0

Traveloka Team

25 Jan 2020 - 3 min read

6 Tips Angle Foto yang Bagus Saat Berlibur

Berlibur akan kurang lengkap rasanya tanpa mengabadikan momen melalui foto. Beragam foto kegiatan, situasi lokasi, hingga kuliner tentu bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan. Tak hanya itu, maraknya sosial media juga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menghasilkan foto yang menarik.

Nah, kamu tentu tak mau ketinggalan bukan? Tidak perlu berbekal sekolah fotografi maupun kamera mahal, kamu tetap bisa menghasilkan foto yang menariklho! Berikut Traveloka mengulas beberapa tips fotografi untuk mengambilanglefoto yang menarik. Yuk, simak penjelasannya!

Ambil sudut simetris

(Sumber: unsplash.com)

Pada umumnya, mata manusia cenderung melihat sebuah objek yang rapi. Konsep tersebut juga berlaku dalam dunia fotografi, di mana kamu perlu menghasilkan foto simetris untuk menarik perhatian para penikmat foto. Simetris yang dimaksud adalah bentuk gambar yang seimbang antarsisi.

Untuk menghasilkan foto simetris, kamu bisa memilih beberapa objek seperti arsitektur bangunan maupun alam. Meski begitu, foto simetris dianggap cukup sulit untuk diterapkan secara natural. Karenanya, kamu perlu melalui tahapeditinguntuk menyempurnakan hasil foto simetris.

Gunakan aturan rule of thirds

(Sumber: wikimedia.org)

Komposisi objek dalam sebuah foto ternyata memengaruhi keindahan yang dihasilkan. Untuk itu, kamu perlu menerapkan aturanrule of thirds, di mana bidang foto terbagi menjadi tiga bagian secara vertikal maupun horizontal. Nantinya muncul sembilan area sama besar yang akan membantu kamu menentukan posisi objek dalam foto.

Setelah mengaktifkanrule of thirdspada layar kamera, kamu perlu menentukanpoint of interest(POI), yaitu objek yang akan menjadi fokus pada foto. Selanjutnya, kamu bisa meletakkan objek tersebut ke dalam salah satu arearule of thirds. Dengan menerapkan aturan ini, foto yang kamu bidik akan lebih seimbang dan menghasilkan pemandangan yang menarik.

Luruskan horizon dengan teknik straighten

(Sumber: static.pexels.com)

Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat memotret adalah memastikan garis horizon pada objek. Garis horizon sendiri dapat diartikan sebagai garis pertemuan antara langit dan bumi atau daratan. Meski kerap terabaikan saat memotret, kamu tetap bisa mengakali hal ini dengan menggunakan fitur dalam kamera maupun teknikediting.

Saat ini, sudah tersedia berbagai kamera yang dilengkapi fitur garis horizon. Dengan mengaktifkannya, kamu akan terbantu saat mengambil objek yang bergaris horizon. Tak hanya itu, padasmartphonekamu bisa memanfaatkan fiturgrid.Apabila hasil foto tetap terlihat miring, kamu bisa menggunakan teknikstraightenpada aplikasieditinguntuk meluruskan garis horizonnya.

Gunakan bingkai alami dalam foto

(Sumber: geograph.org.uk)

Tak hanya mempercantik foto yang telah dicetak, bingkai nyatanya bisa memperindah objek fotolho! Dengan menggunakan bingkai alami, kamu bisa membuat objek yang “mengganggu” agar tidak masuk ke foto. Tak hanya itu, dengan bingkai alami, objek yang kamu ambil juga akan terlihat seolah berada dalam ruang.

Ada berbagai objek yang bisa kamu gunakan sebagai bingkai. Contohnya, kamu bisa memanfaatkan jendela, dedaunan, gapura, pintu, dahan pohon, dan sejenisnya. Dengan begitu, hasil foto kamu akan tampak lebih menarik.

Gunakan teknik panorama

(Sumber: static.pexels.com)

Ingin memotret objek luas dalam satuframe? Kini tak perlu repot lagi mengganti lensawide(lebar), karena kamu bisa menggunakan teknik panorama yang ada pada kamera maupunsmartphone. Agar mendapat hasil yang bagus, kamu perlu memastikan kamera berdiri di posisi yang sama. Dengan begitu, hasil panorama tidak akan bocor atau rusak.

Selain teknik panorama, kamu bisa menggunakan teknikoverlaysebagai alternatif. Untuk menerapkan teknik ini, kamu hanya perlu mengambil gambar satu per satu dari berbagai sudut. Setelah semua sudut lengkap, kamu bisa menyatukannya melalui aplikasieditingfoto seperti Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom.

Gunakan tongkat swafoto untuk angle yang menarik

(Sumber: pixabay.com)

Sesuai namanya, tongkat swafoto atau yang lebih dikenal dengan sebutantongsis(tongkat narsis) kerap digunakan untuk memotret diri sendiri. Selain untuk mendapatkanangleyang lebih luas, tongkat swafoto juga akan memudahkan kamu saat memotret. Selain itu, ternyata ada fungsi lain yang bisa kamu manfaatkan dari tongkat swafotolho!

Salah satunya, kamu bisa memanfaatkan tongkat swafoto untuk mendapatkananglefoto yang menarik. Misalnya, saat ingin memotret deretan tebing tinggi di sekitar pantai, kamu tidak menemukanspottepat. Nah, kamu bisa memanfaatkan tongkat swapoto dengan memanjangkannya hingga mendapatangleyang menarik.

***

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghasilkan foto yang menarik selama liburan. Lalu, tak ada salahnya jika kamu melakukan beberapaeditingselama tidak mengubah objek asli pada foto. Dengan begitu, foto yang kamu hasilkan akan tetap terlihat natural. Selamat bereksperimen, ya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan