0

Traveloka Team

11 Jan 2020 - 3 min read

Terhindar Jadi Korban Kejahatan di Dunia Maya, Perkuat ‘Password’-mu dengan Cara Ini!

Berapa jumlah akun media sosial yang kamu punya? Dengan berkembangnya teknologi saat ini, muncul beragam akun media sosial danonline shopyang memungkinkanmu melakukan transaksi secaraonline. Umumnya, segala jenis transaksi dan aktivitasonlineyang kamu lakukan akan diamankan denganpasswordatau kata sandi yang kamu buat.Passwordmenjadi semacam pintu gerbang untuk masuk ke segala informasi tentangmu di dunia maya.

Perlu diingat sebelumnya, bahwa peretas sangat lihai dalam mengambil informasi pribadimu agar dapat digunakan untuk kepentingan pribadi mereka. Jikapassword-mu lemah, maka akan kian memudahkan parahackeratau peretas untuk melakukan tindak kriminal di dunia maya. Ibarat mengantisipasi tindak pencurian dengan menjaga tas kamu baik-baik, satu-satunya hal yang bisa menghindarkanmu dari aksi peretasan adalah dengan membuatpasswordyang kuat dan tak mudah ditebak.

Bagaimana cara agarpassword-mu tetap aman dan bebas dari aksi peretasan? Simak lima tips dariTravelokaberikut ini:

1. Tidak seorang pun boleh mengetahuipassword-mu

Jangan pernah beritahu siapa pun tentang informasipassword-mu.Passwordmutlak menjadi rahasiamu seorang. Tersebarnyapasswordbisa menjadi hal yang berbahaya karena memungkinkan orang tak bertanggungjawab menyalahgunakan akunmu untuk kepentingannya sendiri.

2. Hindari menggunakanpasswordyang sama untuk beberapa akun berbeda

Karena memiliki akun media sosial lebih dari satu, bukan tak mungkin kamu memutuskan untuk menggunakanpasswordyang sama. Hal ini tentu saja bertujuan agar kamu bisa lebih mudah mengingatnya.

Berhenti melakukan kebiasaan buruk ini. Memakaipasswordyang sama untuk beberapa akunonlineyang berbeda membuat para peretas bisa lebih mudah menebaknya. Terlebih jika salah satu akunmu sudah pernah diretas, berarti mereka sudah menyimpan informasi tentangpassword-mu dan akan mencoba untuk meretas akunmu yang lain.

3. Gunakan kombinasipasswordyang kuat

Passwordyang kuat menggunakan kombinasi acak dan sulit ditebak. Pertama, gunakan huruf besar dan kecil secara acak dan kombinasikan mereka sesukamu. Akan lebih baik jika kamu menambahkan karakter khusus seperti!@#$%^&*.Pakai kata yang sekiranya tak berhubungan denganmu. Hindari menuliskan nama sendiri, nama pasangan, nama anak, atau bahkan kata “password”itu sendiri.

Kedua, selain abjad, masukkan pula angka dalam rangkaianpassword-mu. Jangan gunakan kombinasi angka yang mudah ditebak seperti tanggal lahirmu atau orang terdekat, dan sebaiknya kamu juga menghindari penggunaan rangkaian angka berurutan seperti 1234, dan seterusnya.

MenurutWikipedia, salah satu kriteriapasswordyang kuat adalah yang memuat 12–14 karakter. Jumlah karakter ini, ditambah dengan kombinasipasswordyang kuat, akan mempersulit peretas membobol akunmu.

4. Usahakan menggantipasswordsecara berkala

Passwordyang diganti secara berkala akan menyulitkan peretassaat ingin menebaknya. Jika kamu pernah menjadi korban peretasan akun, menggantipasswordsecara berkala ini menjadi penting karena kemungkinan mereka masih menyimpanpasswordlamamu. Dengan menggantinya, mereka akan menebaknya dari awal lagi.

Saat menggantipassword,usahakan untuk menggunakan kombinasi yang berbeda daripasswordsebelumnya agar tidak mudah ditebak. Selain itu, sebaiknya kamu tidak menggantinya denganpasswordlama yang sudah pernah kamu gunakan karena ada risikopassword-mu sudah dikenali.

5. Hindari menuliskanpassword-mu di sembarang tempat

Barangkali kamu bertanya, jika tak boleh menggunakanpasswordyang sama untuk semua akun di dunia maya, bagaimana caranya mengingat semuapassworditu? Sebagian orang memilih menuliskannya di suatu tempat, bisa di buku catatan atau di ponsel. Menuliskan semuapassword-mu bisa berbahaya karena bisa saja ponsel atau buku catatanmu jatuh ke tangan orang yang akan menyalahgunakan informasi tersebut.

Jika kesulitan mengingat semuapassword-mu, gunakanpassword managerseperti misalnya LastPass. Aplikasi ini bisa menyimpan semuapassword-mu, dan kamu hanya butuh satupasswordinduk untuk bisalog inke semua akunmu tanpa harus mengingat semuapasswordsatu per satu.

Aksi kriminal di dunia maya bisa sangat merugikanmu secara moral dan materi. Akunmu bisa diretas kapan saja. Sekarang, daripada kamu panik dan khawatirpasswordlamamu bisa ditebak dengan mudah, kenapa tidak membuatpasswordbaru yang lebih kuat dan aman?

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan