Rekomendasi Oleh-oleh Manis dari Surabaya

Rekomendasi Oleh-oleh Manis dari Surabaya

Sebagai kota besar, Surabaya tak perlu lagi diragukan akan daya pikat objek wisata. Berbagai aktivitas, tempat-tempat menarik, atraksi wisata, hingga tempat kuliner pun bisa kamu lakukan dan kunjungi selama berada di Kota Pahlawan ini.

Namun, rasanya akan kurang sempurna jika kunjungan ke Surabaya tidak ditutup dengan berburu oleh-oleh khas. Salah satu jenis oleh-oleh yang banyak dicari wisatawan adalah makanan manis. Sebagai panduan, berikut Traveloka rangkumkan 11 pilihan oleh-oleh makanan dan minuman manis yang bisa kamu coba sendiri atau beli untuk keluarga dan teman-teman. Berikut daftarnya:

Almond Crispy Cheese

(Sumber: @almondcrispy_surabaya)

Oleh-oleh yang sedang populer di Surabaya adalah Almond Crispy Cheese. Camilan kekinian ini terbuat dari adonan telur, tepung, gula, dan susu yang dibentuk bulat pipih dan ditaburi parutan keju, serta potongan kacang almond yang kemudian dipanggang hingga matang. Dengan tekstur renyah dan rasa yang manis sedikit asin, pasti akan membuat kamu ketagihan.

Tak heran jika jajanan di Pasar Atom Tahap 1 Lantai 2 No 21, Jalan Bunguran, ini menjadi incaran wisatawan maupun warga Surabaya sendiri. Varian rasa yang ditawarkan pun terbilang beragam, mulai dari original cheese, cokelat, hingga green tea. Harga sekotak camilan ini sekitar Rp50.000, sebanding dengan rasa manis yang akan kamu cicipi.

Spikoe Resep Kuno

(SumbeR: @wen_saja)

Oleh-oleh lainnya yang harus kamu coba dan beli di Surabaya adalah Spikoe Resep Kuno. Bolu lapis yang dijual di Jalan Rungkut Madya 41 ini dibuat menggunakan resep kuno yang sudah turun temurun. Karena itulah, Spikoe Resep Kuno pun hanya memiliki empat varian rasa, yakni spikoe raisin, spikoe prunes, speculaas, juga spikoe tanpa kismis.

Spikoe Resep Kuno memiliki dua ukuran yang bisa kamu bawa pulang, yaitu ukuran reguler (10×26 cm) dan ukuran spesial (24×26 cm). Harga untuk satu kotak Spikoe Resep Kuno mulai dari Rp80.000 hingga Rp180.000. Harga tersebut sebanding dengan kenikmatan bolu yang akan memanjakan mulutmu.

Lapis Kukus Surabaya

(Sumber: @bjonnicus)

Setelah membawa sekotak Spikoe Resep Kuno, tak ada salahnya kamu membawa bolu lapis lainnya yang tak kalah enak yakni Lapis Kukus Surabaya (LKS) Pahlawan. Meski baru berdiri pada akhir 2015, LKS Pahlawan telah menjadi salah satu oleh-oleh yang dicari banyak wisatawan. Dengan empat varian rasa yang berbeda yakni original, keju, choco pandan, serta brownies, LKS Pahlawan menyuguhkan cita rasa kue lapis berbahan dasar singkong yang manis, gurih, dan sangat lembut.

Lapis kukus ini dijual dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp28.000 per kotak. Selain itu, jangan khawatir dengan daya tahan oleh-oleh yang satu ini. Lapis Kukus Surabaya (LKS) Pahlawan awet selama empat hari di suhu ruangan, bahkan satu minggu jika berada di lemari es. Untuk membeli makanan manis ini, kamu bisa datang ke salah satu toko oleh-oleh di Jalan Jagir Sidomukti IX No 107.

Surabaya Snow Cake

(Sumber: @barunibadri)

Seperti beberapa kota besar di Indonesia, Surabaya juga dilanda bisnis kue kekinian milik artis ibu kota. Surabaya Snow Cake milik artis Zaskia Sungkar merupakan kue lapis khas Surabaya yang modifikasi dengan tambahan tiga lapisan kue. Lapisan paling atas dan bawah adalah pastry, sedangkan di bagian tengah diisi lapisan roti lembut. Taburan gula halus pun tak lupa ditambahkan di bagian paling atas kue yang menjadi ciri khas dari Surabaya Snow Cake.

Saat ini, Surabaya Snow Cake memiliki lima varian rasa yaitu vanila, karamel, keju, green tea, dan choco banana. Sekotak Surabaya Snow Cake dijual sekitar Rp50.000 – Rp59.000. Untuk bisa membelinya, kamu bisa datang langsung ke gerai Surabaya Snow Cake di Jalan Flores No 15, Ngagel. Gerai ini buka setiap hari pukul 07:00 – 22:00.

Surabaya Patata

(Sumber: @all_starr_shop)

Tak hanya Zaskia Sungkar yang memilih Surabaya sebagai kota untuk mengembangkan bisnis kuliner, kakak beradik Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis juga melakukan hal yang sama. Dengan merek “Surabaya Patata”, mereka menawarkan alternatif pilihan oleh-oleh asal Surabaya yang premium. Makanan dengan bahan dasar kentang gurih ini memiliki varian rasa dan topping yang beragam, di antaranya adalah keju, oreo, green tea, juga Nutella.

Adapun harga Surabaya Patata berkisar Rp65.000 – Rp70.000, tergantung varian rasa yang kamu pilih. Bila penasaran dengan rasanya, kamu bisa membawa pulang Surabaya Patata langsung di Jalan Dharmahusada No 187 atau beberapa tempat umum, seperti Stasiun Pasar Turi, Stasiun Gubeng, dan Bandara Internasional Juanda.

Vidi Vini Vici

(Sumber: @surabayavidivinivici_online)

Tak mau kalah dengan Zaskia Sungkar, juga kakak beradik Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis, penyanyi Vidi Aldiano juga menjadikan Surabaya sebagai wilayah untuk memasarkan kue kekinian miliknya, Vidi Vini Vici. Kue berupa bolu ini memiliki bentuk silinder dengan lubang di tengahnya, kemudian diberi taburan sesuai varian. Adapun kombinasi rasa yang ditawarkan adalah lemon mint, red velvet, keju velvet, cokelat keju, serta berry.

Gerai pertama Vidi Vini Vici bisa kamu temukan di Jalan Raya Diponegoro No 48A. Dengan harga hanya sekitar Rp60.000 per kotak, Vidi Vini Vici pun bisa menjadi alternatif kamu saat mencari oleh-oleh manis yang bisa dibagikan ke keluarga atau teman-teman di kota asal.

Siropen Telasih dan Syrup Mangrove Bogem

(Sumber: @aditiajohana)

Bukan hanya berbagai macam kue khas, Surabaya juga memiliki produk minuman sirop yang cocok dijadikan oleh-oleh kala berlibur di Surabaya. Produk sirop pertama adalah Siropen Telasih, sirop premium ini sangat terkenal karena sudah ada sejak 1923. Dulunya, sirop ini hanya bisa diminum oleh kalangan atas saja, tapi sekarang siapa saja pun bisa mencicipi kesegarannya. Ada delapan varian rasa yang ditawarkan, yaitu mawar, frambozen, vanili, cocopandan, jeruk keprok, leci, arbei, serta melon.

Selain Siropen Telasih, kamu juga patut mencoba Syrup Mangrove Bogem yang tak kalah nikmat. Sesuai namanya, sirop ini berasal dari olahan bogem atau bunga pohon bakau (mangrove). Penasaran dengan rasa keduanya? Sebotol Siropen Telasih atau Syrup Mangrove Bogem bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp35.000 saja!

***

Dengan membeli salah satu dari tujuh oleh-oleh manis di atas, tentu akan melengkapi akhir liburan kamu di Surabaya. Menurut kamu, oleh-oleh manis mana yang akan dibeli saat berlibur di Surabaya?

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1