15 Rekomendasi Tempat Nongkrong Kekinian di Solo

15 Rekomendasi Tempat Nongkrong Kekinian di Solo

Terkenal akan kekentalan budaya Jawanya, ternyata tak membuat Solo kalah dari daerah lain, salah satunya urusan kuliner. Saat ini banyak bermunculan tempat nongkrong kekinian yang patut kamu coba. Selain karena tingginya populasi remaja, kehadiran media sosial nyatanya turut menggeser selera beberapa orang, di mana makanan enak tak lagi menarik jika tidak dibalut dengan tempat yang unik dan nyaman.

Buat kamu yang akan berkunjung ke Solo atau sedang berada di Solo, tak ada salahnya untuk mencoba mampir ke beberapa kafe, kedai kopi, ataupun resto populer yang ada. Berikut adalah 15 tempat nongkong di Solo yang wajib kamu kunjungi:

Cafe Tiga Tjeret

(Sumber: @henry_thres)

Berlokasi di Jalan Ronggowarsito No 97, Cafe Tiga Tjeret membawa menu angkringan pinggir jalan ke dalam konsep sebuah kafe. Kafe tiga lantai ini menyajikan menu ala prasmanan, mulai dari nasi oseng kikil, nasi sapi lada hitam, nasi teri, nasi oseng tempe, dan sebagainya. Untuk pendamping, tersedia aneka gorengan, sundukan (sate), serta baceman.

Interiornya sengaja dibuat modern agar memberikan suasana nyaman. Karenanya, Cafe Tiga Tjeret kerap dijadikan tempat nongkrong, kumpul komunitas, ataupun arisan. Jadi, kalau mau nongkrong dengan suasana nyaman dan harga terjangkau, Cafe Tiga Tjeret adalah pilihan yang tepat.

Xocolatl Café & Pastry by Warung Orange

(Sumber: @xocolatl.solo)

Bagi penyuka makanan manis, kamu patut mampir ke Jalan Dr. Radjiman 374, Baron. Ada Xocolatl Cafe & Pastry yang menyajikan aneka dessert, seperti éclair, pastries, croissant, scone, hingga plated desserts. Tak hanya urusan rasa, tampilan seluruh kue pun dibuat amat unik dalam racikan Chef Brian, juara kedua Master Chef Indonesia Season 3.

Ada pula menu utama lainnya, seperti Wagyu Steak & Egg, Salted Caramel Eclair, dan Galette Des Rois. Sebagai pelengkap hidangan makanan, cobalah memesan  Coffee Cube. Minuman andalan Xocolatl Cafe & Pastry ini merupakan es kopi beku dengan campuran susu dingin.  

Tema industrial yang coba dibangun memberikan atmosfer yang nyaman pada kafe. Pemakaian furnitur kayu yang dipadukan dengan dinding berwarna hitam menjadikan nuansa vintage semakin terasa. Kamu dijamin semakin betah dengan tata pencahayaan yang baik demi memperkuat kesan elegan.

EATernity

(Sumber: @prabawhy_)

Kafe yang berada di Jalan Ir. Soekarno 27 ini fokus menawarkan aneka menu ala Amerika dan Italia. Beberapa menu andalan yang menggugah selera adalah Homemade Pasta Capelleti con Gambereti, Japanese Hamburg Gratin, dan Pizza Flammkunchen yang cocok disantap saat makan siang maupun malam.

EATernity terdiri dari bangunan dua lantai yang bergaya industrial. Di lantai 1, dinding, langit-langit, dan lantainya diberikan sentuhan unfinished sehingga membangun kesan menarik. Beberapa bagian temboknya juga dihiasi mural dan pajangan yang unik. Sedangkan di lantai 2, kamu akan melihat ornamen serba kayu yang dipadukan dengan dinding merah.

Ndoro Donker

(Sumber: @fitrianaaw_)

Jika ingin menikmati suasana minum teh yang nyaman, kamu bisa ke Ndoro Donker di Jalan Afdeling Kemuning No 18. Ada beragam jenis teh yang bisa kamu coba, mulai dari white tea, lavender tea, osmanthus tea, camomile tea, english breakfast, dan masih banyak lagi. Seluruhnya disajikan dalam sebuah teko, sehingga bisa dinikmati bersama.

Dalam bahasa Jawa, kata “ndoro” merupakan sebuah panggilan yang berarti tuan. Menurut cerita, Ndoro Donker adalah seorang ahli tanaman asal Belanda yang pernah membangun perkebunan teh di Desa Kemuning. Beliau mengabdikan segenap ilmunya kepada masyarakat, sehingga sangat dihormati oleh warga sekitar. Bekas rumah beliau inilah yang kini menjadi kafe populer di Solo.

Spot favorit di Ndoro Donker adalah teras belakang dengan pemandangan kebun teh yang indah. Udara dingin yang dihasilkan lereng pegunungan pun akan membuat suasana minum teh kamu semakin nikmat. Bagi yang lapar, Ndoro Donker juga menyajikan aneka menu makanan seperti iga bakar, kari ayam, pisang panggang, dan sebagainya.

House of Beer

(Sumber: @hob_solo)

House of Beer bisa menjadi alternatif yang seru untuk sejenak ‘melarikan diri’ dari segala aktivitas harian. Suguhan musik setiap malamnya akan membuatmu betah berlama-lama sembari menikmati berbagai menu di sini. Kamu bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 11:00 – 24:00.

House of Beer adalah kafe berkonsep kitchen dan beer garden yang berada di The Park Mall Solo Baru, Ground Floor No 29 30. Interiornya dibuat elegan namun tetap kasual dengan dominasi ornamen kayu pada furnitur, langit-langit, dan lantai untuk memberikan kesan hangat dan nyaman. Kafe ini menyediakan area tempat duduk dalam maupun luar ruangan yang bisa kamu pilih sesuai selera.

O Solo Mio Galleria & Ristorante

(Sumber: @osolomiosolo)

Jangan bingung jika melihat banyak turis asing di O Solo Mio Galleria & Ristorante, karena resto Italia ini berbeda dengan kebanyakan kafe di Solo. Menu piza dan pasta yang ditawarkan terjamin sehat karena tidak mengandung MSG. Tak hanya itu, demi menciptakan cita rasa yang autentik, O Solo Mio Galleria & Ristorante mendatangkan langsung bahan baku masakannya dari Italia.

Mengecap menu Italia di resto ini semakin mengasyikkan karena didukung dengan suasana resto yang berkonsep romantic vintage. Restorannya pun nyaman meski tidak terlalu besar. Jika ingin ke sini, langsung aja datang ke Jalan Sutiwijoyo No 9, Penumping.

Café Librairie

(Sumber: @infini_tarot)

Kalau main ke Banjarsari, kamu akan menemukan sebuah kafe unik bernama Cafe Librairie. Kafe ini memadukan perpustakaan dengan tempat makan, sehingga kamu bisa menikmati hidangan sambil membaca beragam genre buku. Berbeda dengan perpustakaan, di sini kamu bebas mengobrol dengan teman-teman tanpa khawatir mengganggu pengunjung lain.

Cafe Librairie berada di Jalan Lumban Tobing No 2, Setabelan. Kafe dua lantai ini sengaja dibangun layaknya rumah, sehingga akan membuat tamu semakin nyaman. Untuk urusan makanan, kafe ini menawarkan berbagai menu dengan harga terjangkau. Menariknya, Cafe Librairie juga melayani penjualan buku secara online serta membuka kelas kursus bahasa Perancis.

Cold ‘n Brew

(Sumber: @coldnbrew)

Solo juga memiliki banyak kedai kopi dengan interior yang menarik. Salah satunya Cold ‘n Brew yang berlokasi di Jalan Veteran No 136, Pasar Kliwon. Tempat nongkrong satu ini memiliki spesialisasi rainbow coffee art, di mana buih atau foam latte dihias berbagai warna seperti pelangi. Pewarna yang dipakai pun aman karena menggunakan bahan-bahan khusus makanan.

Selain rainbow coffee art, Cold ‘n Brew juga menyediakan olahan kopi lain seperti vietnam dripp, french press, V60, bahkan syphon. Ada pula aneka cake, croissant, muffin, dan roti untuk dijadikan teman ngopi. Nah, agar kunjungan semakin berkesan, jangan lupa untuk abadikan pesanan unikmu ke dalam akun media sosial!

Simply Cook Cafe

(Sumber: @simplycookcafe)

Kamu mencari makanan enak dengan tempat yang menarik? Mampirlah ke Simply Cook Cafe di dekat Universitas Negeri Solo (UNS), tepatnya di Jalan Mojo No 41. Ada berbagai menu makanan dan minuman, mulai dari aneka pasta, mi, pancake, steak, latte, hingga milkshake. Soal harga, Simply Cook Cafe memberikan harga bersahabat yang cocok untuk kantong mahasiswa.

Meski hanya kafe mungil, konsep klasik yang dibangun Simply Cook Cafe membuat suasananya cocok dijadikan tempat nongkrong. Corak batu bata putih pada dinding serta ornamen piringan berwarna-warni di setiap sudut pun membuat tempat ini begitu menarik untuk diabadikan. Makanya, tak heran bila kafe ini tak pernah sepi pengunjung.

Warung Orange

(Sumber: @ishenta)

Menemukan Warung Orange tidaklah sulit karena bangunan berwarna oranye ini cukup mencolok perhatian. Namun, kamu akan melihat suasana berbeda saat masuk ke dalam kafe, yakni interior bergaya vintage. Perpaduan ubin bermotif bunga, pajangan dinding antik, hingga corak batu bata pada dinding berhasil membangun kesan hangat dan akrab pada kafe ini.

Warung Orange berada di Jalan Kapten Mulyadi No 255B, Pasar Kliwon. Di sini, kamu bisa menikmati aneka hidangan western. Menu andalan yang dimiliki di antaranya Chicken Quesadilla, Con Huevos, serta dessert Thank You Berry Much. Jika kamu pencinta makanan pedas, cobalah Beef Enchilada, sebuah tortilla gulung dengan isi daging sapi cincang yang disiram keju dan saus pasta cabai ala Mexico.

D’Cappello Cafe

(Sumber: @jeffreyadhiguna)

Kalau kamu penggemar macaron, D’Cappello Cafe bisa menjadi pilihan yang tepat. Beragam rasa macaron seperti cokelat, green tea, ovomaltine, dan sebagainya bisa kamu nikmati di sini. Ada pula aneka cheese cake, red velvet cake, hingga chocolate mousse cake, serta hidangan western seperti carbonara, chicken parmigiana, hingga hamburg steak yang bisa kamu coba.

Kafe yang berlokasi di Jalan Hanggowongso No 30C, Sriwedari ini mengusung konsep elegan. Setiap sudutnya didominasi warna putih dengan berbagai hiasan dinding warna-warni. Suasana nyaman serta menu unik yang ditawarkan membuat kafe ini cocok dijadikan tempat nongkrong bersama teman ataupun pasangan.

TeaCo Café

(Sumber: @teacocafesolo)

Banyaknya varian teh menjadi alasan kenapa kamu harus mampir ke TeaCo Cafe. Mulai dari green tea, teh kiwi, hingga teh wortel adalah beberapa menu yang bisa kamu nikmati. Tak hanya itu, berbagai camilan yang tersedia pun akan membuatmu semakin betah di sini.

Nilai plus lain dari TeaCo Cafe adalah lokasi yang strategis, tepatnya di Jalan Sam Ratulangi No 17. Kafe ini memiliki konsep layaknya rumah, sehingga cocok dijadikan tempat kumpul bersama teman atau sekadar bersantai. Ada tiga area yang bisa kamu pilih mulai dari dalam ruangan, luar ruangan, hingga teras.

Makarez Café

(Sumber: @dimasdims)

Makarez Cafe merupakan restoran Timur Tengah yang terletak di Jalan Untung Surapati No 76. Selain menyajikan hidangan khas Arab yang kaya bumbu rempah, restoran juga menyediakan shisha dengan aneka rasa. Menariknya, Makarez Cafe memiliki fasilitas ruang VIP yang bisa digunakan untuk kegiatan privat. Ada pula area luar ruangan berupa taman yang menjadi spot favorit pengunjung.

Salah satu menu yang wajib kamu coba adalah Lamb Mandhi, yaitu nasi berwarna kekuningan yang dilengkapi potongan daging kambing, kismis, dan bawang bombai. Porsinya cukup besar sehingga bisa disantap bersama. Kamu juga bisa memesan makanan khas Lebanon, Shish Tawook, yakni sate khas timur tengah. Yuk, segera mampir untuk nikmati hidangan khasnya!

Playground

(Sumber: @martabak_gokil_sekip_ska)

Jika ingin menemukan jajanan kampung dengan konsep kafe, kamu bisa mengunjungi Playground. Tempat ini menyediakan aneka menu jajanan, seperti nasi bungkus, wedang, gorengan, baceman, hingga sate. Selain menu tradisional, Playground juga menyajikan menu dessert yang menggugah selera, yaitu roti bakar, pancake durian, banana split ice cream, dan masih banyak lagi.

Soal suasana, kafe yang dikelola manajemen Cafe Tiga Tjeret ini didesain senyaman mungkin. Interiornya dibuat ala urban style yang sesuai dengan jiwa anak muda, sehingga cocok sebagai tempat berkumpul, mengerjakan tugas, maupun berdiskusi. Untuk menikmatinya, cobalah datang ke Jalan Kenanga 163, Badran.

Ngopi Serius

(Sumber: @dessyilsanty)

Ingin mencoba kopi dari berbagai daerah di Indonesia? Kamu bisa datang ke Ngopi Serius di Jalan Melati No 7, Purwosari. Mulai dari kopi sidikalang, kopi bali kintamani, kopi toraja, hingga kopi luwak liar aceh gayo bisa kamu nikmati di sini. Tak perlu khawatir soal rasa, karena seluruh proses pembuatan kopi dilakukan dengan teknik manual brewing agar tercipta rasa yang lebih kuat.   

Selain menu kopinya, kedai ini mengusung konsep etnik Jawa klasik. Hal ini terlihat dari bangunan resto yang berbentuk limasan dengan batangan kayu jati yang besar. Tak hanya itu, Ngopi Serius juga memanfaatkan berbagai barang daur ulang untuk mempercantik interiornya.

Lengkap sudah rekomendasi tempat nongkrong yang menjadi favorit di Solo. Jika kamu sedang berada di Solo atau berencana ke Solo, silakan membuktikan sendiri kenyaman dan kenikmatan menu yang ditawarkan kafe, kedai kopi, dan resto tersebut. Jangan lupa ajak teman atau keluargamu agar semakin seru!

Baca juga  10 Oleh-oleh Khas Solo yang Tak Boleh Dilewatkan
6 Shares
Share6
Pin
Share
Tweet
+1