0

Traveloka Team

04 Sep 2020 - 4 min read

Belum Sah ke Surabaya Jika Belum Mampir ke 4 Tempat Wisata Kuliner Ini!

Ayo, Rek, main ke Surabaya! Berjuluk Kota Pahlawan, Surabaya memiliki banyak monumen dan patung pahlawan nasional yang tersebar di sudut kota. Tapi Surabaya tak melulu tentang sejarah perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan, kota ini punya sisi unik lain yang tak kalah menarik, yaitu kulinernya.

Setelah puas keliling kota, perutmu tentu perlu diisi makanan yang cita rasanya tak mengecewakan lidahmu. Tak perlu bingung soal di mana bisa mendapatkannya, karena Traveloka sudah merangkum empat tempat wisata kuliner Surabaya yang tak boleh kamu lewatkan. Penasaran? Langsung saja cek daftarnya berikut ini:

1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Racikan asli lontong balap ini akan sulit kamu tolak kelezatannya. (Sumber: Lontong Balap Pak Gendut)

Nama lontong balap mungkin sudah tak asing lagi di telingamu, tapi tahukah kamu dari mana asal nama kuliner ini? Konon, dahulu para pedagang lontong balap berkumpul di satu tempat dan menggunakan peralatan masak yang sama. Mereka adu cepat dalam melayani pembeli karena pedagang lainnya menunggu giliran untuk menggunakan peralatan memasak. Adu cepat inilah yang memunculkan istilah “balap” atau “balapan”.

Mencicipi lontong balap ini harus di tempat yang tepat dan autentik. Tempat wisata kuliner tersebut tak lain adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut, salah satu tempat makan populer di Surabaya.
-

Apa istimewanya Lontong Balap Garuda Pak Gendut? Perpaduan rasa petis dan aroma bawang putihnya yang pas akan membuat lidahmu bergoyang. Satu hal yang khas dari sajian lontong balap adalahlentho.Lenthomerupakan sejenis gorengan yang dibuat dari kedelai merah yang telah dihancurkan kemudian dicampur dengan kedelai merah utuh. Tekstur kriuk dan gurihnya yang disiram kuah panas sangat bikin nagih. Jangan lupa untuk melengkapi menu makanmu dengan sate kerang yang menjadi pasangan tak terpisahkan dari lontong balap.

Alamat Lontong Balap Garuda Pak Gendut:Jalan Prof. Dr. Moestopo 11, Surabaya.

2. Depot Bu Rudy

Kurang puas makan di depotnya? Sambal kemasan ini bisa kamu bawa pulang. (Sumber: Reta Tare/Flickr)

Depot yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di kalangan warga asli dan wisatawan yang datang ke Surabaya, apalagi kalau bukan Depot Bu Rudy. Bagi para pecinta pedas, tempat makan ini menjadi surga kuliner di Surabaya.

Depot Bu Rudy populer dengan menu sambal udangnya. Sambal lain yang tak boleh terlewatkan adalah sambal bawang, sambal terasi, dan sambal ijo. Bayangkan kamu sedang menghadap meja makan dengan sepiring nasi hangat di atasnya, ditambah udang kering renyah dan sambal super pedas yang nikmat. Hmm,yummy!

Tak cukup menikmatinya di tempat makan? Tenang. Kamu bisa membawa pulang sambal khas Bu Rudy ini sebagai oleh-oleh atau untuk disantap sendiri ketika berada di rumah nanti. Sambal-sambal ini sudah tersedia dalam kemasan botol berbagai ukuran agar mudah dibawa. Tak hanya sambal, kamu juga bisa membeli udang, ikan teri, dan tempe keringnya. Dengan begitu, kelezatan kuliner hasil olahan Bu Rudy ini bisa kamu bagi ke keluarga dan teman-teman.

Alamat Depot Bu Rudy:Jalan Dharmahusada 140, Surabaya.

3. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Sabar, ya, satenya masih dibakar. (Sumber: Indi and Rani Soemardjan/Flickr)

Kamu penggemar sate? Jika iya, kamu wajib datang ke Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih. Sate ini terbilang unik dan beda dari sate lainnya karena dalam proses membakarnya, daging ditambahkan parutan kelapa. Kelapa ini nyatanya mampu menciptakan cita rasa unik dan beda jika dipadukan dengan daging bakar.

Tak hanya resep satenya yang unik. Tempat wisata kuliner Ny. Asih ini masih menggunakan arang bakar demi mendapatkan aroma khas yang menggugah selera. Jika banyak terdapat sate yang pada proses membakarnya menggunakan kipas angin listrik untuk tetap membuat arang menyala, Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih tetap menggunakan kipas tangan untuk menjaga kematangan sate yang sempurna sampai ke bagian dalam dagingnya.

Kamu bebas memilih daging yang akan dibakar untuk menjadi sate lezat, mulai dari daging ayam sampai daging sapi. Sebagai pendamping sate kelapa ini, kamu bisa memilih karbohidrat sesuai selera, bisa nasi atau lontong. Disajikan bersama bumbu kacang khas yang aromanya sangat sedap, saat-saat bersantapmu akan menjadi salah satu kenangan terindah tentang berlibur ke kota Surabaya.

Alamat Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih:Jalan Walikota Mustajab 36, Surabaya.

4. Zangrandi Ice Cream

Rasakan tekstur creamy dan lembutnya meleleh di lidahmu di tengah panasnya kota Surabaya. (Sumber: Indi and Rani Soemardjan/Flickr)

Cari yang segar dancreamydi Surabaya? Sudah pasti Zangrandi Ice Cream jawabannya! Kedai es krim paling populer di Surabaya ini siap menyambutmu dengan beragam varian rasa es krimnya yang siap meleleh di mulutmu.

Menu es krim yang wajib kamu coba di Zangrandi adalah Noddle Ice Cream, Blue Island dan Mecadonia. Mau coba beberapa rasa es krim dalam satu mangkuk? Coba pesan Love Deal. Dengan pesan paket ini, kamu bisa mencicipi lima rasa es krim sekaligus, mulai dari moka, vanila sampai stroberi. Selain es krim, Zangrandi Ice Cream juga menyediakan menu tambahan seperti risoles, kentang goreng dansandwich.

Tak hanya es krim lezat yang ditawarkan, namun juga suasana tempo dulu yang masih kental di kedai ini. Masuk ke dalam kedai, kamu seperti masuk ke dalam mesin waktu karena desain interior dan perabot yang digunakan akan mengingatkanmu pada rumah kakek nenekmu di masa lalu, sebut saja meja dan kursi rotan yang masih terawat dengan baik sampai sekarang. Di dinding juga terpampang banyak foto lama yang menggambarkan perkembangan Zangrandi Ice Cream dari masa ke masa.

Alamat Zangrandi Ice Cream:Jalan Yos Sudarso 15, Surabaya.

Nah, bagaimana sekarang? Jadi tahu kan kalau Surabaya ternyata juga kaya akan kuliner lezat nan menggoda? Yang lebih menyenangkan lagi, kota ini sangat mudah diakses dari kota mana pun di Indonesia dan tersedia banyak sekalipenginapan dengan harga yang ramah di kantong. Pilihan beragam maskapai penerbangan juga hotel untuk menginap bisa kamu temukan di Traveloka App, aplikasismartphoneyang bikintraveling-mu super simpel. Untuk kenyamanan kamu selama wisata di Surabaya, jangan lupa untuk rental mobil juga ya. Supaya enggak ribet kemana-mana!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan