Traveling ke Bangkok? Mencicipi 5 Makanan Ini Wajib Hukumnya!

Wisata kuliner adalah agenda wajib saat kamu traveling ke Bangkok, Thailand. Mengapa? Karena masakan Thailand diakui sebagai salah satu yang terlezat di dunia!

Bukan hanya lezat, harga makanan di Bangkok juga sangat terjangkau, bahkan untuk kamu yang traveling dengan bujet terbatas.

Bayangkan, hanya dengan 80 baht atau sekitar Rp30.000 kamu sudah bisa makan kenyang di Bangkok.

Dari sekian banyak kuliner Thailand yang lezat, apa saja yang wajib kamu cicipi dalam waktu traveling yang singkat? Pilih saja sajian berikut karena kelimanya berada di urutan teratas sebagai sajian terlezat sekaligus terpopuler di seantero Thailand:

1. Tom Yam Kung

Tom yam kung - kuliner paling enak di Thailand. Sumber: centerpointsilom.com
Tom yam kung – kuliner paling enak di Thailand. Sumber: centerpointsilom.com

Jangan ngaku sudah traveling ke Thailand kalau belum mencicipi tom yam kung. Sup udang berkuah asam pedas ini berada di urutan nomor satu sebagai makanan paling enak di Thailand.

Bayangkan menyantap semangkuk tom yam kung yang berisi udang gurih dan kuah asam pedas. Harumnya aroma rempah yang menguar dari uap panas kuah tom yam pasti akan membuatmu makin lahap bersantap.

Baca jugaTernyata Bangkok Punya 5 Penginapan Keren yang Selalu Jadi Rebutan Para Backpacker!

Tapi bagaimana kalau kamu alergi udang? Tenang, ada variasi tom yam lainnya yang menggunakan daging ayam dan sayur-sayuran. Tinggal pilih saja mana yang paling cocok dengan seleramu.

Tidak sabar ingin mencicipinya? Mampir saja ke Thanying karena restoran ini punya tom yam kung paling enak se-Bangkok.

Alamat Thanying: Number 10 Thanon Pramuan (off Silom Road), Bangrak, Bangkok.

2. Pad Thai

Pad thai - kwetiau goreng dengan rasa yang unik. Sumber: wishfulchef.com
Pad thai – kwetiau goreng dengan rasa yang unik. Sumber: wishfulchef.com

Meski populer sebagai jajanan kaki lima, pad thai berada di urutan kedua makanan terlezat di Thailand.

Apa itu pad thai? Pad thai adalah sajian bihun goreng yang terkenal di Thailand. Berbeda dengan bihun goreng di Indonesia, pad thai dibumbui dengan asam dan air jeruk nipis.

Sayuran pelengkapnya pun cukup unik, yaitu tauge, daun ketumbar, acar lobak, dan jantung pisang. Selain ayam atau udang, pad thai juga dicampur dengan telur dan tahu, serta ditaburi kacang goreng.

Penasaran ingin mencicipinya? Pastikan kamu mencicipi pad thai di Thip Samai. Kelezatan pad thai di restoran ini begitu legendaris di Bangkok.

Alamat Thip Samai: 313 Mahachai Rd, Samranrat, Phra Nakorn, Bangkok.

3. Mango Sticky Rice

Khao niew mamuang - pencuci mulut paling terkenal di Thailand. Sumber: http://www.indochinavoyages.com
Khao niew mamuang – pencuci mulut paling terkenal di Thailand. Sumber: http://www.indochinavoyages.com

Khao niew mamuang atau ketan bersantan dengan mangga, wajib kamu coba saat traveling ke Thailand. Mangga saja sudah enak, apalagi ditambah dengan ketan yang gurih dan legit.

Bayangkan bagaimana mulutmu akan berpesta pora saat mengunyah sajian ini. Empuknya daging buah mangga yang manis dan juicy, berpadu dengan ketan gurih bersantan. Usai menyantap piring pertama, dijamin kamu langsung meminta piring selanjutnya.

Baca juga5 Destinasi Paling Keren yang Perlu Kamu Kenali Sebelum Traveling ke Thailand untuk Pertama Kali

Hidangan ini cukup mudah ditemukan di pinggir jalan. Kalau berkunjung ke Bangkok, kamu harus cicipi khao niew mamuang di kawasan Sukhumvit Soi 38 Night Food Market. Saking enaknya sajian ini, bukan hanya porsi kedua, mungkin kamu ingin menghabiskan seluruh khao niew mamuang yang dijual di sana!

Alamat: Sukhumvit Soi 38 Night Food Market.

4. Green Curry

Kaeng khiao - meskipun kuahnya encer, kari ini benar-benar nikmat. Sumber: greenpawpawthai.com.au
Kaeng khiao – meskipun kuahnya encer, kari ini benar-benar nikmat. Sumber: greenpawpawthai.com.au

Ya, diberi nama kaeng khiao wan atau green curry karena kari khas Thailand ini memang berwarna hijau. Bagaimana bisa? Warna hijau pada kari ini berasal dari cabai hijau yang merupakan salah satu bumbunya.

Berbeda dengan kari lain yang umumnya kental, green curry agak encer. Banyak yang menyebut rasanya “kurang seperti kari”, tapi hidangan ini benar-benar nikmat.

Green curry tradisional umumnya berisi ikan, daging, atau bakso ikan. Bahan lain yang melengkapinya adalah terung hijau, sayur-sayuran, bahkan buah-buahan.

Penasaran di mana bisa mencicipinya? Mampirlah ke Blue Elephant yang menyediakan green curry spesial dengan ayam hitam yang langka.

Alamat Blue Elephant: 233 South Sathorn Road, Kwaeng Yannawa, Khet Sathorn, Bangkok

5. Som Tam

Som tam - salad pepaya muda yang segar dan lezat. Sumber: rasamalaysia.com
Som tam – salad pepaya muda yang segar dan lezat. Sumber: rasamalaysia.com

Tahukah kamu jika pepaya muda ternyata bisa diolah menjadi salad nan lezat? Jika kamu tidak tahu, tapi penasaran ingin mencoba, maka kamu wajib mencicipi som tam.

Som tam adalah salad pepaya muda yang sangat terkenal di Thailand. Seperti kuliner Thailand lainnya, asam dan pedas menjadi rasa yang dominan. Pepayanya sendiri terasa crunchy saat dikunyah.

Kamu bisa memakan som tam bersama dengan ketan, ayam panggang, atau bihun. Kalau ingin mencicipi rasa aslinya, hidangan ini bisa kamu makan langsung sebagai camilan.

Ingin mencicipi som tam terlezat di Bangkok? Datang saja ke Somtam Nua dan pesan sepiring som tam segar buatan restoran ini.

Alamat Somtam Nua: 394/14 Soi Siam Square, Rama 1 Road, Bangkok.

 

9 Shares
Share9
Pin
Share
Tweet
+1