0

Traveloka Team

16 Jan 2020 - 6 min read

Pantai Kenjeran di Surabaya, Wisata Alam dengan Aneka Wahana

Surabaya tentu bukan menjadi destinasi utama yang akan dituju kebanyakan orang jika sedang ingin berlibur ke pantai. Meski begitu, Kota Pahlawan ini memiliki satu pantai yang menjadi kebanggaan para warganya, yaitu Pantai Kenjeran. Selain dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap, pantai ini juga banyak diminati wisatawan karena banyaknya aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Tak ketinggalan, beberapa wisata lain disekitar pantai juga sayang untuk dilewatkan. Penasaran, bukan? Ayo cari tahu lebih banyak tentang Pantai Kenjeran di Surabaya melalui ulasan dari Traveloka berikut ini!

1. Perbedaan Pantai Kenjeran Lama dan Baru

Photo credit:@dhista69 (Instagram)

Perbedaan utama dari Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru terletak pada bagian wisatanya sendiri. Di Pantai Kenjeran Lama, kamu lebih bisa melakukan wisata pantai yang konvensional seperti bermain di tepi pantai, menikmati kuliner di pinggir pantai, naik perahu, dan lain-lain.

Sedangkan di Pantai Kenjeran Baru, kamu akan menemukan wisata yang lebih modern dan tidak monoton. Mulai dari berwisata ke bangungan khas Tionghoa,selfiedengan patung naga besar, tempat main anak, dan masih banyak lagi.

2. Aktivitas seru di Pantai Kenjeran Lama

Photo credit:@potretsby (Instagram)

Meski terbilang konvensional, aktivitas di Pantai Kenjeran Lama tak bisa dikatakan membosankan. Kamu yang datang ke Pantai Kenjeran Lama bisa melakukan ragam aktivitas, mulai dari sewa perahu hingga melihat pulau yang ada di tengah laut. Apa saja?

Sewa perahu untuk menikmati suasana tengah laut

Photo credit:@dedy_kurniawan_123(Instagram)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan saat berwisata di Pantai Kenjeran Lama adalah menyewa perahu. Dengan begitu, kamu bisa menjelajahi keindahan tengah laut secara leluasa. Meski begitu, penyewaan perahu ini cukup diminati banyak pengunjung sehingga kamu perlu mengantre selama beberapa saat sebelum menggunakannya.

Umumnya, kamu perlu membayar sekitar Rp30.000 per kapal namun akan berbeda saathigh seasonatau musim liburan. Selain itu, ada pula kapan yang bisa diisi secara rombongan seharga kurang lebih Rp100.000. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah, kamu bisa melakukan tawar-menawar dengan pengemudi kapal. Namun, tetap berikan harga yang wajar bagi para pemilik kapal tersebut ya.

Melihat Jembatan Suramadu lebih dekat

Photo credit: Shutterstock

Selain menjelajahi laut, kamu pun akan bisa melihat jembatan yang menjadi ikon Surabaya dan Madura, Suramadu dengan lebih dekat. Jembatan ini memang akan terlihat lebih indah ketika malam hari, yakni saat semua lampunya sudah menyala. Namun, saat menjelang sore pun warnanya tak kalah menarik. Apalagi, ketika kamu melihatnya bersamasunsetdengan langit yang berwarna jingga.

Meski begitu, beberapa kapal terkadang tak bisa terlalu dekat dengan jembatan karena kondisi ombak sedang tinggi. Karena itu, kamu harus memperhatikan faktor cuaca ketika ingin melakukan wisata melihat jembatan Suramadu ini ya.

Menyaksikan Pulau Pasir di tengah laut

Photo credit:@ikikenjeran(Instagram)

Selain melihat Jembatan Suramadu dari dekat, kamu pun bisa menyaksikan pulau pasir yang berada di dekat Pantai Kenjeran Lama. Pulau pasir ini bisa dijadikan tempat bermain alternatif bagi kamu dan rombongan. Namun, perlu diingat bahwa pulau ini kerap dipenuhi banyak wisatawan khususnya pada hari libur.

Jika beruntung, kamu bisa bermain di pulau berpasir putih ini sekaligus ber-selfieria dengan pemandangan laut yang indah. Jadi, jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan setiap kegiatan seru di sini ya!

3. Daya tarik Pantai Kenjeran Baru

Photo credit:@aslisuroboyo (Instagram)

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, daya tarik Pantai Kenjeran Baru terletak pada wisatanya yang lebih modern daripada pantai Kenjeran Lama. Meski wisata alamnya tidak sealami Pantai Kenjeran Lama, Pantai Kenjeran Baru memiliki banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga tanpa perlu berpindah-pindah tempat. Penasaran apa saja? Berikut adalah daya tarik Pantai Kenjeran Baru yang bisa memuaskan keinginan berwisata kamu.

Menjelajahi berbagai bangunan khas Tionghoa

Photo credit:@muizz31(Instagram)

Hal yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Kenjeran Baru adalah bangunan yang mengusung arsitektur khas Tionghoa, mulai dari pagoda hingga patung naga besar.. Kamu pun bisa mengenal budaya Tionghoa dengan lebih dekat melalui bangungan-bangungan yang ada di sekitar Pantai Kenjeran Baru ini. Salah satu bangunan khas Tiongkok yang wajib dikunjungi adalah Pagoda Tian Ti dan Klenteng Sanggar Agung.

Saathigh season,biasanya kawasan ini tak hanya dikunjungi wisatawan, tetapi juga orang-orang yang melakukan fotopre-wedding. Jadi, jangan heran kalau kamu menemukan banyak sekali fotografer yang berkeliling di sini.

Tersedia playground untuk anak-anak

Photo credit:@arnara.mbolang (Instagram)

Hal lain yang membuat Pantai Kenjeran Baru cocok dijadikan tempat wisata keluarga adalah keberadaanplaygroundatau taman bermain yang luas untuk anak-anak. Meski ada beberapa spot yang diharuskan untuk membayar, ketersediaan tempat main anak ini bisa membuat mereka betah berlama-lama ada di sini.

Mulai dariwaterparkhingga area bermain gratis seperti ayunan bisa kamu manfaatkan di sini. Jadi jika tertarik untuk bermain air atau berenang, jangan lupa untuk membawa perlengkapan baju renang dan pakaian ganti ya!

Salah satu spot sunriseterbaik di Surabaya

Photo credit:@ach_muchlison (Instagram)

Jika kamu termasuk pencintasunrise, makakunjungan ke Pantai Kenjeran Baru tak boleh dilewatkan. Pada pagi hari, matahari akan tampak begitu indah dari Pantai Kenjeran Baru. Tak hanya untuk objek foto, keindahan matahari terbit juga dipercaya mampu membuat kamu lebih rilekslho!

Kalau tertarik, datanglah mulai dini hari. Tak hanya itu, kamu pun bisa sekaligusjoggingdi area Pantai Kenjeran sesuai menyaksikansunrise.Kegiatan pagi yang menarik untuk dicoba, bukan?

4. Wisata menarik di sekitar Pantai Kenjeran

Photo credit:@abid_aboned (Instagram)

Selain Pantai Kenjeran Lama dan Baru, kawasan Pantai Kenjeran pun memiliki banyak wisata lain yang bisa dijadikan destinasi. Jadi, tak ada salahnya jika kamu merencanakan kunjungan beberapa hari di kawasan ini. Terdapat Atlantis Land, tempat wisata terbaru di Surabaya dan juga Jembatan Suroboyo yang cukup indah. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Atlantis Land

Photo credit:@zetizen_surabaya(Instagram)

Tak hanya menyediakanwaterpark,Atlantis Land juga menyediakan banyak wisata lainnya seperti museum,dancing fountain,arena futsalindoor,tempatfitness,kolam bandeng, Sanggar Agung, Kia-kia, pusat kuliner, dan aneka wahana lainnya.Jika ditotal, terdapat 32 wahana yang bisa kamu nikmati di lahan seluas kurang lebih 15 hektar ini.

Wisata ini buka pukul 10:00–22:00 pada akhir pekan atau hari libur, sedangkan pada hari biasa akan tutup pukul 19:00. Jika tertarik, kamu bisa datang ke Jalan Sukolilo No 100, Sukolilo Baru, Bulak untuk menikmati tempat hiburan ini. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yakni Rp125.000 per orang dengan tinggi diatas 85 cm, sedangkan di bawah itu cukup membayar Rp100.000. Cukup menarik, bukan?

Wisata Jembatan Suroboyo

Photo credit:@lovesuroboyo (Instagram)

Terletak di Jalan Raya Pantai Lama, Kenjeran, Bulak, wisata Jembatan Suroboyo ini dikenal juga dengan nama Jembatan Kenjeran. Tak heran, karena letaknya tak jauh dari pantai Kenjeran Lama. Setidaknya, jembatan ini memiliki panjang hingga 800 meter. Menariknya, jembatan ini didesain langsung oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Di area jembatan ini, kamu bisa melihat air mancur berwarna pelangi yang sangat indah. Pemandangannya di kala senja pun tak kalah menarik dengan pemandangan dari Pantai Kenjeran Lama. Ingin membuktikannya?

5. Akses menuju Pantai Kenjeran

Photo credit:@gregorius.aditya.pn(Instagram)

Agar sampai di Pantai Kenjeran, kamu bisa mendatangi dua lokasi. Untuk pantai Kenjeran Lama, kamu bisa datang ke Jalan Raya Pantai Lama No 2–9, Kenjeran, Bulak. Sedangkan, untuk Kenjeran Baru atau Pantai Ria Kenjeran, kamu bisa datang ke Jalan Sukolilo No 100, Sukolilo, Bulak, Sukolilo Baru, Bulak. Jaraknya cukup dekat, kok! Kamu pun bisa datang ke dua lokasi ini pukul 06:00–22:00.

6. Harga tiket masuk Pantai Kenjeran

Untuk berwisata di Pantai Kenjeran Lama, kamu bisa membayar sekitar Rp15.000 per orang, sedangkan untuk Pantai Kenjeran Baru dikenakan biaya sekitar Rp25.000 per orang. Perbedaan harga ini tentu dikarenakan oleh fasilitas yang berbeda. Jadi, jangan lupa siapkan bujet yang cukup serta kondisi fisik agar bisa menjelajahi kedua pantai ini sepuasnya ya!

***

Pantai Kenjeran memang merupakan satu-satunya pantai di Surabaya yang bisa kamu temukan, tetapi berbagai daya tariknya dijamin akan membuat kamu betah menghabiskan waktu di sini. Yuk, segera ajak orang-orang terdekat kamu untuk berlibur ke Pantai Kenjeran di Surabaya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan