0

Traveloka Team

05 Jan 2020 - 6 min read

7 Langkah Mengedit Foto Agar Terlihat Lebih Menarik

Foto—saat ini menjadi salah satu elemen andalan di berbagai media. Hal tersebut juga didorong oleh kemajuan pesat dunia sosial media. Semua orang seolah berbondong-bondong menghasilkan foto cantik nan menarik untuk dipamerkan. Tak hanya seorang fotografer, saat ini siapa saja bisa menghasilkan foto yang indah. Salah satunya dengan teknikediting.

Namun, meski bisa membuat foto lebih menarik, proseseditingakan kurang maksimal jika foto yang dihasilkan kurang bagus. Karenanya, pastikan komposisi serta cahaya saat memotret sudah seimbang, ya! Lalu, bagaimana langkah mengedit foto agar lebih menarik? Yuk, simak tips singkat di bawah ini!

Catatan: Semua foto di bawah diambil menggunakansmartphonedan diedit menggunakan aplikasi dismartphone.

Memotong foto dengan cropping

Langkah pertama, kamu bisa menggunakan teknikcropping, yakni untuk memilah bagian foto mana yang harus dimasukkan ataupun dibuang. Saat memotret, beberapa orang kerap tak sadar jika foto mereka “bocor” (menangkap bagian yang tidak diperlukan). Karenanya, teknik ini akan amat membantu untuk memilah bagian utama foto.

Cropping dalam aplikasi Snapseed

Untuk menerapkannya, kamu bisa mengikuti aturanrule of thirdyang biasa jadi acuan komposisi dalam foto. Garis-garisrule of thirdini muncul saat kamu memulai prosescropping. Dengan bantuan garis tersebut, kamu bisa melihat perbandingan sisi foto agar terlihat lebih proporsional. Padasmartphone,biasanyaaspect ratioadalah 4:3. Dengan teknikcroppingini, kamu bisa mengubahnya menjadi 3:2 (DSLR) ataupun 1:1 (square).

Sebelum di-crop

Sesudah di-crop

Luruskan horizon dengan leveling

Kamu tentu kerap terganggu jika melihat posisi foto yang miring, bukan? Hal tersebut bisa terjadi oleh siapa saja, entah karena terlalu asyik memotret atau memiliki kelainan mata silinder. Jadi, foto yang dihasilkan pun tidak sesuai dengan objek sesungguhnya.

Saat ini, kamu bisa mengatasi kendala tersebut dengan mudah, yakni melalui tekniklevelataustraightensaateditingfoto. Sudah banyak aplikasi edit foto yang menampilkan garis horizon yang cukup jelas, sehingga akan memudahkanmu untuk meluruskan posisi foto.

Proses straighten/leveling dengan Adobe Lightroom Mobile

Foto asli

Foto setelah diluruskan

Mengatur pencahayaan dan kontras

Sebelum

Sesudah atur exposure & contrast di aplikasi Snapseed

Ketika memotret, kamu pasti kerap menggunakan modeauto/otomatis. Padahal, kamera bisa tertipu oleh cahaya yang dipantulkan objek. Karena itulah, tak jarang dari kamu mengeluhkan hasil foto yang terlalu gelap ataupun terlalu terang.

Melalui prosesediting, kamu bisa kembali mengatur tingkat kecerahan (exposure) dan perbedaan cahaya (contrast) pada foto. Tingkat kecerahan pun bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Namun, ingatlah untuk tidak berlebihan karena foto akan menimbulkan efeknoisesaat tingkat kecerahan terlalu tinggi.

Menyeimbangkan shadow and highlight

Jika denganexposuredapat mencerahkan keseluruhan foto, kamu pun bisa mengatur pencahayaan pada bagian tertentu saja. Misalnya, menerangkan area yang gelap ataupun menggelapkan area yang terang. Untuk menerapkan hal tersebut,editingpadashadowdanhighlightadalah teknik yang bisa kamu lakukan.

Mengatur shadow dengan aplikasi foto di iOS

Untuk mengangkat area yang cukup gelap atau berbayang, kamu bisa mengedit bagianshadow. Sebaliknya, saat ingin mengurangi cahaya di area yang terlalu terang, kamu bisa mengatur tingkathighlight-nya. Satu hal yang perlu diingat, jika foto yang kamu edit memiliki format JPEG, maka efekshadowdanhighlightyang dihasilkan pun akan kurang nyata. Untuk itu, kamu bisa menggunakan format foto RAW untuk hasil yang lebih terlihat.

Sebelum

Setelah menaikan shadow

Mengatur Warna

Tak hanya pencahayaan dan posisi, kamu pun bisa menaruh ciri khas pada foto yang dihasilkan dengan mengubah warna yang ada. Mulai daritonekebiruan, kekuningan, ataupun menjadikannya hitam putih bisa kamu lakukan dengan mengaturcolor balance.

Dalam aplikasieditingfoto, kamu juga akan menemukan beberapatonewarna yang sudah disediakan. Umumnya, warna-warna tersebut dipilih untuk mempermudah pengaturan warna.Tonetersebut juga kerap digunakan untuk menampilkan kesan warna senada pada tampilan Instagram atau portofolio milikmu.

Foto asli

Setelah menaikan shadow

Menghilangkan objek yang mengganggu

Saat dirasa semua elemen sudah bagus, ternyata kamu menemukan sebuah objek yang masukframefoto bidikanmu. Hal tersebut, tentu akan mengganggu estetika pada foto. Untuk mengatasi kasus ini, kamu bisa menggunakan teknikhealingsaat mengedit. Cara kerjanya mudah, kamu hanya perlubrushobjek yang ingin dihilangkan.

Sebeum menghilangkan merah di aplikasi Snapseed

Setelah menghilangkan merah di aplikasi Snapseed

Menambahkan atau mengganti elemen dalam foto

Jika menghilangkan objek bisa dilakukan, kamu pun bisa menambah atau mengganti elemen dalam foto. Mulai dari mengganti efek langit, menambah cahaya, menggabungkan dua foto, atau menambah objek seperti burung di langit adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

Mengganti langit dengan app MIX

Untuk menerapkan teknikeditingini, kamu bisa menggunakan aplikasi MIX dalamsmartphone. Selanjutnya, kamu bisa memakai fitur‘magic sky’untuk mengganti tampilan langit dalam foto yang kamu edit. Ada banyak pilihan efek atau warna yang bisa kamu pilih, mulai darisunset, sunrise,milky way, bahkan aurora. Setelah memilih, kamu bisa mengurangi pengaturanopacityfoto agar terlihat lebih natural.

Foto asli

Mengganti langit menjadi biru

Mengganti langit menjadi sunset

Itulah beberapa teknikeditingyang dapat mempercantik hasil foto. Meski dapat memperindah tampilan foto, kamu tetap perlu memahami etika dalam fotografi,lho. Hindarilah teknikeditinguntuk manipulasi sebuah objek, jangan sampai penikmat foto justru menyalahartikan karyamu. Selamat berkreasi!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan