpur dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam tanpa transit. Jika penerbangan transit, waktu akan menyesuaikan dengan lama transit.
  • Dapatkan paket wisata terbaik di Malaysia dengan harga bersahabat di sini.

3. Thailand

(Sumber: Shutterstock)

Thailand selama ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata religi terbaik di Asia. Sepertinya hal ini memang benar, budaya di Thailand kental terasa di hampir seluruh penjuru negeri. Kamu bisa dengan mudah menemukan kuil-kuil Buddha kuno yang tak pernah sepi pengunjung, beberapa di antaranya adalah The Grand Palace dan Wat Pho.

Tak hanya budaya, Thailand juga memiliki banyak pantai cantik nan eksotis. Sebut saja deretan pantai di Pulau Phuket dan Krabi yang sudah populer di kalangan wisatawan di seluruh dunia.

Bagaimana dengan kuliner? Thailand punya segudang kuliner lezat yang patut kamu cicipi. Salah satu yang sudah sangat populer tentu saja sticky rice with mango. Sajian ini terbuat dari ketan dengan saus santan manis dan irisan buah mangga. Jika ingin mencicipi kuliner yang lebih ekstrem, coba saja gorengan jangkrik dan kepompong yang ternyata terasa cukup gurih dan renyah.

  • Perjalanan udara ke Bangkok dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu mulai dari 3,5 jam dengan satu kali transit, waktu akan menyesuaikan dengan lama transit.
  • Dapatkan paket wisatal terbaik di Thailand dengan harga bersahabat di sini.

4. Filipina

(Sumber: Shutterstock)

Sebagai negara kepulauan, tak mengherankan jika Filipina dianugerahi dengan kekayaan alam yang luar biasa. Pemandangan alamnya yang indah membentang dari pantai berpasir putih sampai dengan deretan pegunungan di Pulau Luzon yang merupakan pulau terbesar di Filipina.

Negara ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai aktivitas luar ruangan seperti mendaki dan menyelam. Jangan khawatir jika kamu ingin kegiatan yang lebih menantang, kamu bisa mencoba selancar di Pulau Siargao, seperti di perairan Palawan atau arung jeram di sungai-sungai berarus deras di Pulau Luzon.

Selain menjadi surga bagi pencinta aktivitas luar ruangan, Filipina juga punya banyak tempat seru untuk dijelajahi pencinta budaya dan sejarah. Menjadi negeri yang dijajah Spanyol selama kurang lebih 350 tahun, terdapat banyak bangunan gereja Katolik dengan arsitektur khas Spanyol, salah satu yang populer adalah San Agustin Church. Pengaruh Spanyol juga terlihat dari nama-nama yang disandang penduduk lokal.

  • Perjalanan udara ke Manila dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam tanpa transit. Jika penerbangan transit, waktu akan menyesuaikan dengan lama transit.
  • Dapatkan hotel terbaik di Filipina dengan harga bersahabat di sini.

5. Vietnam

(Sumber: Shutterstock)

Satu hal yang identik dengan Vietnam adalah bunga. Orang-orang Vietnam suka menghias rumahnya dengan bunga, pedagang bunga segar keliling dengan sepeda kayuhnya pun bisa dengan mudah kamu temukan di jalan.

Selain itu, setiap kota di Vietnam memiliki kekhasan tersendiri yang bisa kamu pilih untuk dikunjungi, misalnya saja Hanoi. Sebagai ibu kota negara, Hanoi menjadi salah satu kota dengan pemukiman terpadat merangkap kawasan pusat perekonomian di mana banyak bangunan pencakar langit. Lain halnya dengan kota Sapa yang memiliki pesona alam luar biasa, dengan deretan pegunungan dan lahan persawahan hijau membentang yang memanjakan mata. Jika kamu menyukai wisata pantai, mampirlah ke kawasan Nha Trang yang menawarkan banyak pantai cantik dan kegiatan ekstrem yang mendebarkan.

Untuk kuliner, Vietnam terkenal dengan hidangannya yang kaya bumbu. Konon, kuliner Vietnam termasuk salah satu kuliner terbaik dari segirasa dan gizi di dunia karena dibuat dari aneka bahan dan rempah segar. Salah satu kuliner yang wajib kamu coba adalah pho yang merupakan sup bening dengan taoge dan potongan daging yang segar di lidah.

  • Perjalanan udara ke Hanoi dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu mulai dari 6 jam dengan satu kali transit. Waktu akan menyesuaikan dengan lama transit.
  • Dapatkan paket wisata terbaik di Vietnam dengan harga bersahabat di sini.

6. Myanmar

(Sumber: Shutterstock)

Semua tipe traveler disambut dengan baik di Myanmar. Kamu yang menyukai wisata budaya bisa berkeliling penjuru negeri mengunjungi pagoda-pagoda dengan suasana teduh. Pencinta pantai pun bisa dipuaskan dengan banyak pantai cantik berpasir putih, atau naik balon udara dan menyaksikan keindahan panorama Myanmar dari atas ketinggian.

Negara yang pernah dikenal dengan nama Burma ini memiliki budaya yang beragam. Hal ini terlihat dari penduduknya yang terdiri dari beragam suku dan ras mulai dari China, India, Bangladesh, Laos, dan Thailand. Menariknya lagi, di sini kamu bisa menemui penduduk asli Vietnam dengan budayanya yang unik.

Di pedesaan, kamu akan bertemu para pria yang mengenakan pakaian tradisional menyerupai sarung atau rok. Ada juga kaum lansia yang mengunyah daun sirih dengan mulut kemerahan, belum lagi hampir seluruh penduduk kampung memakai thanakha yang merupakan makeup tradisional Myanmar.

  • Perjalanan udara ke Nay Pyi Taw dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu mulai dari 9 jam dengan satu kali transit. Waktu akan menyesuaikan dengan lama transit.
  • Dapatkan paket wisata terbaik di Myanmar dengan harga bersahabat di sini.

7. Hong Kong

(Sumber: Shutterstock)

Kamu yang ingin melakukan wisata urban dan budaya dalam satu tempat, Hong Kong adalah jawaban yang tepat. Silakan menumpang tram bertingkat dan ikut berkeliling menyaksikan bangunan tua yang masih berdiri kokoh dan gedung pencakar langit dengan arsitektur modern yang mengagumkan.

Ingin puaskan hasrat belanja di Hong Kong? Sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki dan pilih tempat yang sesuai. Bagi kamu yang sudah menyiapkan kantong tebal untuk berbelanja, ada banyak sekali pusat perbelanjaan yang menawarkan koleksi barang bermerek favoritmu. Untuk bujet terbatas, tak perlu khawatir. Kamu bisa dengan mudah menemukan distro di sepanjang jalan dengan harga terjangkau atau pasar kaget yang memiliki barang yang tak kalah bagus.

Setelah menjelajah Hong Kong, tentunya kamu merasa lapar. Puaskan lidah dan perut dengan beragam kuliner lezat khas Cantonese, Sichuanese, Jepang, dan Prancis. Yang menjadi primadona tentu saja hidangan oriental penggunggah selera. Jangan lupa mencicipi stinky tofu, dim sum, dan aneka olahan mi.

  • Perjalanan udara ke Hong Kong dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 5 jam tanpa transit. Jika penerbangan transit, waktu akan menyesuaikan dengan lama transit.
  • Dapatkan paket wisata terbaik di Hong Kong dengan harga bersahabat di sini.

8. Jepang

(Sumber: Shutterstock)

Tak banyak yang tahu kalau pemegang paspor Indonesia bisa berkunjung ke Jepang tanpa visa. Meski begitu, ada sedikit syarat yang harus dipenuhi. Pertama, paspor yang kamu pegang haruslah e-paspor. Selanjutnya, kunjungi kantor Kedutaan Jepang terdekat, lalu penuhi instruksi yang diberikan. Jika pengajuan disetujui, kamu akan mendapatkan stiker khusus yang ditempel di paspor. Dengan stiker ini, kamu bebas mengunjungi Jepang berkali-kali selama tiga tahun dengan masa kunjungan maksimum 15 hari.

Jepang tak berhenti membuatmu takjub dengan segala hal yang ditawarkan, mulai dari budaya, pemandangan alam, kuil-kuil kuno, kuliner lezat, hingga segala hal berbau anime. Awali perjalananmu dengan menyusuri Tokyo yang disebut-sebut hidup selama 24 jam. Kota-kota lain yang tak boleh dilewatkan di antaranya Nagoya, Osaka, dan Kyoto.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Jepang adalah di akhir musim semi, sekitar Maret – Mei, dan akhir musim gugur, sekitar September – November. Di saat tersebut, cuaca cerah cenderung tidak hujan dan suhu udara lebih bersahabat. Selain itu, pemandangannya juga juara. Di musim semi, bunga sakura sedang bermekaran dan di musim gugur, warna dedaunan menjadi cantik keemasan.

  • Perjalanan udara ke Tokyo dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 7 jam tanpa transit. Jika penerbangan transit, waktu akan menyesuaikan dengan lama transit.
  • Dapatkan paket wisata terbaik di Tokyo dengan harga bersahabat di sini.

9. Taiwan

(Sumber: Shutterstock)

Jika kamu sudah mengantongi izin kunjungan ke Jepang denga prosedur sebelumnya, kamu bisa dengan mudah mengurus visa untuk masuk ke Taiwan. Belum memilikinya? Tenang, kamu bisa mengurusnya dengan mudah. Kamu hanya perlu punya paspor dengan masa berlaku sekurang-kurangnya enam bulan sejak tanggal kedatangan di Taiwan, dan memiliki tiket pesawat kembali ke Indonesia. Silakan kunjungi halaman ini untuk informasi lebih lengkap.

Taiwan sangat cocok buat kamu yang menyukai wisata di alam bebas. Ada banyak taman nasional yang bisa dikunjungi. Bahkan, berkunjung ke kawasan pedesaannya pun bisa menjadi perjalanan wisata yang menakjubkan. Di antara banyaknya taman nasional, terdapat beberapa yang patut diperhitungkan yaitu Yangmingshan National Park dan Kenting National Park.

Mengunjungi Taiwan belum lengkap tanpa mampir ke pasar malamnya. Ximending Night Market yang kental dengan nuansa Jepang harus masuk ke daftar kunjunganmu. Dari sini, kamu bisa melihat dua bangunan kuno peninggalan Jepang yaitu Matsu Temple dan Red House Theater. Pencinta makanan bisa mampir ke Shilin Night Market yang diramaikan oleh banyak penjual makanan murah dan enak.

Untuk wisata sejarah, luangkan waktu untuk mampir ke Presidential Square. Bangunan ikonis yang sangat populer di Taiwan ini terdiri dari lapangan luas dengan sejumlah bangunan berbentuk pagoda. Tempat ini biasa dijadikan lokasi upacara kepresidenan untuk menyambut tamu kenegaraan, festival, dan konser.

  • Perjalanan udara ke Taipei dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 5 jam tanpa transit. Jika penerbangan transit, waktu akan menyesuaikan dengan lama transit.
  • Dapatkan paket wisata terbaik di Taipei dengan harga bersahabat di sini.

Setelah tahu sembilan negara terbaik yang bisa dikunjungi tanpa visa, apakah kamu masih memendam keinginan traveling ke luar negeri? Jika kamu kebingungan mengurus persiapan traveling ke sana, percayakan semuanya pada Traveloka. Sekarang, kamu bisa memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus. Dengan begitu, kamu bisa lebih berhemat dan tak buang banyak waktu.

Summary
9 Negara di Asia Ini Bisa Dikunjungi Tanpa Visa, Tunggu Apa Lagi?
Judul Artikel
9 Negara di Asia Ini Bisa Dikunjungi Tanpa Visa, Tunggu Apa Lagi?
Description
1. Singapura 2. Malaysia 3. Thailand 4. Filipina 5. Vietnam 6. Myanmar 7. Hong Kong 8. Jepang 9. Taiwan
Author
Publisher
Traveloka
Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !