5 Tips Jitu Mengambil Foto Saat Traveling

Travel-Photography
Ada gula ada semut, ada traveling ada memotret. Traveling photography saat ini memang menjadi sebuah fenomena yang sedang hits. Travelers mengalungkan kamera di lehernya sudah menjadi pemandangan umum yang biasa dilihat di berbagai objek wisata maupun di jalanan.

Semua orang bisa mengambil gambar saat traveling, tapi berapa banyak yang mampu mengambil gambar dengan baik?

Ingin mendapatkan gambar yang memuaskan saat traveling? Simak 5 hal penting berikut ini:

 

  1. Riset
    Lakukan riset tentang lokasi traveling kamu. Baca buku panduan wisata atau buka situs wisata ternama seperti Lonely Planet dan Trip Advisor untuk mengetahui hal menarik apa saja yang mungkin bisa kamu temukan nanti. Dengan bekal informasi ini, kamu punya sedikit gambaran tentang apa saja yang akan menjadi incaran objek fotomu.
  2. Pentingnya lokasi hotel
    Pilih hotel yang berada di lokasi strategis dengan pemandangan sekitar yang menarik. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak objek menarik tanpa perlu berjalan jauh atau bahkan bisa mengambil gambar kembang api tahun baru hanya dari jendela kamar.
  3. Bangun pagi!
    Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan gambar matahari terbit yang cantik di Bromo atau momen keramaian pasar tradisional di pagi hari? Jawabannya satu, bangun pagi! Korbankan sedikit waktu tidurmu dan berangkat lebih awal untuk mendapatkan gambar yang memuaskan. Percaya, deh, rasa kantuk akan hilang begitu berhasil menangkap gambar cantik sesuai harapan.
  4. Memotret penduduk lokal memang menarik, tapi…
    Ingin mengambil gambar suku asli maupun penduduk setempat? Ingat, mereka bukan benda mati! Lakukan pendekatan dengan baik. Pelajari bahasa lokal, sapa dengan hangat dan mintalah izin jika ingin memotret dari dekat.
  5. Terus berlatih
    Jangan jadikan kamera sebagai kambing hitam atas hasil bidikanmu yang kurang memuaskan. Hasil foto tak hanya bergantung pada kamera saja, kemampuan dan kreativitas kamu juga ikut menentukan, lho. Asah terus bakat fotografimu. Jika cukup kreatif, dengan menggunakan kamera handphone pun kamu bisa menghasilkan gambar yang tak kalah bagus.

Yang tak kalah penting, kamu harus tahu kapan saatnya berhenti memotret. Jangan sampai karena terlalu sibuk berburu objek fotografi, kamu lupa menikmati travelingmu. Simpan dulu kameramu, cobalah berbaur dengan penduduk setempat dan cicipi kuliner khasnya. Happy traveling!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1