0

Traveloka Team

05 Jan 2020 - 4 min read

8 Air Terjun Terindah di Indonesia yang Wajib Kamu Jelajahi

Indonesia menyimpan potensi keindahan alam yang mengagumkan, sehingga banyak di antaranya menjadi destinasi wisata populer seperti Gunung Semeru di Jawa Timur dan Pantai Kuta di Bali. Bagi yang suka memacu adrenalin, kamu bisa mendaki gunung. Tapi kalau lebih suka main air, biasanya kebanyakan orang akan berlibur ke pantai.

Bagi yang ingin bermain air sambil menikmati alam, ada alternatif selain pantai yang bisa kamu tuju yaitu air terjun. Indonesia memiliki banyak air terjun yang tidak hanya segar, tapi juga pemandangan alam yang memanjakan mata. Untuk menambah pengalaman jelajah alam tanah air, inilah beberapa air terjun terindah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi!

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

(Sumber: Shutterstock)

Memiliki ketinggian 620 mdpl, Air Terjun Madakaripura memegang predikat sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Lokasinya masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Untuk bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Madakaripura, kamu harus membayar tiket masuk Rp5.000 dan melewati jalan yang cukup terjal dan licin.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup menantang, kamu akan disambut oleh pemandangan yang mengagumkan. Air Terjun Madakaripura berbentuk seperticurug(air terjun kecil) yang dikelilingi oleh barisan bukit. Konon, Air Terjun Madakaripura merupakan sebuah tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit pada masa silam.

Air Terjun Banyumala, Bali

Bali tak asing dengan beragam pantai cantiknya. Tapi, siapa sangka bahwa Pulau Dewata ini juga menyimpan air terjun yang menyuguhkan panorama indah? Air Terjun Banyumala namanya, berada di dasar sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun. Air terjun terbesar berada di bagian tengahnya. Air yang mengalir deras akan membentuk sebuah kolam alami yang airnya begitu jernih dan segar.

Bagi yang tertarik berkunjung ke Air Terjun Banyumala, kamu bisa langsung datang ke Desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng. Jika berangkat dari Denpasar, kamu butuh waktu perjalanan ekitar tiga jam. Selain itu, jangan lupa siapkan uang Rp10.000 untuk membayar tiket masuk ke Air Terjun Banyumala.

Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara

(Sumber:@cometolaketoba)

Tidak jauh dari Danau Toba, tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, kamu bisa menemukan Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun yang sudah terkenal hingga mancanegara ini berada di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl dan dikelilingi hutan pinus. Di samping itu, air terjunnya sendiri memiliki tinggi sekitar 120 meter. Bisa kamu bayangkan pemandangannya, bukan?

Dari Medan, kamu bisa menaiki bus jurusan Kabanjahe dengan perjalanan sekitar 2 jam. Setelah sampai di Kabanjahe, lanjutkan perjalanan dengan bus menuju Danau Toba. Untuk mencapai Air Terjun Sipiso-piso, kamu harus melewati jalur berupa anak-anak tangga selama 1 jam. Usaha mencapai air terjun terindah di Indonesia ini tak akan sia-sia setelah kamu melihat sendiri pemandangan alam yang ditampilkan.

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

(Sumber:@winduwidodo)

Berada di tepi Sungai Oyo, Air Terjun Sri Gethuk berasal dari tiga sumber mata air bernama Kedung Poh, Ngandong, dan Ngumbul. Ketiga sumber mata air tersebut mengalir melalui tebingkarstdan membentuk kolam alami di dasar air terjun. Di sinilah kamu bisa berenang atau sekadar bermain air sambil merasakan kesegaran airnya.

Masyarakat setempat percaya bahwa Air Terjun Sri Gethuk adalah tempat penyimpanankethuk,salah satu instrumen gamelan, milik Jin Anggo Meduro. Konon, pada saat tertentu akan terdengar suara gamelan dari arah air terjun. Daripada penasaran, kamu bisa langsung datang ke Air Terjun Sri Gethuk di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Air Terjun Benang Kelambu, Lombok

(Sumber:@lailaazra)

Lombok dikenal akan kemegahan Gunung Rinjani. Tapi untuk menikmati keindahan gunung tersebut, mendaki bukan satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan. Di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Air Berik, Kecamatan Batukliang Utara, kamu akan menemukan Air Terjun Benang Kelambu yang tampak asri dengan pohongambungrimbun.

Menariknya, air terjun tersebut keluar dari sela-sela pohongambungdengan enam titik air. Air ini terlihat sangat tipis dan lembut seperti kelambu. Bahkan, suara jatuhnya air pun tidak begitu bising. Itulah kenapa dinamakan Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun yang mengalir akan membentuk sebuah kolam alami. Masyarakat setempat percaya jika mandi di Air Terjun Benang Kelambu bisa membuat awet muda.

Air Terjun Coban Pelangi, Malang

(Sumber:@nusantara_island)

Sesuai namanya, Air Terjun Coban Pelangi menyuguhkan pemandangan pelangi di sekitar air terjun. Agar bisa menyaksikan secara langsung, sebaiknya kamu datang ke sini sekitar pukul 10:00 – 14:00. Pada waktu tersebut, posisi matahari yang sudah cukup tinggi akan memantulkan sinar pada air di sekitar air terjun sehingga tampak berwarna-warni seperti pelangi.

Air Terjun Coban Pelangi masih merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo, tepatnya di Desa Gubugklakah, Poncokusumo, Malang. Dari pusat Kota Malang, jarak menuju salah satu air terjun terindah di Indonesia adalah sekitar 32 km. Sesampainya di lokasi, kamu harus berjalan kaki sepanjang 1 km untuk mencapai Air Terjun Coban Pelangi.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Sumatera Utara

(Sumber:@anggalybaz)

Sipiso-piso bukan satu-satunya air terjun yang bisa kamu temukan di Sumatera Utara. Masih ada Air Terjun Dua Warna Sibolangit yang berlokasi di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Untuk bisa mencapai air terjun ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp25.000. Biaya tersebut digunakan untuk perawatan cagar alam di Sibolangit.

Dinamakan “Air Terjun Dua Warna” karena airnya memiliki gradasi dua warna, yaitu biru muda dan putih kelabu. Fenomena alam ini terjadi karena adanya air yang mengandung fosfor dan belerang. Air terjun yang juga terkenal di Indonesia ini mengalir membentuk kolam alami yang bisa digunakan pengunjung untuk berenang atau sekadar bermain air.

Air Terjun Nglirip, Tuban

(Sumber:@air_terjun_nglirip)

Bagi yang tinggal di Tuban, Jawa Timur, kamu bisa berlibur ke Air Terjun Nglirip di Pedukuhan Jojogan Desa Mulyoagung, Singgahan. Dari pusat Kota Tuban, jaraknya kira-kira 36 km. Begitu sampai di lokasi, kamu akan disambut keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan lebar 28 meter ini.

Air Terjun Nglirip berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Krawak, yang berjarak sekitar 3 km dari lokasi. Airnya yang jernih dan alirannya yang cukup deras membuat area air terjun ini terasa sejuk. Menariknya, di balik air terjun kamu juga bisa menemukan sebuah gua yang kabarnya sering digunakan sebagai tempat bersemadi.

***

Itulah beberapaspotair terjun terindah di Indonesia yang bisa menjadi referensi destinasi wisata kamu selanjutnya. Dengan suasana yang sejuk dan pesona alam yang indah, berbagai air terjun tersebut cocok bagi kamu yang ingin berwisata di kawasan sepi. Dengan begitu, kamu pun bisa menikmati waktu liburan dengan lebih maksimal.

Baca jugaSiapa Bilang Mudik Naik Pesawat Itu Mahal? Ini 5 Tips Dapatkan Tiket Murah!
-
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan