0

Traveloka Team

02 Feb 2020 - 3 min read

5 Tips Wujudkan Liburan Ramah Kantong ke Luar Negeri

Sudah lama berencana liburan ke luar negeri tapi tabunganmu tak kunjung cukup? Mungkin kamu terlalu tinggi memasang target tabungan atau hanya belum tahu beberapa tips dan trik untuk liburan murah ke luar negeri.

Berita baiknya, Traveloka telah mengumpulkan lima hal yang bisa kamu lakukan untuk dapatberlibur ke luar negeritanpa menguras tabungan terlalu dalam. Dengan kelima tips berikut, kamu pun bisa mewujudkan liburan impian lebih cepat dari waktu yang kamu rencanakan:

1. Pilih waktu liburan saatlow season

Lebih bebas menjelajah kota karena tidak dipenuhi banyak wisatawan. (Sumber: Shutterstock)

Pergi berlibur tak harus di musim liburan. Demi mendapatkan harga tiket dan hotel yang ramah di kantong, kamu bisa pilih berlibur di luar masa-masa ramai. Mengapa? Sesuai dengan prinsip ekonomi yang bilang bahwa harga suatu barang akan turun jika permintaannya sedikit, ini berlaku juga untuk tiket pesawat dan hotel selamalow season.Tentunya ini dapat membantumu hemat bujet.

Selain harga tiket pesawat dan hotel yang relatif lebih murah, keuntungan lain berlibur dilow seasonadalah kamu lebih leluasa mengeksplorasi destinasi wisatamu karena turis yang berkunjung juga tak sebanyak saat musim liburan biasanya.

Mengenai kapan tepatnyalow seasonini sangat bergantung pada negara tujuanmu. Di Thailand misalnya,high seasonberlangsung sekitar bulan November – Februari, jadi kamu bisa memilih waktu berlibur di luar periode tersebut. Lain halnya jika kamu berencana ke negara-negara di Eropa, waktu termurah untuk berkunjung berlangsung antara bulan Oktober sampai April.

2. Langganannewsletterdarionline travel agent(OTA)

Nikmati keuntungan khusus pelanggan newsletter. (Sumber: Shutterstock)

Apa keuntungan berlangganannewsletterdarionline travel agent(OTA)? Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai promo yang sedang berlangsung, salah satu contohnyanewsletterTraveloka. Bahkan, seringkali ada juga promo yang khusus diberikan untuk pelanggan saja.

Selain memberikan informasi promo,newsletterTravelokajuga dilengkapi dengan informasi tempat wisata menarik di kota-kota terpilih, baik di dalam maupun luar negeri. Kamu jadi tahu tempat mana saja yang wajib dikunjungi dan festival apa saja yang sedang berlangsung.

3. Kunjungi negara-negara dengan kurs lebih rendah dari rupiah

Kunjungi negara berkurs rendah dari rupiah biar liburanmu hemat. (Sumber: Shutterstock)

Pilih negara dengan nilai tukar lebih rendah dari rupiah karena bisa membuat liburanmu terasa lebih ‘mewah’. Nilai tukar mata uang atau kurs yang rendah ini jelas menguntungkanmu, terutama untuk urusan finansial. Seluruh ongkos liburan jadi terjangkau karena biaya akomodasi, transportasi, makan, dan jalan-jalan pun tak akan melebihi pengeluaranmu di Indonesia, bahkan bisa jadi lebih murah.

Di antara sejumlah negara dengan kurs lebih rendah dari rupiah, kamu bisa mengunjungi Belarus, Vietnam, dan Kamboja. Negara-negara ini sama menariknya dengan destinasi luar negeri lain. Belarus misalnya, negara di Eropa Timur yang memiliki banyak gereja tua, kastil, juga tempat wisata alam yang sayang untuk dilewatkan.

4. Pilih transportasi publik termurah di negara tujuan

Bebas macet dan on time, kereta di Eropa patut diacungi jempol. (Sumber: Shutterstock)

Transportasi publik selalu menjadi andalan paratraveleryang sedang menjelajah negeri asing. Tak mengherankan memang, karena selain murah, transportasi publik ini juga bisa membuatmu lebih berbaur dengan warga lokal. Di banyak negara, pelayanan transportasi publik ini sudah bagus sekali dan patut dicoba.

Umumnya, kamu bisa membeli kartu “ajaib” yang bisa digunakan untuk naik transportasi publik dengan harga murah. Misalnya, Oyster Card untuk transportasi umum di London, Opal Card di Sydney, dan Octopus Card di Hong Kong. Daripada merogoh kocek lebih untuk taksi yang cenderung lebih mahal, kamu bisa menghemat bujet transportasi dengan kartu tersebut untuk naik kereta atau bus, serta mengisi saldonya sesuai lama tinggal di kota tujuan.

5. Cari tahu dan kunjungi tempat wisata yang gratis

Musee du Louvre, salah satu museum terbaik di dunia yang menggratiskan tiket masuknya. (Sumber: Shutterstock)

Lakukan riset sebelumnya, cari tempat wisata yang bebas biaya masuk di negara tujuanmu. Di Eropa, ada banyak museum yang tidak mengenakan biaya masuk, di antaranya yang terkenal adalah National Gallery dan V&A Museum of Childhood di London atau Musee du Louvre di Paris yang menggratiskan biaya masuknya untuk pengunjung di bawah usia 26 tahun. Untuk di kawasan Asia, kamu bisa masuk ke Advertising Museum Tokyo secara gratis. Museum ini menampilkan beragam koleksi sejarah periklanan di Jepang yang menarik untuk menambah wawasan.

Kalau pun tidak menemukan museum gratis di negara tujuanmu, kamu tetap bisa menikmati taman dan ruang terbuka lainnya yang tidak membutuhkan biaya tiket masuk. Wisata jalan kaki keliling kota pun bisa memberimu hiburan berbeda, misalnya dengan mengagumi arsitektur sekitar atau tata kotanya. Jangan lupa mencicipistreet fooduntuk memuaskan lidah dan perut dengan cita rasa khas destinasi liburanmu.

Ternyata liburan ke luar negeri tak berarti harus mahal. Asal kamu bisa menerapkan lima tips di atas, kamu tetap bisa menikmatiliburan ke luar negeridengan cermat tanpa harus mengurangi kesenangan dan kepuasanmu.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan