Pemandian Air Soda yang Langka Ini ada di Sumatera Utara!

Pemandian Air Soda yang Langka Ini ada di Sumatera Utara!

Berwisata ke sumber mata air panas di kaki bukit dengan pemandangan alam mungkin terdengar biasa. Lain hal jika berlibur sekaligus berendam di pemandian sumber air soda. Bagaimana rasanya?

Di Sumatera Utara, tepatnya di Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara, terdapat sebuah mata air yang langka. Airnya memiliki rasa yang mirip dengan air soda atau air berkarbonasi. Oleh warga setempat, mata air ini dikenal dengan nama Pemandian Air Soda Tarutung atau Aek Rara.

Sebelum membulatkan niat untuk berkunjung ke Pemandian Air Soda Tarutung, ada baiknya kamu menyimak ulasan tentang empat diketahui dari objek wisata langka yang satu ini:

Aek Rara dan cerita mistis di balik penemuannya

(Sumber: @hendra9ian112)

Awalnya, sumber mata air ini ditemukan oleh seorang bidan bernama Minar Sihite yang sedang berjalan sendirian menembus hutan yang terkenal cukup angker. Tanpa sengaja, dia menemukan sumber air dengan aroma dan rasa yang mirip soda. Tak hanya itu, warna mata airnya pun kemerahan. Itulah sebab pemandian ini juga dikenal sebagai Aek Rara. Dalam bahasa Batak, “Aek” memiliki arti air, sedangkan “Rara” artinya adalah merah.

Setelah menemukan sumber air soda, Minar bermimpi bertemu sesosok arwah yang memberi wasiat untuk mengembangkan tempat tersebut dengan beberapa syarat. Beberapa di antaranya adalah tidak boleh berbicara kotor, tidak boleh telanjang meskipun anak kecil, juga tidak boleh membangun penginapan di tempat tersebut.

Setelah membuat “perjanjian” melalui mimpinya tadi, Minar pun memutuskan untuk membuat kolam berukuran cukup besar di lokasi itu sehingga siapa saja bisa menikmati sensasi berendam dan berenang di kolam air soda. Pemandian Air Soda Tarutung mulai dibuka untuk umum sejak tahun 1976 dan menjadi salah satu objek wisata kebanggaan Tapanuli Utara yang selalu ramai dikunjungi sampai hari ini.

Berendam di tengah pemandangan sawah dan perbukitan

(Sumber: @paminto1)

Sesuai dengan “perjanjian” tersebut, Minar pun harus menjaga keasrian lokasi. Dengan begitu, kamu bisa menikmati sensasi berendam di kolam air soda yang berada di tengah persawahan dengan pemandangan Lembah Silindung. Meski tidak boleh membangun penginapan, di tempat ini sudah tersedia berbagai fasilitas penunjang untuk wisatawan, mulai dari tempat parkir, loker, tempat ganti pakaian, hingga tempat makan dan beristirahat.

Adapun pengunjung tidak dikenakan biaya masuk untuk mencoba kenikmatan berendam di pemandian air soda ini. Hanya saja, pengunjung harus membeli makanan, minuman, serta menyewa ban pelampung jika membutuhkan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pemandian ini adalah pada saat pagi atau siang hari, karena semakin sore air kolam akan terlihat semakin keruh karena banyaknya pengunjung yang berendam seharian.

Lokasi kolam Aek Rara berada tak jauh dari pusat Kota Tarutung. Kamu bisa berkendara menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari Bandara Silangit atau 2,5 jam dari Sibolga, Tapanuli Tengah. Jika berangkat dari Kualanamu atau Medan, kamu butuh 6 – 7 jam perjalanan darat dengan kendaraan roda empat.  

Rasa soda dan buih yang konon berkhasiat

(Sumber: @dasagunners)

Sesuai namanya, sumber air di kolam Aek Rara ini memiliki rasa seperti soda yang biasa diminum dengan sedikit sensasi asin. Begitu menceburkan diri ke kolam sedalam 1,8 meter ini, kamu seketika akan dipenuhi buih yang menempel di kulit. Kamu akan merasakan kulit yang lebih halus dan ringan dibanding berendam di kolam pemandian biasa.

Tak hanya unik, air soda yang berada di objek wisata ini pun kabarnya memiliki berbagai manfaat, mulai dari menghaluskan kulit hingga menyembuhkan gatal di badan. Menurut hasil uji dokter di Bandung dan Yogyakarta, air soda ini berkhasiat juga untuk membantu penyembuhan pengapuran tulang, rematik, hingga asam urat jika kamu meminumnya. Kamu harus berhati-hati juga, sebab mata akan terasa sedikit perih jika terkena percikan air soda.

Salah satu air soda yang hanya ada dua di dunia


(Sumber: Youtube-GoBatakTV)

Fakta yang wajib kamu ketahui tentang Aek Rara adalah fenomena alam ini hanya terdapat di dua negara, yaitu di Indonesia tepatnya di Sumatera Utara dan Venezuela. Adapun sumber air soda yang berada di Venezuela ini sekarang sudah tidak dimanfaatkan sebagai pemandian publik, sehingga Pemandian Air Soda Tarutung pun menjadi sumber air soda satu-satunya di dunia yang bebas kamu datangi dan coba!

***

Salah satu cara ampuh untuk sejenak melepaskan diri segala kesibukan dan penat adalah dengan menikmati keindahan alam, misalnya saja ke Sumatera Utara. Bukan sekadar mengunjungi Pulau Samosir dan Danau Toba, berendam di Aek Rara pun bisa menjadi alternatif wisata alam yang berkesan.

Supaya eksplorasi wisata kamu di Tanah Batak bisa lebih puas, ada satu tip yang bisa kamu ikuti. Ada baiknya, kamu memilih rute penerbangan pergi dan pulang ke kota yang berbeda saat membelinya di kota asal. Misalnya, saat berangkat kamu bisa memilih penerbangan Jakarta – Bandara Ferdinand Lumban Tobing di Sibolga Tapanuli Tengah, kemudian memesan tiket pulang Bandara Silangit di Siborong-borong Tapanuli Utara – Jakarta.

Dengan demikian, kamu akan berpindah dari satu kota ke kota lainnya dengan kendaraan umum sambil menikmati keindahan alam yang ditawarkan di sepanjang perjalanan. Selain bisa menyaksikan pemandangan di sepanjang Bukit Barisan, kamu pun akan lebih puas menikmati keindahan Sumatera Utara dengan segala pesonanya.

151 Shares
Share151
Pin
Share
Tweet
+1