6 Wisata Alam di Surabaya Ini Jadi Tujuan Para Traveler

6 Wisata Alam di Surabaya Ini Jadi Tujuan Para Traveler

Saat berbicara tentang destinasi wisata alam di Indonesia, Surabaya memang sangat jarang disebutkan. Namun, bukan berarti Kota Pahlawan ini tidak memiliki objek wisata alam sama sekali. Di balik bangunan-bangunan tinggi menjulang, kamu bisa menemukan wisata bernuansa alam yang bisa melepas penat lho.

Jika ingin sedikit berpetualang, kamu bisa mengunjungi beberapa wisata alam di sekitar Surabaya yang tak kalah keren untuk dijelajahi. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak daftar wisata alam di Surabaya berikut ini!

1. Hutan Bambu Keputih

wisata surabaya yang mengasyikan
Photo credit: @catharinafyules (Instagram)

Di daerah Keputih, Surabaya, kamu bisa menemukan sebuah hutan bambu ala Jepang. Hutan Bambu Keputih ini dulunya adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun untuk menambah lahan terbuka hijau di Surabaya, lahan ini pun dijadikan sebuah hutan bambu.

Selain hutan bambu, ada pula Taman Harmoni Surabaya yang punya beberapa fasilitas seperti tempat bermain anak. Untuk menemukan hutan ini tidaklah sulit. Kamu bisa berangkat dari kampus ITS yang hanya berjarak sekitar 5 menit dari Hutan Bambu Keputih. Bagaimana dengan tiket masuknya? Tenang, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke hutan ini. Cukup keluarkan uang untuk mengganti biaya parkir saja.

2. Taman Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

wisata surabaya yang mengasyikan
Photo credit: @nyanyakanya (Instagram)

Saat kamu ke Surabaya, Hutan Mangrove Wonorejo bisa dimasukkan ke daftar kunjungan. Hutan seluas 200 hektar ini dibangun untuk menghindari erosi air laut. Namun, dengan penataan yang baik, hutan ini pun menjadi sebuah wisata alam yang indah.

Di Hutan Mangrove Wonorejo, kamu juga bisa naik perahu untuk menyusuri sungai yang akan bermuara ke Selat Madura. Suasananya sangat tenang, seolah bukan di Surabaya. Untuk masuk ke wisata alam ini, kamu perlu membayar tiket seharga Rp25.000 (dewasa) atau Rp15.000 (anak). Datanglah mulai pukul 08:00 hingga 16:00 untuk menikmati setiap keindahan alamnya.

3. Taman Wisata Hutan Mangrove Gunung Anyar

wisata surabaya yang mengasyikan
Photo credit: @kennyindra (Instagram)

Selain Hutan Mangrove Wonorejo yang memang sudah terkenal, Surabaya juga punya Hutan Mangrove Gunung Anyar. Untuk menyusuri hutan seluas 188 hektar ini kamu bisa menaiki perahu mesin dengan membayar sekitar Rp20.000 per orang.

Atmosfer yang ada di taman wisata ini sangat unik. Perpaduan sungai air payau dan rindangnya pohon bakau akan membuat kamu seolah-olah dibawa menyusuri Sungai Amazon. Setelah menyusuri hutan, kamu bisa menikmati aneka kuliner yang tersedia di sini. Untuk jam operasional, Hutan Mangrove Gunung Anyar ini buka setiap hari pukul 10:00 17:00.

4. Pantai Ria Kenjeran

wisata surabaya yang mengasyikan
Photo credit: @nike.obek (Instagram)

Ternyata, Surabaya menyimpan sebuah pantai yang layak kamu datangi yaitu Pantai Ria Kenjeran. Pantai ini tidak hanya menawarkan panorama laut, tetapi juga beragam aktivitas seru lainnya. Mulai dari berkuda hingga menonton pertunjukan barongsai bisa kamu lakukan di sini.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Pantai Ria Kenjeran adalah saat sore. Selain bisa mencoba aneka wahana, kamu pun akan mendapatkan pemandangan sunset di tengah Gerbang Samudra Klenteng Sanggar Agung yang megah. Jika ingin mengunjunginya, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit berkendara dari pusat kota.

5. Kebun Bibit Wonorejo

wisata surabaya yang mengasyikan
Photo credit: @fidelahangga (Instagram)

Kebun Bibit Wonorejo adalah sebuah taman yang mulanya digunakan untuk pembibitan tanaman. Kini, Kebun Bibit Wonorejo tidak hanya berisi bibit, tetapi juga telaga dan aneka fasilitas lain seperti taman bermain anak dan jogging track.

Selain itu, kamu juga bisa mencicipi aneka kuliner khas Surabaya di sini. Pihak pengelola menyediakan sebuah sentra kuliner dengan beragam menu. Untuk bisa menikmati segala fasilitas ini, kamu tidak perlu membayar sepeser pun alias gratis. Cukup menarik, bukan? Datanglah mulai dari pukul 08:00 hingga 17:00 agar bisa menjelajahi seluruh sudut menariknya.

6. Taman Flora Bratang

wisata surabaya yang mengasyikan
Photo credit: @satriasjournal (Instagram)

Warga setempat biasa menyebut tempat ini dengan Kebun Bibit. Seperti Kebun Bibit Wonorejo, Taman Flora Bratang dulunya memang tempat pembibitan tanaman. Namun, sekarang fungsinya berubah menjadi tempat rekreasi.

Di Taman Flora Bratang, kamu bisa mengamati aneka flora. Tidak hanya itu, di sisi utara taman juga terdapat satwa rusa. Biasanya, taman ini ramai dikunjungi anak-anak karena adanya fasilitas outbond. Menariknya, taman ini tidak memungut biaya masuk lho. Kamu tinggal datang saat jam operasionalnya saja mulai dari pukul 06:00 hingga 18:00.

***

Jadi, siapa bilang Surabaya tidak punya wisata alam? Selain Kamu 6 wisata alam di Surabaya di atas, kamu juga bisa melipir ke kota-kota di sekitar Surabaya untuk menjelajahi wisata alam lainnya. Agar lebih nyaman, kamu bisa menyewa mobil bersama teman-teman atau keluarga untuk mendatangi seluruh lokasi tersebut. Selain itu, jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan setiap momen ya!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1