0

Traveloka Team

26 Jan 2020 - 2 min read

5 Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan

Liburan akhir tahun sudah tinggal menghitung hari. Sebagai momen yang hanya datang setahun sekali, tentu kamu ingin liburan akhir tahun berjalan tanpa kendala. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan berbagai hal sebelum datang hari H. Berikut 5 tips yang perlu kamu lakukan agar liburan akhir tahun kamu menyenangkan:

1. Pilih jadwal liburan

(Photo Credit: Shutterstock)

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mempersiapkan liburan akhir tahun adalah menentukan jadwal. Dua hal yang perlu kamu pastikan yakni kapan dan berapa lama waktu liburan nanti. Pasalnya, kamu perlu menentukan jumlah hari cuti yang harus diajukan ke perusahaan tempat bekerja.

Menentukan jadwal liburan juga bisa membantu kamu menyiapkan keperluan dengan lebih baik. Kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan dana, memilih destinasi, serta memesan transportasi dan akomodasi, yang akan lebih membuat kamu yakin liburan akan berjalan sesuai rencana.

2. Persiapkan dana liburanmu dengan matang

(Photo Credit: Shutterstock)

Liburan merupakan salah satu cara untuk menyegarkan otak dan relaksasi diri. Jangan sampai, pulang liburan kamu menjadi stres karena dana liburan menguras habis tabungan. Oleh karena itu, perencanaan dana liburan harus dilakukan dengan matang.

Pertama, kamu harus menyiapkan dana untuk kebutuhan primer seperti transportasi, penginapan, dan makanan. Selanjutnya, siapkan kebutuhan tersier liburan seperti tiket masuk atraksi dan oleh-oleh. Biasanya, kebutuhan tersier inilah yang kurang terencana dengan baik, sehingga memakan banyak bujet liburan.

3. Tentukan destinasi liburan

(Photo Credit: Shutterstock)

Setelah mengetahui dengan pasti berapa jumlah dana yang kamu alokasikan untuk liburan, saatnya menentukan destinasi mana yang tepat untuk dikunjungi. Kamu bisa mulai bertanya pada diri sendiri, di mana kamu ingin menghabiskan liburan akhir tahun? apakah pantai, gunung, atau hanya keliling kota. Pertanyaan selanjutnya, apa yang akan kamu lakukan di sana? Berbelanja atau mengunjungilandmarkwisata?

Jika sudah ditentukan, kamu bisa mengalokasikan bujet yang tepat untuk liburan nanti. Jangan sampai memilih destinasi yang tidak sesuai kantong sehingga membuat kamu harus sangat berhemat dan tidak bisa menikmati masa liburan.

4. Siapkan kebutuhan transportasi, akomodasi, dan hiburan

(Photo Credit: Dok. Traveloka)

Hal yang paling penting lainnya dalam menyiapkan liburan yaitu kebutuhan transportasi, akomodasi, serta hiburan. Pastikan kamu telah memesan semuanya jauh sebelum keberangkatan. Agar lebih praktis, kamu bisa memesan semua kebutuhan tersebut melalui Traveloka.

Dengan memesan melalui Traveloka, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari merubah jadwal transportasi atau hotel yang sudah dipesan hanya melalui aplikasi, membayar hotel di tempat dengan fitur Pay at Hotel, hingga memesan semua kebutuhan liburan sekarang dan membayarnya kemudian dengan PayLater, bisa kamu lakukan hanya dalam satu aplikasi.

5. Jaga kesehatan

(Photo Credit: Shutterstock)

Tidak ada liburan yang menyenangkan jika dijalani dalam keadaan sakit. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tetap menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama liburan. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan yakni meminum air putih dengan cukup untuk menjaga tingkat hidrasi di dalam tubuh. Selain itu, berolahraga ringan secara rutin seperti joging atau jalan sehat.

Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan dengan memakan banyak sayur dan buah. Hal-hal sederhana tersebut tentu akan membantu kamu untuk menjaga stamina selama liburan tahun baru ini.

Itulah 5 tips bagi kau untuk mempersiapkan liburan akhir tahun. Agar lebih maksimal, sebaiknya kamu siapkan semuanya sejak jauh-jauh hari. Jadi, mendekati hari H kamu hanya perlu menyiapkan badan dan semangat. Selamat liburan tahun baru!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan