Sensasi Menginap Seru di Rumah Pohon Taman Dayu

Sensasi Menginap Seru di Rumah Pohon Taman Dayu

Menjadi salah satu kota metropolitan di Pulau Jawa, Surabaya tengah melakukan berbagai perkembangan di berbagai sektor, tak terkecuali pada sektor pariwisata. Mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga alam bisa kamu temukan di sini. Salah satunya adalah Rumah Pohon Taman Dayu, yang bisa kamu kunjungi dengan menempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota.

Berada di tengah-tengah hutan pinus, Rumah Pohon Taman Dayu menyuguhkan udara sejuk dan pemandangan alam yang mengagumkan. Kamu bahkan bisa meluangkan waktu beberapa hari untuk menginap dan melakukan berbagai aktivitas seru di sini. Yuk,  cari tahu tentang Rumah Pohon Taman Dayu selengkapnya!

Hal menarik yang dapat ditemui

Bagi yang senang berlibur di tengah alam, mengunjungi Rumah Pohon Taman Dayu bisa menjadi pilihan tepat. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai hal menarik seperti berikut:

Kawasan hutan pinus

(Sumber: @erfanhendrawan)

Rumah pohon yang berada di Taman Dayu ini terletak di kawasan hutan pinus. Bisa kamu bayangkan betapa indah pemandangan dan sejuknya cuaca di tempat ini, bukan? Dengan perpaduan tersebut, Rumah Pohon Taman Dayu tentu cocok bagi kamu yang ingin menjauh sejenak dari keramaian untuk relaksasi tubuh dan pikiran.

Pohon pinus yang digunakan sebagai penyangga rumah pohon memiliki kondisi yang kuat dan kokoh, sehingga kamu tak perlu khawatir akan keamanannya.  Memiliki ukuran sekitar 6 x 4 meter, Rumah Pohon Taman Dayu dapat menampung 6 8 orang sekaligus. Lantai rumah pohon terbuat dari kayu, sedangkan atapnya terbuat dari rumbia.

Tersedianya fasilitas memadai

(Sumber: @divohafidz)

Area wisata Rumah Pohon Taman Dayu memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Selain kamar mandi umum yang berada di bawah rumah pohon, pihak pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas seru. Beberapa di antaranya adalah area paintball, ATV, dan jalur trekking.

Tak hanya itu, ada pula area warung yang menjual aneka makanan dan minuman. Area ini cukup jauh dari kawasan rumah pohon, sehingga kamu perlu menempuh 15 menit berkendara dari rumah pohon. Karena itulah, jika tidak ingin berulang kali ke warung, kamu bisa membawa persediaan makanan dan minuman secukupnya.

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan

Meski berada di tengah-tengah alam yang dikelilingi hutan pinus,  Rumah Pohon Taman Dayu menyediakan beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan.  Beberapa di antaranya adalah:

Menginap di rumah pohon

(Sumber: @akhmad_qomarudin)

Ada sekitar delapan rumah pohon yang tersedia di Taman Dayu. Asyiknya, rumah pohon ini tak hanya dijadikan sebagai lokasi bersantai, tetapi juga sebagai penginapan. Seperti yang disebutkan di atas, satu rumah pohon bisa menampung 6 8 orang. Namun, perlu diketahui bahwa rumah pohon hanya dilengkapi beberapa kasur, bantal, dan selimut. Sementara itu, kamar mandi berada terpisah di bawah rumah pohon.

Apabila tertarik menginap di Rumah Pohon Taman Dayu, kamu harus menyiapkan biaya sekitar Rp300.000 untuk rumah pohon berkapasitas enam orang. Untuk rumah pohon berkapasitas delapan orang, kamu harus bayar sekitar Rp400.000 per malam.

Bermain paintball dan outbound

(Sumber: @dee_dyanee)

Sebenarnya, Rumah Pohon Taman Dayu merupakan bagian dari The Pines, sebuah area wisata di Taman Dayu, Pandaan. Karena itulah, dengan berkunjung atau menginap di Rumah Pohon Taman Dayu, kamu berkesempatan untuk menikmati berbagai fasilitas yang ada di The Pines.

Salah satunya adalah paintball, aktivitas fisik yang bisa kamu coba dengan membayar Rp750.000 untuk enam orang (3 on 3). Apabila tidak ada lawan main, kamu bisa melakukan “tembak bebas”. Dengan membayar Rp10.000, kamu akan mendapatkan lima peluru. Dalam hal ini, “tembak bebas” adalah menembak sasaran berupa bebek dari kaleng yang telah disediakan.

Selain paintball, ada pula beberapa kegiatan outbound seperti flying fox. Kamu juga bisa menghabiskan waktu bersantai di tempat duduk yang tersedia di sekeliling area rumah pohon.

Berenang di Taman Dayu Waterpark

(Sumber: @thetamandayuwaterpark)

Di Taman Dayu juga terdapat sebuah waterpark. Namun, lokasi waterpark terletak di luar area The Pines sehingga kamu harus keluar area rumah pohon untuk menikmatinya. Ada beragam wahana yang bisa kamu nikmati, seperti giant twister, tube error, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke tempat bermain air ini, kamu perlu membayar tiket seharga Rp50.000. Ada pula tambahan diskon Rp10.000 bagi yang menginap di Rumah Pohon Taman Dayu. Menarik, bukan?

Alamat dan lokasi menuju Rumah Pohon Taman Dayu

(Sumber: @elokmaghfirah)

Dinamakan “Rumah Pohon Taman Dayu” karena lokasinya berada di kompleks hunian Taman Dayu. Untuk menuju kawasan ini, kamu bisa menuju Jalan Raya Surabaya Malang KM 48, Pandaan, Prigen, Pasuruan. Setelah memasuki kompleks Taman Dayu, kamu harus terlebih dahulu melalui kawasan central business district, waterpark, dan lapangan golf untuk sampai di area rumah pohon.

Jika memulai perjalanan dari Surabaya, kamu bisa mencapai Taman Dayu melalui Tol Sidoarjo. Selanjutnya, kamu bisa masuk ke Tol Porong hingga masuk rute Tol Surabaya Malang. Begitu keluar tol, kamu hanya perlu menelusuri jalan beberapa meter hingga sampai di Taman Dayu di sebelah kanan jalan.

Tiket masuk dan jam operasional

(Sumber: @jessy_itung)

Sebagai kawasan wisata alam, Rumah Pohon Taman Dayu bisa menjadi destinasi wisata pilihan yang hemat bujet. Bagaimana tidak, untuk memasuki kawasan ini kamu tidak akan dikenakan biaya tiket. Kamu hanya perlu membayar Rp5.000 jika membawa kendaraan pribadi.

Sementara itu, mengingat Rumah Pohon Taman Dayu dibuka sebagai tempat menginap, jam operasionalnya pun cenderung fleksibel. Kamu bisa datang ke sini sewaktu-waktu. Meski begitu, jika ingin menikmati pemandangan hutan pinus secara maksimal, sebaiknya kamu datang pada pagi hingga sore hari selagi langit masih terang. Dengan begitu, kamu bisa mengambil foto yang bagus dengan pencahayaan terbaik.

***

Semoga informasi lengkap di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang tertarik berlibur di Rumah Pohon Taman Dayu. Suasana yang begitu dekat dengan alam akan membantu kamu menenangkan tubuh dan pikiran. Sepulang dari sana, kamu pun bisa merasa lebih segar dan siap kembali menjalani aktivitas.

18 Shares
Share18
Pin
Share
Tweet
+1