0

Traveloka Team

16 Jan 2020 - 4 min read

Traveling ke Bangkok? Mencicipi 5 Makanan Ini Wajib Hukumnya!

Wisata kuliner adalah agenda wajib saat kamutravelingke Bangkok, Thailand. Mengapa? Karena masakan Thailand diakui sebagai salah satu yang terlezat di dunia!

Bukan hanya lezat, harga makanan di Bangkok juga sangat terjangkau, bahkan untuk kamu yangtravelingdengan bujet terbatas.

Bayangkan, hanya dengan 80 baht atau sekitar Rp30.000 kamu sudah bisa makan kenyang di Bangkok.

Dari sekian banyak kuliner Thailand yang lezat, apa saja yang wajib kamu cicipi dalam waktutravelingyang singkat? Pilih saja sajian berikut karena kelimanya berada di urutan teratas sebagai sajian terlezat sekaligus terpopuler di seantero Thailand:

1. Tom Yam Kung

Tom yam kung – kuliner paling enak di Thailand. Sumber: centerpointsilom.com

Janganngakusudahtravelingke Thailand kalau belum mencicipitom yam kung. Sup udang berkuah asam pedas ini berada di urutan nomor satu sebagai makanan paling enak di Thailand.

Bayangkan menyantap semangkuktom yam kungyang berisi udang gurih dan kuah asam pedas. Harumnya aroma rempah yang menguar dari uap panas kuahtom yampasti akan membuatmu makin lahap bersantap.

Baca juga:Ternyata Bangkok Punya 5 Penginapan Keren yang Selalu Jadi Rebutan Para Backpacker!
-

Tapi bagaimana kalau kamu alergi udang? Tenang, ada variasitom yamlainnya yang menggunakan daging ayam dan sayur-sayuran. Tinggal pilih saja mana yang paling cocok dengan seleramu.

Tidak sabar ingin mencicipinya? Mampir saja ke Thanying karena restoran ini punyatom yam kungpaling enak se-Bangkok.

Alamat Thanying:Number 10 Thanon Pramuan (off Silom Road), Bangrak, Bangkok.

2. Pad Thai

Pad thai – kwetiau goreng dengan rasa yang unik. Sumber: wishfulchef.com

Meski populer sebagai jajanan kaki lima,pad thaiberada di urutan kedua makanan terlezat di Thailand.

Apa itupad thai?Pad thaiadalah sajian bihun goreng yang terkenal di Thailand. Berbeda dengan bihun goreng di Indonesia,pad thaidibumbui dengan asam dan air jeruk nipis.

Sayuran pelengkapnya pun cukup unik, yaitu tauge, daun ketumbar, acar lobak, dan jantung pisang. Selain ayam atau udang,pad thaijuga dicampur dengan telur dan tahu, serta ditaburi kacang goreng.

Penasaran ingin mencicipinya? Pastikan kamu mencicipipad thaidi Thip Samai. Kelezatanpad thaidi restoran ini begitu legendaris di Bangkok.

Alamat Thip Samai:313 Mahachai Rd, Samranrat, Phra Nakorn, Bangkok.

3. Mango Sticky Rice

Khao niew mamuang – pencuci mulut paling terkenal di Thailand. Sumber: http://www.indochinavoyages.com

Khao niew mamuangatau ketan bersantan dengan mangga, wajib kamu coba saattravelingke Thailand. Mangga saja sudah enak, apalagi ditambah dengan ketan yang gurih dan legit.

Baca juga13 Oleh-oleh Khas Thailand Untuk Kenang-kenangan Menarik
-

Bayangkan bagaimana mulutmu akan berpesta pora saat mengunyah sajian ini. Empuknya daging buah mangga yang manis danjuicy, berpadu dengan ketan gurih bersantan. Usai menyantap piring pertama, dijamin kamu langsung meminta piring selanjutnya.

Baca juga:5 Destinasi Paling Keren yang Perlu Kamu Kenali Sebelum Traveling ke Thailand untuk Pertama Kali
-

Hidangan ini cukup mudah ditemukan di pinggir jalan. Kalau berkunjung ke Bangkok, kamu harus cicipikhao niew mamuangdi kawasan Sukhumvit Soi 38 Night Food Market. Saking enaknya sajian ini, bukan hanya porsi kedua, mungkin kamu ingin menghabiskan seluruhkhao niew mamuangyang dijual di sana!

Alamat:Sukhumvit Soi 38 Night Food Market.

4. Green Curry

Kaeng khiao – meskipun kuahnya encer, kari ini benar-benar nikmat. Sumber: greenpawpawthai.com.au

Ya, diberi namakaeng khiao wanataugreen currykarena kari khas Thailand ini memang berwarna hijau. Bagaimana bisa? Warna hijau pada kari ini berasal dari cabai hijau yang merupakan salah satu bumbunya.

Berbeda dengan kari lain yang umumnya kental,green curryagak encer. Banyak yang menyebut rasanya “kurang seperti kari”, tapi hidangan ini benar-benar nikmat.

Green currytradisional umumnya berisi ikan, daging, atau bakso ikan. Bahan lain yang melengkapinya adalah terung hijau, sayur-sayuran, bahkan buah-buahan.

Penasaran di mana bisa mencicipinya? Mampirlah ke Blue Elephant yang menyediakangreen curryspesial dengan ayam hitam yang langka.

Alamat Blue Elephant:233 South Sathorn Road, Kwaeng Yannawa, Khet Sathorn, Bangkok

5. Som Tam

Tahukah kamu jika pepaya muda ternyata bisa diolah menjadi salad nan lezat? Jika kamu tidak tahu, tapi penasaran ingin mencoba, maka kamu wajib mencicipisom tam.

Som tamadalah salad pepaya muda yang sangat terkenal di Thailand. Seperti kuliner Thailand lainnya, asam dan pedas menjadi rasa yang dominan. Pepayanya sendiri terasacrunchysaat dikunyah.

Kamu bisa memakansom tambersama dengan ketan, ayam panggang, atau bihun. Kalau ingin mencicipi rasa aslinya, hidangan ini bisa kamu makan langsung sebagai camilan.

Ingin mencicipisom tamterlezat di Bangkok? Datang saja ke Somtam Nua dan pesan sepiringsom tamsegar buatan restoran ini.

Alamat Somtam Nua:394/14 Soi Siam Square, Rama 1 Road, Bangkok.

Jangan lupa ya, kalau kalian mau kulineran keliling Bangkok, selain naik transportasi umumnya, kalian juga bisa rental mobil di Bangkok supaya wisata kuliner kamu semakin nyaman!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan