0

Traveloka Team

08 Jan 2020 - 8 min read

13 Spot Sunrise di Indonesia yang Patut Kamu Abadikan

Bagi penyuka wisata alam, mengejarsunrisedansunsettentu sudah menjadi aktivitas wajib selama berlibur. Bagaimana tidak, pesona matahari terbit dan terbenam memang hanya muncul di waktu-waktu tertentu. Tak hanya itu, pesonasunrisejuga kerap dijadikan objek foto menarik bagi wisatawan maupun fotografer. Kamu perlu mengatur waktu untuk bisa menyaksikan tiap momen tersebut di saat yang tepat.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua lokasi dan dataran tinggi mampu menangkap suasana terbitnya matahari. Untungnya, Indonesia berada di kawasan garis khatulistiwa sehingga ada banyak daerah yang bisa dijadikan tempat melihatsunrise. Penasaran? Yuk, ketahuispot sunrisedi Indonesia yang bisa kamu kunjungi!

Bukit Sikunir, Dieng

(Sumber:@narayana.adventure)

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Dieng, Wonosobo, tepatnya di ketinggian 2.306 mdpl. Dengan lokasi tersebut, tak heran jika kawasan ini dinobatkan sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Meski cukup tinggi, Bukit Sikunir sudah dilengkapi anak tangga untuk memudahkan wisatawan menuju puncak. Dari atas bukit, kamu bisa menikmati indahnyagolden sunrisedengan latar panorama dataran tinggi Dieng.

Jika kamu tertarik untuk melihat pesonasunriseBukit Sikunir, datanglah saat musim kemarau sekitar bulan Juli – Oktober. Dengan begitu, cahaya matahari tidak akan terhalang oleh kabut tebal ataupun mendung. Untuk menikmati pesona alam ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp10.000, berlaku untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi, jangan lupa abadikan setiap momen di sini ya!

Gunung Prau, Dieng

(Sumber:@denakwibowo)

Masih di kawasan Wonosobo, Gunung Prau juga tak boleh kamu lewatkan saat ingin menikmati momensunrise. Berada di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Banjarnegara, Wonosobo, dan Batang Kendal, Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl dengan jalur pendakian yang cukup landai. Karena itu, lokasi ini cocok untuk dikunjungi pendaki pemula.

Sunriseterbaik Gunung Prau bisa kamu saksikan sekitar bulan Desember dan Januari. Pada bulan tersebut, matahari tampak dengan garis tepi yang cukup jelas. Cahaya merah kekuningan berbaur indah dengan biru langit serta pemandangan puncak gunung Jawa lainnya, seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan lainnya. Jika ingin pengalaman berburusunrisesemakin seru, kamu bisa berkemah di sekitar area Gunung Praulho!

Savana Bekol, Situbondo

(Sumber:@momon_tjq)

Sebagai salah satu wisata andalan di Taman Nasional Baluran, Savana Bekol bisa menjadi destinasi tepat untuk menyaksikan matahari terbit. Sepintas, pemandangan alam yang disuguhkan padang rumput di sini mirip dengan pemandangan alam liar di daratan Afrika. Tak hanya itu, jika beruntung kamu bisa bertemu dengan rombongan rusa, ayam hutan, dan beragam binatang liar lainnya.

Pemandangansunrisesendiri bisa kamu nikmati di dua lokasi berbeda. Selain di Savana Bekol, kamu juga bisa menyaksikan matahari terbit di gardu pandang yang disiapkan pengelola. Kamu hanya perlu mengerahkan tenaga lebih untuk menaiki gardu pandang yang cukup tinggi. Nah, bisa kamu bayangkan indahnya cahaya matahari di kawasan padang rumput ini bukan? Datanglah ke Sumberwaru, Situbondo, Banyuwangi untuk menyaksikan seluruh pesonanya!

Candi Borobudur, Magelang

(Sumber: Shutterstock)

Candi Borobudur merupakan kawasan yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kota Magelang, Jawa Tengah. Selain menikmati warisan budaya artefak, kamu juga bisa menyaksikan panoramasunrisedi salah satu situs tujuh keajaiban dunia ini. Agar tidak ketinggalan momen terbitnya matahari, kamu bisa datang pukul 04:30 – 06:00.

Selain waktu berkunjung yang berbeda, kamu juga perlu mengeluarkan biaya lebih sekitar Rp200.000 – Rp350.000. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk, senter kecil, dan makanan ringan setelah turun dari Candi Borobudur. Nah, semakin tertarik untuk menikmati Candi Borobudur dengan cara yang berbeda bukan?

Bukit Puthuk Setumbu, Magelang

(Sumber:@roy.nadap2)

Jika tak ingin mengeluarkan bujet berlebih, Bukit Punthuk Setumbu di kawasan Candi Borobudur bisa menjadi lokasi yang tepat untuk melihat matahari terbit. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian serta keindahan sinar matahari yang muncul di balik Gunung Merapi dan Merbabu. Pesona inilah yang membuat Punthuk Setumbu semakin populer di kalangan wisatawan, termasuk fotografer.

Dari area parkir yang berada di kaki bukit, kamu harus berjalan kaki sekitar 15 menit untuk mencapai puncak dengan jalur anak tangga yang tersedia. Puncak Bukit Punthuk Setumbu sendiri berupa pelataran luas yang dikelilingi pagar pembatas. Ada pula rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang bisa kamu gunakan sembari menantisunrise.Jangan lupa siapkan uang Rp15.000 sebagai tiket masuk, ya!

Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta

(Sumber:@shaelishaa)

Jogja memang tak pernah kehilangan pesonanya, tak terkecuali untuk berburusunrise. Lokasi lain yang bisa kamu kunjungi adalah Kebun Buah Mangunan di Dlingo, Bantul. Kebun buah yang dibangun pada tahun 2003 ini berada di ketinggian sekitar 200 mdpl, lokasi yang tepat untuk melihat pesona matahari terbit. Kamu bisa menuju tempat teratas kebun untuk melihatsunrisedengan latar belakang kebun dan sungai yang berada di atas lahan sekitar 23 hektar ini.

Untuk mencapai Kebun Buah Mangunan, kamu perlu menempuh sekitar 1,5 jam berkendara dari pusat Kota Yogyakarta. Jika ingin melihat pesonasunrise, kamu bisa datang mulai pukul 04:00 agar tidak melewatkan setiap momen keindahanya. Harga tiket pun sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 per orang.

Istana Ratu Boko, Yogyakarta

(Sumber:@adhinagara)

Spot sunriseterbaik lainnya bisa kamu temukan di Istana Ratu Boko. Berada sekitar 3 km dari Candi Perambanan, situs sejarah ini dipenuhi reruntuhan candi di atas sebuah bukit. Di sini kamu bisa menangkap kesan magis dan indah pada setiap bangunan Istana Ratu Boko yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Selain situs sejarah, di Istana Ratu Boko kamu juga bisa mendapatkan pemandangansunrisedansunsetyang amat cantik. Ingin buktikan sendiri? Kamu bisa datang sekitar pukul 04:30 – 05:00 untuk mengabadikan momen matahari terbit. Untuk masuk ke tempat wisata ini, kamu perlu membayar tiket seharga Rp25.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp15.000 untuk pengunjung usia 2 – 12 tahun.

Gunung Kerinci, Jambi

(Sumber: Shutterstock)

Bagi kamu yang suka melakukan pendakian, tak ada salahnya berkunjung ke Gunung Kerinci, Jambi. Dengan ketinggian mencapai 3.805 mdpl, Kerinci menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia. Status tersebut tentu didukung dengan berbagai pesona alam yang ditawarkan Gunung Kerinci, seperti hutan lebat, habitat beragam binatang liar, hingga kawah berwarna biru kehijauan.

Tak hanya itu, gunung tentu bisa menjadi lokasi tepat untuk melihat matahari terbit. Khusus di Gunung Kerinci, kamu perlu menghabiskan waktu kemah semalam agar tidak melewatkan momensunrise. Dengan begitu, kamu bisa menyaksikan pantulan cahaya matahari di balik awan yang menutupi puncak Gunung Kerinci. Jadi, jangan lupa siapkan perlengkapan pendakian dan kondisi fisikmu ya!

Danau Toba, Sumatera Utara

(Sumber: Shutterstock)

Selain menjadi danau terbesar di Asia Tenggara, Danau Toba juga menawarkan ragam pesona yang tak boleh kamu lewatkan. Keindahan alam, kekayaan nilai-nilai sejarah, serta arsitektur menawan di kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak lupa, danau ini juga menjadi salah satuspot sunriseterbaik di Indonesia.

Sebenarnya, hampir seluruh kawasan di Danau Toba bisa dijadikanspotuntuk melihat matahari terbit. Namun, kamu bisa mendapatkan pemandangan terbaik di Menara Tele. Menara ini berada di jalur lereng bukit antara Pangururan menuju Sidikalang. Tiket masuk ke menara ini pun cukup terjangkau, yaitu Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak. Menarik sekali, bukan?

Gunung Rinjani, Lombok

(Sumber:@cahya_rio777)

Beralih ke Indonesia bagian tengah, kamu bisa mengunjungi Gunung Rinjani untuk melihat keindahansunrise.Sebagai gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia, Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.000 mdpl. Kamu tak perlu meragukan pesona yang ditawarkan kawasan ini. Mulai dari sabana, kawah, air terjun, hingga sumber air panas bisa kamu temukan di Gunung Rinjani.

Puas menikmati beragam pesona tersebut, kamu tentu tak boleh melewatkan momensunrisedi puncak Rinjani. Cahaya matahari akan semakin cantik dengan latar Segara Anak dan Gunung Barujari yang bisa kamu lihat dari puncak. Meski begitu, kamu hanya boleh menghabiskan waktu 20 – 40 menit di puncak karena suhu udara yang cukup rendah. Jadi, tetap berhati-hati selama menyaksikansunriseya!

Pantai Sumur Tiga, Aceh

(Sumber:@exploredolan.id)

Aceh memang dikenal memiliki wisata bahari yang amat cantik, begitu pula dengan pesona matahari terbitnya. Salah satunya, kamu bisa mengunjungi Pantai Sumur Tiga di Sabang. Keindahan pantai berpasir putih ini bahkan kerap disandingkan dengan pantai di kawasan Hawaiilho! Posisi pantai yang menghadap ke arah timur ini membuat pengunjung bisa menyaksikan pesonasunrise.

Selepas melihat matahari terbit, kamu bisa melakukan aktivitas menarik lainnya di pantai ini. Mulai dari berselancar,diving, hinggasnorkelingadalah beberapa kegiatan seru yang bisa kamu coba. Agar lebih bermakna, jangan lupa abadikan setiap momen di Pantai Sumur Tiga ya!

Pantai Sanur, Bali

(Sumber:@aaron_sanarsy)

Spot sunrisedi Indonesia lainnya bisa kamu temukan di Pantai Sanur, Bali. Bagi kamu yang baru pertama kali berlibur di Pulau Dewata, Pantai Sanur bisa ditempuh selama 40 menit berkendara dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Lokasi pantai ini masih berada dalam satu kawasan wisata Sanur di Kecamatan Denpasar Selatan.

Untuk menyaksikan matahari terbit, kamu bisa datang pukul 05:00 – 06:00. Pada waktu tersebut, kamu bisa menyaksikan cahaya kekuningan menyinari pasir putih dan batu karang di sekitar pantai. Pesona tersebut pun berhasil menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk terus berkunjung. Ingin menjadi salah satu saksi kecantikansunrisedi Pantai Sanur?

Gunung Bromo, Jawa Timur

(Sumber: Shutterstock)

Satu lagispot sunrisepopuler yang tak boleh kamu lewatkan adalah Gunung Bromo, Jawa Timur. Untuk menuju lokasi, kamu perlu menggunakan kendaraan Jeep ataupun motortrail. Pasalnya, jalur yang akan dilalui berliku dan cukup terjal sehingga membutuhkan kendaraan yang cukup kuat. Supaya tidak ketinggalan momen matahari terbit, kamu bisa memulai pendakian pukul 03:30.

Di ketinggian 2.329 mdpl, kamu bisa menyaksikan matahari terbit di balik kumpulan awan berlatar belakang Gunung Bromo. Agar bisa menyaksikannya dengan nyaman, pastikan untuk memakai jaket tebal, topi, sarung tangan, dan kaus kaki. Selain itu, kamu bisa memakai jasa pemandu untuk menjelajahi kawasan Gunung Bromo.

***

Tunggu apa lagi? Daripada hanya membayangkan keindahan matahari terbit, segera rencanakan perjalanan kamu untuk menyaksikan langsung pesonanya dispot sunrisedi Indonesia tersebut. Namun, ingatlah untuk selalu menjaga kondisi tubuh saat berburu matahari terbit. Satu lagi yang tak boleh kamu lupakan adalah kamera untuk mengabadikan setiap keindahan matahari terbit. Selamat menyaksikan keindahansunriseIndonesia!

Baca juga5 Hal Esensial Ini Wajib Diketahui oleh ‘Business Traveler’
-
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan