18 Tempat Wisata di Sumatera Utara Ini Wajib Kamu Kunjungi

18 Tempat Wisata di Sumatera Utara Ini Wajib Kamu Kunjungi

Dikenal sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, Sumatera Utara memiliki potensi wisata yang tak boleh dipandang sebelah mata. Kamu bisa menemukan beragam pesona wisata, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner khas. Semua hal tersebut tentu bisa kamu rasakan saat berlibur di Sumatera Utara.

Tak hanya menawarkan pesona yang mengagumkan, masing-masing tempat wisata berikut juga memiliki kisah serta keunikan yang menarik untuk diketahui. Jika kamu berencana mengunjungi Sumatera Utara dalam waktu dekat, mari simak rekomendasi 18 tempat wisata di Sumatera Utara dari Traveloka!

Salju Panas Tinggi Raja

(Sumber: @arumsekarlatih)

Jika di Pulau Jawa kamu mengenal Kawah Putih Ciwidey, maka di Sumatera Utara terdapat wisata serupa bernama Salju Panas Tinggi Raja. Kamu tentu bertanya-tanya mengenai asal-usul penamaan lokasi tersebut, bukan? Kata “salju” dipilih karena di tempat ini terdapat sebuah kawah yang didominasi warna putih seperti salju. Sedangkan kata “panas”, digunakan karena air berwarna biru kehijauan kawah bersuhu panas.

Untuk menuju kawasan wisata ini, kamu perlu berkendara sekitar 3 jam dari pusat Kota Medan. Dari Medan, kamu akan melewati kawasan Lubuk Pakam, Dolok Masihul, Galang, hingga Bangun Purba. Sesampainya di lokasi Salju Panas Tinggi Raja, kamu tidak akan dikenakan biaya apa pun. Namun, kamu perlu membayar Rp5.000 jika membawa kendaraan pribadi.

Air Terjun Sipiso-piso

(Sumber: @feryfebrizon)

Berada di dekat pemukiman warga Desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo, Air Terjun Sipiso-piso menawarkan pesona alam yang akan membuat kamu berdecak kagum. Berada di ketinggian 800 mdpl, Air Terjun Sipiso-piso menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan tinggi pancuran 120 meter.

Lokasi air terjun ini cukup terjangkau, kamu hanya perlu menempuh 35 km perjalanan dari Kota Berastagi atau sekitar 45 menit berkendara dari pusat Kota Medan. Jalur menuju kawasan wisata ini pun sudah tertata rapi, sehingga segala jenis kendaraan bermotor bisa melaluinya dengan aman. Sesampainya di lokasi, kamu perlu menyiapkan uang Rp5.000 sebagai tiket masuk wisata Air Terjun Sipiso-piso.

Taman Nasional Gunung Leuser

(Sumber: @mrhiday)

Secara administratif, Taman Nasional Gunung Leuser berada di dua provinsi berbeda, yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Hal tersebut tak mengagetkan, mengingat luas area taman wisata ini mencapai 1.094.692 hektar. Tempat wisata ini merupakan kawasan hutan yang menyimpan berbagai cagar alam, seperti Suaka Margasatwa Gunung Leuser, Suaka Margasatwa Kappi, Suaka Margasatwa Kluet, Taman Wisata Gurah, dan masih banyak lagi.

Menariknya, taman nasional ini menjadi salah satu situs warisan dunia sesuai ketetapan UNESCO. Jika kamu tertarik untuk berkunjung, datanglah pada bulan Juni hingga Oktober. Pada bulan tersebut, curah hujan cukup rendah sehingga dapat memudahkan kamu saat menjelajahi taman nasional. Nantinya, kamu akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp7.500 untuk wisatawan domestik dan Rp225.000 untuk wisatawan mancanegara.

Pulau Samosir

(Sumber: Shutterstock)

Pulau Samosir merupakan salah satu pulau yang paling populer di Sumatera Utara. Lokasinya yang berada tepat di tengah Danau Toba menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pulau vulkanik ini, mulai dari bertualang di Goa Marlakkop, menyaksikan pertunjukan tari Sigale-gale, berkeliling Museum Huta Bolon Simanindo, hingga menikmati keunikan Batu Parsidangan.

Terdapat tiga jalur perairan Danau Toba yang bisa kamu pilih untuk menuju Pulau Samosir, yaitu melalui Pelabuhan Ajibata ke Pelabuhan Tomok, Tigaras menuju Simanindo, dan melalui Muara menuju Nainggolan. Khusus rute Muara – Nainggolan, hanya bisa kamu lalui pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Umumnya, seluruh rute menggunakan akomodasi feri dengan kisaran harga tiket Rp90.000 Rp100.000.

Danau Toba

(Sumber: Shutterstock)

Sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, Danau Toba menjadi salah satu objek wisata yang tak boleh kamu lewatkan di Sumatera Utara. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari melihat situs sejarah, mengunjungi rumah adat Batak, hingga mengelilingi Desa Tuktuk Siadong-adong.

Untuk menuju Danau Toba, kamu perlu menempuh 5 jam berkendara dari pusat Kota Medan. Tersedia pula berbagai moda transportasi yang bisa kamu pilih, seperti kendaraan pribadi atau sewa, bus, maupun kereta api. Tak perlu khawatir kekurangan waktu untuk menikmati seluruh pesona Danau Toba, karena kamu bisa bermalam di berbagai penginapan yang tersedia di sekitar danau.

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

(Sumber: @kennedi_sembiring)

Sejak diresmikan pada 14 Mei 1999, Rahmat International Wildlife Museum and Gallery menjadi tempat wisata edukasi populer di Sumatera Utara. Museum ini menyimpan beragam koleksi binatang liar yang diawetkan dari hasil perburuan seluruh penjuru dunia. Meski begitu, seluruh hasil buruan tersebut sudah melalui conservation by utilization (standar perburuan satwa liar dunia).

Terdapat lebih dari 2.000 macam satwa yang bisa kamu temukan di tempat ini. Salah satunya kelompok African Big Five, yang terdiri dari lima mamalia terbesar Afrika yaitu gajah, badak putih, banteng, singa dan macan tutul. Tertarik untuk mengunjunginya? Kamu bisa menuju Jalan Letjend S. Parman No 309, Medan untuk melihat seluruh koleksi tersebut. Museum ini buka setiap Selasa Minggu pukul 09:00 17:00.

Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

(Sumber: @jendela_negeri)

Bagi pencinta olahraga air, Pantai Sorake dan Pantai Lagundri di Sumatera Utara adalah lokasi wisata yang perlu kamu kunjungi. Pasalnya, kedua pantai tersebut telah dinobatkan sebagai spot surfing terbaik di dunia. Tak jarang, kedua pantai ini digunakan sebagai lokasi kejuaraan surfing tingkat nasional maupun internasional, salah satunya adalah Nias Open.

Kondisi gulungan ombak yang panjang membuat aksi surfing semakin menantang. Konon, posisi pantai yang menghadap langsung Samudera Hindia membuat kondisi ombak cukup tinggi hingga mencapai 7 – 10 meter. Umumnya, para peselancar dari berbagai negara berkunjung sekitar bulan April hingga September. Jika tertarik untuk mencobanya, kamu bisa menuju Kabupaten Nias Selatan, tepatnya 12 km dari Teluk Dalam.

Green Hill City

(Sumber: @hillpark.sibolangit)

Alternatif wisata lain yang patut kamu kunjungi selama di Sumatera Utara adalah Green Hill City. Sebenarnya, Green Hill City merupakan salah satu kawasan perumahan elite di Sibolangit, Deli Serdang. Namun, kamu bisa menemukan berbagai wahana bermain dan hiburan keluarga di kawasan ini. Mulai dari roller coaster, kincir raksasa, hingga bioskop 4D adalah beberapa wahana yang bisa kamu coba.

Jika tertarik untuk mencobanya, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp10.000 per orang sebagai tiket masuk atau Rp45.000 per orang sebagai tiket terusan. Tak perlu khawatir akan kepanasan, pasalnya lokasi Green Hill City berdekatan dengan Gunung Sibayak yang membuat udara di sini cukup sejuk. Jadi, tunggu apalagi?

Funland Mikie Holiday Resort & Hotel

(Sumber: @adinasafitrii)

Funland Mikie Holiday adalah sebuah taman bermain yang berada di Jalan Letjend. Jamin Ginting, Sempajaya, Berastagi. Tempat wisata yang selalu ramai di akhir pekan ini memiliki berbagai wahana menarik, mulai dari Volcano, Twister, The Scream, Sky Bike, dan masih banyak lagi. Ada pula berbagai fasilitas pendukung yang bisa kamu manfaatkan, seperti gazebo, area parkir, hingga kedai makanan.

Jika tertarik untuk berkunjung, kamu bisa datang pukul 09:30 18:00. Nantinya, kamu perlu membayar tiket seharga Rp100.000 untuk bisa menikmati seluruh wahana yang ditawarkan. Agar kegiatan bermain semakin nyaman, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman ya. Dengan begitu, kedatangan kamu di Funland akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Bukit Gundaling

(Sumber: @agusadityap)

Ingin melihat pesona sunrise dan sunset di Sumatera Utara? Datanglah ke Bukit Gundaling di Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Karo. Memiliki ketinggian 1.575 mdpl, bukit ini menyajikan pesona Kota Berastagi dari ketinggian. Lokasi inilah yang membuat Bukit Gundaling cocok sebagai lokasi melihat matahari terbit dan terbenam. Jika beruntung, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Sibayak dan Sinabung saat cuaca cerah.

Ada berbagai cara yang bisa kamu tempuh untuk menuju puncak bukit, yaitu berjalan kaki, menunggang kuda, ataupun menggunakan delman. Meski merupakan alam terbuka, Bukit Gundaling sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti kedai makanan, toilet, hingga toko oleh-oleh.  Cukup menarik, bukan?

Cagar Alam Sibolangit

Photo credit: @makaffahtravel (Instagram)

Tempat wisata di Sumatera Utara lainnya adalah Cagar alam Sibolangit. Wisata alam ini masih berada satu kawasan dengan Taman Wisata Sibolangit. Sesuai fungsinya sebagai cagar alam, di sini kamu bisa menemukan beragam flora dan fauna langka. Mulai dari pohon angsana, sono kembang, meranti, durian hutan, hingga hewan langka seperti lutung adalah beberapa habitat yang dilindungi di Cagar Alam Sibolangit.

Lokasinya yang berada di Jalan Letjend Jamin Ginting KM 38, Batu Layang, Sibolangit ini memiliki akses yang cukup mudah. Setidaknya, kamu perlu menempuh jarak 40 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Medan. Jika tertarik mengunjunginya, kamu perlu meminta izin terlebih dahulu dengan pengelola setempat. Tak hanya itu, kamu juga harus menyiapkan kondisi fisik agar bisa mengelilingi cagar alam seluas 100 hektar ini.

Danau Lau Kawar

(Sumber: @kennedi_sembiring)

Danau Toba nyatanya bukan satu-satunya wisata danau di Sumatera Utara. Masih ada Danau Lau Kawar, salah satu danau di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) yang patut kamu kunjungi. Berada di ketinggian 2.451 mdpl, membuat udara di kawasan ini cukup sejuk. Tak hanya itu, lokasinya yang tepat berada di bawah kaki Gunung Sinabung membuat air Danau Lau Kawar amat jernih dan sejuk.

Menariknya, kamu bisa mendirikan tenda di area yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Namun, tersedia pula pendopo yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat sejenak sembari menikmati kesejukan udara sekitar. Datanglah ke kawasan Karo, Berastagi untuk melihat pesona Danau Lau Kawar. Kamu hanya perlu menempuh 3 jam berkendara dari pusat Kota Medan.

Masjid Raya Medan

(Sumber: @siposma)

Bagi yang tertarik dengan wisata religi di Sumatera Utara, Masjid Raya Medan tentu tak boleh kamu lewatkan.  Masjid terbesar yang dibangun oleh Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam ini memiliki luas bangunan sekitar 5.000 meter persegi. Masjid ini menjadi tempat ibadah paling megah dengan desain bangunan berbentuk persegi delapan yang dilengkapi empat serambi utama. Ada pula pilar berdiameter 0,6 meter yang menyokong kubah utama masjid.

Kini, masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Raya Al-Mashun ini telah berusia lebih dari satu abad. Tak heran, jika masjid mendapat predikat sebagai salah satu bangunan tertua di Kota Medan. Langsung saja menuju Jalan Sisingamangaraja, Medan, untuk melihat kemegahan Masjid Raya Medan!

Rumah Tjong A Fie

(Sumber: @momotan10)

Ingin berwisata sejarah?  Datanglah ke Rumah Tjong A Fie di Jalan Jendral Ahmad Yani No 105, Kesawan, Medan Barat. Tjong A Fie dikenal sebagai seorang dermawan kaya raya pada masa pemerintahan Kesultanan Deli zaman penjajahan Belanda. Kediaman ini memiliki desain arsitektur khas Tiongkok yang kini menjadi salah satu tempat wisata populer di Sumatera Utara.

Di rumah ini, pengunjung bisa mengetahui sejarah kehidupan Tjong A Fie melalui foto-foto yang terpampang di dinding rumah. Ada pula pajangan lukisan dan perabot rumah kuno yang amat menarik perhatian. Untuk mengelilingi rumah Tjong A Fie, kamu perlu membayar biaya retribusi Rp35.000 bagi wisatawan umum dan Rp20.000 untuk pelajar.

Sipinsur

(Sumber: @sohifuddinsohib)

Ingin melihat pesona Danau Toba dari sisi yang berbeda? Kamu bisa mengunjungi Sipinsur, Desa Paerung, Humbang Hasundutan. Terletak di kawasan dataran tinggi Humbang Hasundutan, Sipinsur memiliki ketinggian 1.213 mdpl. Di sini, kamu bisa melihat pesona Danau Toba dari ketinggian. Tak jarang, para fotografer memilih lokasi ini untuk mengabadikan lanskap danau terbesar di Asia Tenggara tersebut.  

Jika tertarik, cobalah datang di waktu senja. Di waktu tersebut, kamu bisa melihat pesona Danau Toba berlatar belakang langit oranye. Setelah puas menikmati pesona alamnya, kamu bisa turun ke rumah warga untuk mencicipi hidangan mie gomak khas Sipinsur secara gratis. Mie gomak sendiri merupakan mi berbahan dasar telur dan tepung yang disajikan bersama kue beras dengan kuah yang kaya cita rasa rempah. Penasaran coba kelezatan kuliner ini?

Kebun Raya Tongkoh

(Sumber: @maiyahpasaribu)

Masih ada tempat wisata menarik di Sumatera Utara lainnya, yaitu Kebun Raya Tongkoh. Objek wisata ini menjadi lokasi penangkaran berbagai tanaman hias dan buah. Mulai dari kebun markisa, jeruk khas Berastagi, hingga kebun stroberi bisa kamu temukan di sini. Tak sekadar berkeliling, kamu pun bisa memetik buah dan tanaman untuk dinikmati maupun dijadikan cendera mata.  

Di kebun seluas 25,97 hektar ini kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Sinabung yang amat cantik. Tertarik untuk mengunjunginya? Kamu bisa menuju Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Karo. Saat berkunjung, kamu harus gunakan pakaian hangat mengingat kondisi udara Kebun Raya Tongkoh yang cukup dingin.

Muara Tapanuli Utara

(Sumber: @zainipohann)

Jika dari Kota Parapat kamu hanya bisa menikmati Danau Toba dari tepi pantainya, maka di Muara Tapanuli Utara, keindahan danau tersebut terpampang jelas di depan mata. Muara sendiri merupakan sebuah kota kecil yang dikelilingi perbukitan. Untuk menuju kawasan ini, kamu bisa menuju Desa Hutanagadong, Tapanuli Utara.  

Selain menyaksikan pesona Danau Toba, kamu bisa melihat sisi lain Kota Muara dengan mengunjungi Desa Bakti Raja. Konon, desa ini merupakan tempat asal pahlawan nasional Indonesia, Raja Sisingamangaraja XII. Hal tersebut bisa kamu buktikan dari berbagai sisa objek kerajaan di masa lampau.

Pantai Pandan

(Sumber: @chrismarre)

Pesona pantai Sumatera Utara tentu tak bisa kamu anggap sepele. Salah satu yang paling populer adalah Pantai Pandan di Desa Pandan, Tapanuli Tengah. Pantai ini terkenal dengan pesona pasir putih dan air laut yang begitu jernih. Di sini, kamu bebas bermain air maupun berenang karena kondisi ombak yang cukup tenang.

Meski masih tergolong sepi akan pengunjung, pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, kedai makanan, hingga penginapan. Jika sempat mengunjunginya, cobalah untuk datang pada sore hari. Di waktu tersebut, kamu bisa menyaksikan momen sunset yang terkenal amat cantik di Pantai Pandan.

***

Jadi, apakah kamu sudah menentukan tujuan wisata selama di Sumatera Utara? Berbagai tempat wisata tersebut tentu akan menambah seru liburan kamu selama di tanah Batak ini. Mengingat banyaknya tempat wisata di Sumatera Utara, sebaiknya lakukan persiapan liburan secara matang. Dengan begitu, kamu bisa menikmati setiap sudut Sumatera Utara dengan menyenangkan!

20 Shares
Share20
Pin
Share
Tweet
+1