5 Ide Seru Habiskan Long Weekend Saat Imlek

5 Ide Seru Habiskan Long Weekend Saat Imlek

Jumat, 16 Februari tercatat sebagai Hari Raya Imlek 2018. Artinya, kamu bisa menikmati liburan panjang (long weekend). Di waktu inilah kamu tepat jika berencana untuk liburan ke luar kota. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang tidak memungkinkan pergi liburan yang jauh?

Tenang, bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya kamu masih punya beragam pilihan aktivitas seru untuk dilakukan. Mau tahu ide seru apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan liburan long weekend di sekitar Jakarta saat Imlek? Temukan jawabannya di bawah ini!

Belanja di Pasar Lama Tangerang

(Sumber: @locoimageworks)

Bagi yang belum sempat membeli perlengkapan Imlek, kamu bisa datang ke Pasar Lama Tangerang atau yang lebih sering disebut kawasan Kota Benteng. Tempat ini berada di Jalan Kisamaun, Sukasari. Di sini, kamu bisa menemukan beragam aksesori Imlek, mulai dari pernak-pernik, amplop merah untuk angpau, lilin, hingga pakaian khas Imlek seperti congsam.

Saat berjalan-jalan di Pasar Lama Tangerang, sempatkan juga untuk berkunjung ke Museum Benteng Heritage. Di dalamnya, terdapat berbagai benda bersejarah yang masih berhubungan dengan budaya Tionghoa, seperti uang kuno, perabot tua, hingga timbangan kuno. Bahkan, ada pula piringan hitam langka yang hingga kini masih bisa memainkan lagu Indonesia Raya yang direkam pada tahun 1950-an.

Hunting foto di Pecinan Glodok

(Sumber: @luntanglantungaje)

Jika punya hobi fotografi, kamu wajib datang ke Pecinan Glodok atau yang dikenal dengan nama Pasar Petak Sembilan di Jalan Kemenangan No 40, saat liburan long weekend Imlek. Di tempat ini, kamu akan menemukan berbagai bangunan kuno, dengan ornamen khas Tionghoa yang membuatnya tampak begitu unik.

Banyak spot berfoto yang unik di Pecinan Glodok. Salah satunya adalah Vihara Dharma Bhakti yang terletak di kawasan Petak Sembilan. Didirikan pada 1650, Vihara Dharma Bhakti dikenal sebagai salah satu kelenteng tertua di Jakarta. Saat Imlek, suasana sekitarnya tampak meriah dengan berbagai hiasan dan pernak-pernik bernuansa merah dan emas. Momen inilah yang wajib kamu abadikan dengan kamera!

Mengunjungi rumah Mayor Khouw Kim An

(Sumber: @ggalantari)

Khouw Kim An adalah seorang pengusaha Tionghoa kelahiran 1875 yang pernah diangkat sebagai mayor oleh pemerintah Hindia belanda. Kini, rumah Mayor Khouw Kim An telah dijadikan sebagai cagar budaya. Jika ingin melihat langsung rumah sekaligus cagar budaya ini, kamu bisa datang ke kawasan Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat.

Selain kamar tidur dan ruang tamu, di bagian tengah rumah Mayor Khouw Kim An terdapat altar yang digunakan sebagai tempat beribadah. Hal yang paling membuat rumah ini terlihat unik adalah atapnya yang menyerupai rumah Gadang, dengan ujung lancip pada kedua bagian ujungnya. Sekilas, bentuknya akan mengingatkan kamu dengan Gereja Santa Maria de Fatima di kawasan Glodok.

Menyaksikan atraksi barongsai di Kampung Wisata Ciangsana

(Sumber: Shutterstock)

Terletak di kawasan Kota Wisata Cibubur, Kampung Wisata Ciangsana atau yang akrab disebut Kampung China Cibubur bisa dengan mudah kamu akses. Di sepanjang perjalanan, kamu akan melihat taman yang indah dan patung-patung unik seperti Patung Liberty. Kalau tertarik, kamu bisa berhenti sejenak untuk mengambil foto.

Suasana di Kampung Wisata Ciangsana juga tidak kalah menarik. Area tempat wisata ini dihiasi dengan lampion dan berbagai ornamen khas Imlek. Biasanya, saat Tahun Baru Imlek akan diadakan tarian barongsai yang semakin memeriahkan suasana. Jika suka berbelanja, kamu juga bisa membeli barang-barang unik khas Tionghoa yang dijual di kios-kios Kampung China Cibubur.

Wisata kuliner di kawasan Pecenongan

(Sumber: @anizarga)

Libur saat long weekend Imlek juga bisa kamu habiskan dengan berwisata kuliner di kawasan Pecenongan. Sudah sejak lama, kawasan ini dikenal sebagai pusat kuliner khususnya makanan khas China (Chinese food). Di sini, kamu juga bisa mencicipi Martabak Pecenongan 65A yang sudah terkenal di kalangan pencinta kuliner.

Keramaian kuliner di Pecenongan biasanya dimulai saat malam hari. Jadi, kalau tidak ingin berdesak sebaiknya datanglah sejak sore. Agar petualangan kuliner semakin seru, jangan lupa ajak teman-teman atau anggota keluarga kamu untuk sekaligus mencicipi makanan yang dipesan satu sama lain.

***

Walau tidak bisa berlibur ke luar kota, sekarang kamu sudah tahu alternatif untuk menghabiskan long weekend saat Imlek, bukan? Jadi, tak perlu khawatir lagi ya! Tunggu apa lagi? Ajak langsung teman-teman atau anggota keluarga agar liburan kamu semakin berkesan. Selamat merayakan Imlek dan liburan seru di long weekend!

1 Shares
Share1
Pin
Share
Tweet
+1