15 Wisata Kuliner di Solo Ini Punya Cita Rasa Istimewa

Selain wisata budaya dan alam, Solo merupakan pusat kuliner khas. Di setiap sudut kota, ada banyak penjaja kudapan hingga makanan tradisional. Oleh karena itu, sempurnakan liburan kamu di Solo dengan tak berkeliling kota untuk wisata budaya dan alam saja, melainkan berburu kulinernya juga.

Dari sekian banyak tempat kuliner di Solo, ada beberapa warung atau tempat makan yang sudah terkenal sejak puluhan tahun. Tempat tersebut sudah menjadi spot kuliner favorit para wisatawan maupun warga lokal. Selain tempatnya nyaman, hidangan yang disajikan pun memiliki cita rasa yang istimewa. Daripada penasaran, Traveloka akan berikan rekomendasi 15 wisata kuliner di Solo yang patut kamu coba!

Serabi Notosuman

Lama nggak makan jajanan ini…

A post shared by Yoyon Triyono (@yoyon_triyono) on

Ada yang kurang lengkap jika ke Solo belum mencicipi Serabi Notosuman. Sebenarnya, di kota ini ada banyak penjual serabi, namun yang paling terkenal adalah Serabi Notosuman. Penamaan “Notosuman” diambil dari nama Jalan Notosuman, yang sekarang diganti menjadi Jalan M. Yamin.

Begitu terkenal, jajanan tradisional ini menjadi oleh-oleh khas Solo favorit para wisatawan. Tak seperti serabi pada umumnya (berbentuk bulat), serabi milik Notosuman digulung dan dibungkus dengan daun pisang. Serabi Notosuman legit dengan tekstur yang kenyal dan lembut. Rasanya semakin lezat jika dinikmati selagi hangat. Untuk mencicipi serabi ini, datang saja ke Jalan M. Yamin.  

Selat Solo Mbak Lies

Selat mbak lies #solo

A post shared by dilinovkamarullah (@d1l1_super) on

Selama ini, gado-gado selalu dianggap sebagai salad orang Indonesia. Tapi, apakah kamu tahu bahwa Solo juga memiliki makanan khas yang menyerupai salad? Penyebutan “selat solo” berasal dari kata “selat” yang merupakan turunan dari kata “slaatje” dalam Bahasa Belanda yang berarti salad.

Salah satu selat solo yang terkenal lezat bernama Selat Solo Mbak Lies di Jalan Veteran, Gang Yudistira II No 4. Selat Solo Mbak Lies memiliki dua varian, yaitu selat bistik dan selat galatin (rolade daging). Seporsi selat bistik berisi banyak daging sapi iris yang empuk. Selain itu, ada juga potongan kentang goreng, telur pindang, selada dan buncis rebus, serta acar bawang yang kemudian disiram kuah gurih dan segar.

Jika ingin mencicipi kenikmatan Selat Solo Mbak Lies, warung yang dirintis sejak 1987 ini letaknya berada di dalam gang perumahan. Warung selat ini merupakan rumah Mbak Lies yang diubah menjadi warung, sehingga suasana warung penuh dengan perabotan rumah tangga dan koleksi barang antik, seperti keramik, guci, piring-piring porselen, dan lainnya.

Nasi Soto Gading

Soto gading 😍😍😍 #sotogadingsolo #sotogading #solo #soto #kulinersolo #solodelicius

A post shared by Atina Damayanti (@atina_ks) on

Selain serabi dan selat, kuliner yang wajib kamu coba adalah Nasi Soto Gading. Soto Gading berisi nasi putih, sohun, ayam kampung suwir, dan kentang yang kemudian disiram kuah bening gurih. Kamu akan semakin lahap menyantap soto ini dengan tambahan lauk, seperti sate daging, sate usus, sate telur puyuh, sosis Solo, hati, ampela, tempe dan tahu goreng, serta perkedel.

Nama “Gading” sendiri diambil dari nama lokasi warung soto yang berada di kawasan Gading Kidul, atau tepatnya di Jalan Brigjen Sudiarto No 75. Jika ingin mencobanya, Nasi Soto Gading cocok disantap untuk sarapan.

Timlo Sastro

#solo #culinary #timlo #timlosastrosolo #timlosastro ahkirnya kesampean 😍😍😍

A post shared by Andreas Krishnaputra (@dr_andreas16) on

Ingin mencari sarapan yang enak selain Nasi Soto Gading? Coba saja seporsi timlo! Timlo adalah sejenis sup berkuah kaldu bening dengan isi daging ayam suwir, potongan telur pindang, hati dan ampela, serta sosis Solo. Saat akan dinikmati, timlo bisa disantap polos dengan nasi putih atau disajikan bersama sambal dan perasan jeruk nipis.

Salah satu tempat makan yang terkenal menyajikan timlo lezat adalah Timlo Sastro. Tak sulit menemukan warung sederhana ini karena letaknya berada di perempatan Jalan Pasar Gede. Jika kamu bertanya ke warga lokal, nama “Timlo Sastro” tidak terlalu dikenal. Timlo Sastro justru lebih dikenal dengan sebutan “Timlo Mbalong” karena lokasi Pasar Gede berada di Kampung Balong.

Gudeg Ceker Bu Kasno

Gudeg Ceker Bu Kasno (Sumber: Youtube-Official NET News)

Menikmati gudeg rupanya tak melulu harus pergi ke Yogyakarta. Di Solo, ada satu penjual gudeg legendaris bernama Gudeg Ceker Bu Kasno yang hanya buka pada dini hari. Meskipun buka di saat jam tidur, jangan kaget bila kamu mendapati pemandangan orang berdesak-desakan dalam kerumunan antre memesan nasi gudeg.

Jika kamu sedang berkunjung ke Solo dan merasa kelaparan tengah malam, mampir saja ke Gudeg Ceker Bu Kasno. Tempat gudeg ceker milik Bu Kasno berada di Jalan Monginsidi. Meski bernama asli “Gudeg Ceker Bu Kasno”, warung ini lebih dikenal dengan nama “Gudeg Ceker Margoyudan” karena terletak di kawasan Margoyudan.

Sesuai namanya, gudeg ceker menjadi menu andalan di Gudeg Ceker Bu Kasno. Ceker yang dimasak dengan bumbu gudeg ini rasanya sangat lezat dengan tekstur ceker yang lunak. Selain itu, rasanya pun gurih sehingga berbeda dengan gudeg Jogja. Dijamin kelezatan gudeg ini akan membuat kamu yang mengantuk menjadi segar kembali!

Nasi Gudeg Mbak Yus

Selain Gudeg Bu Kasno, ada pula Nasi Gudeg Mbak Yus yang sangat terkenal di Solo. Gudeg Mbak Yus berupa warung tenda yang ada di Jalan R.A. Kartini. Salah satu kuliner malam di Solo ini juga banyak diminati warga lokal maupun luar kota. Jika ingin mencobanya, datanglah di saat warung gudeg ini baru buka (pukul 21:00) agar tak antre lama.

Menu andalan Nasi Gudeg Mbak Yus adalah nasi dan bubur gudeg. Nasi gudeg di warung Mbak Yus berisi nasi, ayam dan tahu opor, telur pindang, krecek, dan serta gudeg nangka. Sementara itu, bubur gudeg berisi lauk yang sama dengan nasi gudeg hanya saja nasi diganti dengan bubur kental (mirip jenang/dodol) dan diberi kuah opor.

Soal rasa, daging ayamnya empuk dan gurih sedikit manis. Begitu pula dengan telur pindang dan gudeg nangka, rasanya pas. Jangan lupa pula tambahkan sambal terasi agar nasi dan bubur gudeg ini semakin lezat.

Angkringan dan Wedangan Omah Lawas

Solo disebut sebagai pelopor angkringan yang kini banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia. Oleh karena itu, jangan beranjak dari kota ini sebelum mencicipi hidangan angkringan yang khas. Mampirlah ke Angkringan dan Wedangan Omah Lawas yang merupakan salah satu HIK (Hidangan Istimewa ala Kampung) yang terkenal di Solo. Letaknya dekat dari Stasiun Balapan Solo, di Jalan Supomo No 55.

Tak seperti kebanyakan warung angkringan yang menggunakan gerobak dorong dan berjualan di pinggir jalan, Omah Lawas justru berkonsep modern dan menempati sebuah rumah tua bergaya kolonial. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai lauk dan kudapan, seperti nasi kucing, nasi teri, sate usus, tempe bacem, sate telur puyuh, hati dan ampela, sosis Solo, serta lainnya.

Tak perlu khawatir dengan makanan yang sudah dingin, kamu bisa minta pelayan untuk memanaskannya lagi dengan cara dibakar di atas arang. Untuk minuman, kamu bisa menikmati aneka wedang seperti teh jahe, teh manis, wedang uwuh, bandrek, jahe susu, kopi jahe, dan sebagainya.

Sate Kambing Hj. Bejo

Warung sate milik Bu Hj. Bejo sudah terkenal di seluruh wilayah Solo. Berlokasi di Jalan Sungai Sebakung No 1, Kedung Lembu, Pasar Kliwon, warung ini menyajikan aneka makanan berbahan dasar daging kambing, seperti sate, tongseng, gulai, tengkleng, dan sate buntel. Jika ingin mencobanya, kamu harus sedikit bersabar karena harus antre saat waktu makan siang.

Warung sate Bu Hj. Bejo terkenal dengan sate kambing yang empuk dan beraroma khas. Selain itu, sate buntel Bu Hj. Bejo juga menjadi menu andalan lain di sini. Sate buntel merupakan sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing, lalu dibuntel (dililit) pada lidi dan kemudian dibakar. Rasanya sangat gurih!

Tahu Kupat Solihin

#tahukupatsolihin#solo

A post shared by Mylifestory (@jing_jing9) on

Mendengar nama “tahu kupat” mungkin kamu langsung berpikir tentang salah satu makanan khas Bandung. Meski namanya sama, rasa dan penyajian kupat tahu di Solo berbeda. Seporsi tahu kupat berisi potongan tahu goreng, ketupat, bakwan, mi kuning, kol, dan kacang goreng, lalu disiram kuah kacang bercampur kecap. Makanan khas ini akan semakin lezat jika disantap bersama kerupuk gendar.

Salah satu tempat terkenal yang menawarkan tahu kupat enak adalah Warung Sido Mampir. Namun, karena terletak dekat Masjid Solihin yang berada di Jalan Gadjah Mada No 95, maka warung ini lebih dikenal dengan nama “Tahu Kupat Solihin”.

Bakmi Jawa Radjiman

Bakmi Jawa Radjiman (Sumber: www.publik.id)

Di sepanjang Jalan Dr. Radjiman, ada banyak penjaja kuliner khas Solo. Salah satunya adalah Bakmi Jawa Spesial Anglo yang terkenal dengan menu bakmi jawa godog (rebus) dan goreng yang lezat. Yang menjadikan Bakmi Jawa Radjiman istimewa adalah cara memasaknya yang masih menggunakan anglo (tungku) dari tanah liat dan arang untuk menciptakan cita rasa yang istimewa.

Meski namanya “bakmi jawa”, kedai yang satu ini juga menawarkan kuliner khas Solo lainnya, seperti bestik Solo (sejenis selat) dan nasi mawut (olahan nasi goreng yang dicampur mi, sayuran, dan daging iris). Banyaknya pilihan menu dapat memudahkan kamu mencari alternatif jika tak suka dengan makanan tertentu.

Nasi Liwet Bu Sarmi

#nasiliwetbusarmi #surakarta

A post shared by maureen chialendra (@maureen.chialendra) on

Sebagai salah satu kuliner asli Solo, banyak penjaja nasi liwet yang enak di sudut kota. Namun supaya kamu tak salah pilih, Nasi Liwet Bu Sarmi menjadi salah satu nasi liwet kaki lima paling enak di Solo. Meskipun menu lauk nasi liwet yang dijual Bu Sarmi sederhana, rasanya luar biasa enak!

Nasi Liwet Bu Sarmi bisa kamu temukan di Jalan Kapten Mulyadi, Lojiwetan. Tempat makan ini buka sekitar pukul 17:00. Jika ingin menikmati kelezatan nasi liwet ini, datanglah sebelum jam makan malam agar terhindar dari ramainya pengunjung di warung milik Bu Sarmi.

Nasi Pecel Grogol

Nasi Pecel Grogol (Sumber: www.ngenetyuk.com)

Di Jalan Solo-Sukoharjo, Madegondo, Grogol ada rumah makan sederhana yang selalu dipenuhi pengunjung karena menyajikan nasi pecel madiun yang lezat. Satu porsi Nasi Pecel Madiun Grogol berisi nasi yang dicampurkan aneka sayuran rebus, lalu disiram dengan bumbu kacang yang gurih. Selain itu, rasa pedas dari bumbu kacang menjadi ciri khas kuliner ini.

Selain nasi pecel, nasi kuning juga menjadi menu favorit pengunjung. Seporsi nasi kuning berisi sambal kentang hati ampela, orek tempe, irisan telur dadar, dan sambal. Dijamin, sepiring nasi kuning akan membuat perut kenyang hingga jam makan berikutnya.

Dawet Telasih Bu Dermi

Siapa yang tak kenal es dawet? Jajanan legendaris ini cocok untuk menyegarkan dahaga di tengah teriknya cuaca Kota Solo. Untuk mendapatkan es dawet, datanglah ke Pasar Gede. Di pasar ini, ada banyak kedai yang menjual dawet enak. Namun, ada satu kedai yang selalu ramai pengunjung, yaitu Dawet Telasih Bu Dermi.

Di kedai dawet ini, kamu bisa menikmati semangkuk es dawet yang berisi tapai ketan, cendol hijau, jenang sumsum, biji selasih, gula cair, dan kuah santan. Begitu dicicipi, rasa kuah manis berpadu dengan jenang sumsum yang gurih akan menciptakan cita rasa nikmat di mulut.

Tengkleng Pak Manto

Semangaaaaat… #tengklengpakmanto #solo #surakarta #kuliner #indonesia

A post shared by Fajar Muhamad (@fajar.muhamad.666) on

Tengkleng (sup dengan bahan utama tulang kambing) merupakan salah satu makanan khas di Solo. Tengkleng Pak Manto menjadi tempat makan favorit bagi pencinta daging kambing karena adanya menu sumsum tulang kambing rica-rica. Tengkleng yang disajikan dengan bumbu rica-rica, tentu akan menambah selera makan bagi penggemar hidangan pedas.

Untuk mencoba cita rasa istimewa masakan ini, datanglah ke warung sederhana Pak Manto yang terletak di Jalan Honggowongso No 36. Warung ini buka pukul 07:00, sehingga bisa menjadi menu “sarapan berat”.

Sate Kere Yu Rebi

Makaan 😋😋 #satekereyurebi #solo #kulinersolo #happytummy #rioputri

A post shared by Putri Mega (@putrim3ga) on

Kata “kere” dalam bahasa Jawa memiliki arti miskin, jadi “sate kere” bisa diartikan sebagai sate miskin. Sate kere terbuat dari campuran tempe gembus (ampas keledai) dan jeroan sapi yang ditusuk, dibakar di atas arang, dan disiram bumbu kacang kental. Meski sederhana, rasa sate kere tetap nikmat dan menjadi kesukaan semua kalangan.

Jika ingin menikmati kuliner khas Solo ini, datang saja ke Sate Kere Yu Rebi di belakang Stadion Sriwedari, tepatnya di Jalan Bhayangkara. Selain sate kere, warung Yu Rebi juga menyediakan aneka sate lainnya, seperti sate daging sapi, babat, torpedo, hati, dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Sudah tak sabar untuk menikmati semua kuliner lezat di atas? Ayo, segera rencanakan liburan ke Solo! Supaya lebih seru, ajak keluarga atau teman-temanmu untuk bersama-sama menikmati berbagai cita rasa istimewa kuliner khas Solo. Semua kuliner legendaris ini tak hanya enak, tetapi juga murah meriah. Bahkan, beberapa di antara sudah menjadi langganan para pejabat hingga artis. Jangan tunggu waktu lebih lama lagi, ya!

3 Shares
Share3
Pin
Share
Tweet
+1