5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Bisa Liburan Seru

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Bisa Liburan Seru

Salah satu kunci kelancaran hidup rumah tangga adalah memiliki manajemen keuangan yang baik. Selain demi memenuhi kebutuhan primer, keuangan rumah tangga yang teratur juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan kebutuhan sekunder maupun tersier. Salah satunya adalah liburan keluarga, kegiatan yang tentu diidamkan banyak orang bukan?

Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik sehingga perencanaan liburan pun tak akan membebani finansial pokok. Berikut Traveloka mengulas cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga agar bisa liburan tanpa boros. Mari simak selengkapnya!

1. Tulis daftar pos pengeluaran

menghitung budget bulanan
Photo Credit: Shutterstock

Dalam sebulan, kebutuhan apa saja yang harus kamu penuhi untuk keluarga? Agar tidak ada kebutuhan yang terlewat, sebaiknya tulis daftar pos pengeluaran bulanan. Cantumkan pula jumlah biaya yang biasanya dikeluarkan untuk memenuhi masing-masing kebutuhan.

Dengan begitu, kamu akan tahu pos kebutuhan apa yang memakan biaya paling banyak ataupun tidak terlalu dibutuhkan. Jika perlu, kamu bisa memangkas beberapa pengeluaran yang dirasa kurang perlu agar bisa dialokasikan ke tabungan.

2. Buat kalender tagihan

buat kalender tagihan
Photo Credit: Shutterstock

Jika bingung menentukan prioritas pengeluaran bulanan, kamu bisa membuat kalender tagihan. Setiap bulannya, beri tanda pada tanggal berapa saja kamu harus membayar tagihan listrik, air, gas, uang sekolah anak, cicilan asuransi, tagihan kartu kredit, dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan biaya tersebut sebaik mungkin.

Adanya kalender tagihan juga akan memudahkan kamu untuk mengingat tanggal pembayaran. Jadi, kamu akan terbiasa membayar sebelum tanggal jatuh tempo, pengeluaran bulanan pun akan tetap stabil tanpa adanya denda akibat keterlambatan.

3. Susun anggaran keluarga

buat list pengeluaran
Photo Credit: Shutterstock

Selain memenuhi kebutuhan bulanan rumah tangga, apakah kamu juga mempunyai tagihan cicilan lainnya? Misalnya, kartu kredit atau pembayaran premi asuransi. Nah, usahakan agar total cicilan bulanan maksimal 30% dari pendapatan kamu. Misalnya jika kamu menerima pendapatan Rp5 juta per bulan, maka total cicilan yang boleh kamu bayar tiap bulannya adalah Rp1,5 juta.

Saat menyusun anggaran keluarga, sertakan pula anggaran untuk memenuhi kebutuhan masa depan. Contohnya, investasi, dana darurat, dan gaya hidup. Dengan adanya anggaran, kamu bisa mengontrol pengeluaran agar tidak melebihi kemampuan finansial rumah tangga. Khusus untuk liburan, kamu bisa menyisihkan 5% dari pendapatan kamu setiap bulan. Jadi, tetap aman terkendali bukan?

4. Gunakan metode cicilan saat membeli tiket dan akomodasi berlibur

metode cicilan
Photo Credit: Shutterstock

Menyisihkan pendapatan untuk liburan keluarga harus kamu lakukan setiap bulan, ya. Tujuannya tentu agar kamu dan keluarga bisa liburan setiap tahun. Namun, kini kamu bisa berlibur dengan lebih mudah dengan memanfaatkan PayLater dari Traveloka, sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk membeli tiket liburan sekarang dan membayarnya kemudian.

Cara pendaftarannya pun sama sekali tidak repot. Hanya dengan menyiapkan KTP dan satu dokumen pendukung, kamu bisa mendapatkan limit hingga Rp10 juta dalam satu jam kerja. Transaksi ini bisa dengan mudah kamu lakukan melalui Aplikasi Traveloka maupun website.

5. Tentukan prioritas saat ini dan masa depan

persiapkan asuransi
Photo Credit: Shutterstock

Sekarang saatnya kamu mengamati pos pengeluaran mana yang menjadi prioritas utama dan harus dibayar dalam waktu dekat. Setiap rumah tangga tentunya memiliki prioritas yang berbeda-beda, jadi sebaiknya rundingkan hal ini dengan pasangan kamu.

Beberapa pengeluaran rumah tangga yang biasanya menjadi prioritas utama adalah biaya makan, transportasi, tagihan listrik, air, dan gas. Bagi yang sudah punya anak, biaya bulanan sekolah pasti akan masuk prioritas utama. Jangan lupa, prioritaskan masa depan kamu dan keluarga dengan membayar cicilan dana pensiun atau mengikuti program asuransi jiwa.

Sebagai opsi lain, kamu dan pasangan juga bisa mempertimbangkan penggunaan asuransi jangka panjang untuk persiapan masa depan. Jadi, kamu bisa mulai melakukan riset untuk mencari instrumen investasi apa yang paling cocok dengan kebutuhan kamu dan keluarga.

***

Kebutuhan rumah tangga memang relatif lebih banyak dibandingkan kamu yang masih melajang. Meski begitu, kamu dan keluarga tetap bisa liburan bersama selama menerapkan cara-cara mengatur keuangan rumah tangga di atas. Nah, semoga tabungan bisa segera terkumpul agar kamu dan keluarga dapat segera liburan bersama ya!

 

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1