15 Pantai di Sukabumi yang Tersembunyi Indah

15 Pantai di Sukabumi yang Tersembunyi Indah

Sukabumi adalah kota destinasi wisata di Jawa Barat yang kini semakin ramai pengunjung. Kota Sukabumi bisa ditempuh sekitar 4  – 5 jam dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Kebanyakan wisatawan datang ke Sukabumi untuk menyaksikan keindahan Pantai Pelabuhan Ratu.

Selain Pantai Pelabuhan Ratu, ternyata masih ada banyak pantai yang tak kalah indahnya di Sukabumi. Beberapa pantai masih belum banyak diketahui wisatawan karena letaknya yang tersembunyi. Oleh karena itu, kamu wajib berkunjung ke 15 pantai di Sukabumi yang tersembunyi ini agar bisa lebih dulu menikmati dan memamerkan “surga” yang belum banyak diketahui orang:

Pantai Amandaratu

(Sumber: @miss.putriani)

Pantai Amandaratu dinamakan sesuai dengan vila lokasi pantai ini berada, yaitu Amandaratu Resort. Pantai ini terletak di Jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar. Kamu disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi jika menuju pantai ini karena belum tersedianya kendaraan umum yang memadai.

Pantai Amandaratu sedikit mirip Tanah Lot di Bali karena adanya sebuah pulau kecil di tengah perairan. Jika ingin menikmati pantai lebih lama, kamu bisa bermalam di Amandaratu Resort. Penginapan di Sukabumi ini menawarkan pemandangan pantai yang indah dan fasilitas gazebo untuk bersantai. Kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam dari tempat ini.

Pantai Batu Naga

(Sumber: @uut_uthe)

Penyebutan pantai ini berasal dari nama Batu Punggung Naga atau dikenal Batu Naga. Batu Punggung Naga adalah batuan berbentuk duri hasil sedimentasi batu berusia jutaan tahun di Ciletuh Palabuhanratu Geopark. Kawasan Batu Naga kerap dikunjungi oleh peneliti, wisatawan, dan mahasiswa dengan berbagai macam tujuan.

Di samping batu unik dan bersejarah yang menarik banyak orang, Pantai Batu Naga juga kerap menjadi tujuan wisata. Selain bermain air dan menikmati pemandangan matahari terbenam, banyak wisatawan mengambil foto lanskap dan swafoto di sini.

Pantai Cibangban

(Sumber: @selindasr)

Ingin menikmati waktu liburan dengan mengunjungi pantai yang sepi? Kalau begitu, kamu harus ke Pantai Cibangban. Pantai ini berjarak 10 km dari Pantai Pelabuhan Ratu, sehingga bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Pantai Cibangbang memiliki air laut jernih dan pasir hitam keabu-abuan, dan ombak kecil. Oleh karena itu, pantai di Sukabumi aman untuk anak-anak bermain air maupun orang dewasa yang ingin berenang. Usai beraktivitas di pantai ini, kamu bisa membersihkan diri di toilet yang sudah disediakan pengelola.

Pantai Cicaladi

(Sumber: @sukabumi_lovers)

Pantai Cicaladi atau yang juga dikenal sebagai Pantai Karang Bolong terletak di Desa Sukatani. Pantai di Sukabumi ini berada sekitar 30 km dari Ujung Kulon. Bila ingin berkunjung, kamu sebaiknya datang pada pagi hari karena air laut belum pasang.

Pantai Cicaladi memiliki bukit rerumputan yang luas, karang bolong, dan tebing tinggi. Di sini, wisatawan dilarang berenang karena ombak sangat tinggi bisa mencapai 15 meter dari permukaan laut. Meski begitu, kamu masih bisa duduk di tepi pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam sambil berfoto sepuasnya.

Pantai Cikembang

(Sumber: @windiawulandari)

Pantai Cikembang berada di lokasi tersembunyi, yaitu di Pasir Biru, Cisolok. Perjalanan ke Pantai Cikembang dari Pelabuhan Ratu memerlukan sekitar 40 menit dengan kendaraan pribadi. Kamu akan melewati perkampungan nelayan Cikembang, yang merupakan pintu masuk Pantai Cikembang.

Banyak peselancar pemula datang ke Pantai Cikembang untuk berlatih karena ombaknya yang bersahabat. Pantai di Sukabumi ini juga teduh karena dikelilingi banyak pohon rindang. Yang menjadikan pantai ini indah adalah adanya gua karang dan air laut berwarna biru jernih. Jika ingin menikmati hidangan laut dan kelapa segar, kamu bisa mendapatkannya di perkampungan nelayan.

Pantai Cimaja

(Sumber: @sukabumi_lovers)

Salah satu pantai di Sukabumi yang terletak tak jauh dari Jakarta adalah Pantai Cimaja. Pantai yang berada di Desa Cimaja, Cikakak ini bisa kamu tempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 3 jam perjalanan. Biaya masuk ke Pantai Cimaja hanya Rp5.000 per orang.

Di sepanjang Pantai Cimaja, kamu akan menjumpai batu kali berukuran kecil dan sedang yang menarik untuk dijadikan spot berfoto. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk berselancar karena ombaknya yang cukup besar. Usai berwisata air, kamu bisa menikmati hidangan di warung sekitar pantai dan berbelanja di toko suvenir.

Pantai Cipanarikan

(Sumber: @lovelnaryy)

Akses ke Pantai Cipanarikan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua karena kontur jalanan yang berlumpur dan berlubang. Jarak dari Pelabuhan Ratu ke Pantai Cipanarikan sekitar 90 km. Jarak yang cukup jauh ini menyebabkan pantai ini sepi pengunjung. Bagi yang bersungguh-sungguh ingin ke sini, kamu akan disuguhkan keindahan alam yang luar oleh Pantai Cipanarikan.

Pantai Cipanarikan adalah tempat bertemunya aliran Sungai Cipanarikan dengan air laut. Sungai ini membentuk sebuah alur membelok sebelum aliran air sungai masuk ke laut, sehingga terbentuk sebuah hamparan pasir halus yang luas. Di sini, kamu bisa berenang di bibir pantai atau sekadar berjemur atau duduk santai menunggu momen matahari terbenam.

Pantai Citepus

(Sumber: @infopalabuhanratu)

Pantai Citepus berada di Jalan Cisolok, Pelabuhan Ratu. Lokasi yang strategis di tepi jalan raya membuat banyak pengunjung singgah di pantai ini untuk sejenak menikmati panorama indah. Pantai Citepus memiliki hamparan pasir putih yang luas dan ombak cukup besar.

Di pantai ini, kamu bisa berenang namun tidak boleh terlalu jauh. Selain itu, kamu bisa menyantap makanan di warung-warung sekitar pantai dan belanja oleh-oleh di toko suvenir. Beberapa fasilitas yang disediakan pengelola adalah musala dan toilet. Bila ingin bermalam, kamu bisa menemukan penginapan murah dengan mudah di kawasan pantai ini.

Pantai Karang Hawu

(Sumber: @adenicholasfirdaus)

Pantai Karang Hawu termasuk salah satu pantai terindah di Sukabumi yang berjarak sekitar 16 km dari Pasar Ikan Pelabuhan Ratu. Tepatnya, pantai ini berada di Jalan Bayan yang menghubungkan Sukabumi dan Banten.

Pantai Karang Hawu memiliki kumpulan batu karang yang menjorok ke laut. Sebelah kiri pantai dipenuhi batu karang dan bukit—lokasi makam seorang penyebar ajaran Islam, Raden Dikudratullah dan Raden Cengkal. Di sisi lain pantai, kamu bisa berenang, memancing, dan duduk santai menikmati pemandangan alam. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai fasilitas, seperti penginapan, tempat makan, dan warung.

Pantai Karang Sari

(Sumber: @lupiarnsh)

Di antara pantai tersembunyi di Sukabumi yang sudah disebutkan, lokasi Pantai Karang Sari adalah yang paling mudah ditempuh. Pantai ini berdekatan dengan Terminal Pelabuhan Ratu. Pantai Karang Sari dilengkapi wahana air, seperti banana boat, boggie board, kayak layar, dan arung gelombang.

Bila kamu suka bermain selancar, pantai ini adalah destinasi yang tepat. Ombak yang cukup tinggi bisa dinikmati para peselencar profesional maupun pemula. Jika merasa lelah selepas beraktivitas di pantai, kamu bisa mengunjungi rumah makan atau menginap di hotel murah sekitar pantai.

Pantai Minajaya

(Sumber: @lestari.d_)

Pantai Minajaya terletak 6 km dari Surade, tepatnya di Pasiripis. Di kawasan pantai ini, terdapat perkampungan nelayan yang bisa kamu kunjungi. Ada banyak hasil laut berupa ikan dan udang segar yang bisa kamu beli di perkampungan nelayan ini. Selain itu, Pantai Minajaya menjadi lokasi pencarian rumput laut dan lobster. Beberapa warga mencari rumput laut untuk dijadikan lauk.

Terlepas dari hasil laut yang melimpah, Minajaya juga memiliki pantai yang unik. Terdapat banyak batu karang yang ditumbuhi rumput laut, sehingga terlihat tepi pantai terlihat kehijauan dari jauh. Pantai Minajaya ramai pengunjung pada sore hari karena ingin melihat pemandangan matahari terbenam yang indah. Selain itu, kamu juga bisa berwisata kuliner dengan membeli ikan bakar lezat yang harganya sangat terjangkau.

Pantai Ombak Tujuh

(Sumber: @shafira88)

Pantai Ombak Tujuh berjarak sekitar 15 km dari Pantai Pangumbahan. Dari pusat kota, kamu memerlukan waktu sekitar 2 jam naik motor untuk sampai Ombak Tujuh. Kamu juga bisa menggunakan kapal dari Ujung Genteng dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Kamu membutuhkan pemandu lokal untuk mencapai pantai ini mengingat lokasinya yang tersembunyi.

Pantai Ombak Tujuh memiliki tujuh gulungan ombak yang datang berurutan menerpa bibir pantai. Rata-rata tinggi ombak tersebut mencapai 6 meter. Dengan kondisi ombak yang tinggi, pantai ini cocok untuk dijadikan spot bermain selancar. Oleh karena itu, meski lokasinya tersembunyi, pantai ini tetap ramai dikunjungi para peselencar lokal maupun mancanegara.

Pantai Panganten

(Sumber: aroundguides.com)

Pantai Panganten atau yang juga disebut Pantai Pamunguan terletak di sisi selatan Pantai Ujung Genteng. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit berkendara dari Jalan Nasional arah Ujung Genteng.

Kata “Panganten” dalam bahasa Sunda berarti pengantin—dua orang. Oleh karena itu, adanya dua pulau kecil yang bentuknya serupa menjadi asal mula nama pantai ini. Selain tempat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam, pantai ini juga cocok dijadikan spot foto lanskap atau foto pre-wedding.

Pantai Pangumbahan

(Sumber: @puttrautha)

Pantai Pangumbahan berada di Gunungbatu, Ciracap. Pantai ini memiliki daya tarik berupa penangkaran penyu. Banyak pengunjung yang datang khusus untuk melihat tukik (telur penyu) yang menetas, lalu dilepaskan ke perairan. Pengunjung juga diperbolehkan untuk ikut dalam pelepasan penyu yang diadakan pada pukul 17:00.

Pantai Ujung Genteng

(Sumber: Shutterstock)

Daerah Ujung Genteng memiliki banyak tempat wisata bahari, mulai dari curug (air terjun kecil), air terjun, hingga pantai. Pantai Ujung Genteng juga termasuk salah satu pantai yang terkenal di Sukabumi, meskipun belum dikunjungi banyak wisatawan. Ada beberapa akses menuju Pantai Ujung Genteng—dari Jakarta, Bandung maupun Banten. Setelah tiba di Sukabumi, kamu akan menuju Surade. Dari Surade, kamu memerlukan waktu 45 menit untuk mencapai Ujung Genteng.

Pantai Ujung Genteng menawarkan pasir putih dengan air yang jernih. Di sini, kamu dapat terlihat ikan-ikan, kepiting kecil, bintang laut, dan rumput laut yang tersebar di banyak batu karang. Bagi yang ingin berenang, kamu disarankan untuk berhati-hati karena ombak di Pantai Ujung Genteng terbilang besar.

Sementara itu, bagi yang ingin sekadar menikmati pemandangan, kamu bisa melihat puing-puing dermaga sisa peninggalan pada zaman Belanda dan mercusuar. Untuk fasilitas kenyamanan, terdapat musala, area parkir, tempat makan, dan penginapan murah yang bisa kamu manfaatkan.

Ternyata, ada banyak pantai di Sukabumi yang tidak kalah indahnya dengan pantai populer di Indonesia lainnya. Kamu hanya perlu ajak keluarga, teman-teman, atau pasangan untuk merencanakan liburan ke pantai-pantai tersembunyi di Sukabumi. Mengingat lokasinya yang belum banyak diketahui wisatawan, tentunya kamu akan memiliki momen liburan yang lebih maksimal—jauh dari keramaian. Selamat liburan anti-mainstream!

7 Shares
Share7
Pin
Share
Tweet
+1