Ayo Liburan ke Solo! Ada Festival Payung Indonesia 2016 di September Ini

Belum ada agenda liburan untuk akhir September? Festival Payung Indonesia 2016 yang diadakan di Solo pada tanggal 23 – 25 September ini bisa jadi pertimbangan. Ini adalah kali ketiga Festival Payung diadakan di lokasi yang sama, yakni Taman Balekambang.

Festival yang berlangsung dari pukul 09:00 – 21:00 ini bertujuan untuk mengenalkan sejarah payung nusantara yang dianggap sebagai salah satu karya seni dan budaya. Melalui festival ini, kamu akan tahu bahwa payung ternyata memiliki keunikan tersendiri di setiap daerah asalnya. Salah satu yang unik adalah payung geulis dari Tasikmalaya. Payung yang sering dianggap sebagai simbol Tasikmalaya ini hanya difungsikan sebagai pelindung sinar matahari saja karena terbuat dari rangka kayu dengan penutup dari kertas bermotif bunga. Selain itu, festival ini juga diramaikan oleh pengrajin payung dari negara tetangga seperti Jepang, Thailand, dan Tiongkok.

Apa saja kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Festival Payung Indonesia 2016?

Festival Payung Indonesia 2016 menghadirkan beragam kegiatan seru yang bisa kamu ikuti dan nikmati. Beberapa kegiatan yang rutin diadakan untuk memeriahkan festival ini di antara lain, workshop budaya, pasar seni, pagelaran fashion, pertunjukan tari, karnaval, lomba foto dan lukis, serta pameran foto. Selain itu, ada juga lomba melukis payung untuk anak-anak.

Di sini, kamu juga bisa mengenal tentang tradisi dan budaya payung di negara lain. Ikuti workshop yang membahas mengenai sejarah dan cara pembuatan payung di berbagai daerah di nusantara dan luar negeri. Karnaval juga bisa menjadi cara menyenangkan untuk mengenal beragam jenis payung dari banyak daerah. Dengan rute Stadiun Manahan – Taman Balekambang, peserta karnaval akan berkeliling dengan berbagai atribut menarik, mulai dari pakaian sampai payung berwarna-warni.

Tempat menarik di sekitar lokasi Festival Payung Indonesia 2016

Selain untuk meramaikan Festival Payung Indonesia 2016, banyak tempat menarik lainnya di sekitar Taman Balekambang yang perlu kamu kunjungi di Solo. Berikut rekomendasi Traveloka:

Keraton Kasunanan Surakarta

Belum sah jika berkunjung ke Solo tanpa mampir ke Keraton Kasunanan Surakarta atau yang juga disebut dengan Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton ini dibangun pada sekitar tahun 1744 dan masih berdiri sampai sekarang. Salah satu landmark wajib kunjung di kota Solo ini terdiri dari bangunan utama keraton, gapura atau pintu gerbang, dan Masjid Agung. Komplek keraton juga diapit oleh dua alun-alun di sebelah kanan dan kirinya.

Di dalamnya, ada sebuah galeri seni yang bisa memuaskan keingintahuanmu tentang sejarah kota Solo dan sekitarnya. Berbagai benda kuno dijadikan koleksi di sini seperti, senjata tradisional, wayang kulit, kereta kencana, dan benda-benda bersejarah lainnya.

Jarak dari Taman Balekambang: 15 menit berkendara

Pasar Klewer

Kesibukan yang disebut pasar klewer "solo punya" 😀 #surakarta #pasarklewer #holiday

A photo posted by Lina (@linautaminingsih) on

Tak harus yang gemar berbelanja, siapa saja bisa datang ke Pasar Klewer di Solo. Konon, Pasar Klewer merupakan pasar tekstil terbesar di Solo. Selain sebagai salah satu pusat perekonomian kota Solo, pasar ini juga menjadi salah satu ikon pariwisata yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

Pasar Klewer menyediakan berbagai barang yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Kamu bisa mendapatkan batik dengan kualitas biasa sampai yang terbaik dan beragam kerajinan tangan cantik. Setelah puas berkeliling pasar, jangan lupa untuk mengisi perut dengan kuliner lezat di sini. Salah satu yang terkenal adalah tengkleng (kambing) Pasar Klewer yang terletak di dekat gapura pasar.

Jarak dari Taman Balekambang: 20 menit berkendara

Ngarsopuro Night Market

Dulu jalan Diponegoro tempat di mana Ngarsopuro Night Market ini berdiri adalah sebuah areal yang nggak tertata. Jalanan ruwet dan macet, sehingga areal ini pun dituding sebagai kawasan yang mencoreng keindahan Kota Solo. Jalan Diponegoro dirombak besar-besaran ketika Pak Joko Widodo menjabat sebagai Walikota Solo di tahun 2008. Pasar Triwindu yang semrawut direnovasi dan jalan Diponegoro disulap menjadi sebuah areal city walk yang lebih menarik. Tidak hanya itu, setiap Sabtu malam seperti sekarang ini, ada sebuah pasar tiban, alias pasar dadakan, yang digelar di sepanjang ruas Jalan Diponegoro dan diberi nama Ngarsopuro Night Market. Dari sini lah pasar malam ini bermula. Mau cari apa aja hampir semuanya ada di sepanjang jalan ini. Tak pelak, area ini menjadi sangat ramai dikunjungi oleh warga kota Solo setiap Sabtu malam. GetLost in Solo sponsored by @nissanid @getlost.magz @nuoceana @santikahotels @optik_melawai . #TOP5GLOTY2016 #getlostinjavawithjuke #getlostoftheyear #nissanjuke #enemyoftheordinary #getlostjavawithjuke #nuoceana #santikahotels #santikaindonesia #GUESS #jalanbarengnadia #exploreSolo #solothespiritofjava #surakarta #kotaSolo #mtmasolo #getlost #travelfreak #pesonaIndonesia #pasarmalam #nightmarket #ngarsopuro

A photo posted by Nadia Iselinni (@nadiaisel) on

Malam minggu di Solo asyiknya ke mana? Jawabannya tentu saja ke Ngarsopuro Night Market alias Pasar Malam Ngarsopuro. Buka mulai pukul 18:00 – 22:00, pasar malam ini selalu dipenuhi pengunjung dari Solo dan luar kota. Di sepanjang Jalan Diponegoro ini, kamu bisa bebas berkeliling stand UKM yang menjual beragam batik, kerajinan, dan makanan enak.

Menariknya lagi, kamu bisa menyaksikan pertunjukan musik secara live. Pertunjukan musik mulai dari keroncong, jazz, etnik, sampai akustik. Biasanya, yang mengisi pertunjukan ini adalah para mahasiswa di Solo dan sekitarnya.

Jarak dari Taman Balekambang: 15 menit berkendara

Bagaimana? Tertarik untuk datang ke Solo di September ini? Selain meramaikan Festival Payung 2016, ingat, kamu juga bisa mengunjungi beragam tempat wisata asyik lainnya di Solo. Untuk penerbangan ke Solo dengan harga murah dan hotel ciamiknya, kamu tak perlu khawatir. Traveloka selalu memberikan banyak pilihan untukmu. Tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburanmu ke Solo!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1