5 Cara Unik Abadikan Perjalananmu Agar Semakin Berkesan

Ayu
By Ayu 10 July 2017

Melakukan perjalanan sama artinya dengan menghadirkan pengalaman baru dalam hidup. Bagaimana cara menyimpan pengalaman ini agar dapat mengingatnya kembali? Tentunya, ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk mendokumentasikan pengalaman traveling.

Traveloka memberikan lima ide menarik untuk mendokumentasikan setiap perjalananmu agar bisa diingat dan diceritakan kembali dengan mudah. Apa saja cara yang bisa kamu lakukan? Yuk, simak di bawah ini.

1. Kirim tulisan ke Blog Traveloka

Cara asyik dapat uang saku tambahan buat traveling. (Sumber: Blog Traveloka)

Menulis jurnal perjalanan di buku harian atau blog pribadi sudah sangat biasa. Adakah cara yang tak biasa? Ada, kirim saja tulisanmu ke Blog Traveloka. Traveloka membuka kesempatan buat siapa saja yang mau mengirimkan tulisannya ke Blog Traveloka.

Apa menariknya? Kamu bisa mendapatkan dua hal sekaligus dari mengirimkan catatan perjalananmu. Pertama, tulisanmu akan dibaca langsung oleh jutaan pembaca setia Blog Traveloka. Tulisanmu akan menjadi salah satu referensi yang bisa mereka percaya. Kedua, setiap kali tulisanmu lolos seleksi dan dimuat, kamu akan mendapatkan tambahan uang saku buat perjalanan selanjutnya.

Mau kan? Coba klik di sini kalau penasaran sama program ini.

2. Bikin vlog

Vlog juga bisa dibikin sendirian, lho. (Sumber: Shutterstock)

Video Blog atau vlog mungkin sudah sering kamu dengar belakangan ini. Fenomena vlog ini mulai berkembang, meskipun sebenarnya sudah lama dipraktikkan. Vlog bisa juga dianggap sebagai jurnal atau blog berbentuk video. Jenis kegiatan yang didokumentasikan dalam bentuk vlog ini banyak sekali, mulai dari masak, make-up tutorial, membuat kerajinan tangan, sampai menyanyi. Dengan cara ini, perjalananmu akan tampak lebih dinamis dan hidup.

Nah, kamu bisa bikin vlog yang berisi perjalananmu. Rekam dan abadikan setiap momennya, simpan di YouTube atau situs sejenis lainnya. Agar lebih autentik, latar vlog yang kamu buat haruslah sesuai dengan kondisi perjalananmu yang sebenarnya. Misalnya, kamu merekam momen menyeberang sungai di Kalimantan, memasak makanan tradisional bersama penduduk lokal, atau saat jalan-jalan ke pasar tradisional di Thailand.

3. Berkreasi dengan photo series unik

Karakter LEGO ini mewakili dirimu. Lucu, ya? (Sumber: Shutterstock)

Photo series alias rangkaian foto traveling yang menjadikan kamu sebagai objek utama di setiap destinasi seru tampak sudah biasa sekali. Biar beda, kamu harus bikin yang unik dan menarik. Bagaimana caranya? Pilih satu objek yang mewakili dirimu, misalnya saja karakter LEGO. LEGO ini nantinya akan ada di setiap foto yang kamu ambil dan seolah-olah mewakili dirimu. Tak perlu cemas fotonya akan aneh, justru foto-fotomu jadi unik dibandingkan foto traveling pada umumnya. Asyiknya lagi, ini berarti kamu tidak butuh bantuan orang lain buat memotret atau pasang tripod dan timer.

Tips untuk membuat photo series semacam ini adalah pintar-pintar mengatur jarak antara objek dan background foto. Hal ini wajar, mengingat objek fotomu sekarang memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibanding dirimu. Untuk mendapatkan foto yang bagus, objek foto harus menjauhi background agar tercipta komposisi yang pas.

4. Kemas semua pernak-pernik traveling dalam scrapbook

Siapkan pernak-pernik liburan yang diperlukan dan mulailah membuat scrapbook! (Sumber: Shutterstock)

Sebagian orang menganggap scrapbook tergolong kuno. Barangkali itu benar, teknik kliping dalam album atau jurnal ini biasa menjadi tugas sekolah di zaman dulu. Tapi, ternyata scrapbook bisa jadi cara menarik buat mengabadikan pengalaman travelingmu. Modalnya tentu saja sebuah album kosong dan pernak-pernik seperti tiket masuk museum di Eropa, tiket kereta bawah tanah di Jepang, foto hasil jepretanmu, atau bunga kering hasil perjalananmu ke Gunung Bromo.

Tetapkan konsep menarik dan susun semuanya dengan rapi. Beri catatan tanggal dan pesan khusus yang menggambarkan perasaanmu saat dalam perjalanan tersebut. Di waktu mendatang, kamu bisa membuka scrapbook ini dan bisa mengingat dengan baik tentang perjalanan yang pernah kamu lewati. Jika disimpan dengan baik, kamu bisa menggunakannya juga sebagai alat bercerita ke anak dan cucu, menginspirasi mereka untuk melakukan perjalanan juga.

5. Abadikan cita rasa lokal setiap destinasi

Tangkap momen apa saja yang menggambarkan unik dan cantiknya budaya lokal. (Sumber: Shutterstock)

Apa sih, yang paling diingat dari sebuah perjalanan ke destinasi asing? Tentunya atmosfer dan kearifan budaya lokal yang berbeda dari keseharianmu. Inilah pentingnya mampir ke tempat-tempat yang sarat akan atmosfer lokal seperti pasar tradisional, makanan khas, juga kendaraan khas yang hanya ada di daerah tersebut, misalnya tuk-tuk di Thailand.

Bagaimana cara mengabadikannya? Mudah saja, bisa dengan memotretnya secara close-up pada objek tertentu, misalnya penduduk Dayak lengkap dengan riasannya. Tapi jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu, ya. Objek foto lain yang bisa kamu potret adalah suasana khas pasar tradisional suatu daerah. Tangkap momen tertentu di pasar tersebut, transaksi jual beli atau kegiatan pedagang ikan memotong ikannya.

Cara mendokumentasikan perjalanan dengan tepat bisa membuat perjalananmu semakin mudah diingat. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya lebih unik dengan cara sendiri. Selamat mencoba!

Dapatkan segala kebutuhan liburan hanya di sini.

Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !
Tags