18 Tempat Wisata di Bangkok yang Jadi Tujuan Wajib Wisatawan

Tahukah kamu bahwa Thailand menjadi tujuan wisata paling populer di sepanjang tahun 2016? Hal ini terungkap dari Otoritas Pariwisata Thailand yang menyatakan bahwa Negeri Gajah Putih ini menerima lebih dari 32,5 juta wisatawan pada tahun lalu. Tak hanya itu, MasterCard Seventh Annual Global Destination juga menempatkan Bangkok sebagai kota yang banyak dikunjungi wisatawan di dunia.

Banyaknya objek wisata menjadikan ibu kota dari Thailand ini mampu menarik banyak wisatawan Asia maupun mancanegara. Mulai dari wisata budaya, destinasi berbelanja, hingga street food yang unik akan mudah kamu temui. Lantas, apa saja tempat wisata di Bangkok yang menjadi daya tarik wisatawan? Berikut ini adalah 18 rekomendasi tempat wisata yang menjadi tujuan wajib para wisatawan:

Royal Grand Palace

Royal Grand Palace (Sumber: Shutterstock)

Grand Palace merupakan kompleks bangunan bersejarah yang menjadi objek wisata utama di Bangkok. Di dalamnya, terdapat Royal Grand Palace yang merupakan kediaman raja-raja Thailand. Meskipun tertutup untuk umum, istana ini tetap menjadi spot yang wajib dikunjungi wisatawan untuk sekadar berfoto di depan halamannya.

Kompleks Grand Palace dibuka setiap hari, pukul 08:30 – 16:00. Jika ingin masuk ke kompleks istana, kamu harus bayar tiket masuk sebesar 500 THB. Pagi hari adalah waktu terbaik mengunjungi Grand Palace karena kamu tak akan berdesak-desakan dengan wisatawan lain. Saat berkunjung, pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan.

Wat Phra Kaew

Wat Phra Kaew (Sumber: Shutterstock)

Setelah puas berfoto di depan Royal Grand Palace, kamu bisa mengunjungi Wat Phra Kaew yang masih berada di dalam kompleks Grand Palace. Kuil paling suci di Thailand ini tampil megah dan mewah karena bangunannya dilapisi warna emas. Di kuil ini, kamu juga bisa melihat patung Buddha paling suci di Thailand, yaitu Emerald Buddha.

Kuil yang terbuka untuk umum ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik yang ingin beribadah, maupun hanya sekadar berfoto ataupun ingin mengetahui sejarahnya.

Wat Arun

Wat Arun (Sumber: Shutterstock)

Wat Arun adalah kuil Buddha tertua yang terletak di Distrik Bangkok Ya. Tak seperti kebanyakan kuil di Bangkok, Wat Arun memiliki gaya arsitektur yang unik. Kamu tak akan menemukan dinding emas di sini, karena hampir semua dinding dan menara kuil Wat Arun diselimuti porselen dan keramik yang berwarna-warni dari Tiongkok.

Untuk dapat masuk ke dalam kompleks Wat Arun, kamu perlu membayar tiket seharga 50 THB. Menariknya, di sini tersedia banyak kios penjual suvenir yang menawarkan dagangannya dengan bahasa Indonesia dan menerima pembayaran dengan Rupiah. Jadi, jangan lewatkan pengalaman unik ini saat mengunjungi Wat Arun, ya!

Wat Pho

Wat Pho (Sumber: Dok. Pribadi)

Tak jauh dari Wat Arun, kamu bisa menemui sebuah kuil Buddha terbesar di Bangkok bernama Wat Pho. Daya tarik utama kuil ini adalah patung Buddha tidur atau Reclining Buddha yang berukuran tinggi 15 meter dan panjang 46 meter. Patung Buddha terpanjang di Thailand ini juga dilapisi emas, sehingga membuatnya tampak megah.

Dengan membayar 100 THB, kamu sudah bisa berkeliling Wat Pho dan mendapatkan air mineral gratis. Semua pengunjung boleh masuk ke kuil dan berfoto dengan latar patung Buddha, namun kamu wajib berpakaian sopan dan melepas alas kaki.

Wat Hua Krabeu

Bangkok penuh dengan kejutan yang tidak biasa. Salah satunya adalah Wat Hua Krabeu yang terletak di sisi barat Sungai Chao Phraya, tepatnya di Ban Khun Tien. Dikenal dengan nama Buffalo Head Temple, kuil ini menawarkan pemandangan ribuan tengkorak kepala kerbau yang tersusun rapi menghiasi halaman kuil.

Kumpulan tengkorak kepala kerbau menjadi pengingat bahwa populasi kerbau di Thailand pernah mengalami penurunan drastis pada 1987. Diperkirakan, ada 400.000 ekor kerbau dijagal tiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging bagi warga. Jika penasaran dengan tumpukan tengkorak tersebut, kunjungan ke Wat Hua Krabeu tentu tak boleh dilewatkan. Tempat ini terbuka untuk umum dan gratis.

Sungai Chao Phraya

Sungai Chao Phraya (Sumber: Dok. Pribadi)

Di Thailand, ada sebuah sungai utama dan terkenal bernama Sungai Chao Phraya. Sungai yang membelah Bangkok ini menjadi salah satu sarana transportasi vital untuk mendukung aktivitas warga. Makanya, menyusuri Sungai Chao Phraya harus menjadi salah satu agenda utama yang saat berlibur ke kota ini.

Sungai Chao Phraya memiliki air berwarna kecokelatan yang bersih. Di sepanjang sungai ini, kamu akan menjumpai berbagai kios penjual suvenir dan jajanan khas Thailand, gedung-gedung pencakar langit, hingga kapal-kapal yang hilir mudik membawa penumpang dan barang. Bila ingin melintasi di Sungai Chao Phraya, kamu bisa menaiki tourist boat saat hendak mengunjungi Wat Arun.

Chocolate Ville

#chocolatevillebangkok

A post shared by Lily Tiong (@lily_tiong) on

Lelah mengunjungi berbagai tempat wisata di Bangkok, saatnya kamu beristirahat sambil menikmati makanan enak di Chocolate Ville yang terletak di area Kaset Navamin. Chocolate Ville merupakan tempat wisata yang menawarkan pengalaman wisata kuliner yang berbeda dari kebanyakan tempat. Ketika masuk ke sini, kamu akan merasakan suasana layaknya di pedesaan kecil Eropa.

Soal harga, makanan di Chocolate Ville masih tergolong terjangkau. Menu yang ditawarkan pun bervariasi dan lezat. Kalaupun kamu tidak mau makan, ada banyak sekali spot cantik yang bisa menambah koleksi fotomu. Kamu pun tak akan merasa rugi berkunjung ke sini karena tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Vimanmek Teak Mansion

Vimanmek Teak Mansion merupakan sebuah istana yang kini beralih fungsi menjadi museum penghormatan bagi mendiang para raja Rama V. Di sini, kamu bisa melihat mebel antik, barang pecah belah, porselen, hingga foto-foto lama yang dikumpulkan sang raja (1868 – 1910).

Berlokasi di Ratchawithi Road, Vimanmek Teak Mansion memiliki gaya arsitektur neo klasik Eropa yang seluruh bangunannya dibuat menggunakan kayu jati emas. Selain bisa menikmati sejarah dan keindahan bangunannya, kamu pun bisa menyaksikan suguhan atraksi tarian tradisional di area paviliun. Untuk bisa melihat atraksi tersebut, kamu harus datang pukul 10:30 dan 14:00 dengan membayar tiket masuk sebesar 100 THB.

Bangkok Art & Culture Center

Always part of our trip ♡

A post shared by Ann Calatcat (@anncalatcat) on

Bagi pencinta seni kontemporer, cobalah mampir ke Bangkok Art & Culture Center. Galeri seni yang dibuka untuk umum ini menyimpan sejumlah koleksi dari seniman Thailand dan internasional. Selain seni, tempat wisata ini juga memamerkan berbagai koleksi desain, patung, musik, teater, dan film yang bisa dinikmati secara gratis.

Bangkok Art & Culture Center sangat layak dikunjungi karena memiliki arsitektur dan interior modern yang futuristik. Di bagian luar gedung, ada nyak karya seni instalasi yang menarik untuk dijadikan objek foto. Bangkok Art & Culture Center sendiri buka setiap hari kecuali Senin, pukul 10:00 – 21:00.

Museum of Counterfeit Goods


Museum of Counterfeit Goods (Sumber: Youtube-Bangkok Nightlife)
Museum selalu identik dengan barang-barang bersejarah, namun berbeda dengan Museum of Counterfeit Goods. Di sini, kamu justru akan menemukan ribuan barang bermerek tiruan alias palsu! Meski begitu, seluruh koleksi museum unik ini didapatkan dari barang bukti sitaan sejumlah perusahaan yang melanggar hak cipta dan merek dagang.

Ada 20 kategori barang yang dipamerkan di museum, mulai dari pakaian, sepatu, jam, alas kaki, parfum, kosmetik, obat-obatan, rokok, hingga barang elektronik. Menariknya, beberapa barang palsu tersebut diletakkan di samping yang barang asli, sehingga memberikan pengetahuan agar warga maupun pengunjung bisa membedakan barang asli dan palsu. Untuk mengunjungi tempat ini, kamu tak akan dikenakan biaya.

SEA LIFE Bangkok Ocean World

Hey shark!

A post shared by A I K (@i.aik) on

SEA LIFE Bangkok Ocean World berada di bagian bawah mal paling populer di Bangkok, yaitu Siam Paragon. Salah satu akuarium terbesar di Asia Tenggara ini memiliki koleksi binatang laut dan air tawar yang cukup lengkap, sehingga cocok menjadi destinasi wisata edukasi keluarga. Untuk dapat menikmatinya, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar 990 THB dan 790 THB untuk anak-anak di atas 3 tahun.

Bagi yang ingin mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan, SEA LIFE Bangkok Ocean World menawarkan berbagai atraksi dan aktivitas. Salah satunya, menyelam bersama hiu, menikmati dunia bawah laut dengan ocean walker, menonton 4D cinema, hingga melihat para staf memberikan makan ikan-ikan. Bila tertarik, setiap aktivitas akan dikenakan biaya tambahan yang berbeda-beda.

Dinosaurus Planet

Dinosaurus Planet lebih dari sekadar pilihan destinasi wisata. Theme park ini juga menjadi pusat edukasi yang lengkap di kawasan Asia Tenggara. Terletak di Sukhumvit Road, Phrom Phong, tiket masuk Dinosaurus Planet adalah 600 THB untuk orang dewasa.

Dinosaurus Planet terbagi menjadi tujuh area. Kamu bisa belajar tentang dinosaurus melalui teknologi multimedia di Dinosaurus District, menonton telur menetas di Lab Dino, hingga melihat kerangka Brachiosaurus, Triceratops, dan Stegosaurus di Big Bone Gallery. Tak hanya itu, kamu juga dapat menikmati pertunjukan dinosaurus dalam The Great Volcano & The Extinction Show.

Pasar Chatuchak

Pasar Chatuchak (Sumber: Shutterstock)

Mengunjungi Bangkok rasanya kurang lengkap tanpa berbelanja di Chatuchak Weekend Market. Pasar yang hanya buka di akhir pekan ini menjadi tujuan wajib belanja para wisatawan asing maupun lokal. Ada berbagai jenis barang yang bisa kamu dapatkan di sini, mulai dari makanan, minuman, pakaian dan aksesori, kerajinan tangan, dekorasi rumah, hingga binatang peliharaan.

Seperti pasar pada umumnya, kamu juga bisa melakukan tawar-menawar dengan para penjual di Chatuchak. Jika ingin berbelanja, datanglah di pagi hari karena cuaca belum terlalu panas dan pengunjung belum terlalu ramai. Selama di sini, kamu harus tetap waspada dengan semua barang bawaan, ya!

Asiatique

Asiatique (Sumber: pixabay.com)

Bangkok adalah salah satu surga belanja di Asia Tenggara. Bagi yang tak ingin berdesak-desakan belanja di pasar, kamu bisa mengunjungi Asiatique The Riverfront di tepi Sungai Chao Phraya. Tempat ini memiliki ratusan gerai yang menjual segala kebutuhan kaum urban dengan harga yang terjangkau.

Setelah lelah berbelanja, kamu bisa bersantai dan menikmati aneka menu lezat  yang disempurnakan dengan pemandangan Sungai Chao Phraya yang indah. Tak hanya itu, Asiatique The Riverfront juga memiliki tempat hiburan yang menarik, seperti bianglala Bangkok Eyes, Juliet Love Garden, hingga pertunjukan Calypso Ladyboy Cabare.

Pickadaily English Town

#ไปยังๆ #รีบไปเอารูปมาเลยน่ะ #Pickadaily Bangkok คอมมูนิตี้มอลล์ สไตล์อังกฤษ ชวนกันไปเดินชิลล์ถ่ายรูปเล่นอวดเพื่อนได้อีกด้วยในบรรยากาศสบายๆ กลิ่นอาย English Old Town ที่ พิคคาเดลลี่ แบงค์ค็อก (Pickadaily Bangkok) คอมมูนิตี้มอลล์สไตล์อังกฤษ บนถนนสุขุมวิท 77 เป็นหมู่ตึกเฮอริเทจมีเอกลักษณ์แห่งเมือง Chester และหอนาฬิกาโบราณที่ดูมีเอกลักษณ์ที่โดดเด่นสะดุดตา และที่สำคัญมีร้านค้ารวมถึงร้านอาหารมากกว่า 50 ร้านด้วยกันค่ะ รับรองว่าเป็นแหล่งช้อป-กินเที่ยวของคนเมืองกรุงที่จะได้อินไปกับบรรยากาศราวกับกำลังเดินชิลล์อยู่ในอังกฤษเลยทีเดียวค่ะ. #ใครมีที่ๆไหนสวยเเนะนำแอดด้วย

A post shared by เพจ เที่ยวมั้ย (@tieowmai) on

Pickadaily English Town adalah desa wisata bergaya Inggris kuno. Mal yang berada di daerah Sukhumvit 77 ini menawarkan pengalaman berbelanja menarik dan berbeda dibandingkan mal lainnya. Kamu akan disambut dengan bangunan-bangunan bergaya klasik yang cocok untuk menjadi latar berfoto. Setelah puas berbelanja dan berfoto, kamu bisa nongkrong di puluhan kafe yang unik atau bersantai di taman bergaya Eropa.

Jalan Khao San

好多回憶的考山路😌🇹🇭💙 #khaosanroad#Thailand#Bangkok#travel#trip#holiday#instatravel#instamood

A post shared by 書那娜 Joan Loluo (@joanloluo) on

Jika ingin merasakan nightlife di Bangkok, datanglah ke Khao San Road. Khao San Road merupakan nama jalan yang terletak di Phra Nakhon. Lokasi ini dikenal sebagai “surga” bagi para budget traveler. Pasalnya, di sepanjang jalan ini tersedia banyak penginapan, kelab malam, tempat makan, tempat pijat, serta toko oleh-oleh murah.

Daya tarik lain dari Jalan Khao San terletak pada lokasinya. Jalan ini berada di posisi strategis yang tidak jauh dari beberapa objek wisata populer di Bangkok, seperti Grand Palace, Wat Phra Kaew, Wat Pho, dan Monumen Demokrasi.

Bang Krachao

👨‍🌾👩‍🌾

A post shared by ☔ (@rainie_wahoo) on

Bang Krachao adalah paru-paru hijaunya Thailand. Pulau buatan yang terletak di tepi Sungai Chao Phraya merupakan kawasan lindung yang terdiri dari hutan, lahan perkebunan, kuil Buddha, dan rumah-rumah penduduk. Kendaraan bermotor dilarang masuk, sehingga tempat ini dapat memanjakan mata dan menawarkan udara segar di tengah kota.

Di sini, kamu bisa bersepeda menyusuri jalan-jalan kecil yang sejuk dengan adanya pepohonan rindang. Bang Krachao memang menjadi tempat yang cocok untuk para pesepeda Bangkok dan tentunya menjadi lokasi menarik dan damai bagi wisatawan.

Taman Lumpini

Taman Lumpini (Sumber: pixabay.com)

Ingin bersantai di taman yang asri di antara kota modern Bangkok? Cobalah datang ke Taman Lumpini. Salah satu taman terbesar yang terletak di pusat kota ini menjadi “oase” di tengah perkotaan. Pepohonan rindang dan sebuah danau yang indah cocok sekali untuk dijadikan tempat beraktivitas santai dan menikmati suasana alam di tengah hiruk pikuk kota.  

Datanglah ke sini karena Taman Lumpini dapat dinikmati secara gratis. Di taman ini, tersedia fasilitas yang lengkap, seperti jalur sepeda dan jogging, area bermain anak, hingga kelas aerobik gratis di sore hari.

Nah, sudahkah kamu menentukan destinasi saat berkunjung ke Bangkok nanti? Ayo, segera cek aplikasi Traveloka untuk temukan tiket dan hotel termurah di Bangkok! Pastikan juga kamu mengajak keluarga, teman-teman, atau pasangan untuk menikmati kunjungan ke segala tempat wisata, ya.

39 Shares
Share39
Pin
Share
Tweet
+1