Tak Perlu Jauh ke Eropa, Singapura Punya Segudang Tempat Wisata Asyik Buat Keluarga

Ayu
By Ayu 26 January 2017

Apa saja yang kamu pertimbangkan saat memilih destinasi liburan ke luar negeri bersama keluarga? Pastinya, negara yang kamu tuju haruslah ramah anak dan memiliki beragam pilihan tempat wisata yang tak hanya menghibur, tapi juga mendidik. Banyak orang beranggapan, tempat wisata semacam itu lebih banyak ditemui di Eropa.

Padahal, sebenarnya kamu tak harus jauh-jauh ke Eropa. Singapura yang dekat dengan Indonesia juga punya banyak atraksi menarik untuk anak-anak. Berkunjung ke Negeri Singa ini pun tak bikin repot, karena tak perlu urus visa dan tiket pesawatnya tak bikin kantong jebol.

Masih belum yakin Singapura adalah destinasi yang tepat untuk liburan keluarga? Tenang, Traveloka telah merangkum tempat wisata anak yang menjadi unggulan di Singapura sekaligus rekomendasi hotel terbaiknya buat kamu.

1. Singapore Zoo

liburan keluarga singapura

(Sumber: Shutterstock)

Memberi makan jerapah hingga singa, menunggang gajah, atau ikut memerah susu kambing akan jadi kegiatan menyenangkan bagi si kecil. Di sini, ia bebas berinteraksi dengan banyak binatang yang selama ini biasanya hanya bisa dilihat dari layar tablet atau televisi.

Menariknya, ada kegiatan perkemahan di kebun binatang yang bisa ia ikuti bersama anak-anak lainnya. Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini, mulai dari menjadi ranger atau penjaga hutan hingga mengelilingi api unggun di malam hari sambil menyaksikan pertunjukan tertentu. Klik di sini untuk informasi lebih jelas tentang aktivitas perkemahan di Singapore Zoo.

2. Singapore Botanical Gardens

liburan keluarga singapura

(Sumber: Shutterstock)

Setelah mengenal binatang di Singapore Zoo, kini saatnya mengajaknya mengenal tumbuh-tumbuhan di Singapore Botanical Gardens. Taman ini terbagi menjadi sejumlah area dengan koleksi khusus seperti anggrek dan tanaman obat.

Bagian paling menarik bagi anak adalah Jacob Ballas Children’s Garden. Kawasan seluas 2 hektar ini dilengkapi berbagai wahana permainan yang mendidik. Beberapa wahana yang bisa dicoba si kecil antara lain seluncur rumah pohon, menyeberang jembatan gantung, juga mengenal beragam tanaman secara langsung dengan cara menyentuh dan mencium aromanya. Sayangnya, Jacob Ballas Children’s Garden saat ini sedang dalam masa renovasi, namun diperkirakan akan kembali dibuka tahun 2018.

3. Sentosa Island

liburan keluarga singapura

(Sumber: Shutterstock)

Sentosa Island bisa memenuhi segala kebutuhan liburan bareng keluarga. Kamu pasti sudah sering mendengar nama tempat wisata unggulan seperti Universal Studio Singapore, Kidzania Singapore, SEA Aquarium, juga Trick Eye Museum. Nah, semua tempat asyik buat si kecil itu adanya di kawasan Sentosa Island!

Jangan lupa berkunjung ke Sentosa 4D Adventureland yang menawarkan beragam wahana permainan unik karena mengandalkan teknologi 4D. Salah satu yang menjadi favorit adalah atraksi Extreme Log Ride. Bersama si kecil, di sini kamu akan ‘mengendarai’ semacam kereta luncur dan dibekali dengan kacamata 4D. Selama 10 menit, kamu akan menjalani sebuah ‘petualangan ekstrem’ yang didukung fasilitas audio canggih.

4. Little India

liburan keluarga singapura

(Sumber: Shutterstock)

Pelajaran budaya tak hanya diajarkan di kelas saat sekolah. Kamu bisa mengenalkan budaya dengan cara menyenangkan, misalnya dengan mengajaknya ke kawasan Little India di Singapura. Kuil Sri Veeramakaliamman bisa jadi tempat yang cocok untuk mengawali pelajaran bagi si kecil. Karena kuil ini dipenuhi banyak patung dewa beragam warna, kenapa tidak memberinya sedikit pengetahuan tentang dewa-dewa umat Hindu?

Kuliner juga bisa membuat pelajaran budayanya makin menyenangkan. Sambil menikmati roti canai saat makan siang, kamu bisa memberikan informasi mengenai makanan pokok suku India misalnya. Tak hanya itu, jika kamu mengajaknya ke Expat Kitchen di Norris Road, ia juga berkesempatan mengikuti kelas memasak yang menyenangkan. Bukan cuma kuliner khas India, tapi juga beragam kuliner lain mulai dari Melayu sampai Barat.

5. National Museum of Singapore

liburan keluarga singapura

(Sumber: Shutterstock)

Setelah belajar budaya di Little India, ajak anak untuk belajar lebih banyak lagi di National Museum of Singapore. Tak perlu khawatir jika ia akan kesulitan belajar sejarah di sini, karena National Museum of Singapore menyediakan area khusus anak dengan nama PLAY @ National Museum of Singapore.

Seluruh area anak ini didesain dengan warna cerah yang pasti menarik perhatiannya. Di dalamnya, terdapat banyak alat peraga untuk memancing kreativitas anak. Sedikitnya ada empat arena yang bisa dieksplor si kecil yaitu Explore, Garden, Create, dan Perform. Explore adalah salah satu arena favorit. Di sini, ada miniatur rumah penduduk asli Singapura lengkap dengan kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kebun. Anak-anak akan belajar cara penduduk asli Singapura menjalani kehidupan sehari-hari.

6. Gardens by the Bay

liburan keluarga singapura

(Sumber: Shutterstock)

Anak-anak pasti akan sangat menyukai Gardens by the Bay. Berbeda dengan arena PLAY @ National Museum of Singapore yang berada di dalam ruangan, Gardens by the Bay punya arena outdoor seru buat anak-anak dengan nama Children’s Garden. Di sini, anak-anak akan dipuaskan dengan banyaknya atraksi yang tak hanya melatih kreativitas, tapi juga otot mereka.

Children’s Garden memiliki permainan khas outbound untuk anak seperti panjat tebing, menyeberangi jembatan tali, monkey bar alias tiang untuk anak bergelantungan, papan seluncur, juga papan jungkat-jungkit. Selain itu, ada juga wahana permainan air yang tak kalah seru dengan air mancur. Biasanya, anak-anak akan berlarian menghindari cipratan air yang muncul secara tiba-tiba.

7. Jurong Bird Park Singapore

liburan keluarga singapura

(Sumber: Shutterstock)

Taman seluas 20 hektar ini memiliki sekitar 5.000 koleksi unggas dari 400 spesies yang berbeda. Terdapat banyak kegiatan yang memungkinkan anak-anak berinteraksi dengan burung-burung, misalnya saja memberi makan burung di area Lory Loft. Satu lagi yang akan sangat berkesan bagi si kecil adalah Penguin Coast, kolam buatan yang menjadi habitat penguin asli.

Meskipun namanya Jurong Bird Park, tapi yang bisa dinikmati di sini bukan hanya mengamati beragam jenis burung. Birdz of Play bisa menjadi salah satu tempat yang diminati anak-anak. Ini merupakan sebuah taman bermain air dengan beragam wahana permainan yang disesuaikan dengan usia anak, mulai dari balita sampai usia 12 tahun.

8. East Coast Park

liburan keluarga singapura

(Sumber: East Coast Park/National Park)

East Coast Park memiliki segudang wahana permainan anak yang tak habis dinikmati dalam satu hari. Di sini, anak-anak akan menemukan banyak kegiatan seru dalam satu tempat. Beberapa kegiatan yang bisa dicoba antara lain membangun istana pasir, memanjat jaring laba-laba, bermain seluncur, memanjat tebing, dan bermain golf.

Ada satu wahana yang wajib dikunjungi si kecil, yaitu The Road Safety Community Park. Tempat ini didesain menyerupai jalan raya sesungguhnya, lengkap dengan lampu merah dan beragam rambu lalu lintas. Mereka akan diajari cara membaca rambu, juga cara melengkapi diri dengan pengaman saat berkendara seperti helm dan sabuk pengaman.

9. Snow City

Snow City Singapore

(Sumber: Snow City)

Bisa bermain salju barangkali selalu menjadi impian si kecil. Menariknya, kamu tak perlu jauh-jauh ke Eropa atau negara empat musim lainnya untuk bisa mewujudkan keinginan mereka. Snow City yang merupakan sebuah taman bermain indoor ini menyediakan hamparan salju buatan yang luas.

Di sini, anak-anak bebas bermain dan berkreasi. Kegiatan bisa dimulai dengan membuat snowman atau manusia salju, ice skating, lalu dilanjutkan dengan bermain di dalam igloo atau rumah khas suku Eskimo  yang terbuat dari potongan balok es. Jika sudah merasa cukup dingin, beralihlah ke area bermain anak yang menyediakan papan seluncur dan beragam permainan lainnya.

10. Bounce Singapore

Bounce Singapore

(Sumber: Bounce Singapore)

Jika anak-anak suka berloncatan di dalam rumah dan di mana pun, Bounce Singapore adalah tempat yang cocok buat mereka. Di sini, mereka bebas meloncat dan dijamin aman. Arena bermain yang hampir seluruh bagiannya tertutup trampolin ini terbagi menjadi banyak zona, di antaranya adalah Big Bag, Slam Dunk, dan Dodgeball Courts.

Yang menarik adalah tersedianya arena khusus untuk anak-anak usia 3 – 5 tahun.  Di sini, si kecil akan diajari teknik melompat yang benar agar tidak mengalami cedera. Mereka juga akan diajak melakukan pemanasan bersama untuk menghindari kram dan hal tak diinginkan lainnya. Tak hanya seru dan informatif, kegiatan ini tentunya menenangkan kamu sebagai orang tua, bukan?

11. Mint Museum of Toys

Mint Museum of Toys

(Sumber: Shutterstock)

Anak mana yang tak bahagia diajak berkunjung ke museum mainan? Bahagiakan si kecil dengan membawanya ke Mint Museum of Toys. Museum ini memiliki banyak koleksi mainan dari berbagai belahan dunia dan era. Mereka akan senang berkeliling melihat-lihat mulai dari koleksi mobil-mobilan, boneka, hingga action figure idola.

Tak hanya si kecil, dapat dipastikan kamu pun akan senang menghabiskan waktu berlama-lama di sini. Ibarat masuk ke dalam mesin waktu dan kembali ke masa lalu, di sini terdapat banyak mainan yang mungkin akrab denganmu di masa kecil, sehingga kamu dapat sekaligus bernostalgia dan berbagi cerita dengan si kecil.

12. Singapore Flyer

Singapore Flyer

(Sumber: Shutterstock)

Ajak si kecil naik bianglala raksasa alias Singapore Flyer untuk menyaksikan keindahan Singapura dari atas ketinggian. Dari atas bianglala terbesar di kawasan Asia ini, kamu dan keluarga bisa melihat patung ikonis Merlion, Singapore River, dan Marina Bay dari sudut yang berbeda.

Jika si kecil bertanya berapa ketinggian puncak bianglala raksasa ini, jawab saja tingginya sama dengan 31 ekor jerapah dewasa yang disusun dalam posisi berdiri. Menarik, bukan? Waktu terbaik untuk naik Singapore Flyer adalah saat malam hari. Kamu bisa menunjukkan gemerlapnya kerlip lampu Singapura padanya.

13. Hello Kitty Orchid Garden

Hello Kitty Orchid Garden

(Sumber: Hello Kitty Orchid Garden)

Karakter Hello Kitty sudah akrab dengan anak-anak. Jika selama ini si kecil hanya bisa menyimpan keinginannya untuk berada di ‘istana’ Hello Kitty, Singapura punya tempat menarik yang akan mewujudkan keinginan mereka. Bawa mereka ke Hello Kitty Orchid Garden, sebuah kafe yang berada di kawasan Changi Airport.

Kafe ini menerapkan konsep Hello Kitty di semua bagian ruangan. Ornamen dan dekorasi bertema karakter dari Sanrio ini bisa memanjakan mata yang melihat, mulai dari bangku, meja, hingga sekat ruangan. Tak berhenti di situ, menu makanan yang ditawarkan juga bertema Hello Kitty. Kamu bisa memesan nasi goreng, waffle, dan aneka kuliner lain yang disajikan dalam bentuk menyerupai Hello Kitty.

14. Alive Museum Singapore

Alive Museum Singapore

(Sumber: Alive Museum Singapore)

Alih-alih memamerkan benda koleksinya di etalase, Alive Museum Singapore adalah museum yang mampu melakukan trik penglihatan. Di sini, kamu tidak akan menemukan koleksi benda purbakala dan semacamnya, melainkan lukisan-lukisan unik.

Ada sekitar 80 lukisan yang dikerjakan dengan teknik sedemikian rupa sehingga tampak begitu hidup. Sebagian lukisan bisa membuatmu seperti sedang dimakan buaya, diterkam kucing raksasa, berada di dalam sebuah kloset, berdiri di atas rumah terbang, dan lain sebagainya.

15. Chinatown

Chinatown Singapore

(Sumber: Shutterstock)

Singapura memang tak bisa dipisahkan dari budaya dan etnis Tionghoa. Memperkenalkan anak-anak dengan sejarah dan budaya Tionghoa bisa dimulai dari kawasan pecinan terbesar di Singapura alias Chinatown.

Ajak mereka berjalan-jalan di kawasan pecinan ini, tawarkan mereka untuk masuk ke dalam Chinatown Heritage Museum, mampir ke kuil-kuil kuno, lalu akhiri dengan belanja suvenir dan makan hidangan khas Tionghoa seperti bebek Peking dan aneka bakmi lezat.

Hotel rekomendasi

1. Orchid Country Club

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp1.700.761
  • Alamat : 1 Orchid Road, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Khatib MRT Station, sekitar 2 km dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

2. D’Kranji Farm Resort

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp1.317.208
  • Alamat : 10 Neo Tiew Line 2, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Yew Tee MRT Station, sekitar 10 km dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

3. Ramada Singapore At Zhongshan Park

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp1.979.423
  • Alamat : 16 Ah Hood Road, Novena, Singapore
  • Terminal bus terdekat : Novena Station, sekitar 1,5 km dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

 4. Resort World Sentosa – Festive Hotel

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp2.507.306
  • Alamat : 8 Sentosa Gateway, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Waterfront Station, sekitar 1 km dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

5. Resort World Sentosa – Hotel Michael

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp2.727.243
  • Alamat : 8 Sentosa Gateway, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Waterfront, sekitar 600 m dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

6. Resort World Sentosa – Hard Rock Hotel

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp2.859.166
  • Alamat : 8 Sentosa Gateway, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Waterfront Station, sekitar 1 km dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

7. Siloso Beach

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp1.880.480
  • Alamat : 51 Imblah Walk Sentosa Island, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Waterfront Station, sekitar 2,5 km dari hotel
  • Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

8. V Hotel Lavender

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp1.214.599
  • Alamat : 70 Jellicoe Road, Kallang, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Lavender MRT Station, sekitar 300 m dari hotel
  • Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

9. Parc Sovereign Hotel – Tyrwhitt

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp1.088.655
  • Alamat : 165 Tyrwhitt Road, Kallang, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Lavender MRT Station, sekitar 800 m dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

10. Days Hotel Singapore At Zhongshan Park

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp1.539.551
  • Alamat : 1 Jalan Rajah, Novena, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Novena Station, sekitar 1,2 km dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

11. Resort World Sentosa – Genting Hotel Jurong

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp1.462.564
  • Alamat : 2 Town Hall Link, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Jurong East MRT Station, sekitar 500 m dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

12. M Social Hotel

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp1.737.438
  • Alamat : 90 Rebertson Quay, Singapore
  • Terminal bus terdekat : Bef AA Ctr, sekitar 700 m dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

13. Champion Hotel

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp982.805
  • Alamat : 60 Joo Chiat Road #01-06, East Coast, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Paya Lebar MRT Station, sekitar 1 km dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

14. D’Resort Downtown East

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp1.799.476
  • Alamat : 1 Pasir Ris Close, Pasir Ris, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Pasir Ris MRT Station, sekitar 1 km dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

15. Premier Inn Singapore Beach Road

  • Tarif per malam : Mulai dari Rp1.421.412
  • Alamat : 700 Beach Road, Singapore
  • Stasiun MRT terdekat : Nicoll Highway Station, sekitar 750 m dari hotel

Tertarik? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !
Tags