5 Ide Oleh-oleh Kreatif dan Berkesan untuk Pasangan

Ayu
By Ayu 19 May 2016

Pergi liburan bersama teman satu geng ala AADC atau business trip sementara si dia tidak ikut? Pastikan oleh-oleh yang kamu bawa berkesan dan punya arti spesial di mata pasanganmu. Tapi bagaimana kalau sudah kehabisan pilihan?

Satu hal yang bisa bikin oleh-olehmu berkesan bagi si dia adalah memberikan barang yang sesuai dengan karakter atau kegemarannya. Untuk memudahkanmu, Traveloka telah merangkum lima ide oleh-oleh kreatif yang bisa kamu jadikan pilihan. Simak ulasannya berikut ini:

1. Pasanganmu penggila fotografi? Bikin dia kagum dengan album foto hasil jepretanmu

Cetak semua hasil jepretanmu dan susun dalam album foto sebagai oleh-oleh untuknya. (Sumber: Shutterstock)

Cetak semua hasil jepretanmu dan susun dalam album foto sebagai oleh-oleh untuknya. (Sumber: Shutterstock)

Jika biasanya pasanganmu yang berburu objek foto, sekarang giliranmu menghadiahinya satu album foto berisi hasil jepretanmu sendiri. Memberikan dia hasil karyamu ini bisa membuktikan bahwa kamu tak hanya mendukung penuh hobinya, tapi juga terinspirasi olehnya.

Tak perlu repot pinjam kamera, cukup pakai kamera smartphone-mu. Justru di situlah tantangannya: untuk unjuk gigi kemampuan fotografimu kepada si dia! Ambil foto landmark yang menjadi ikon destinasimu, orang-orang asing yang kamu temui di jalan, suasana lokal yang autentik, atau apa saja sesukamu.

Sepulang dari traveling, cetak foto-foto tersebut dan simpan dalam album lalu berikan padanya sebagai oleh-oleh. Kamu pasti tak sabar melihat reaksinya terhadap hasil karyamu!

 

2. Pasangan hobi mendekorasi rumah? Bawakan pasir dalam botol

Tambahkan ornamen lain seperti bintang laut dan cangkang kerang sebagai pemanis. (Sumber: Shutterstock)

Tambahkan ornamen lain seperti bintang laut dan cangkang kerang sebagai pemanis. (Sumber: Shutterstock)

Traveling ke pantai? Pasir pantai bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk pasanganmu yang hobi mendekorasi ruangan. Pasir pantai dalam botol kecil sangat cocok dijadikan hiasan meja atau aksen dekoratif lainnya. Biar makin personal, tambahkan pesan khusus yang kamu tulis di kertas dan masukkan ke dalam botolnya. Selain menambah cantik dekorasi rumah, oleh-oleh darimu ini akan membuatnya selalu ingat padamu.

Sebagian pantai bahkan memiliki ciri khas yang sulit kamu temukan di pantai lain, sebut saja Pink Beach yang terletak di Lombok. Pantai ini memiliki pasir berwarna merah muda yang cantik. Warna ini diduga berasal dari serpihan karang warna-warni yang bercampur dengan pasir pantai berjuta tahun lalu.

 

3. Pasangan suka traveling? Bikin panduan traveling spesial untuk si dia

Rangkum liburanmu menjadi jurnal atau panduan perjalanan. (Sumber: Shutterstock)

Rangkum liburanmu menjadi jurnal atau panduan perjalanan. (Sumber: Shutterstock)

Punya pasangan yang hobi traveling, kamu pasti sudah hafal kebiasaannya dalam mempersiapkan sebuah perjalanan. Salah satunya, mungkin, mencari panduan dan segala tips wisata di sebuah destinasi. Kamu bisa membantunya dalam persiapan liburan berikutnya dengan membuatkan dia jurnal perjalanan dari pengalamanmu sendiri.

Rangkum perjalananmu dalam sebuah jurnal yang menarik. Tulis apa saja yang kamu lalui selama perjalanan, dan tambahkan tips-tips ampuh yang sudah berhasil kamu praktikkan di sana. Untuk mempermanis jurnalmu, selipkan pernak-pernik sisa perjalananmu, seperti peta kota, karcis masuk museum, juga foto-foto hasil karyamu.

Membaca jurnal perjalanan yang spesial dibuatkan oleh orang tercinta pasti berbeda dibanding membaca panduan dan tips perjalanan dari internet.

 

4. Pasangan gemar benda antik? Berikan mata uang asing dengan kemasan spesial

Koin pemberianmu akan melengkapi koleksinya di rumah. (Sumber: Shutterstock)

Koin pemberianmu akan melengkapi koleksinya di rumah. (Sumber: Shutterstock)

Jika dia hobi mengoleksi benda antik, membawakan oleh-oleh untuknya bisa jadi gampang-gampang susah. Selain harganya yang tidak murah, kamu juga akan sulit membawanya pulang jika benda tersebut terbuat dari keramik yang mudah pecah atau bentuknya menyulitkanmu mengemasnya, misalnya saja lampu antik.

Meskipun begitu, kamu masih bisa mencari alternatif lain. Kamu bisa menggunakan koin sebagai pengganti barang antik yang sulit dibawa pulang itu. Jangan salah, koin juga termasuk barang antik, lho, apalagi jika kamu membawakan koin “edisi” khusus dari negara tertentu.

Satu tips untukmu yang ingin menjadikan koin sebagai oleh-oleh, jangan berikan beberapa koin yang sama sekaligus. Para kolektor koin atau barang antik umumnya mengumpulkan koin berdasarkan beberapa kategori seperti nilai, tahun terbit, komposisi koin, dan lain-lain. Jadi, akan lebih bermanfaat jika kamu memberikan beberapa koin yang berbeda nilai, tahun terbit atau komposisinya.

 

5. Pasangan penggila musik? Rekaman lagu musisi jalanan luar negeri bisa jadi pilihan yang tepat

Karena tak bisa menyaksikan pertunjukan musisi jalanan ini secara langsung, kekasihmu layak mendapatkan hasil rekamannya. (Sumber: Shutterstock)

Karena tak bisa menyaksikan pertunjukan musisi jalanan ini secara langsung, kekasihmu layak mendapatkan hasil rekamannya. (Sumber: Shutterstock)

Bila kamu traveling ke luar negeri, Eropa misalnya, kamu bakal menemui hiburan unik yang jarang ditemukan di sini, contohnya musisi jalanan. Penampilan musisi jalanan di negara-negara Eropa umumnya mengagumkan dan tak jarang pula unik.

Untuk pasanganmu yang penggila musik, pengalaman menyaksikan musisi jalanan di negara seberang pasti membuatnya senang. Nah, kamu bisa ‘berbagi’ pengalaman tersebut dengan merekam penampilan para musisi jalanan di satu atau beberapa kota menggunakan smartphone-mu!Setelah itu, kamu bisa memindahkannya ke dalam CD (Compact Disk) atau membuatkannya folder khusus dalam flashdisk agar mudah diputar. Sebagai penikmat musik, oleh-oleh darimu ini akan sangat berkesan dan bermanfaat karena menambah playlist-nya.

Oleh-oleh yang sesuai dengan karakter dan kegemaran pasanganmu tak hanya bermanfaat, tapi juga bisa membuatnya merasa lebih spesial. Dia akan merasa bahwa kamu memang paham tentang apa-apa saja yang digemarinya.

Summary
5 Ide Oleh-oleh Kreatif dan Berkesan untuk Pasangan
Judul Artikel
5 Ide Oleh-oleh Kreatif dan Berkesan untuk Pasangan
Description
1. Pasanganmu penggila fotografi? Bikin dia kagum dengan album foto hasil jepretanmu 2. Pasangan hobi mendekorasi rumah? Bawakan pasir dalam botol 3. Pasangan suka traveling? Bikin panduan traveling spesial untuk si dia 4. Pasangan gemar benda antik? Berikan mata uang asing dengan kemasan spesial 5. Pasangan penggila musik? Rekaman lagu musisi jalanan luar negeri bisa jadi pilihan yang tepat
Author
Publisher
Traveloka
Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !
Tags