0

Traveloka Team

25 Jan 2020 - 2 min read

5 Cara Berhemat Ini Bisa Buat Kamu Rutin Liburan

Tahukah kamu jika banyak riset membuktikan bahwa liburan dapat memberi efek positif terhadap tubuh dan pikiran? Terlebih, jika kamu memiliki aktivitas yang cukup padat setiap harinya. Setidaknya, cobalah untuk liburan rutin dalam setahun sekali untuk membantu kamu menghilangkan penat.

Namun tak jarang beberapa orang kesulitan untuk menyisikan pendapatannya untuk berlibur, mengingat banyaknya kebutuhan lain. Jika kamu salah satunya, Traveloka akan memberikan beberapa cara berhemat agar bisa rutin liburan. Ayo simak penjelasan selengkapnya!

1. Buka tabungan khusus liburan

Agar dapat berhemat untuk bisa liburan setiap tahun, kamu tentu harus mulai menabung. Untuk itu, sebaiknya bukalah tabungan khusus sehingga bujet liburan tidak terpakai untuk keperluan lain. Jika tak ingin terbebani, kamu bisa mengisi tabungan ini saat memiliki sisa uang saja. Dengan begitu, kebutuhan pokok tetap dapat terpenuhi dengan baik.

Meski begitu, akan berbeda jika kamu sudah menetapkan waktu dan tujuan berlibur. Agar terkumpul sesuai rencana, kamu bisa langsung menyisihkan beberapa persen gaji per bulan untuk dimasukkan ke rekening tabungan khusus liburan. Namun, tetap utamakan kebutuhan utama dahulu ya!

2. Tabung sebagian gaji di awal bulan

Meski menjadi kebutuhan wajib, menabung ternyata masih menjadi hal sulit bagi sebagian orang. Niat ingin menyisihkan uang diakhir bulan kerap kali memudar karena tak ada yang tersisa. Untuk mengakalinya, kamu bisa langsung memisahkan 20%–30% di awal gaji ke tabungan khusus liburan. Jadi, tak ada lagi alasan tabungan kamu akan gagal terisi.

Cara ini tentu akan amat bermanfaat bagi kamu yang sulit untuk menabung. Dengan begitu, rencana untuk rutin berlibur bisa tetap berjalan dengan lancar.

3. Kurangi nongkrong dan jajan

Disadari atau tidak, kebiasaanhangoutsetiap minggu sangat memengaruhi ketersedian bujet kamulho! Apalagi jika kamu suka nongkrong di tempat yang cukup mahal, tentu pengeluaran akan lebih sulit dikontrol. Tenang saja, bukan berarti harus menghentikan aktivitas nongkrong dan jalan-jalan, melainkan kamu hanya perlu membatasinya.

Usahakan untuk membatasi acara nongkrong dan jalan-jalan menjadi 1–2 kali saja dalam sebulan. Jika memungkinkan, carilah berbagai promo menarik sepertibuy 1 get 1tiket bioskop atau diskon di kafe-kafe untuk lebih menghemat pengeluaran.

4. Cicil biaya liburan

Tiket pesawatdan penginapan merupakan dua hal paling penting yang harus disiapkan untuk liburan. Apalagi, keduanya biasa memakan bujet yang paling besar. Untuk itu, membelinya jauh-jauh hari bisa menjadi cara tepat untuk mendapat harga yang terjangkau.

Agar perencanaan tabungan tidak berubah, kini kamu bisa membeli dan memesantiket pesawatsecara berangsur. Dengan PayLater dari Traveloka, kamu bisa langsung berlibur dan mencicil biaya kemudian.Pendaftarannya pun bebas repot karena kamu cukup menyediakan KTP dan satu dokumen pendukung. Tertarik untuk mencobanya?

5. Tinggalkan kartu ATM

Jika kamu termasuk orang yang mudah tergoda untuk membeli barang saat jalan-jalan, sebaiknya mulailah tinggalkan kartu ATM di rumah. Pasalnya, ATM akan membuat kamu cenderung impulsif untuk membeli barang yang sebenarnya tidak perlu. Belum lagi jika ada promo menarik, besar kemungkinan kamu akan tergoda untuk belanja padahal tidak ada niat sebelumnya.

Oleh karena itu, sebaiknya tinggalkan ATM di rumah dan bawa uang seperlunya. Agar tetap memiliki pegangan, setidaknya kamu bisa membawa uang tunai seperlunya.

***

Kini, rutin berlibur tentu bisa kamu lakukan jika bisa menerapkan beberapa cara berhemat di atas. Kamu hanya perlu konsisten dan tetap memiliki tujuan yang jelas. Dengan begitu, harapan untuk berlibur pun bisa kamu lakukan dengan nyaman!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan